+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Sisi Lain Putra Sang Fajar  (Read 13293 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Sisi Lain Putra Sang Fajar
« on: 23/01/2008 19:31 »
Salam, Mohon Maaf sebelumnya....

Siapa yang tidak kenal Bung Karno, disamping sebagai Proklamator & Presiden pertama RI beliau adalah seorang yang gemar olah kanuragan dan sangat-sangat mencintai seni & kebudayaan Indonesia.

Perhatian Bung Karno terhadap Pencak Silat tidak disangsikan lagi, mulai dari belajar Nampon sewaktu di ITB dulu hingga ke Tapak Suci diujung masa pemerintahannya. Bung Karno tidak ingin Pencak Silat dikecilkan oleh beladiri lain, sampai-sampai beliau memamerkan kebolehan Zakaria anak Mad Jelani dari Mustika Kwitang bermaen pukulan dihadapan Master Oyama yang Karate Dan VII (rumor-nya diadu).

Dalam pengawalan kepresidenan sendiri di masa awal pemerintahannya Bung Karno lebih mempercayakan keamanan Ring I (Pengawal Non formal/tidak berseragam) beliau & menteri2nya kepada para pendekar Pencak Silat. Sebut saja Mangil, Sain, Saro'i, Goning (pengawal Ali Sastro Amijoyo) dll.

Yang paling fenomenal dari Bung Karno adalah kehidupan supranaturalnya. Di kalangan "tertentu" Bung Karno adalah sosok yang diselimuti dunia ghaib. Hidup bagi dirinya adalah memberikan bukti kebaikan dan karena itu semasa remaja dirinya gemar laku prihatin. Semua itu dilakukan untuk membentuk jiwa jawinya supaya sekokoh baja.

Bung Karno dikenal sebagai seorang yang memiliki kelengkapan dari konsep Nitis, Netes, dan Nuthus. Nitis, beliau mendapatkan ilmu pisungsun pemberian yang dititipkan orang2, seperti benda pusaka yang sebagian besar berbentuk Tosan Aji, seperti : tongkat, panah & gendewa, cangkul, rencong, panah Papua, pedang pemberian raja Saudi Arabia,Ibnu Saud. Netes, merupakan ilmu turunan leluhur, kakek beliau di Blitar dikenal sebagai orang yang memiliki kelebihan supranatural yang dapat melihat masa depan Soekarno dari matanya (weru sedurunge winarah), belum lagi dari garis ibu yang bangsawan Tampak Siring Bali. Nuthus, adalah olah laku pribadi dengan menjalankan puasa, laku tapa dan sebagainya.

Beberapa cerita "ganjil yang menyangkut supranatural" dari Bung Karno bisa kita ulas disini,mulai dari ilmu kesaktian yang dimiliki spt; ilmu Panglimunan/Halimun (menghilang) yang dipakai tatkala TURBA (Turun ke Bawah) menengok rakyatnya...hingga terakhir kisah tukang becak yang menurutnya habis mengantar Bung Karno ke istana lalu tertangkap Paspampres di dalam Istana Bogor? atau benda pusakanya yang sekarang berserakan dimana2...

Adakah cerita supranatural lain dari presiden kita yang satu ini...?

Salam,...

« Last Edit: 24/01/2008 11:01 by Jalatunda »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #1 on: 23/01/2008 20:01 »
Cerita dari Ayah saya (alm) :

• Menjelang subuh 3 hari menjelang Idul Adha di tahun 1964, ayah yang tertidur dikagetkan dengan teriakan ibu membangunkan...katanya ibu menjumpai presiden Soekarno di pertigaan antara RS POLRI dan Kramat Jati.

Ayah tidak habis pikir karena menurut ibuku, Bung Karno hanya berpiyama tanpa pengawal sedang asyik menyeruput sekoteng, tanpa seorangpun yang mengenali (kecuali Ibu yang ingin berbelanja di pasar Kramat jati)...maklum jaman itu TV masih jarang.

