+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??  (Read 20730 times)

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #15 on: 28/09/2010 18:49 »
Iya bang suporter..Mestinya lebih banyak lagi yang kayak mas mpcrb..

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #16 on: 28/09/2010 21:33 »
wah sayang nya aku gak bs liat yg berhubungan dng goib, jd gak tau bnyk, setahuku c pelatih2ku yg non muslim itu ya kalo buat ngelawan yg goib dy cuma menyatakan permintaan izin dr tuhannya agar dibantu dalam hal tsbt...
baru belajar nulis

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #17 on: 29/09/2010 09:15 »
maaf OOT,
GRP buat mas mpcrb, ini contoh bagus buat para member baru sahabat silat. begitu register, begitu aktif psoting berbagi pengetahuan dan wawasan... [top]
silakan diskusi nya dilanjut

maturnuwun kang suporter...

saya merasa masih membutuhkan pengetahuan dari dunia persilatan yang luas sana. Semakin banyak pengetahuan, maka kita akan semakin berkembang. Membaca postingan-postingan para sesepuh di sahabatsilat ini membuat saya seperti anak kecil berada di lautan yang luas, semakin haus, dan semakin membuka wawasan dan cakrawala pengetahuan.

saya sangat teringat ucapan ayah saya (alm) bahwa kalau kamu belajar silat maka kamu akan seperti 'besi'. Lalu kamu ditempa menjadi 'baja'. Ketekunan akan membuat kamu menjadi 'perak'. Dan pengetahuan plus pengalaman akan membuat kamu menjadi 'emas'.

Awalnya kurang memahami arti dari 'besi', 'baja', 'perak', dan 'emas'. Kemudian seiring waktu dan kedewasaan ternyata semua itu hanya kiasan. 'Besi' bukanlah besi, tetapi simbol dari benda keras standar yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. 'Baja' bukanlah baja, tetapi simbol dari transformasi unsur yang lebih kuat dari besi. 'Perak' bukanlah perak, tetapi transformasi dari unsur yang sudah bernilai. Dan 'emas' bukanlah emas, tetapi ia transformasi tertinggi dari unsur yang paling bernilai.

Pada zaman dulu mungkin nilai tertinggi masih sering disimbolkan dengan emas dan benda terkuat masih sering disimbolkan dengan baja (meski sekarang ada titanium yang lebih kuat dari baja).

saya yang dangkal ini sangat senang mendapat masukan dari para sesepuh...

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #18 on: 29/09/2010 09:30 »
wah sayang nya aku gak bs liat yg berhubungan dng goib, jd gak tau bnyk, setahuku c pelatih2ku yg non muslim itu ya kalo buat ngelawan yg goib dy cuma menyatakan permintaan izin dr tuhannya agar dibantu dalam hal tsbt...

nah kalo itu khan kaitannya dengan kesalehan pribadi, yang masih kurang saya pahami adalah kaitannya dengan TD itu dimananya?

Misal kita bicara kondisi extreem dimana ada orang yang ngga percaya dengan Tuhan (atheis), ini hanya sekedar contoh saja, kemudian dia berada pada tempat dan kondisi melihat ada orang kesurupan. Tipikal orang atheis ya kalo udah ngga percaya tuhan ya ia ngga percaya makhluk ghaib. Kebetulan saja ia praktisi TD, nah apakah TD-nya mampu 'mengobati' orang yang kesurupan atau tidak?

Saya tidak berbicara bahwa Allah SWT maha pemurah pada semua hambanya (yang beriman dan atheis), sebab kalau itu sudah masuk ranah agama dan sesuatu yang sudah kita sepakati bahwa tidak ada sesuatupun terjadi atas izin Allah, Dzat Yang Maha Kuasa.

Ia yakin pada TD-nya, tetapi ia tidak berdoa pada tuhannya (wong atheis ya ngga percaya tuhan). Tetapi ia memahami bahwa esensi dari makhluk ghaib itu adalah energi. Maka energi dilawan dengan energi (TD miliknya). Apakah ini mungkin?

maaf kalau pertanyaannya agak nyeleneh...  [[peace2]]

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Arya Kamuning

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tenaga Dalam/Hikmah
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #19 on: 21/01/2011 17:53 »
Mohon pencerahan.. Bagaimana kita mengetahui bahwa TD kita sudah aktif ? Apakah dengan mampu menjatuhkan (dgn pukulan) korek gas merk Tokai tanpa disentuh dgn jarak 30cm atau 50cm itu penomena TD ?

