+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Spirit Macan pada aliran beladiri  (Read 43093 times)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Spirit Macan pada aliran beladiri
« on: 09/12/2007 21:20 »
melihat suatu peragaan dari Silau Macan Condet kemaren, dan atas dasar keterangan yg diberikan oleh Bang Rasyid selaku penerus aliran tersebut, sungguh diluar dugaan , begitu apik dan sempurnanya aliran tersebut dalam mengemas supranatural tanpa harus menghilangkan identitas Silat Fisiknya..

"yah Macan Siluman silahkan hadir dan ikutan ngumpul ketika kami latihan, tapi kami tidak meminta mereka untuk hadir, namun kalaupun hadir juga tidak jadi masalah.. "

kata-kata bijak yang penuh dengan nuansa pemahaman persuasive sehingga tidak lari dari jalur Agama, itulah kesan yg ku tangkap dari arah pembicaraannya.

Demikian pula ketika beberapa bulan lalu, tatkala "Gerak Gulung Budidaya" datang ke gedung hydro memberikan presentasi dan peragaannya..
nuansa mistis supranatural itu sangat sangat terasa kental..
namun sekali lagi, gerakan aplikatif silat fisik tetap menjadi hal yg terdepan.
saat bercerita dalam sessi yg nonformal, saya pun mendengar keterangan
bahwa ada suatu "ajaran rahasia" menyangkut spirit macan pada tingkat tertingginya, namun belum tentu tingkatan itu bisa diajarkan..
bahkan diambang kepunahan..

jika kita menilik kembali kepada cerita orang tua-tua di Minang,
bahwa latihan silek biasanya pada tahap terakhir ialah diuji oleh Inyiak..
Inyiak yang dimaksud ialah dengan hadirnya Harimau Gaib
yang siap membetulkan gerakan silek jika salah dilakukannya
dan atas restu Harimau Gaib inilah penentuan lulus tidaknya untuk memegang
aliran silek tersebut..

so teman2... mari kita berdiskusi tentang hal itu
berhubung dibukanya thread supranatural pada forum tercinta ini

mari kita mulai share... [top]


Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #1 on: 10/12/2007 07:04 »
Wah, Kisawung,

Rasanya saya harus mendengarkan uraian Kisawung lebih panjang dulu sebelum bisa ikutan nimbrung cerita. Cerita terus dong Ki!

tabik,
Ranggalana
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #2 on: 10/12/2007 07:40 »
salam dulu buat Ki Sawung.

Kalau lihat banyak perguruan yg. menggunakan kata macan, mungkin ada hubungannya harimaunya sumatera dan di tanah jawa , apa mungkin?

Sedikit saya cerita , Saya tinggalin sekarang ini ada yang menguasai jurus 27 cimande tetapi sayang sudah tidak mau mngajarkanya lagi karena beliau kecewa pada muridnya yg diajarkan ilmu lebih dari 10 th yg lalu yg hanya sampai 17 jurus.

Pernah menurut tetangganya beberapakli rumahnya didatangin makhluk berupa harimau . dan ini beberapakali saya ndak tahu hubunganya ?

Dan kalau zaman dahulu ada yg lihat anak kecil di ayun oleh harimau katanya kakekny kangen lagi ngayun dia ?
« Last Edit: 10/12/2007 07:43 by AGUNGP »

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #3 on: 10/12/2007 10:34 »
Bagaimanapun jua, macan sangat dekat dengan kita. Dulu orang Jawa punya sport beradu dengan macan yang dinamakan RAMPOGAN dan ceritanya dapat dibaca dibukunya Pak Denys Lombard.

Mitos macan tumbuh subur di masyarakat Jawa dan Sumatra.

Di dalam mitos-mitos itu biasanya macan dilukiskan sebagai perkasa dan bijaksana, sebagai Kakek yang melindungi rimba.

Saya pernah wawancara dengan ahli pantun dari Riau dan menurut beliau, kepercayaan lokal di sana adalah hanya kampung di mana ada orang yang berdosa zina yang akan dimusuhi harimau. Kepercayaan semacam juga sering ditemui di Jawa.