Sebagai seorang yang pernah mengawal Soekarno di SO-1 (Staf Oemoem-1),bergegas ayah mengenakan seragam dan tidak ketinggalan teman kesayangannya yang berupa Golok. Di TKP  ::) ayah tidak menemukan beliau, menurut konfirmasi tukang sekoteng seseorang berjidat lebar dengan berpiyama beberapa detik lalu masih makan sekoteng dihadapannya,tanpa diketahui orang tersebut lenyap hanya meninggalkan uang se-sen (cukup besar waktu itu).

Dengan ducati-nya ayah meluncur mencari tahu namun setelah kesana-kemari tidak dijumpai...Ayah berusaha berkomunikasi dengan beliau melalui media lain di kamar...Beliau hanya berkata bahwa ia hanya ingin melakukan TURBA terakhir untuk melihat rakyatnya....Ayah bingung, dan terjawab 2 tahun kemudian ketika beliau lengser.

« Last Edit: 23/01/2008 20:22 by Jalatunda »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #2 on: 24/01/2008 07:01 »
...Sebut saja Mangil, Sain, Saro'i, Goning (pengawal Ali Sastro Amijoyo) dll.
Salam...
Goning ini apakah Kong Goning dari Cingkrik Bang?
Terima kasih.

Salam...

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #3 on: 24/01/2008 07:39 »
 [top]
Dilanjut Kang Jalatunda.

Dikampung Ane ada salah satu cerita, Wong cilik yg ingin lihat istana Negara.
dari kampung ane pada hari itu juga ke Istana negara, mereka bisa masuk tetapi mereka Muter2 ndak bisa keluar. mereka sampai bingung, ini cuman cerita dari mulut kemulut di kehidupan wong cilik yg ingin coba jajal ilmu kesaktian.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #4 on: 24/01/2008 10:11 »
Betul M@s Don...
Perlu diketahui juga bahwa Kong Goning aktif di pergerakan PNI Isnaeni, oleh pak Karno yang melihat Kong Goning punya kelebihan di bidang silat, dijadikan pengawal pribadi para menteri utamanya,salah satunya Ali Sastro Amijoyo (Menlu)-(sumber: Babe Sa'ali).

Pada masa Usup Utay,diresmikanlah Cingkrik Goning sebagai maenannya Paspampres.

Salam,...
« Last Edit: 24/01/2008 10:13 by Jalatunda »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #5 on: 24/01/2008 10:50 »
Pada masa Usup Utay,diresmikanlah Cingkrik Goning sebagai maenannya Paspampres.
@bang Jalatunda
Saya gak nyangka Cingkrik Goning sudah merambah ke Paspampres, salut deh.
Sayang tradisi menyayang & menghormat budaya sendiri sekarang pudar.
Ayo lestarikan & kembangkan Cingkrik sebagai asset budaya Indonesia. [top]

devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #6 on: 24/01/2008 11:37 »
wah, walaupun saya tidak terlalu mengidolakan beliau, tapi pemikirannya tentang persatuan wajib di acungkan jempol, saking tergila-gilanya dengan semangat persatuan bangsa,
idenya tentang nasakom adalah ide yg sangat brilian, kalo sampai hal ini jadi kenyataan (nasakom), maka ini adalah puncak prestasi Bung Karno sebagai satu2nya orang yg berhasil mempersatukan tiga isme yg seringkali bertentangan, nasionalisme dengan komunisme dan juga dengan spiritualisme (agama) , sayang PKI mengacaukan sgalanya sehingga cita cita besar itu tidak sampai terwujud

Kalo mengenai cerita mistik, ini biasanya bercampur antara mitos dan kenyataan, ada yg bilang bahwa BK itu hanya sekedar budayawan yg hobi ngumpulin benda2 pusaka dan tertarik tentang dunia filosofi,

dan ada yg bilang juga bahwa kegiatan BK di bidang budaya itu berkaitan dengan ilmu mistik yg dimilikinya

bagi orang yg skeptis, mereka menyatakan kalo pusaka BK itu adalah koleksi berharga sebagai peninggalan bangsa, tapi bagi mereka yg percaya bahwa sekian banyak pusaka yg dimiliki BK adalah bagian dari keilmuan supranatural yg dimilikinya

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #7 on: 24/01/2008 11:43 »
Adakah cerita supranatural lain dari presiden kita yang satu ini...?
Saya belum dengar cerita supranatural seputar Soekarno dari sumber yg langsung mengalami.