Terima kasih..

Salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #20 on: 21/01/2011 22:09 »
Menjatuhkan korek gas dengan pukulan berjarak 30 cm atau 50 cm BUKANLAH tolok ukur aktifnya tenaga dalam mas. Dengan teknik saja itu bisa dilakukan.

Pada dasarnya, secara umum ada 3 macam prinsip dasar pengolahan tenaga di dalam beladiri:

  • Berbasis oleh gerak pada prinsip whole body movement
  • Berbasis olah nafas pada prinsip tenaga dalam
  • Berbasis olah jiwa pada prinsip ghaib

Kalau kita lihat, bahwa ketiga prinsip ini MEWAKILI kondisi-kondisi untuk melakukan segala hal. Secara umum, kalau bertemu dengan lawan fisik murni, prinsip pertama bisa dipakai. Kalau bertemu dengan lawan fisik plus TD maka prinsip kedua bisa dipakai. Kalau bertemu dengan lawan non fisik maka prinsip ketiga bisa dipakai. Atau kombinasi antara keduanya atau ketiganya sekaligus.

TD hanya bisa dikenali dengan melatihnya dan merasakan. Tolok ukurnya adalah diri sendiri dan pencapaian diri sendiri. Umumnya dapat terlihat dari terbukanya titik-titik pusat tenaga pada tubuh praktisinya. Dari situlah ia memiliki kesadaran untuk merasakan tenaga pada dirinya dan mampu mengolahnya secara sadar. Adapun aplikasinya bisa bermacam-macam sesuai dengan karakteristik TD yang dilatih praktisi ybs. Dari mulai diam mematung seperti batu, hingga bergerak secepat kilat. Dari mulai memukul lamban seperti siput, hingga dengan kecepatan laksana petir.

If hearing is believing, than seeing is more believing. But experiencing is most believing. Tahap TD yang aktif adalah tahap experiencing, tahap merasakan pada diri sendiri SECARA SADAR.

Demikian sedikit pengetahuan saya. Monggo ditambahi atau dikurangi.

Semoga membantu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #21 on: 22/01/2011 01:35 »
Ass,ditengah malam setelah keliling jakarta -  tangerang dari pagi,karena belum ngantuk saya buka ss,eh ternyata ada diskusi baru,jadi tertarik untuk ikutan,mengenai TD apa bisa lawan makhluk ghoib,mungkin sedikit meluruskan istilah dari TD,kalau ga salah mohon dikoreksi bahwa TD adalah tenaga cadangan yang terdapat didalam tubuh manusia dan bisa ditingkatkan maupun dibangkitkan dengan teknik olah nafas,sedangkan  persepsi yang beredar dimasyarakat tentang TD lebih kepada tenaga metafisika, mungkin energi metafisika yg dimaksudkan yg bisa melawan makhluk ghoib,untuk penjelasan TM saya serahkan kepada mas bluebex dan mas mpcrb untuk menjelaskan,
saya akan sedikit berbagi pengalaman saya tentang orang kesurupan,sama seperti mas mpcrb tadi kebetulan berada ditempat orang kesurupan tapi bukan berarti saya pawangnya,yang pertama ditempat saya bekerja sekitar tahun 2006 pernah seorang anak asuh kesurupan dan badannya jauh lebih gede dan lebih jangkung dari saya,karena saya waktu itu yg paling tua umurnya diantara karyawan yg lain saya coba menanganinya,seperti pengalaman mas agung tadi saya coba cengkram pundaknya sambil babacaan,dia ngelawan dan itu berlangsung cukup lama hampir satu jam,semua anak2 asuh teman2nya yg lain juga pada ngaji sambil nangis karena takut, tapi waktu itu blm ada pengaruhnya, saya ancam dia supaya keluar saya cekek,saya pukul,tapi ga pengaruh apa2, saya tanya kamu siapa dia cuma jawab 'disini',begitu terus jawabannya setiap kali saya tanya,dalam hati saya bergumam mungkin ini jin anak2 jadi ga pengaruh segala bacaan karena dia belum mengerti dan ditanya jawabannya juga disini terus,akhirnya saya mikir bahwa jin berasal dari api dia pasti takut sama air,akhirnya bersama2 dengan yang lain kita angkat kekamar mandi lalu di mandiin,alhamdulillah baru mempan,dia berteriak lalu terkulai lemas,setelah sadar dia bingung ada apa gerangan melihat orang rame dan teman2nya pd nangis,itu pengalaman pertama.
pengalaman kedua,bulan puasa kemaren,dikomplek saya sepulang taraweh saya lewat ternyata tetangga2 pada ngumpul ngeliatin tetangga sebelah rumah saya lagi kesurupan seperti pamacan gitu,matanya merah tangannya sudah seperti cakar macan,dan gerakannya juga seperti macan sambil dia mengerang2 seperti macan,tapi orang2 cuma ngeliatin saja sambil ketakutan,saat saya lewat langsung saya dekati,waktu saya liat matanya ternyata benar itu bukan mata dia,tiba2 ga tau dari mana saya kepikir untuk memencet ibu jari tangannya,langsung saya pencet ibu jari kedua tangannya kuat2 dia menjerit,tapi masih ngelawan,sama adiknya malah dianya dipukulin dan dicekek tapi dia tambah ngelawan,saya terus mencet jempol tangannya sambil saya juga babacaan seperti mas mpcrb tadi,masih terus ngelawan,lalu saya pindah memencet kuku jempol kakinya sekuat mungkin,dia menjerit dan langsung lunglai,saya minta diambilkan air segelas,lalu saya baca alfatihah,al-ikhlas-al falaq-annas dan ayat kursi kedalam air tadi lalu saya sapukan kekepala dan muka beliau,alhamdulillah baru dia tenang dan sadar.ini hanya pengalaman kebetulan saja,saya mah tidak bisa apa2,tetap semuanya adalah kuasa allah,mohon maaf kalau ceritanya terlalu panjang,sekian
terima kasih
salam

