+-

Video Silat

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN  (Read 5817 times)

Danyang_Mahakam

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 2
  • Disisi Aliran Mahakam, Termenung Mengamati Jaman
    • Email
MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« on: 10/09/2008 01:11 »
[muka]
Mbabar Jagat

Beraneka ragam peristiwa hidup sering kita temui, hobby, masalah ekonomi, sosial politik, budaya, obrolan ajaran tapi bukan soal ajaran agama, bukan soal aliran kebatinan, bukan ajaran budi pekerti, bukan ajaran Kejawen.

Semua bisa diskusi di sini, sharing ILMU, sharing PENGETAHUAN,PENGALMAN, tempat CURHAT RAME-RAME. Soal mistik...jika terpaksa tersangkut di bahas harus minta ijin terlebih dahulu kepada para senior di sini, para sesepuh di bidang nya.

Sebelumnya, minta ijin pada para SUHENG,para LELUHUR, dan SESEPUH jika dalam tread ini di bahas mengenai KLENIK dan MISTIK semoga demi kebaikan.

Mohon di pantau dan dipantau, mohon di luruskan secara pembahasan mungkin ada yang melenceng dari pakem ke GHAIBAN.

Saya ucapkan selamat Datang,dan selamat bergabung! Yuuk..Mari...

Salam
Danyang Mahakam

" Dari hulu-hiling aliran Mahakam, termenung mengamati perubahan JAMAN".

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #1 on: 10/09/2008 08:21 »
wah sodara danyang mahakam hebat nih..
kalo dari status nya keliatan sebagai anggota baru,
tapi postingan awalnye kereen banget...sarat dengan keilmuan
malah gaya bahasa nya rada2 mirip dengan salah satu senior di SS
yang udah sangat sering jadi TS (Topic Starter)

bagi yang hobi mistik, ghaib, klenik, dkk nya boleh2 aja diskusi di sini
bagi yang ga suka, mari kita belajar toleran..

salam
note:
saya cari2 di buku tamu kok belum ada
danyang mahakam ya??


Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #2 on: 10/09/2008 09:56 »
ayo dung dilanjut...
pembabarannya soal fenomena kehidupan dengan ada hubungan atawa nyerempet soal-soal mistik. Kok bisa ya? apa hidup ini erat dengan mistik? Hmmm mungkin perlu diperjelas dulu maksdunya kehidupan dan mistik...

Ayooo dong Kang/Bang/Mas/Om TS untuk lanjut saja pembabarannya...

--Menunggu dengan harap :)--
S Birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #3 on: 10/09/2008 11:50 »
Salam Kenal Bang Danyang Mahakam,

Dari namanya mengingatkan saya pada legenda Sungai Mahakam di kelurahan Teritip, Balikpapan, sosok penunggu yang berbentuk buaya putih, yang sehari-harinya menjelma menjadi manusia biasa yang berprofesi sebagai Pawang Buaya.

Apakah tidak sebaiknya Abang Danyang membabar jagat Bumi Daya saja untuk permulaan, karena begitu banyak pesona kehidupan yang menjadi fenomena...di tanah Sang Maharaja Mulawarman itu

Tabe'...Jali
« Last Edit: 10/09/2008 11:52 by Jali Jengki »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Danyang_Mahakam

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 2
  • Disisi Aliran Mahakam, Termenung Mengamati Jaman
    • Email
MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #4 on: 11/09/2008 02:40 »
salam kembali kawan-kawan...salam sejahtera bang Jali...

Ada sedikit yang memang anda ketahui itu benar, danyang mahakam memang penunggu aliran sungai mahakam tapi beliau memang lebih sering menjelma sebagai manusia biasa tepatnya sosok berjenggot panjang dan senantiasa hidup berdampingan secara damai dengan masyarakat d sekitar aliran sungai itu.

Beliau kadang sebagai sosok peramu obat, dia juga d yakini sebagai juru sembuh dan tempat mengadu permasalahan masayarakat, sebagai sosok penerang dan penuntun umat, sehingga sampai kini di sekitar aliran sungai itu rakyatnya hidup damai dan tentram....

Pada posting kali ini saya ingin menyampaikan renungan saja...

