+-

Video Silat

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati  (Read 18731 times)

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« on: 13/08/2008 15:25 »
Berawal dari studi komparasi tenaga dalam, tenaga metafisik dan tenaga dasar ada satu hal yg cukup menggangguku yaitu solar plexus.

Begini ada dua pengertian yg berbeda sbb:

1. Solar Plexus = dewi ular, karena bentuk esoterisnya seperti ular yg berjonjot-jonjot, tempatnya 2/3 jari di bawah pusar, banyak diikutin aliran pernafasan tenaga dalam.

2. Solar Plexus = ulu hati, karena terletak di ulu hati, banyak diikutin oleh aliran yg menggunakan cakra.

Tolong mohon bantuan sharing & pencerahannya....
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #1 on: 13/08/2008 17:12 »
Bukan karena ahli ya? Kebetulan pernah dengar ini dibahas waktu di Jogja dulu.

Solar Plexus adalah nama ilmiah dari simpulan saraf yang terletak di sekitar ulu hati, diambil dari bahasa latin. Pada awalnya tidak ada hubungannya dengan ilmu esoterik namun kemudian sering keliru disebut sebagai titik di bawah pusar oleh kalangan esoterik.

Adapun tempat yang di bawah pusar menurut keterangan kaum spiritualis adalah sepasang Chakra minor, tidak termasuk dalam Chakra-chakra utama. Konon memiliki watak yang sangat lentur sehingga dapat digunakan untuk menyimpan sejumlah besar energi.

Istilah Dewi ular mengacu pada dua nadi (saluran) energi yang mengalir berkelok-kelok secara teratur melalui sisi kiri dan kanan tulang belakang secara bergantian, seperti sepasang ular. Setiap kali kedua nadi ini bertemu di tengah-tengah, tersebutlah sebuah Chakra utama.

Solar Plexus-nya medis secara kebetulan terletak di salah satu titik pertemuan antara kedua nadi yang letaknya di kisaran perut. Bahasannya secara chakra, Solar Plexus ini terletak pas di Chakra Manipura yang fungsinya mengatur pencernaan dan secara esoteris sebagai media penyimpanan emosi yang kuat. Terapi menggunakan Chakra ini utamanya untuk menyembuhkan gangguan pencernaan atau pengalaman traumatik.

Sekali lagi, ini cuma ngebabar hapalan ya? :w
« Last Edit: 14/08/2008 08:04 by Antara »
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • **
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #2 on: 15/08/2008 09:08 »
Warning, ane kagak mo ngasih penjelasan ye.. malah nambah nanyak di topik ini.

Setauk ane ni cakra solar eni, dipake oleh tenaga dalam yg mayoritas turun dari pengaruh Hindu. Informasi nyang nyampe dari temen2 yg bergelut di dunia nafas, menyebutkan jika nafas ditahan/ energi dipusatkan di cakra ini mempunyai efek menurunnya libido, karena dahulu dipakai untuk selibat. Benarkah akang2 sedayana??

Saya liat sendiri, temen yg pernah ngikut TD dengan fokus nafas dada kemudian pindah ke perguruan dg fokus cakra solar ginian efeknya..... dadanye gosong!! Gosong diluarnye doang.. tapi dienye kagak berasa sakit sih, cuman kulit aje. Akibat ini untungnya ga permanen, tapi lumayan bisa berlangsung ampe hampir dua bulanan. Thus, ati2 kalo komparasi ye mas Pastor... asal gak nyampur2 sih mungkin gpp........ moongkeen :-[

Wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #3 on: 28/08/2008 12:05 »
Sendhika dawuh...ndherek kersaning kangmas mantri kemawon...

Wah aq dah kapok nyampur2 gituan Kang...soale pernah soak  :'(
yang aku riset tu definisi masing2 jenis power... dalam, metafisik, dasar... nah kok ada istilah sama beda arti.. makanya binon  :w

Nyuwun ngapunten kangmas  [top]
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

cubluk

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #4 on: 29/08/2008 13:45 »
Kalo menurut yg saya ketahui:

- solar plexus itu adalaha salah satu cakra major yg letaknya di ulu hati, cakra ini berkaitan dgn emosi.