Banyak juga kisah harimau jadian. Harimau putih. Biasanya, harimaunya tidak jahat...

Harimau memang bagian dari memori bersama kita. Kita adalah cucu-cucu macan, yang belajar darinya bukannya dimakan.

Hidup Macan!

Salam hangat
Ranggalana
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #4 on: 10/12/2007 10:57 »
Benar kata Ki Sawung,...

Yang saya tangkap Silau Macan merupakan pembangkitan spirit  dan energi dari si pesilat, spirit Sang Macan membawa pesilat pada nuansa maenan/jurus disekitar. Jadi tidak mengenal jurus baku, bisa jadi Cingkrik, Beksi, Cikalong, Cimande dll tergantung kebutuhan. Tingkatan tertinggi seperti diutarakan Ki Sawung adalah "rahasia".

Kayanya di silat inilah istilah "Palugada" (meminjam istilah Bang Ajad kemaren=Apa yang Lu minta Gua Ada), bisa disandang... ;D ;D ;D

Salam [top]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #5 on: 10/12/2007 14:15 »
iya "spirit" ini sampe dipake ama penyanyi dangdut.......TRIO MACAN [lucu]

salam,


one
Nb : bener gak Ki Sawung?

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #6 on: 10/12/2007 14:21 »
@Kisawung
Bagi-bagi dong oleh-oleh dari Condet Sabtu kemarin.  :)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #7 on: 10/12/2007 14:27 »
iya "spirit" ini sampe dipake ama penyanyi dangdut.......TRIO MACAN [lucu]

salam,


one
Nb : bener gak Ki Sawung?

Iye...Trio Macannye ente, Kong Nijam, ame Ajad. [lucu] [lucu]

Kemaren kemane, katenye udeh "sembuh" ;D ;D
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #8 on: 10/12/2007 21:35 »
Ngomong2 soal rampogan, nenek buyut saya istri seorang sinder (penjaga hutan), nah kalau mau acara rampogan, nenek buyut ini bertugas mengantar macan ke keraton. Uniknya beliau konon membawa macan tdk dgn dikerangkeng melainkan diikat dgn setagen pada lehernya, dan dituntun (seperti menuntun anjing) ke keraton.
Salam
Chandrasa

aircadas

  • Guest
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #9 on: 10/12/2007 22:48 »

Ngomongin silat silau macan inget dengan OPOSI yg di condet mungkin saat ini yang nerusin adalah bang Rosid. dahulu Silau Macan adalah anggota IPSI bahkan kalo tidak salah sering bolak balik Padepokan di TMII atas undangan pak Eddy.

Pas peresmian Padepokan pun Iposi iku dalam acara tsb, dan di hadiri oleh Abah atau engkong Sapri inilah silau macan hadir dengan bendera IPOSI. jurus rahasia yg  tidak bisa di ungkap di depan umum atau jarang adalah kebatinannya ( supranaturalnya) berupa gerakan macan.

Melalui getaran tubuh sang lawan silau macan dapat melumpuhkan hanya dengan tatapan mata, itu kata Alm Kong Sapri. dalam kaitannya dengan supranatural di akau IPOSI tidak identik dengan itu, akan tetapi ada. dan akan nampak dari pancaran mata. saya tidak tahu apakah pas di Hidro nampak hal itu karena saya memang tidak hadir di sana.

lanjut..., apa yang dikatakan Kang Kisawung ada benernya juga bahwa nuasa mistik akan terlihat, apalagi bang Rosid pernah bilang kepada salah satu muridnya yang memang sangat deket dengan saya bahwa di dahulu macan sering hadir untuk memberikan ajaran silat kepada muridnya yang akan di terima sebagai salah satu muridnya, bukan cerita mistik yang dibuat2, karena korelasi silau macan masih ada hubungnnya dengan silat dari jawa baray seperti cimande , cikalong. pertanyaan saya yang sampai saat ini belum terjawab adalah apakah IPOSI adalah silat betawi?? dan apakah entong Gendut belajar silat silau macan juga, menurut cerita entong gendut hidup sejaman dengan Pitung, sayangnya Pitung tidak tercatat dalam buku sejarah nasional sedangkan entong gendut ada!!

