+-

Video Silat

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Menyingkap Tabir Silat Kuno  (Read 13494 times)

Adji_Aris

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #15 on: 19/12/2009 13:00 »
Menarik nih topiknya, monggo nih dilanjutkan....saya menyimak

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #16 on: 22/12/2009 13:06 »
iya sebenarnya bisa macam-macam intepretasinya lho..bagi saya gerak gulung juga termasuk silat kuno dan yang luar biasanya masih terjaga keasliannya dan sama sekali gak mistik lho, awalnya saya juga merasa ada mistik2annya tapi setelah ikut kok malahan gak ada hihihihi
Nah silat yang kuno juga bisa jadi ad yang mistik karena dulu itu jaman singosari dan sebelumnya pastinya sudah ada keilmuan dan bisa jadi yang hanya silat fisik semata dan juga pastinya ada yang berbau mistik juga..
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

Adji_Aris

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #17 on: 31/12/2009 17:34 »


Salam  Hormat Kisawung

Mau ikutan diskusi dengan open minded nih.

Menurut pendapat saya silat kuno  "Pasti" bernuansa supranatural. Saya katakan "Pasti" karena pada saat awal sesorang mempelajari ilmu silat pastilah yang dipelajari berupa unsur gerak silat fisik baru semakin tinggi tingkatan seseorang sang guru akan mulai memberikan bekal berupa rangkapan/lambaran dari dalam diri si murid yang sifatnya supranatural, mulai dari latihan pernafasan dasar, meditasi, dsb, yang digunakan untuk menunjang silat/gerakan-gerakan fisik tersebut. Nah..mulai dari sinilah hal-hal yang sifatnya supranatural tersebut mulai dikembangkan dan di perdalam (misalnya : untuk pengobatan, dsb)

Menurut pendapat saya saat ini masih banyak terdapat perguruan silat kuno, hanya masalahanya mugkin... ada beberapa perguruan yang memang sengaja untuk menghilangkan sisi tradisional/supranatural dari perguruan tersebut untuk mengikuti trend/perkembangan jaman. Karena masyarakat sekarang kebanyakan hanya mau menerima segala sesuatu yang masuk akal, masuk logika/dapat di nalar, sedangkan hal yang sifatnya supranatural sering tidak bisa masuk dalam nalar / akal sehat. Hal ini didasari dari rasa khawatir bahwa perguruan tersebut tidak dapat berkembang/tidak mendapat peminat yang ingin ikut latihan di perguruan tsb, sehingga hal yang berkaitan dengan sisi tradisional / supranatural tersebut harus di hilangkan.  Walaupun masih banyak juga memang perguruan-perguruan yang tetap mempertahankan sisi/nilai tradisional/supranatural dari perguruan tsb, untuk ikut melestarikan budaya
bangsa.   Nah...tergantung si calon siswa/murid deh mau pilih yang mana?

Menurut pendapat saya, sebaiknya juga jangan terburu-buru untuk men-cap segala sesuatu yang sifatnya tradisional/supranatural tersebut adalah suatu hal yang sifatnya negatif. Menurut saya, selama cara mendapatkan pengetahuan tersebut selalu di dasari dengan Doa, ketaqwaan dan kepercayaan kepada Tuhan , serta pengetahuan tsb diamalkan dengan tanpa pamrih (misal : melakukan pengobatan thd seseorang,dsb), dan tidak merugikan orang lain juga diri sendiri, juga tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada, menurut saya hal tersebut adalah baik.

Demikian pendapat saya Ki sawung, mohon maaf apabila pendapat saya ini keliru.

Mohon Bimbingannya dari para pendekar semua.

