+-

Video Silat

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Spirit Macan pada aliran beladiri  (Read 42152 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #30 on: 14/12/2007 14:27 »
Bersila dan berguru nih, ama abang-abang Maung...

Mohon dengan sangat agar soal Ali bin Abu Thalib dan juga tentang Cirebon, di ulas lebih panjang, lebar dan dalam.

Terimakasih sebelonnya bagi yang sudi berbagi ilmu pengetahuan.

Salam pencak,
Ranggalana.


K@ng Ranggalana,...

Kalo Sosok Sayidina Ali bin Abi Thalib ane rase sebagian besar kite2 orang Islam udeh pade tau....

Ijinin Ane mau sedikit cerite tentang "Macan Ali" sebagai Lambang/Bendera Kebesaran Keraton di Cirebon (Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan), dan ape kire2 hubungannye ame Sayidina Ali.

"Macan Ali" adalah Bendera sekaligus Lambang Kebesaran Keraton Cirebon, bentuknye berupe kaligrafi arab yang mengikuti bentuk piktogram stilasi dari "Macan Duduk". Sering ditemuin di Lukisan Kaca seniman Cirebon, tulisan arabnye berbunyi: "thoyibah laa ila ha illallah".

Hubungannye ame Sayidina Ali, ane ringkesin aje nih..., karene Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) keturunan ke 17 dari Sayidina Ali, ke 18 dari Rasulullah, karene depan namenye pake Sayid Syarif,nasab dari Husein.

Balik lagi ke macan nih,...
Di Keraton Pakungwati Cirebon (Keraton awal) pernah dibentuk sepasukan khusus berjumlah 12 orang yang dapat berubah wujud menjadi macan. Keraton memberikan "jubah & Bandrang(Kpale Tombak)" sebagai tanda. Kalo mao berubah dengan memakai jubah itu, pasukan ini tidak muncul sembarangan, cuman pas Cirebon terancam bahaya aje. Tandanye Cirebon bahaya adlah apebila "Kantil" atau Kurung Batang di Astana Gn.Jati yang berlapis emas raib...terbang...atau bergoncang. Pasukan ini berlanjut diwarisin ke ahli warisnye sampe sekarang, konon pemunculannye cuman di bulan Mulud dan di tempat keramat yang ditunjuk. Sekarang udeh berkurang jumlahnye mungkin cuman 5 aje...
Udah dulu ane gak bisa panjang lebar nyeritainnye, belon dapet ijin dari yang bersangkutan di Cirebon...

Salam,...

« Last Edit: 14/12/2007 18:17 by kisawung »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Bakekok

  • Guest
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #31 on: 14/12/2007 17:50 »
Hubungannye ame Sayidina Ali, ane ringkesin aje nih..., karene Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) keturunan ke 17 dari Sayidina Ali, ke 18 dari Rasulullah, karene depan namenye pake Sayid Syarif,nasab dari Husein.

Balik lagi ke macan nih,...
Di Keraton Pakungwati Cirebon (Keraton awal) pernah dibentuk sepasukan khusus berjumlah 12 orang yang dapat berubah wujud menjadi macan. Keraton memberikan "jubah & Bandrang(Kpale Tombak)" sebagai tanda. Kalo mao berubah dengan memakai jubah itu, pasukan ini tidak muncul sembarangan, cuman pas Cirebon terancam bahaya aje. Tandanye Cirebon bahaya adlah apebila "Kantil" atau Kurung Batang di Astana Gn.Jati yang berlapis emas raib...terbang...atau bergoncang. Pasukan ini berlanjut diwarisin ke ahli warisnye sampe sekarang, konon pemunculannye cuman di bulan Mulud dan di tempat keramat yang ditunjuk. Sekarang udeh berkurang jumlahnye mungkin cuman 5 aje...
Udah dulu ane gak bisa panjang lebar nyeritainnye, belon dapet ijin dari yang bersangkutan di Cirebon...

Salam,...

Bang Jalatunda,...salam kenal...
Keren Bang, ini mitos apa beneran bang
Abang asalnya dari mana Betawi apa Cirebon? tau-tauan ttg keraton ya?
« Last Edit: 14/12/2007 18:16 by kisawung »

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #32 on: 15/12/2007 12:12 »
Apakah Sayidina Ali meninggalkan gerak silat?

Saya pernah dengar soal Ali seperti ini: nilai2 kepahlawanan dan jihad, keahlian permainan pedang (tetapi cuma dibilang ahli saja permainannya kayak apa gak dijelaskan), beliau punya pedang kesayangan yang diberi nama seperti pusaka Jawi, beliau perang menggunakan baju besi, tak mamu membunuh karena amarahnya pribadi, intelektual yang sangat cerdas, tampan, karismatik.... tetapi semua itu saya dengar tanpa kejelasan gerak olah pedang dan ilmu perangnya seperti apa. Apakah ada gerak-gerik permainan pedang Ali ini terwariskan sampai saat ini? 