- kalo yg 3 jari di bawah pusar itu Tan Thien ada yg menyebutnya Dan Thien, ini memang tempat menghimpun energi. Tapi bukanlah cakra. Energi yg mengalir lewat sushumna (aliran tulang belakang manusia) dikumpulkan di sini. Kurang lbh dari tulang belakang bag bawah (tulang ekor) naik keatas balik lagi ke depan disimpan di Dan Thien ini.

- ada lagi ida dan pinggala, ini sejajar dgn sushumna tapi lbh kecil jalur energinya, yg satu buat hawa dingin satu lagi hawa panas. Bisa dibilang jalur yin dan yang.

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #5 on: 29/08/2008 20:23 »
Salam Persaudaraan, ikutan yah..

Pernah sy bahas dlm thread PSTD April 24 2008 page 2, yaitu:
Scr definisi, solarplexus adlh jaringan syaraf2 simpatis yg terletak di belakang lambung dan didepan aorta. Utk memudahkan, org awam menyebutnya ulu hati (sesuai dg penjelasan Mas Antara).

Titik tsb digunakan, krn ada rahasia dibaliknya. Coba saja kalau ulu hati org biasa bila dipukul rasanya kan bisa senap/pegal/mual bahkan bisa pingsan. Berbeda dg titik2 lain di tubuh bila dipukul, mslnya perut, dada dll. Kenapa? Menurut pemahaman sy, dibalik ulu hati itu ada "terowongan besar/jalan toll" yg merupakan "titik pusat" dr organ San Jiao (lbh detail mengenai organ tsb silahkan lihat di thread PSTD May 13 2008 page 3). TD yg dihslkan dibawa/dikirimkan ke bgn tubuh lain melalui "jalan toll" ini. Begitulah kira2.

Tentang libido (spt yg diutarakan Mas MJ14), masalah tsb terjadi mungkin krn "tersesat". Maksudnya, mungkin mencoba utk melakukan eksplorasi/pendalaman sendiri, mencoba menemukan hal2 lain mslnya. Resiko usaha kali ya.. Di thread PSTD juga, Kang Irja ada membahas soal TD Panas & Dingin. Sebetulnya kuncinya ada disana. Ada istilah yg dikenal dg "kunci syahwat". Mungkin sahabat yg "tersesat" tsb kehilangan atau belum menemukan kuncinya. Coba aja kalau berkenan, silahkan coba utk berkonsultasi dg Kang Irja utk membuatkan "kunci yg cucok". Kunci tsb diperlukan, mslnya krn pekerjaan hrs meninggalkan kluarga slama bbrp wkt, ntar kalo sdh balik ke rmh lg kan bs buka pintu. Wong sdh punya kuncinya kan.  :) Sekadar intermezzo aja yah..

Salam hangat,

May Lee


 

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #6 on: 31/08/2008 05:34 »
Quote
ada lagi ida dan pinggala, ini sejajar dgn sushumna tapi lbh kecil jalur energinya, yg satu buat hawa dingin satu lagi hawa panas. Bisa dibilang jalur yin dan yang.

Ida dan Pingala inilah dua nadi yang saya maksud sebelumnya. Tapi setahu saya mereka tidak sejajar sih... anyway, toh siapa yang bisa membedah badan dan menunjukkan nadi-nadi tersebut x-))... jadi tidak perlu kita perdebatkan.

Quote
Titik tsb digunakan, krn ada rahasia dibaliknya. Coba saja kalau ulu hati org biasa bila dipukul rasanya kan bisa senap/pegal/mual bahkan bisa pingsan. Berbeda dg titik2 lain di tubuh bila dipukul, mslnya perut, dada dll. Kenapa? Menurut pemahaman sy, dibalik ulu hati itu ada "terowongan besar/jalan toll" yg merupakan "titik pusat" dr organ San Jiao (lbh detail mengenai organ tsb silahkan lihat di thread PSTD May 13 2008 page 3). TD yg dihslkan dibawa/dikirimkan ke bgn tubuh lain melalui "jalan toll" ini. Begitulah kira2.