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #10 on: 13/12/2007 09:52 »
waah jadi seru neh thread gara-gara macan [top]

hidup macan...  :D







Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #11 on: 13/12/2007 10:13 »
....... menurut cerita entong gendut hidup sejaman dengan Pitung, sayangnya Pitung tidak tercatat dalam buku sejarah nasional sedangkan entong gendut ada!!
Si Pitung memang lebih beken sebagai mitos daripada patriot tanah air.
Mungkin itu lebih baik, umumnya mitos akan jadi legenda yg lebih sakral daripada sekedar gelar pahlawan Nasional. [top]

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #12 on: 13/12/2007 11:26 »
pertanyaan saya yang sampai saat ini belum terjawab adalah apakah IPOSI adalah silat betawi?? dan apakah entong Gendut belajar silat silau macan juga, menurut cerita entong gendut hidup sejaman dengan Pitung, sayangnya Pitung tidak tercatat dalam buku sejarah nasional sedangkan entong gendut ada!!
[/quote]

Ini sih pandangan ane aje bang, ane orang awam di silat cuman ngeliat dari sudut pandang kebudayaan aje,...itupun kalo redo. x-))

Silat Betawi-Silat Sunda ada korelasi yang sangat kuat, walaupun saling mempengaruhi keduanya mempunyai karakter & style yang khas, ibarat rel kereta api nyang searah tapi tetep di jalur masing2. Nyang ane tau IPOSI (Ikatan Persilatan Olahraga & SIlaturahmi) adalah wadah dari beberape aliran silat (gabungan) nyang ade di Condet khususnye & di Betawi umumnye. Ini dilatarbelakangin ame pemberontakan Entong Gendut yang ngelibatin banyak Jawara dari berbagai aliran di tanah Condet. Silo Macan udeh ade dari jamannye, ane yakin Entong Gendut juga maenan, cuman bukan jadi andelan karene ade banyak nyang laennye, kemaren diskusi Bang Rosyid ngakuin dari gedoran IPOSI diambil punyenye silat Ki Atu maenan ngkong Maliki.

Dari sejarahnye lokasi Condet yang dulunye jadi tempat pembuangan Pangeran Purbaya & Pengikutnye Sultan Ageng Tirtayasa (De Haan, 1920:250) bisa jadi awal masa inkubasi aliran persilatan, belon lagi di jaman Rd.H Ibrahim - Kari - Madi - Mamak Kosim.

Entong Gendut ade catetannye, Pitung juga ade catetanye bang berupa makalahnye Margreet Van Till di Leiden "In search of Pitung:The History of an Indonesian Legend". Di Jakarta juge ade kemarenan ane ngelacak ade nyang punya biografi Pitung, bentuknye arsip baru dateng dari Belanda, punye kolektor di jl. Veteran. Tapi ane belon nyambangin.

segitu dulu bang, kali2 aje berkenan...

Salam,... [top]

Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

bangajad

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 103
  • Reputation: 13
  • bangajad
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #13 on: 13/12/2007 13:24 »
Bangajad mau ikutan ngomong yang mistik2 juga ah...

Menurut pengamatan saya, ada beberapa perguruan silat yang memiliki kesamaan dengan aliran Silat IPOSI Silau Macan dari Condet. Salah satunya yaitu Perguruan Elang Terbang, yang saya pernah mempelajarinya. Yang membuat saya tertarik terhadap aliran silat "GAIB" / silat "REFLEKS" ini yaitu mereka memiliki kemampuan untuk mengambil jurus dari perguruan silat yang sebelumnya saya pelajari.

Untuk menambah daya tarik, mereka juga memberikan beberapa ilmu yang dapat langsung dipraktekkan seperti Ilmu Lari Cepat yang diambil dari ilmu Eyang Panjalu / Harimau Panjalu. Dengan ilmu tersebut kecepatan lari seseorang dapat bertambah dengan seketika.