Renungan Ke 11/11-september 2008
" Ia Yang Membahagiakan"

Sudah pasti demikian, "kebahagiaan" akan pasti membahagiakan. Selama ini kalau kita belum bahagia, kita belum menjalin hubungan dengan sumber kebahagiaan.

Ketahuilah bahwa kita belum merasakan kehadiran Allah dalam hidup kita.  Renungkan...kembali doa anda, sembahyang anda. Solat anda membahagiakan atau tidak, Telah buat hidup anda bahagia atau belum?

Jika belum, berarti ada yang tidak beres, mungkin ada yang salah dengan cara anda melakukan semua itu.
Tepatnya, Jiwa anda belum tersentuh oleh ke-ilahianNya.

Nah...itulah renungan hari ini...

Salam Hormat Saya

mawar hitam

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #5 on: 11/09/2008 10:58 »
bagus sekali renungannya.. [top]
dilanjut, pak...

Danyang_Mahakam

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 2
  • Disisi Aliran Mahakam, Termenung Mengamati Jaman
    • Email
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #6 on: 12/09/2008 02:29 »
Yang ke-12. adalah "Sang Penguasa"

Kekuasaan kita sangat tidak berarti, bahkan kekuasaan dia yang memimpin dunia pun - terbatas. Hanya kekuasaan Allah lah yang tidak terbatas Yakinilah kekausaanNya. Sadarilah KebesaranNya.

Yang ke-13, "Ia yang maha Dermawan"

ia memberi-dan memberi dan memberi.Tetapi tidak pernah menyiarkan pemberiannya, tidak pernah mengiklankan pemberiannya. Sifat-sifat Allah ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, lewat penerapan sifat-sifat ini, anda akan semakin dekat dengan Allah.

Bahkan dapat "menyatu" denganNya.

Yang ke-14
"Ia yang tidak membahayakan"

Mala petaka dan musibah tidak terjadi karenaNya, tapi perlu kita sadari semua itu terjadi karena ulah kita sendiri.
Tuhan Memberikan kita kekuatan untuk menghadapinya.

Terima kasih

Danyang_Mahakam

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 2
  • Disisi Aliran Mahakam, Termenung Mengamati Jaman
    • Email
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #7 on: 12/09/2008 02:55 »
BAB. I FENOMENA ILMU KASUNYATAN

Orang sering mencari ilmu nyata/kasunyatan karena ilmu itu di butuhkan untuk menerangkan sesuatu yang di tanggapinya.

Biasanya orang mencari ilmu dengan jalan mencari guru, mebaca kitab-kitab lontar atau kitab kuning, etc. Belajar dengan cara di atas berarti menyusun dan mengolah sendiri ajaran-ajaran tersebut yang hasilnya disebut ilmu sendiri yang benar.

Dalam pergaulan orang juga memperbincangkan ilmu. Satu sama lain mengungkapkan dan menanggapi ilmunya, serta menilai dengan keyakinan masing-masing.

Memperbicangkan ilmu bisa menggoyahkan keyakinan sendiri, karena dengan membandingkan ilmu dengan ilmu orang lain, kadang di temukan sebagian ilmu yang keliru. Sehingga mengakibatkan kepercayaan akan ilmunya menurun, bahkan dalam penelitiannya lebih jauh, dirasakan bahwa seluruh ilmunya salah. Kemudian mencari guru lain, kitab-kitab lain yang menurutnya lebih benar. Namun ilmu yang benar malah jadi tidak bisa di peroleh, kalaupun tampaknya ia patuh pada suatu ilmu, sesungguhnya ia terikat dengan kepentingan sendiri yang takakan terpenuhi bila ia berganti dengan pedoman yang lain.

Setelah keseringan berganti ilmu, maka hatinya kesal, lalu ingin pelajari semua ilmu. Semua guru di datangi, semua ilmu di pelajari sehingga ditemukan kesalahan yang tidak lagi di percayainya. Akhirnya, ia putus asa dan mempercayai bahwa manusia tidak dapat mengerti ilmu yang benar (kasunyatan). Orang yang bingung dalam ilmu kasunyatan ini sering dinamakan keberatan ilmu (jw, kabotan kawruh), Demikian fenomena orang bejalar ilmu Kasunyatan.