Kalau yang saya tahu, pukulan ke wilayah solar plexus dapat mengakibatkan trauma temporer pada diaphragma, yaitu selembar otot yang melintang di wilayah perut bagian atas yang gunanya untuk menggerakan paru-paru. Bila terjadi benturan, otot ini mengerut dengan cepat sehingga mendorong paru-paru ke atas, dus menyebabkan udara terdorong ke luar. Sesudah benturan, otot diaphragma akan diam sejenak sebelum dia berfungsi secara normal, ini menyebabkan kita tidak dapat bernafas untuk beberapa waktu.

Selain itu jaringan syaraf pengatur pencernaan di sekitar solar plexus dapat menimbulkan efek mual bila terpukul.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #7 on: 31/08/2008 12:27 »
Salam persaudaraan,

Iya betul Mas Antara, kalau "orang biasa" bila ulu hatinya dipukul biasanya akan mengalami hal spt itu. Dengan metoda latihan spt yg diterapkan olh Ktd mslnya, hal tsb dpt dikendalikan/dikondisikan. Mungkin mrk2 itu (Ktd-er) termasuk "bukan org biasa" kali yah..Lihat sj pengujian yg dilakukan, pemukulan ke arah ulu hati dg menggunakan bata atau pipa besi. Kalau penguncian sukses, mudah2an tdk tjd apa2.

Sy ada melihat satu model pengobatan ala Timur (China), dimana pasien posisi rebah telentang. Kemudian si "dokter" meletakkan tumit kaki kanannya di ulu hati pasien & menekannya scr bertahap ke arah dalam atas selama bbrp wkt. Pertama2 si pasien memang merasa sakit (senap mual gt) tpi setelah lewat fase tsb si pasien merasakan hangat yg mengalir ke seluruh tubuh. Wkt sy tanya ke "dokter" tsb, penjelasannya adlh demikian (spt yg sy utarakan diatas). Metoda tsb mirip dg Solarplexus Central Power di Ktd bedanya dibantu dr luar (pake tumit itu).

Btw, selamat melaksanakan ibadah puasa bg yg menjalaninya.

Salam hangat,

May Lee








Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #8 on: 31/08/2008 13:36 »
salam juga ... Mbak?... May Lee...

Salah satu cara untuk melindungi ulu hati adalah dengan mengerutkan otot diaphragma. Caranya adalah dengan melakukan kontraksi keras di sekitar ulu hati (biasanya menahan nafas dengan melakukan penekanan paru-paru ke arah bawah - sensasinya mirip seperti mengecilkan perut). Ini ibaratnya seperti mengeraskan otot bisep supaya tahan pukul.

Saya orang awam di bidang tenaga dalam, tapi yang saya perhatikan dari luar, semua demo pengerasan tubuh di ulu hati menggunakan metode kontraksi diaphragma ini. Sederhana dan murni berada pada tataran fisik. Entah kalau ada hal lain di baliknya yang berada di luar pengamatan saya. Maklum, saya bukan orang "dalam"  x-))
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #9 on: 01/09/2008 20:37 »
Salam persaudaraan,

Sy cb lengkapi dikit ya ttg pemahaman sy soal "ulu hati" tsb.

Mungkin kira2 begini ya penjelasannya. "Pengerasan" atau penguncian "ulu hati" tsb kalau menurut sy sebenarnya bukan dimaksudkan utk tahan dipukul, itu hanya efek sampingnya saja. Tapi lbh merupakan suatu cara utk menstimulus "panas". Pengujian dg bata atau pipa besi itu juga, kalau menurut sy sih, adalah salah satu upaya lain utk menstimulus "panas" tsb tetapi dg bantuan dr luar (bata atau pipa itu).

Menurut referensi, ilmu pengobatan Timur ada menyebut satu organ San Jiao itu (terjemah gaulnya, organ "tri-pemanas", kali ya..). Organ ini tdk dikenal dlm kedokteran Barat. Menurut sy jg, mungkin lbh tepat disebut "rongga". Sederhananya, sebut sj perut, dada, & ulu hati. Kedokteran Timur meyakini bhw sumber "panas" tubuh manusia itu berasal dr tempat tsb.