Pada dasarnya jenis perguruan ini tetap memiliki jurus dasar yang harus dikuasai oleh para muridnya. Dan mereka juga harus melakukan latihan fisik agar gerakan silat mereka sempurna. Namun pada saat seorang murid mengeluarkan jurus, mereka memiliki perbedaan gerakan antara yang satu dengan yang lain. Hal ini tergantung pada karakter dan perbendaharaan gerak dari si pesilat.

Aliran perguruan ini biasanya juga mempunyai ritual tertentu yang harus dijalankan seperti pembacaan Silsilah Para Arwah (dari mulai Nabi Muhammad SAW, para sahabat nabi, para auliya, para syekh, para wali dan para orang sakti yang pernah ada) untuk mendapatkan syafaat, karomah dan kemuliaan dari para arwah tersebut. Selain itu mereka juga membaca amalan-amalan tertentu untuk menguasai ilmu-ilmu kesaktian.

Mereka juga biasanya senang melakukan ziarah kubur ke tempat-tempat yang dikeramatkan. Seperti makam para wali, makam para pendekar zaman dahulu dan tempat-tempat lainnya.

Berbicara mengenai spirit harimau ataupun mengenai jurus harimau, memang hewan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para praktisi silat, terutama silat Gaib. Seorang guru dari aliran silat ini pernah berkata apabila ada yang ingin menguasai jurus harimau orang tersebut dapat berkunjung ke Gua Gudangwang di Bogor. Di sana orang tersebut harus minum dari mata air yang ada di dalam gua untuk mendapatkan jurus tersebut. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan restu dari penjaga gua tersebut yaitu Ki Belang yang menguasai ilmu harimau.

Menurut saya, sah-sah saja apabila seseorang ingin mendalami suatu jenis aliran silat. Namun dalam mendalami silat gaib diperlukan kesucian niat dan hati serta pengetahuan agama yang mendalam agar syariat yang dilakukan tidak melanggar norma-norma yang ada.

Mengenai IPOSI Silau Macan, saya cukup kagum terhadap mereka karena bisa mengaplikasikan gerakan-gerakan yang dimilikinya dengan baik walaupun ada yang beranggapan bahwa mereka termasuk silat gaib.

bang ben

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #14 on: 13/12/2007 18:47 »
Nimbrung ah soal macan,
Dalam diskusi kemarin ada beberapa hal yang menarik untuk diulas, penggunaan spirit macan pada silat IPOSI menunjukan hubungan yang sangat erat dengan silat di pasundan. Sepengetahuan saya Prabu Siliwangi dan seluruh pengikutnya moksa atau menghilang secara gaib dan diyakini menjadi macan gaib.
Selain itu ada satu hal yang saya ingat dari cerita bang rosyid kalo makanan macan itu telor. Saya langsung teringat cerita almarhum bapak, yang pernah cerita kalo didearah buyut kami di Bandung juga banyak yang memelihara macan gaib dan dikasih makan telor ( ga tahu juga ko makannya telor ya bukan daging  ::)).
Menyinggung soal teknis silat yang tertinggi pada silau macan justru tidak memiliki jurus, saya malah jadi ingat tulisan ki Sawung, bahwa teknik tertinggi di aliran Syahbandar yaitu Kumaitu atau kumaha itu,
Saya pikir ilmu pamungkas Silau macan juga sama dengan prinsip kumaitu, karena apapun teknik lawan akan dapat diatasi dengan seketika. (betul ga ki ? tolong koreksi ya  [top]

Kalo masalah silat betawi atau bukan ya susah juga dijawab, wong kalo pake jurus pamungkas silau macan jadi bisa bersilat dengan jurus dari aliran manapun ko :P, bahkan pake kuntau, jet kundo n lainnya juga bisa kali jadi bukan hanya dari perbendaharaan si pesilat semata.     

salam


 

Powered by EzPortal