Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Seputar Dunia Beladiri => Taekwondo => Topic started by: superstring39 on 05/03/2010 08:25

Title: One Step Sparring
Post by: superstring39 on 05/03/2010 08:25
Jika anda terbiasa mendengar istilah "One step sparring" (Hosinsul) adalah rangkaian gerakan antara 2 orang partner yang sedang berlatih. Biasanya satu orang menyerang dan yang lainnya bertahan. Teknik ini dimulai dengan relatif mudah, dan akan meningkatkan keahlian murid sejalan dengan kenaikan tingkat.
(http://sbnboozer.files.wordpress.com/2009/04/background-1.jpg?w=510&h=474)


Hal apa saja yang dilatih dalam one step sparring?

1. Koordinasi: Apakah anda ingat saat pertama anda melakukan sesuatu hal baru yang berhubungan dengan koordinasi fisik? Ingatkah anda bagaimana rasanya agak sedikit kaku dan membingungkan pada awalnya, dan ini memang hal yang biasa sebelum anda terbiasa dengan hal tersebut. One step sparring membantu anda dalam membentuk teknik anda, khususnya dalam seni memukul. Hal itu juga membantu anda dalam memberikan perspektif dalam mengubah dari satu gerakan ke gerakan yang lain dan satu kuda-kuda ke kuda-kuda yang lain. Apakah anda ingat saat pertamakalinya melakukan dolyo chagi? Ingat seberapa lebih menarik saat anda belajar cara melakukan dolyo cahgi tersebut? pada prinsipnya sama.

2. Pertahanan diri: Saya yakin ada beberapa orang yang menyangkal pernyataan ini. Masih, saya belajar banyak bagaimana melindungi diri saya dengan mempelajari one step saprring. Tidak, tidak ada seorangpun yang menyerang saya di jalan dengan pukulan yang formal. Anda dapat melihat beberapa kenyataan. Kebanyakan pemukul yang buruk melancarkan pukulan mengait (hook). Kemudian, anda bertanya bagaimana teknik ini bekerja menghadapi pukulan yang buruk? Anda juga belajar bahwa secara sederhana, anda dapat menghubungkan antar teknik yang telah anda plajari saat anda sudah mahir. gunakan imajenasi anda. Dapatkah saya menggunakan jurus tendangan geup 5 untuk pertahan diri? ya saya bisa.

3. Latihan: Semakin sering kita melakukan one step maka anda akan semakin mahir menggunakan teknik-teknik dasar yang telah dipelajari. Tidak hanya secara teori namun juga secara praktek. sehingga dalam mempelajari teknik serangan dalam Taekwondo, anda tidak hanya mengetahui bentuk gerakannya saja namun juga mengetahui fungsi dari gerakan tersebut dalam prakteknya.

(www.speedtaekwondo.blogspot.com)