Arya Kamuning

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tenaga Dalam/Hikmah
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #22 on: 22/01/2011 09:06 »
Hatur nuhun pencerahannya kang MPCRB..

Masalahnya ada teman sy mampu menjatuhkan korek gas (Tokai) tanpa disentuh bahkan kertas yang  berada didekat korek tersebut beterbangan NAMUN saya coba berkali2 sampai tangan sakit tetap tidak bisa bahkan dicoba sama puluhan orang yg belajar TD juga tetap tidak bisa, sehingga saya ambil kesimpulan bahwa mungkin yang digunakan kawan sy tersebut adalah TD.

Kalo saya lebih menyukai TD beraliran hikmah yang mungkin tidak bisa digunakan ke benda mati.

Mohon maaf bila comment sy tidak berkenan.

Wassalam




Asoygeboy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 17
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #23 on: 22/01/2011 13:47 »
Maaf oot dikit, sy pernah punya pengalaman tidak menyenangkan selama tinggal d kampus dimana sy sering merasa diikuti dan sempat "ketempelan" beberapa kali.. Menurut "orang pintar" yg mengobati sy, katanya keberadaan sy itu yg menarik mahluk halus tuk terpaksa mendekat.. Yang jadi pertanyaan, apakah ada hubungannya dgn tenaga dalam?
O ya, satu lagi sy setiap di dekat orang yg sedang kesurupan seringkali tubuh sy merasa panas dan sangat tidak nyaman bahkan emosi bisa tiba2 naik.. Itu kenapa ya?

Salam hangat :)

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #24 on: 22/01/2011 16:31 »
Ia yakin pada TD-nya, tetapi ia tidak berdoa pada tuhannya (wong atheis ya ngga percaya tuhan). Tetapi ia memahami bahwa esensi dari makhluk ghaib itu adalah energi. Maka energi dilawan dengan energi (TD miliknya). Apakah ini mungkin?

mungkin mas, karena betul esensi mahluk ghaib adalah energi dan manusia juga esensinya adalah energi.
Kaya seorang pendeta budha yang nyembuhin orang sakti yang kesurupan, jatohnya ya ngadu TD. Ya pa kuat kuat aja jadinya.