Ternyata Cirebon keturunan Ali, to.... pantas, pantas.

It explains alot of things to me.

Terimakasih banyak sudah sudi berbagi. Hidup Cirebon!

Salam hangat,
Ranggalana.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

bang ben

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #33 on: 17/12/2007 20:54 »
Heheh, top markotop lah kanggo kang jalatunda, baka endog asin seh engko tak pangan atuh kang  ;D ;D ;D

Kalo soal sejarah Cirebon termasuk ilmunya juga emang kang Jalatunda sumbernya,  [top] [top] [top]


Hubungannye ame Sayidina Ali, ane ringkesin aje nih..., karene Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) keturunan ke 17 dari Sayidina Ali, ke 18 dari Rasulullah, karene depan namenye pake Sayid Syarif,nasab dari Husein.

Balik lagi ke macan nih,...
Di Keraton Pakungwati Cirebon (Keraton awal) pernah dibentuk sepasukan khusus berjumlah 12 orang yang dapat berubah wujud menjadi macan. Keraton memberikan "jubah & Bandrang(Kpale Tombak)" sebagai tanda. Kalo mao berubah dengan memakai jubah itu, pasukan ini tidak muncul sembarangan, cuman pas Cirebon terancam bahaya aje. Tandanye Cirebon bahaya adlah apebila "Kantil" atau Kurung Batang di Astana Gn.Jati yang berlapis emas raib...terbang...atau bergoncang. Pasukan ini berlanjut diwarisin ke ahli warisnye sampe sekarang, konon pemunculannye cuman di bulan Mulud dan di tempat keramat yang ditunjuk. Sekarang udeh berkurang jumlahnye mungkin cuman 5 aje...
Udah dulu ane gak bisa panjang lebar nyeritainnye, belon dapet ijin dari yang bersangkutan di Cirebon...

Salam,...

Bang Jalatunda,...salam kenal...
Keren Bang, ini mitos apa beneran bang
Abang asalnya dari mana Betawi apa Cirebon? tau-tauan ttg keraton ya?

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #34 on: 18/12/2007 07:10 »
Lanjut bang Jalatunda

 [top] [top]Top ceritanya,

Mungkin nantinya cerita tentang Macan jadi mitos saja kalau tidak ada pewarisnya
Bayangkan dari 12 orang jadi 5 orang .Dan ceritanya juga tabu ubtuk di ceritakan secara terbuka(blak-blakan).



@ bang Jalatunda
Bisa dong minta gambarnya, Kalau memungkinkan Tokoh H. Tubagus Mairan yang saya gambarkan dlm. tokoh Bambularangan. kalau Panjenengan gambar aku juga ndak nolak..

Matur suwun

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #35 on: 18/12/2007 09:11 »
[quote removed
Thx mas Agung,...

Kemaren ane udah kasih tau ke Cirebon ttg milis sahabat silat ini kalo sekedar cerita aje gak apa2 asal jgn kasih tau nama/orang,ambil gambar jubah (tepatnya gamis kali ya...) sama kepala Tombak terus disebar luasin. Di Cirebon sendiri terbatas nyang tau, Insya Alloh Lebaran Haji ini ane kesane buat gali cerita lagi.
Menurutnye kalo bulan Mulud suka muncul di Petilasan Tapak Semar (arah barat hutan Astana Gunung Jati). Waktu ribut2 tahta di Keraton Kanoman kemarenan muncul di sumur tujuh Jalatunda, menurut nyang liat bentuknya orang bergamis, berjalan agak merangkak lama kelamaan berkelebat jadi macan menghilang.
Tiap anggota punya nama dan pangkat, diambil dari nama daerah masing2...misalnya "Ki Gedheng....siapa gitu..."

Boleh aje Mas Agung...Makamnye dimane ye H. TB Mairan...kalo ade waktu ame umur ane mao deh nyambangin,tapi minggu ini gak bise,abis lebaran mao maen ke Kebon Raya ziarah ke makam Kian Santang.

Thx ya, salam.. [top]
« Last Edit: 18/12/2007 10:45 by EricB »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #36 on: 18/12/2007 11:13 »
Makamnya H. Tubagus Mairan Menurut keturunanya, terakhir beliau di Makah.

Untuk Kian Santang  menurut versi ceritaku hidup sejaman dengan saidina Ali.
Oh makam Kian Santang di Kebon Raya Bogor , coba nanti ane tanyakan.