Namun dibawah ini saya share sedikit kisah nyata menyangkut karisma dan hormat terhadap mantan Presiden RI pertama tsb:

Rumah kakek saya hanya berjarak kurang dari 25 mtr dari rumah besar Kalitan Solo. Rumah besar Kalitan dulunya milik keturunan keluarga Keraton Surakarta Hadiningrat HB yg diakuisisi keluarga Soeharto dikemudian hari. Rumah besar  Kalitan selalu dijadikan base house saat Soeharto beserta keluarga besarnya berkunjung ke Solo.

Saat Soeharto tetirah di rumah besar Kalitan, berpeleton-peleton aparat keamanan akan membuat pagar betis serapat bubu udang rebon. Dekatnya rumah kakek dg base house Soeharto menjadikannya sebagai satu diantara pos jaga pasukan elit dg perlengkapan tempur lengkap.

Tepat diruang tengah rumah kakek dipajang foto Soekarno dlm figura kayu jati seukuran kurang lebih 90 cm X 60 cm. Foto Soekarno sewaktu muda mengenakan jas lengkap & kopiah hitam tampak gagah terpajang di tembok berkapur putih. Siapapun yg masuk keruang tamu rumah kakek akan langsung melihat gambar yg mencolok itu. Namun selama itu tidak "satu" orang tentarapun (termasuk intel) yg mempertanyakan keberadaan foto tersebut kepada kakek. Bahkan secara tersirat mereka menyatakan kagum dan rasa hormat yg sukar disembunyikan terhadap Soekarno.

Satu fakta yg sukar dipercaya, pasukan elit penjaga Soeharto tidak  mempersoalkan ekspresi kesetiaan terhadap Soekarno yg berada tepat didepan hidung mereka. Padahal boss yang mereka kawal dengan taruhan nyawa jelas-jelas bukan kawan setia Soekarno.

Bagi saya dan keluarga, keberadaan foto Soekarno tanpa diusik oleh pasukan elit penjaga Soeharto membuktikan bahwa Soekarno tidak sekedar memiliki kharisma dan kekuatan supranatural. Walaupun jasadnya telah dikubur puluhan tahun lalu, kenangan perbuatan baik beliau tetap tinggal di hati rakyat yg setia padanya. Foto Soekarno tsb sekarang tergantung dengan aman di gubuk saya di daratan Riau-Sumatra.

salam,
« Last Edit: 24/01/2008 11:47 by Java »

devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #8 on: 24/01/2008 11:47 »
Betul M@s Don...
Perlu diketahui juga bahwa Kong Goning aktif di pergerakan PNI Isnaeni, oleh pak Karno yang melihat Kong Goning punya kelebihan di bidang silat, dijadikan pengawal pribadi para menteri utamanya,salah satunya Ali Sastro Amijoyo (Menlu)-(sumber: Babe Sa'ali).

Pada masa Usup Utay,diresmikanlah Cingkrik Goning sebagai maenannya Paspampres.

Salam,...

wah baru tau nih aye kalo cingkrik goning itu udah jadi maenannya Paspamres, kalo sekarang anggota paspamres di tanya ttg cingkrik, pada bingung kali ye :D

top dah maen pukulan cingkrik  [top]

salam

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #9 on: 24/01/2008 12:16 »
si abang jalatunda emang top banget dah.... [top]
ane juga baru tau kalo cingkrig goning jadi maenannye paspampres jaman bung karno...
yang ane denger sih kong goning dulu emang ngajar maen pukulan di rumah menteri ir.h. juanda, isnaeni dan ali satroamijoyo.

lanjuuut.....

gulang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 19
  • Reputation: 0
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #10 on: 21/02/2008 14:43 »
Salam kenal....
Menarik sekali Bung Jala..ayo dong dilanjut ceritanya... [top] [top]
Dedalane guno klawan sekti
Kudu andhap asor

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #11 on: 22/02/2008 16:21 »

CERITA LAIN DIBALIK LAHIRNYA MARHAENISME

Mohon maaf sebelumnya, mungkin cerita ini perlu diteliti lagi kebenarannya,karena saya belum pernah menemukannya dalam buku sejarah manapun. Maklum didapat dari hasil omong2 silat dengan seorang tukang sol sepatu yang asli orang priangan dan kebetulan bisa "ulin peupeuhan".