Salam

emboy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 9
  • Reputation: 111
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Paguyuban Getus Bumi
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #18 on: 29/07/2011 20:17 »
salam kenala abang - abang !!!!! ini sih pendapat oran bodoh seperti aku
menurut saya semua silat itu berasal dari kehidupan yang dibilang kuno pada saat ini namun keren pada zamannya, jadi silat kuno hanyalah sebutan nama pada masanya..dan kenapa dikaitkan dengan spiritual itu sih wajar karena pesilat pada jaman itu mereka suka menjaga kebersihan baik hati maupaun raga jadi kekuatan spiritual/kanuragan adlah bunga/buah dari cara hidup para pesilat yang dibilang silat kuno.

maaf kalo salah kata nih bang heheheh

hudzaifah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 242
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #19 on: 29/07/2011 21:22 »
ada bnernya juga nihh kisawung

 jd inget omongan salah satu guru silat yang jagoan tukang berantem, kata die kbnyakan praktisi dulu pantang yang nmanya kalah mknya pesilat2 bahkan perguruan2 jaman dulu banyak yang mencampur hal2 silat dengan hal2 yang kisawung sebut tadi. yang tujuannya biar mereka ga terkalahkan didunia nyata dan didunia gaib.

itu sihh berdasarkan omongan yg pernah aye denger.,  ;D

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 67
  • Reputation: 20
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #20 on: 30/07/2011 08:34 »
bagaimana jika saya nyatakan bahwa Silat Kuno itu ternyata Silat yang sarat dengan nuansa mistis supranatural, apakah teman-teman sutuju atau tidak, mari kita share secara open minded..  ???

supranatural dalam kaitannya dengan hal tersebut ialah sesuai paham holistic,
yakni paham yang secara naluri dianut oleh bangsa hewan..
kata lain dari hukum rimba..

dan jika kita berbicara tentang hukum rimba
maka nuansa keagamaan menjadi tiada


dan yang ada ialah... survival

salam hormat kisawung..
newbie numpang comment..
kalau menurut saya silat yang berkaitan kental dengan supranatural sebaiknya disebut silat kebatinan, soalnya kalau disebut silat kuno bisa jadi salah..
soalnya dari yang saya dengar MP dan KYS itu silat kuno (turunan silatnya majapahit), yang keduanya sekarang sudah jauh dari kesan mistis (entah sengaja dihilangkan atau bagaimana saya juga kurang paham)..
kalau saya lebih setuju silat yang bernafaskan mistis atau spiritual seperti itu disebut silat kebatinan..  [[peace2]]
salam..
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

rezanoval

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 109
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: ISMD putra setia
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #21 on: 15/09/2011 20:21 »
menurut saya yg d gunakan oleh silat kuno itu ialah tenaga dalam, dan karena orang dahulu masih blum mengerti atau kental dgn nilai keagamaan jadii mereka menganggap itu dari supranatural (gaib)

ompong

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 2
  • Sahabat Silat
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #22 on: 26/09/2011 23:29 »
Mana nih Ki Sawung kok kagak dilanjut? Ane jadi mau nanya..apa yg dimaksud kuno itu seperti jaman Brama Kumbara atau Wiro Sableng? Apa kesaktian seperti cerita itu memang pernah ada? Dilanjut dong ki..utk Bang Hidup ane yakin ente bisa bantuin ceritain masalah silat yg penuh daya kesaktian(supranatural) ini bang.tolong bantu babarin bang..trmksh.

putrabna

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #23 on: 27/09/2011 01:19 »
 Setuju, [top] [top] [top] *Brama Kumbara,Wiro Sableng*itu tokoh kebanggaan saya waktu kecil,,,ketokohannya dalam cerita,,,''salah satu'' alasan kenapa ingin belajar silat,,,silakan bang dibabar,,,ditunggu,,maturnuwun(terima kasih)

zvprakozo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 9
  • Reputation: 111
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Menyingkap Tabir Silat Kuno
« Reply #24 on: 27/09/2011 04:11 »
waahhh mearik sekali


izinkan nubie sedikit menulis hehehe

betul sekali, di perguruan yang saya tekuni sekarang, pada zaman dulunya memang dibarengi dengan hal-hal mistik/jampi2 sekalipun itu dari bahasa arab. tetapi itu dilakukan karna memang pada zaman itu keadaan sedang genting dan perlu. dan sekarang guru saya bilang jangan dulu ke arah sana, dan sudah sebagian besar hal-hal yang berbau mistik dihilangkan sehingga sebagian besar murni olah fisik, gerak dan rasa. guru saya khawatir muridnya suatu saat lebih percaya ke mistiknya daripada percaya pada kekuatannya sendiri dan kekuatan dari yang Maha Esa. sehingga ketakutan itu membuat guru saya tidak menurunkan hal-hal yang demikian. trims

maaf kalo salah

 

Powered by EzPortal