......................................................................................
« Last Edit: 18/12/2007 13:43 by AGUNGP »

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #37 on: 18/12/2007 14:29 »
Siapa yah yang pernah punya perguruan lambangnya macan??? Ehem2...  [top] [top]

:sambil melirik ke moderator:
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

EricB

  • Guest
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #38 on: 19/12/2007 00:04 »
saya punya


« Last Edit: 19/12/2007 00:16 by EricB »

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
susuk sima macan
« Reply #39 on: 19/12/2007 16:16 »
"sima aing sima macan
 sora aing gelap ngampar..... "  dst.

sima, terkesima, kemampuan membuat siapapun jadi terkesima, layaknya gendam.
terpancar pada mata..., dan itulah yg memcarkan "silau"
menjadilah istilah "silau macan"

kemampuan itulah sebab mengapa seekor harimau mampu menjatuhkan monyet
yang sedang bergelayutan diatas pohon..
kemampuan yang sama dimiliki oleh kucing Condromowo
konon katanya merupakan neneknya harimau  :D

pada macan terdapat sepasang tulang lepas, bentuknya seperti bumerang, berukuran kecil sekali sebesar 3 batang korek api yg disatukan..
semua pawang Harimau pasti tau benda tersebut..

setiap pendekar spirit harimau masa lalu selalu meyelipkan benda tersebut pda angkinnya .. atau kopiahnya..  [top]

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #40 on: 19/12/2007 16:27 »
salam buat ki Sawung

Omong2 tentang kucing
Istriku waktu kecil dulu pernah punya kucing yg menurut dia punya kekuatan lebih.
Kelabihanya
1. Katanya untuk melumpuhkan tikus . cuma di pandangin trus lumpuh.
2. Pernah memberhitakan ular ganas yg mau masuk rumah yg akan melewati kakinya ,padahal dia ndak tahu kalau ada ular, dll
« Last Edit: 19/12/2007 16:40 by AGUNGP »

bang ben

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 40
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #41 on: 25/12/2007 15:49 »
kucing langka tuh mas Agung, itu namanya silau kucing ya? :) abis yang keder kan tikus & ular  kalau macan kan monyet tuh sampe jatuh, kata ki sawung  ;D  x-))

Sabrang kidul

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 98
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #42 on: 26/12/2007 09:31 »
Salam para sahabat,

Makamnya H. Tubagus Mairan Menurut keturunanya, terakhir beliau di Makah.

Untuk Kian Santang  menurut versi ceritaku hidup sejaman dengan saidina Ali.
Oh makam Kian Santang di Kebon Raya Bogor , coba nanti ane tanyakan.



......................................................................................


Heh...? Kian Santang sejaman dengan Syaidina Ali...? Ini maksudnya Syaidina Ali ibn Abi Tholib radhiallahu anhu menantu Nabi Muhammad saw?

Setahu saya sih, Kian Santang itu keturunan istana Pajajaran menjelang ahir kekuasaannya saat tanah Sunda bertransisi memeluk Islam. Kian Santang ahirnya bahkan disebut menjadi salah satu tokoh sentral da'wah Islam di Pajajaran.

Ahir pemerintahan Pajajaran, awal masa kerajaan-kerajaan Islam pulau Jawa: Demak-Banten-Cirebon semuanya disepakati terjadi sekitar abad 13-14.

Sedangkan menurut mayoritas sejahrawan Islam, Ali bin Abi Thalib, khalifah terahir dari khulafaurrhasidiin wafat terbunuh oleh kaum khawarij di Kuffah pada tahun 40 (?) hijriah, sekitar 661 masehi.

So, lebih 500 tahun alias 5 abad antara wafatnya Syaidina Ali dengan kemungkinan lahirnya Kian Santang......
jadi murni dari segi sejarah, impossible lah.....

Salam dari tanah selatan
O'

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #43 on: 26/12/2007 11:53 »
iya "spirit" ini sampe dipake ama penyanyi dangdut.......TRIO MACAN [lucu]

salam,


one
Nb : bener gak Ki Sawung?

Iye...Trio Macannye ente, Kong Nijam, ame Ajad. [lucu] [lucu]

Kemaren kemane, katenye udeh "sembuh" ;D ;D

Hidup trio macan ala sahabatsilat.com....... :w  [yahoo] =)))  [satrianusantara]

Eh iya... ngomong2 soal macan.... ane dulu waktu kecil, tukang masak di rumah ane kebetulan dari daerah Lintau, Sumatera Barat, yang terkenal dg Inyiak Balang-nya. Kalau anak2 sekarang mau tidur didongengin sleeping beauty... ane dengerin cerita2 harimau siluman...... mungkin gara2 itu kali ya, mau2nya terlibat di forum silat gini ini..... :P

Menurut cerita yg ane denger, kalau mau mewarisi si Inyiak, para kontestan Inyiak Idol menaruh telur rebus di sawah.. kalau besok paginya telor tersebut udah terpotong rapih dan halus.. nah anda-lah sang Idol... the Inyiak Idol..... [top]

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Spirit Macan pada aliran beladiri
« Reply #44 on: 26/12/2007 12:00 »
Menurut cerita yg ane denger, kalau mau mewarisi si Inyiak, para kontestan Inyiak Idol menaruh telur rebus di sawah.. kalau besok paginya telor tersebut udah terpotong rapih dan halus.. nah anda-lah sang Idol... the Inyiak Idol..... [top]
Ada kisah warisan itu karena keturunan dan bukan kehendak ybs. ???

 

Powered by EzPortal