+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Spirit Macan pada aliran beladiri  (Read 43091 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #15 on: 13/12/2007 18:57 »
Nimbrung ah soal macan,
Dalam diskusi kemarin ada beberapa hal yang menarik untuk diulas, penggunaan spirit macan pada silat IPOSI menunjukan hubungan yang sangat erat dengan silat di pasundan. Sepengetahuan saya Prabu Siliwangi dan seluruh pengikutnya moksa atau menghilang secara gaib dan diyakini menjadi macan gaib.
Selain itu ada satu hal yang saya ingat dari cerita bang rosyid kalo makanan macan itu telor. Saya langsung teringat cerita almarhum bapak, yang pernah cerita kalo didearah buyut kami di Bandung juga banyak yang memelihara macan gaib dan dikasih makan telor ( ga tahu juga ko makannya telor ya bukan daging  ::)).



Iye deh Bang Ben,...
Ane tau di daerah ente kuat kebatinannye, kalo tawuran banyak nyang nyambat tuh...
"kpriben,...ari kita bli weru jeh...endoke...endok apa? bokat endok asin apa ya...? ;D ;D

Lanjuuutt...Bang...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

aircadas

  • Guest
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #16 on: 13/12/2007 23:00 »

Andai saja bang rosid bisa mengetahui dari mana asal usul silat ini, maka ini jadi berita bagus, sayangya para keturuannyapun hanya tahu sebatas kata turun termurun. coba perhatikan saat ia bermain jurus di bawah meja, mirip jurus atau mainan silat manakan?

Andai anda jawab, cimande?? mirip2lah krn kepalan tangan yang keras kerap di jumpai, dan kuda2 rendahpun mirip sekali dengan mainan serak? jadi pinjam istilah para ahli bahwa silat ini sudah bercampur dengan ragam silat lainnya. ciri khasnya menyerupai jurus silat dari silat Cimande, Serak dan juga cikalong aliran kerasnya.

silahkan di lanjut, ini menurut saya loh, analisa yg memang masih amatlah mentaH

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #17 on: 14/12/2007 09:22 »
salam dulu buat Ki Sawung.

Kalau lihat banyak perguruan yg. menggunakan kata macan, mungkin ada hubungannya harimaunya sumatera dan di tanah jawa , apa mungkin?
secara geografis sebelum peristiwa ledakan krakatau pertama, Jawa dan Sumatera itu satu kesatuan..
bahkan pernah kubaca tentang artian "Maung Lugay" sebagai salah satu contoh
jika diartikan segi harfiah, maka ia akan berhubungan dengan "Barisan Harimau Campo"... (teman2 yg ingat akan info ini silahkan ditambahkan)


Sedikit saya cerita , Saya tinggalin sekarang ini ada yang menguasai jurus 27 cimande tetapi sayang sudah tidak mau mngajarkanya lagi karena beliau kecewa pada muridnya yg diajarkan ilmu lebih dari 10 th yg lalu yg hanya sampai 17 jurus.
belom lagi buah atau isinya ya... astagfirulloh  :'(

Pernah menurut tetangganya beberapakli rumahnya didatangin makhluk berupa harimau . dan ini beberapakali saya ndak tahu hubunganya ?

Dan kalau zaman dahulu ada yg lihat anak kecil di ayun oleh harimau katanya kakekny kangen lagi ngayun dia ?
jadi inget ama kakek dan buyut saya..  :'(

terima kasih mas Agung  [top]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #18 on: 14/12/2007 09:26 »

Banyak juga kisah harimau jadian. Harimau putih. Biasanya, harimaunya tidak jahat...

Harimau memang bagian dari memori bersama kita. Kita adalah cucu-cucu macan, yang belajar darinya bukannya dimakan.

Hidup Macan!

Salam hangat
Ranggalana

Kang Rangga memang Macan Sejati  [top]

hidup Macan...  :D

harimau memang tidak jahat.. dia hanya survive saja  8)
keren kang..  [top]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #19 on: 14/12/2007 09:30 »
Yang saya tangkap Silau Macan merupakan pembangkitan spirit  dan energi dari si pesilat, spirit Sang Macan membawa pesilat pada nuansa maenan/jurus disekitar. Jadi tidak mengenal jurus baku,

sepertinya bagus untuk ritual buat para prajurit TNI  8)
jadi dapet ide dari tulisan kang Jalatunda neh  [top]

inget ritualnya AL jika acara khusus di tengah laut..
apa yah namanya... lupa aku  :'(

spirit from the sea

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #20 on: 14/12/2007 09:32 »
iya "spirit" ini sampe dipake ama penyanyi dangdut.......TRIO MACAN [lucu]

salam,


one
Nb : bener gak Ki Sawung?

dulu dikenal istilah mandi kucing ..  ::)
bagaimana yah jika mandi macan.... gigit-gigitan kalee ..  [lucu]
ama jupe si macan betina..  :w

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #21 on: 14/12/2007 09:33 »
@Kisawung
Bagi-bagi dong oleh-oleh dari Condet Sabtu kemarin.  :)

oleh oleh nya yah cuma spirit aja..

yg hadir di hydro.. matanya jadi kayak macan semua..  [lucu]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #22 on: 14/12/2007 09:36 »
Uniknya beliau konon membawa macan tdk dgn dikerangkeng melainkan diikat dgn setagen pada lehernya, dan dituntun (seperti menuntun anjing) ke keraton.