Seperti biasanya jika Bung Karno melakukan TURBA hanya sendirian, tanpa pengawalan yang sifatnya protokoler. Layaknya pengembara, tidak hanya ibu kota saja yang beliau singgahi.

Kebetulan waktu itu turba ke daerah Priangan Timur, menjelang asar kemungkinan perut Bung Karno belum terisi makanan alias keroncongan.
Di hadapannya sawah ladang yang menghijau, matanya terhenti pada selahan kebun singkong yang batangnya tinggi siap dipanen.

Mungkin karena laparnya beliau mencabut salah satu batang singkong, dan setanpa pengetahuannya petani yang ternyata bernama Marhaen menghardik sambil melemparkan sebatang singkong ke arahnya.
Reflek Bung Karno menghalau lemparan singkong itu dengan "maenan tenaga dalam" yang dipelajarinya....

Singkong yang mengarah ke pundak kirinya...tidak berhasil dimentalkan. Terkejut akan hal itu Bung Karno meminta maaf, selanjutnya terjadi perbincangan mengenai kehidupan petani tersebut hingga melahirkan ide Marhaenisme.

Di ujung percakapan Bung Karno menyinggung tentang lemparan singkong Marhaen yang tidak berhasil dimentalkan, padahal beliau merasa cukup dalam menimba ilmu silat tenaga dalam di Bandung.
Tidak ada jawaban dari Pak Marhaen hingga hari ini (mungkin mau menjawabnya agak sungkan), malahan Kang Uju yang tukang sol sepatu itu menjelaskan bahwa singkong yang dilemparkan bukan dari jenis singkong biasa.

Di kampungnya dikenal dengan singkong “Manehot”..."konon" berasal dari nama penemunya KI Ehot, yang kehidupan sehari2nya sangat taqwa. Waktu menanam dia dalam keadaan berpuasa dan setiap cangkulan paculnya selalu diiringi asma Alloh (dzikir)..

Kang Uju menjelaskan bahwa kualitas singkong itu sama dengan daun kelor, tebu, dan bambu kuning dalam hal menghilangkan kesaktian seseorang.

Singkong Manehot mempunyai ciri tidak terlalu besar, dan yang khas adalah ketika dikupas dibalik kulitnya berwarna merah kebiruan...masih ada gak ya?

Wallahu’alam...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #12 on: 23/02/2008 09:03 »
Salam Buat Semuanya,
Jawabnya: masih ada.
Mungkin, itulah sebabnya mengapa Bahasa Latinnya singkong kalo ga salah adalah Manihot utilissima Mill.  ;D

Salam...

gulang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 19
  • Reputation: 0
Re: Sisi Lain Putra Sang Fajar
« Reply #13 on: 24/02/2008 15:34 »

CERITA LAIN DIBALIK LAHIRNYA MARHAENISME


Kang Uju menjelaskan bahwa kualitas singkong itu sama dengan daun kelor, tebu, dan bambu kuning dalam hal menghilangkan kesaktian seseorang.

Singkong Manehot mempunyai ciri tidak terlalu besar, dan yang khas adalah ketika dikupas dibalik kulitnya berwarna merah kebiruan...masih ada gak ya?

Wallahu’alam...

Ki Jala...maenan tenaga dalam yang di maksud tadi, memang tergolong dalam kesaktian yang bisa dihilangkan oleh daun kelor, bambu kuning dsb gitu ?
Mohon penjelasan...
Dedalane guno klawan sekti
Kudu andhap asor

 

Powered by EzPortal