Maaf oot dikit, sy pernah punya pengalaman tidak menyenangkan selama tinggal d kampus dimana sy sering merasa diikuti dan sempat "ketempelan" beberapa kali.. Menurut "orang pintar" yg mengobati sy, katanya keberadaan sy itu yg menarik mahluk halus tuk terpaksa mendekat.. Yang jadi pertanyaan, apakah ada hubungannya dgn tenaga dalam?
O ya, satu lagi sy setiap di dekat orang yg sedang kesurupan seringkali tubuh sy merasa panas dan sangat tidak nyaman bahkan emosi bisa tiba2 naik.. Itu kenapa ya?

Salam hangat :)

Mungkin bergesekan mas, atau mungkin yang "didalem" mas panas nemu lawan...... :P

Asoygeboy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 17
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #25 on: 22/01/2011 17:48 »
Wuaduh, gawat juga nih.. Padahal seumur umur sy belum pernah tau yg didalem sy ada apaan.. Hehehe

*maaf ootnya keterusan*

Salam hangat,

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #26 on: 22/01/2011 19:49 »
Kalau kata istilah jawa sih "kakang kawah, adi ari-ari. Sedulu papat lima pancer"

***

Pancer itu diibaratkan diri sendiri, Posisi pancer berada ditengah, diapit oleh dua saudara tua (kakang mbarep, kakang kawah) dan dua saudara muda (adi ari-ari dan adi wuragil). Ngelmu sedulur papat lima pancer lahir dari konsep penyadaran akan awal mula manusia diciptakan dan tujuan akhir hidup manusia (sangkan paraning dumadi). Awal mula manusia diciptakan di awali dari saat-saat menjelang kelahiran. Sebelum sang bayi (bayi, dalam konteks ini adalah pancer) lahir dari rahim ibu, yang muncul pertama kali adalah rasa cemas si ibu. Rasa cemas itu dinamakan Kakang mbarep. Kemudian pada saat menjelang bayi itu lahir, keluarlah cairan bening atau banyu kawah sebagai pelicin, untuk melindungi si bayi, agar proses kelahiran lancar dan kulit bayi yang lembut tidak lecet atau terluka. Banyu kawah itu disebut Kakang kawah. Setelah bayi lahir akan disusul dengan keluarnya ari-ari dan darah. Ari-ari disebut Adi ari-ari dan darah disebut Adi wuragil.

Ngelmu sedulur papat lima pancer memberi tekanan bahwa, manusia dilahirkan ke dunia ini tidak sendirian. Ada empat saudara yang mendampingi. Pancer adalah suksma sejati dan sedulur papat adalah raga sejati. Bersatunya suksma sejati dan raga sejati melahirkan sebuah kehidupan.

Hubungan antara pancer dan sedulur papat dalam kehidupan, digambarkan dengan seorang sais mengendalikan sebuah kereta, ditarik oleh empat ekor kuda, yang berwarna merah, hitam, kuning dan putih. Sais kereta melambangkan kebebasan untuk memutuskan dan berbuat sesuatu. Kuda merah melambangkan energi, semangat, kuda hitam melambangkan kebutuhan biologis, kuda kuning melambangkan kebutuhan rohani dan kuda putih melambangkan keheningan, kesucian. Sebagai sais, tentunya tidak mudah mengendalikan empat kuda yang saling berbeda sifat dan kebutuhannya. Jika sang sais mampu mengendalikan dan bekerjasama dengan ke empat ekor kudanya dengan baik dan seimbang, maka kereta akan berjalan lancar sampai ke tujuan akhir. Sang Sangkan Paraning Dumadi.
Dalam adat dan ajaran jawa dikenal istilah 'SEDULUR PAPAT KELIMA PANCER'
PANCER adalah diri kita..

Setiap manusia mempunyai empat saudara ketika masih berupa janin. Mereka menjaga pertumbuhan manusia didalam kandungan Ibu.
Anak pertama yaitu KETUBAN atau KAWAH, ketika Ibu melahirkan yang pertama keluar adalah ketuban karena itu dianggap sebagai Saudara Tua.

Setelah itu saudara kandung yang lebih muda yaitu ARI-ARI, Tembuni atau Plasenta pembungkus janin dalam rahim. ARI-ARI memayungi tindakan sang janin dalam perut Ibu yang mengantarkan sampai ke tujuan yaitu ikut keluar bersama sang bayi.

Berikutnya DARAH inipun saudara sang janin, tanpa adanya darah janin bukan saja tak bisa tumbuh tapi juga akan mengalami keguguran.