Kmdn, dicarilah berbagai macam cara utk mengumpulkan & mengalirkan "panas" tsb utk kemanfaatan kita, utk kesehatan dll. Salah satu cara spt yg dilakukan olh metoda Ktd itu disamping msh banyak cara2 lain tentu saja.

Mungkin kira2 bgt kali ya.. Baiklah, sy duduk menyimak & menunggu pencerahan selanjutnya dr Mas Antara (yg ngakunya bkn orang "dalam" tpi kok ilmunya dalam ya..opo mneh wong2 jebolan Ngajogjakarto Hadiningrat biasane elmune sampun komplit lho..)
 [top]

Pareng,

May Lee









hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #10 on: 11/11/2008 07:40 »

Saya liat sendiri, temen yg pernah ngikut TD dengan fokus nafas dada kemudian pindah ke perguruan dg fokus cakra solar ginian efeknya..... dadanye gosong!! Gosong diluarnye doang.. tapi dienye kagak berasa sakit sih, cuman kulit aje. Akibat ini untungnya ga permanen, tapi lumayan bisa berlangsung ampe hampir dua bulanan. Thus, ati2 kalo komparasi ye mas Pastor... asal gak nyampur2 sih mungkin gpp........ moongkeen :-[


Salah satu kemungkinan gosong itu, akibat pernafasan yang kurang tepat.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Adji_Aris

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #11 on: 19/12/2009 12:42 »
Salam kenal dan salam persahabatan

menurut saya pusat getar /sumber tenaga dalam, baik itu di dada, diafragma, atau pun di solar plexus itu memiliki fungsi dan sifat yang berberda dan dipergunakan sesuai kebutuhan pemilik tenaga dalam tersebut , misalnya : tenaga dalam dengan pusat getar di dada atau yang sering dikenal dengan pernafasan dada, akan lebih menghasilkan tenaga dalam yang sifatnya fisik (misalnya : pemukulan benda-benda keras,dsb). Semakin ke bawah (diafragma, perut, pusar, solar plexus dan selanjutnya) akan lebih menghasilkan tenaga dalam yang sifatnya lebih halus, bahkan mungkin apabila di deteksi tenaga dalam ini hampir bahkan  tanpa getaran sama sekali (kasepuhan). Sekarang tinggal pemakaian-nya saja yang disesuaikan dengan kebutuhan bahwa tenaga dalam tersebut akan dipergunakan untuk apa.

Mohon maaf apabila pendapat saya ini keliru.

bluebex

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 123
  • Reputation: 9
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: TD
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #12 on: 12/05/2010 12:45 »
klo kita mau melihat satuan yg lebih kecil lg disana ada jawaban ...

di ulu hati  adalah tempat yg berbeda dgn yg lain 1 sel mempunyai 4 mitocondria, sedangkan ditempat lain 1 sel hanya mempunyai 1 mitocondria.

mitokondria ini sebenarnya yg mensuply energi bagi manusia ... efek samping kerjanya berupa panas ... yg sering kita bil TD

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #13 on: 12/05/2010 15:03 »

di ulu hati  adalah tempat yg berbeda dgn yg lain 1 sel mempunyai 4 mitocondria, sedangkan ditempat lain 1 sel hanya mempunyai 1 mitocondria.

wah mantap ki penjelasannya bro bluebex... bisa lebih detail nggak ya, seperti proses mitokondria, mungkin sumbernya... ditunggu ya..
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

bluebex

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 123
  • Reputation: 9
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: TD
Re: Solar Plexus, Dewi Ular atau Ulu Hati
« Reply #14 on: 17/05/2010 11:07 »
sebenarnya banyak yg sudah menjelaskan tentang mitocondria ini ... salah satunya dibawah ini ...

http://www.epilepsy.com/epilepsy/mitochondrial_functions

tinggal cr di mbah gogle aja... yg bhs. indonesia juga banyak ...  :P

 

Powered by EzPortal