Padahal untuk mencari apa yang dicari terlebih dahulu orang harus mengerti yang di cari itu apa, Yang di cari Ilmu kasunyatan.
Maka harus mengerti ilmu kasunyatan itu apa?
Ilmu adalah pengetahuan, misalnya ilmu tumbuhan dan ilmu hewan.
Sedangkan kasunyatan adalah kebenaran dari seluruh benda yang ada di atas bumi dan di kolong langit.
Jadi ilmu kasunyatan bukanlah ilmu perincian mengenai benda, melainkan ilmu keseluruhan benda.

Bingung kan.....? ( dati kitab Kasunyatan : AAKASM)

Hormat Saya
Dhanyang Mahakam

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #8 on: 12/09/2008 05:17 »
 [top] GRP segera bertamu untuk Danyang Mahakam.... sejeg bujeg aye sebelon kenal ame komunitas SS ini, aye kagak kenal semue elmu nyang dibabarin dari awal sampe sekarang...banyak sekali elmu yang harus digali, dikaji,direnungi...hmmm kalo boleh aye berasumsi...dari sekian jumlah elmu apakah berawal dari 1 elmu pokok??

d'boels van betterman


"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #9 on: 12/09/2008 08:41 »
Yang ke-12. adalah "Sang Penguasa"

Kekuasaan kita sangat tidak berarti, bahkan kekuasaan dia yang memimpin dunia pun - terbatas. Hanya kekuasaan Allah lah yang tidak terbatas Yakinilah kekausaanNya. Sadarilah KebesaranNya.

Yang ke-13, "Ia yang maha Dermawan"

ia memberi-dan memberi dan memberi.Tetapi tidak pernah menyiarkan pemberiannya, tidak pernah mengiklankan pemberiannya. Sifat-sifat Allah ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, lewat penerapan sifat-sifat ini, anda akan semakin dekat dengan Allah.

Bahkan dapat "menyatu" denganNya.

Yang ke-14
"Ia yang tidak membahayakan"

Mala petaka dan musibah tidak terjadi karenaNya, tapi perlu kita sadari semua itu terjadi karena ulah kita sendiri.
Tuhan Memberikan kita kekuatan untuk menghadapinya.

Terima kasih

tidak ada yang bisa saya bantah dari pembabaran di atas..
sudah waktu nya kita menyadari hal2 tersebut diatas...
GRP juga saya luncurkan buat om danyang..

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #10 on: 17/09/2008 09:35 »
Ayo Bung dilanjut renungannya? Sudah saya tunggu-tunggu nih.

Penjelasan Danyang Mahakam mirip pengalaman saya pribadi, saya bertahun-tahun belajar berkelana mencari berbagai ilmu baik yang rasional maupun irrasional dengan niat yang kurang baik, yaitu saya ingin belajar ilmu yang tidak dipunyai/disukai orang banyak.

Saya belajar dari fisika quantum sampai akrobatik. Namun setelah belajar semuanya dan usia sudah menginjak tua mulai terjadi kejenuhan. Dan mulai mempertanyakan apa kegunaan semua ilmu, jika hanya dapat memakai salah satunya. Betapa sia-sia semua ilmu yang sudah saya pelajari, karena hanya terpakai sebagian, akhirnya setelah melakukan perenungan, saya kemudian menularkan semua ilmu yang saya kuasai ke semua orang, namun dalam perjalanan, saya menemui banyak gejolak dan pikiran. Apakah benar yang telah saya lakukan ini, memberikan semua ilmu kepada semua orang tanpa pandang bulu dan umur itu? Saya berpikir ini tidak benar, karena saya memberikan ilmu bukan semata-mata karena Allah SWT. tapi karena tidak bisa memanfaatkan. Ini artinya sama saja memberikan nasi basi kepada seorang pengemis.

