+-

Video Silat


perform beksi junior di acara Khaul 3 Guru Besar B
Silat Tradisional Identitas Bangsa yg Terlupakan
Beksi - apresiasi luar biasa di diskusi bandrong
Golok Seliwa Bang Husein
perform beksi junior di acara Khaul 3 Guru Besar B
pencak dor dari sisi kota blitar(123 )
Silat Cingkrik Goning
cikalong - Performance silat di acara ultah fp2sti
GGBD - senjata

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by halilintar
06/09/2018 11:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Teknik Perewangan  (Read 7921 times)

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Teknik Perewangan
« on: 05/05/2008 16:15 »
Yogyakarta selain tempatnya beberapa perguruan historis IPSI, ternyata juga tempat berdirinya STIPER (Sekolah Tinggi Ilmu Perewangan)  :). Ada puluhan perguruan dan guru yang mengajarkan ilmu perewangan.

Apa sebenarnya ilmu perewangan?

Menurut kamus Sonny Sasongko, salah satu dosen Ilmu Perewangan, perewangan berasalal dari kata 'rewang' yang artinya bantu atau tolong. Perewangan adalah suatu ilmu dimana manusia yang menguasai ilmu ini akan mendapatkan 'bantuan' dari dimensi lain. Sebagian dari praktisi perewangan ada yang meyakini bahwa bantuan datang dari ruh para leluhur (atau ruh karuhun, ceuk sundana) atau ruh para orang suci, tapi ada juga yang menyatakan bahwa perewangan itu tak lebih dari permainan dengan bangsa jin.
Ketika melakukan perewangan, sang perewang master akan kemasukan ruh atau makhluk halus yang kemudian dapat melakukan hal-hal yang kadang tidak masuk akal manusia.

Beberapa hal yang sering dilakukan dan termasuk ilmu perewangan adalah Rogoh Kubur. Master Perewang dianggap bisa memanggil 'ruh' mereka yang sudah meninggal untuk berkomunikasi dengan kerabat yang ingin berkomunikasi.


Ada beberapa syarat khusus sebelum melakukan perewangan:

1. Harus bersih dari hadas besar dan kecil;
2. Jangan coba-coba memanggil wali atau orang suci karena mereka datang bukan karena dipanggil manusia biasa.
3. Harus memiliki kemampuan ilmu batin yang cukup tinggi untuk menghindari terjadinya penguasan dari dimensi lain.
4. Harus didampingi orang yang minimal memiliki ilmu batin setingkat. (Tak perlu hadir disamping, tapi sudah diwasiatkan saja melalui telepati  atau handphone).

Teknik melakukan perewangan?

Monggo yang pernah punya pengalaman silakan berbagi..



SK

Disclaimer: Ini hanya untuk sekedar pengetahuan dan hiburan mohon jangan disalahartikan untuk hal-hal yang lain-lain.


 

CrYPTON

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 152
  • Reputation: 2
Re: Teknik Perewangan
« Reply #1 on: 23/07/2008 01:56 »
walah baru tahu ada sekolahnya juga.....duduk manis aja...lanjut.

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Teknik Perewangan
« Reply #2 on: 23/07/2008 09:26 »
well..kayak maen jelangkung aje...


D'Buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: Teknik Perewangan
« Reply #3 on: 23/07/2008 09:37 »
...
perewangan? pernah denger sih...
orang jadi semacam medium tempat bagi 'roh' atau apapun supaya bisa berkomunikasi dengan manusia..
Pernah liat juga di TV dan juga dulu ada buku kalo gak salah judulnya 'manusia tidak mati' atau semacam itulah tapi udah lama,, masih tahun 90'an:
ada yang 'kemasukan' roh itu dan bisa bicara dengan para kerabatnya tentang hal-hal yang hanya diketahui oleh kerabatnya saja, sehingga membuktikan bhw yg 'datang' memang benar-benar arwah/roh kerabat mereka.

Ada juga yg gak kemasukan tapi bisa berkomunikasi atau berbicara dengan 'mahluk itu' terus menyampaikan pesan dari mereka pada kerabat dari mahluk tersebut..

Tapi soal bener gak? bo'ong gak, atau bisa 'gak, percaya gak, ya kembali ke kita -kita aja. Lagian daku belum pernah liat proses perewangan ini dengan mata kepala sendiri; jadi sampai saat ini masih 'wait n see' aja.
Denger-denger yang paling sakti soal perewangan ini adalah uda parewa, karena namanya mirip-mirip he he he (peace man..just kidding)..

tabik
s birowo
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Teknik Perewangan
« Reply #4 on: 23/07/2008 12:49 »
Salam, mau ikutan rembug sedikit...”

Terlepas dari perbedaan istilah dalam tiap daerah, perewangan ini mempunyai makna sebagai pemanfaatan media kasat mata (energi) guna kelancaran suatu maksud dan tujuan diluar kemampuan manusia.

Sebagian menyebut hal ini sebagai “kehadiran” dengan melalui tahapan sambatan, baik sadar maupun tidak sadar, lewat media atau pun langsung.

Secara pribadi menilai bahwa pemanfaatan energi kasat mata dalam perewangan ini, umumnya menggunakan jin khorin. Jadi sebenarnya tiap orang bukan berarti tidak bisa untuk melakukan hal ini, karena tiap orang sudah memiliki apa yang disebut sebagai “pendamping”. Mohon maaf kalau saya kutip ayat dari Al Quran:

" In Kullu nafsin lamma alayha hafizh" ...Setiap diri itu ada penjaganya.

Mungkin untuk pemanfaat jin khorin orang lain yang sudah meninggal, saya kurang mahfum tentang hal ini.
Sementara itu orang-orang tua kita (di tanah Jawa) mempercayai istilah “papat kelima pancer”, yang diartikan sebagai pendamping kita, yang merupakan satu kesatuan bentuk bersamaan dengan lahirnya kita di muka bumi. Papat kelima pancer diesebut sebagai wujud dari  air ketuban (kakak),ari-ari,darah (rah), dan tali pusar (disebut adik). Jika disatukan dengan diri yang dilahirkan menajdi sebutan dulur papat kelima pancer.

Perewangan dengan media ini menurut saya bisa dikategorikan sebagai sugesti yang dilatih secara terus menerus (CMMIW).

Diluar pemanfaatan energi tersebut diatas dalam perewangan, masih mengandalkan kemungkinan pemanfaatan jin selain khorin. Namun sangat riskan untuk melakukan hal ini karena amat sangat nian di wanti-wanti. Karena sebaik-baiknya jin adalah seburuk-buruknya manusia.

Karena pengetahuan yang masih seujung kuku jari bayi, jadi sekian dulu...

Tabe’...Jali



Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

CrYPTON

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 152
  • Reputation: 2
Re: Teknik Perewangan
« Reply #5 on: 01/08/2008 01:51 »
Karena sebaik-baiknya jin adalah seburuk-buruknya manusia.

maksudnya kemuliaanya dimata sang pencipta (not attitude)

Taroichi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Teknik Perewangan
« Reply #6 on: 09/11/2008 01:16 »

aku mau belajar dimana alamatnya, apakah aku cocok menjadi paranormal bila bisa menerawang. aku mau deh

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Teknik Perewangan
« Reply #7 on: 09/11/2008 12:55 »
Saya mau juga ikutan duduk manis kaya' CrYPTON !
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

 

Powered by EzPortal