jadi inget sinden kalau mau narik joget penonton
selendangnya di sampirkan ke leher penonton lalu ditariknya

duuuh... jadi mupeng dah

berarti kegiatan itu layaknya sanepan filsafat  ::)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #23 on: 14/12/2007 09:42 »
Bangajad mau ikutan ngomong yang mistik2 juga ah...
Nah ini dia orangnya yang udah dapetin berkah "Silau Macan"  [top]


Berbicara mengenai spirit harimau ataupun mengenai jurus harimau, memang hewan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para praktisi silat, terutama silat Gaib. Seorang guru dari aliran silat ini pernah berkata apabila ada yang ingin menguasai jurus harimau orang tersebut dapat berkunjung ke Gua Gudangwang di Bogor. Di sana orang tersebut harus minum dari mata air yang ada di dalam gua untuk mendapatkan jurus tersebut. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan restu dari penjaga gua tersebut yaitu Ki Belang yang menguasai ilmu harimau.

yah betul Bang Ajad..
sekitar 8 tahun lalu saya pernah ziarah ke Guha Gudawang Jasinga Bogor..
terdapat beberapa Guha yg dibuka, dan ada satu yg tertutup..

setelahnya, saya diberikan "Syahadat Macan"
yg dengannya maka "Si Belang" akan hadir
« Last Edit: 14/12/2007 09:57 by kisawung »

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #24 on: 14/12/2007 09:55 »

Menyinggung soal teknis silat yang tertinggi pada silau macan justru tidak memiliki jurus, saya malah jadi ingat tulisan ki Sawung, bahwa teknik tertinggi di aliran Syahbandar yaitu Kumaitu atau kumaha itu,
Saya pikir ilmu pamungkas Silau macan juga sama dengan prinsip kumaitu, karena apapun teknik lawan akan dapat diatasi dengan seketika. (betul ga ki ? tolong koreksi ya  [top]

salam bang ben  [top]

kumaitu kalo gak salah istilah dari Kang Yana
saya hanya meneruskan nya dengan copy paste  :D

oiya... disertai juga dengan teriakan.... "Yaa `Ali "

spirit Macan Ali yg banyak dipakai pesilat dahulu
" Asad ullohul ghoolib... `Ali ibni Abi Thoolib.. karomallohu waj hah
 dst...
artinya: Singa/Macan Alloh yg gagah perkasa, Ali Bin Abu Tholib

"Naad `Aliyyan muzhirul Aja-ib ...  panggillah Ali tampakkanlah keajaibannya


..... "Yaa Aali"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #25 on: 14/12/2007 10:31 »
muantafff Ki Sawung,...top abis.. [top]

Amalannya same Ki,... setiap abdi dalem di Keraton Kasepuhan Cirebon ngibarin Bendera Macan Ali (Lambang Kasepuhan Cirebon) juga begitu... x-)) x-)) paling ada tambahan babasan Cirebonnye dikit diakhir...jadi bukan pesilat aje ::)

Lanjuuuut...Ki... [top]
« Last Edit: 14/12/2007 18:20 by kisawung »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #26 on: 14/12/2007 10:51 »
.......... Hal ini dilakukan untuk mendapatkan restu dari penjaga gua tersebut yaitu Ki Belang yang menguasai ilmu harimau.

Menurut saya, sah-sah saja apabila seseorang ingin mendalami suatu jenis aliran silat. Namun dalam mendalami silat gaib diperlukan kesucian niat dan hati serta pengetahuan agama yang mendalam agar syariat yang dilakukan tidak melanggar norma-norma yang ada.


iya deh.....Bang Belang. ;D ane dukung ente buat pelestarian harimau..kayak WWF

(pantesan aja kemaren bang Ajad mukenye belang.... ;D ;D)

salam,

one
sima aing sima maung
aing kasima ku maung
na..atuh maung make sima sagala.... x-))

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #27 on: 14/12/2007 11:16 »
Muantafff Ki Sawung,...top abis.. [top]

Amalannya same Ki,... setiap abdi dalem di Keraton Kasepuhan Cirebon ngibarin Bendera Macan Ali (Lambang Kasepuhan Cirebon) juga begitu... x-)) x-)) paling ada tambahan babasan Cirebonnye dikit diakhir...jadi bukan pesilat aje ::)

Lanjuuuut...Ki... [top]


Bersila dan berguru nih, ama abang-abang Maung...

Mohon dengan sangat agar soal Ali bin Abu Thalib dan juga tentang Cirebon, di ulas lebih panjang, lebar dan dalam.

Terimakasih sebelonnya bagi yang sudi berbagi ilmu pengetahuan.

Salam pencak,
Ranggalana.
« Last Edit: 14/12/2007 18:21 by kisawung »
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #28 on: 14/12/2007 12:31 »
Huebat ki Sawung,
top markotop deh, dua jempol buat anda  [top] [top]
ini namanya sekali merengkuh keyboard, dua-tiga pertanyaan dijawab-i  ;D
salam
Chandrasa

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #29 on: 14/12/2007 12:59 »
Salam dasyat Buat ki Sawung  [top] [top] [top]

Oh ya mungkin Zaman dahulu ada orang Pasundan yang ber temu dengan `Ali ibni Abi Thoolib.. karomallohu waj hah ,

Atau mungkin dogengan yg. saya sampaikan dalam cerita Bambularangan, Cuman mitos belaka ???, Ndak tahu ah ? ???

 

Powered by EzPortal