Setelah itu, saya berniat menghilangkan segala kemampuan saya. Saya melupakan semua kemampuan. Saya tidak mau memberikan ilmu (kecuali darurat dan sangat terpaksa) kepada yang lain. Bahkan kalau ada yang saya beri ketika ada pertanyaan dimana letak ilmiahnya dan apa dalilnya, saya jawab jalani saja. Jika tidak sanggup, tidak usah berguru. Jika ada yang tetap ngotot, saya sering terjebak emosi (ini sampai sekarang masih ada)

Akhirnya sadar semua itu adalah tindakan sia-sia. Dan sekarang saya mulai menjalani kehidupan yang baru yang lebih membahagiakan saya, saya berikan keilmuan saya secara ikhlas kepada semua orang tanpa pamrih. Tanpa ada pikiran kotor dan sesat. Walaupun masih ada ganjalan, yaitu seing saya menolak memberikan sisi ilmiah dan dalil dari ilmu tersebut. Saya lebih suka memberikan contoh manfaatnya!
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Danyang_Mahakam

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 27
  • Reputation: 2
  • Disisi Aliran Mahakam, Termenung Mengamati Jaman
    • Email
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #11 on: 19/09/2008 17:30 »
Saya kagum sekali dengan anda...anda telah mengalami beberpa siklus hidup keilmuan atau kawruh.

memang dalam perjalan hidupnya manusia selalu d iringi oleh nafsunya dan mempengaruhi pikirannya, tapi memang kalo kita melihat dengan bijak kita akan kembali pad akhirnya dan pada istilahnya semua ada mentoknya.

Pikiran manusia itu mulur dan mungkret (mengulur, kembang-dan balik lagi ke awal), setelah semua obesesinya d raih akan merasa kurang dan kurang dan kurang, 1 jadi 2 dan seterusnya.

tapi saya kagum dalam tataran ini saya sebut anda sudah hampir mengalami pikiran yang meneb(jawa kawruh) dalam arti mengendap, dimana kalo kita sudah ada tahapan itu kita akan menjadi belajar bijak, dan kita akan lebih tenang melihat segala perubahan tidak mudah kaget (kagum).

Trims
danyang Mahakam :o

magic_life

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #12 on: 25/10/2008 13:16 »
kok ngga pada dilanjut....

ayo dung pada dilanjut, biar tambah bijak dalam mengjalani hidup ini

dalam kesempatan ini ijinkan saya tuk mencoba sharing pemahaman saya tentang hidup ini......

semua orang menginginkan kebahagiaan....
tidak ada yang tidak menginginkan kebahagiaan

karena tahapan setiap orang berbeda, maka tiap orang akan berbeda pula dalam mendefinisikan apa itu arti kebahagiaan

ada yang mengira bahagia itu kalau dia punya kekuasaan
maka diapun mengejar kekuasaan itu dengan segenap daya upayanya

ada yang menganggap kebahagiaan itu terketak dalam kekayaan
sehingga diapun mengejar apa yang dinamakan kekayaan..

ada yang menganggap kebahagiaan itu dalam pengetahuan
sehingga diapun mengejar semua pengetahuan didunia ini

apapun yang dilakukan kita,
selalu menuju sesuatu yang kita anggap membahagiakan

orang bunuh diripun adalah demi mengejar sebuah kebahagiaan versi dirinya....

kalau saya, salah satu yang membuat saya bahagia adalah ngobrol ngalor ngidul  :D

sebelum melakukukan perjalanan demi mencapai tujuan
ada beberapa yang harus dipersiapkan

dalam kesempatan ini ijinkan saya berbagi sesuatu yang semoga bisa membuat proses pencarian kebahagiaan bisa effektif

1.niat baik.
kalau niatnya sudah jelak, pasti hasilnya akan jelek
kalau niatnya baik namun dalam perjalanan melakukan kesalahan, kesalahan itu dimaafkan dan pasti orang itu cepat dalam belajar dan memperbaiki diri.
niat ini sangat mudah dilakukan karena itu ada dalam diri kita masing masing. dan kita berkuasa penuh terhadap niat kita.

2.tujuan baik
kalau tujuan sudah salah, pasti apapun hasilnya akan salah
jadi, kita harus cek tujuan hidup kita
apakah tujuan itu baik atau benar....


3.teruslah berproses
teruslah berjalan......


sekian dulu yang bisa saya share , moga bermanfaat....

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: MBABAR Fenomena KEHIDUPAN
« Reply #13 on: 10/11/2008 12:31 »
Ulasannya dalem banget en komplit!

Kata orang Java-America sih, Jan Top Markotop!
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

 

Powered by EzPortal