Saudara berikutnya yaitu PUSAR ia sebagai sarana yang menghantarkan zat makanan dari sang ibu kepada janin.

Umumnya orang menganggap bahwa KETUBAN, ARI-ARI, DARAH dan TALI PUSAR adalah wahana atau alat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dalam perut.

Begitu bayi dilahirkan semua itu akan dianggap tidak berfungsi lagi dan tak ada sangkut pautnya dalam kehidupan... dan yang demikian ini merupakan pandangan Materialistik padahal begitu besar maknanya dan pengertiannya bila dilihat dari sudut Metafisik.

Saudara kita itulah yang menjaga kita dalam kehidupan ini yang kembali ke anasir bumi, air , udara dan api hanyalah ke empat jasadnya. namun dari segi spiritualnya masih menyertai kehidupan.

Semoga membantu.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #27 on: 24/01/2011 10:28 »
 :D :D hahha ada juga tret goib...
izin nimbrung ya mohon koreksi kalo salah

sepengetahuan anol goib itu terbagi 2:

1. goib mutlak (Qada dan Qadar Allah; hanya Allah yang tau)
2. goib nisbi

bahas sedikit masalah goib nisbi:
sesuatu di katakan GOIB karena keterbatasan makhluk Tuhan akan ruang, waktu, ilmu pengetahuan dan Indera. misalnya: apa yang saya makan setiap pagi mungkin bersifat goib (tidak diketahui) buat para sahabat silat tetapi ketika saya mengumumkan di forum ini apa yang saya makan setiap pagi maka hal itu bersifat tidak goib lagi.

pun begitu dengan makhluk Allah dari bangsa JIN; sering kita sebut sebagai makhluk goib karena kita tidak mengetahui seperti apa mereka tetapi hal itu bukan lah goib bagi sebagian orang.

 [[run2]] kembali ke topik:

makluk goib yang di maksud TS mungkin bangsa JIN (soalnya tuhan cuma ciptain Manusia, Jin, Malaikat dan makhluk lainnya) klo syetan itu bisa dari golongan JIN dan Manusia. IBLIS sendiri termasuk kedalam golongan bangsa Jin.

Jin itu makhluk Allah yang kita tau mereka di ciptakan dari Api. berbeda dengan manusia yang tercipta 3 dimensi (bersifat Padat) jin bersifat Gas dan punya Alamnya sendiri. Alam Jin dan Manusia di pisahkan oleh Hijab tipis yang sulit di tembus.

 :o bahasa arabnya hijab tipis yang sulit di tembus itu biasanya disebut Barzah (bener ga ya tulisannya heheh); alam kubur sering disebut alam barzah karena pemisah antara akherat n dunia, contoh barzah lainnya lapisan tipis yang misahin minyak dan aer....


berdasarkan izin Allah sekat pemisah antara alam jin dan manusia itu bisa di tembus baik oleh jin maupun manusia (tentua aja dengan ilmu pengetahuan), seperti manusia Jin pun berkeluarga dan bersosialsasi punya agama dan lain lainnya.

kaitannya dengan energi/tenaga dalem yang para sahabat silat miliki saya punya pendapat pribadi hal itu bisa di gunakan untuk berantem ma bangsa Jin hehehe  :D :D :D

klo agan semua kalah berarti ilmunya kurang hebat ayo berlatih lagi.... sesama makhluk Allah terlebih manusia lebih sempurna dari Jin.

oya banyak lo bangsa Jin yang hafal Al-quran dan hadist....

 [[run2]] [[run2]] kabur dulu ah......

 

kisah sedih kidung sundayana

dante1st

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
  • farmasi indonesia
    • farmasi indonesia
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #28 on: 24/01/2011 15:17 »
WAh. asyik juga nih. Banyak ilmu yang bisa didapat untuk memahami TD ini. Bisa jadi karya ilmiah ga ya..  :P

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Tenaga dalam buat lawan makhluk ghoib??
« Reply #29 on: 25/01/2011 13:24 »
oouw bisa banget tuh brader... tinggal spesifikasiin aja sisi mana yang mau di ulas...

sel pembangkit energi (tenaga dalam) atau masyarakat JIN  [top] [top]

jadikan sesuatu yang tabu jadi ilmu
kisah sedih kidung sundayana

 

Powered by EzPortal