+-

Video Silat


Silat Makassar menggunakan badik
Silat Sitaralak Pasambahan
Bandarkarima - Jalan Tengah
STIKES Ngudi Waluyo Cup Maret 2010
Tarung Bebas Genggong
Pencak Silat Madura
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
H. Nurali Akbar (Babe Nunung) di FIB UI
Pertandingan ke-2 Chenkfu

Shoutbox

20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
11/08/2013 16:12 Aku: Untuk semua sahabat...Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin
09/08/2013 05:32 Dolly Maylissa: Maaf lahir batin ya semua, selamat hari raya idul fitri
08/08/2013 23:50 anaknaga: assalamu'alaikum para master dan praktisi MA. selamat hari raya Idul Fitri 1434H, Taqabalallahuminna waminkum.

salam.
01/08/2013 15:35 guebanget: ting nong ding dong
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
17/04/2014 09:42

Tai Chi Meringankan Depresi pada Lansia by ifung
16/04/2014 19:27

Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar by Tiger_Lord
10/04/2014 17:12

13 DASAR TAIJIQUAN BAGIAN 1 by ifung
09/04/2014 22:17

Menangis Dapat Membantuan meringankan Stres, Tapi untuk Kesehatan Optimal Anda P by ifung
05/04/2014 22:06

Dialog Keajaiban Silat - Silat untuk Kehidupan by luri
04/04/2014 14:16

Merpati Putih by alfee
02/04/2014 19:26

Silat Gombel Tradisional by Putra
24/03/2014 15:02

Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih" by Putra
24/03/2014 14:18

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by luri
23/03/2014 17:38

TOKOH-TOKOH SILAT BAMBU LARANGAN by AGUNGP
19/03/2014 12:39

Jeet Kune Do by ifung
16/03/2014 18:18

THE EIGHT BASIC METHODS OF CHEN STYLE TAI CHI CHUAN by ifung
16/03/2014 17:50

Peluncuran Buku KEAJAIBAN SILAT oleh Edwin Hidayat Abdullah by Satria Naga
12/02/2014 01:42

PS.Al-Barokah by ridwanelektro
14/12/2013 13:29

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Bagian II Tai Chi dan Pernafasan Lambung Bawah Cara Berlatih Pernafasan Lambung  (Read 5462 times)

ifung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 7
  • Posts: 65
  • Reputation: 47
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tai Chi aliran Chen
Mempelajari ulang pernafasan lambung membutuhkan dua hal: pertama, seseorang harus kendur/ santai secara emosi, dan kedua dia harus memperkuat otot-otot lambung yang melemah karena jarang digunakan.
Cara paling efektif membentuk nafas teratur adalah dengan latihan yang disebut pernafasan botol. Dinamakan pernafasan bototl karena caranya seperti cairan mengisis botol. Jika cairan dituang ke dalamnya, cairan mengisi dari dasar ke atas.
Pernafasan dalam persis  sama dengan hal tersebut. Hidung adalah mulut bototl dan lambung sebagai dasarnya.
Dalam pernafasan botol, seseorang belajar menarik nafas dengan lembut, mantap dan menyantaikan otot-otot lambung bawah.  Ketika udara menembus dan mengembangkan paru-paru, terjadi pengembangan diafragma ke bawah. Jika otot-otot lambung santai, maka pengembangan diafragma ke bawah membuat lambung bawah mengembang.
Untuk belajar pernafasan lambung, ada latihan yang dapat dilakukan ditempat tidur menjelang tidur.  Berbaring telentang, kaki dan tangan dijulurkan dan santai. Pakaian harus longgar, khususnya pada pinggang. Letakkan buku pada lambung bawah. Tarik nafas perlahan dan sedalam mungkin, kemudian keluarkan perlahan dan teratur melalui celah bibir sampai seluruh udara terkeluarkan. Tutup mulut dan mulailah menarik nafas melalui hidung, perlahan tetapi teratur, perhatikan buku dilambung bawah bergerak naik sewaktu lambung mengembang. Anda dapat meletakkan kepala di atas bantal agar lebih mudah mengamati gerak naik turunnya.
Latihan angkat beban lambung sederhana ini membuat tubuh mengenali kembali otot-otot lambung bawah. Dengan latihan teratur, ini akan sangat meningkatkan kekuatan lambung.
Dalam latihan Chi Kung Baju Besi kita secara teratur mengabungkan pernafasan lambung dengan “mengemas nafas”, menarik nafas ke dalam lambung bawah sambil menarik otot anus dan secara lembut menekannya dengan diafragma.
Dalam Tai Chi tidak harus melakukan latihan mengemas nafas secara khusus, tetapi kita tetap menggabung pernafasan lambung dengan sedikit mengencangkan otot dubur. Ini kita sebut sebagai menutup dasar, dan hal ini mencegah kebocoran energy melalui otot dubur yang lemah.
Menjaga tekanan Chi yang mantap dan lembut pada lambung merupakan jantung dari pengembangan Chi dalam latihan Tai Chi. Sewaktu menarik nafas, rasakan lambung bawah menggembung dan mengembang membentuk suatu bola tekanan Chi dalam Dan tien; disaat yang sama rasakan tekanan yang sepadan mendorong dari luar. Ketika mengeluarkan nafas, tekan sedikit bola Chi ke bawah menggunakan diafragma dan otot-otot lambung. Pada saat ini anda akan merasakan tekanan di dalam mendorong ke luar dan tekanan dari luar mendorong ke dalam.
Secara bertahap anda akan merasakan bola Chi di dalam terbentuk. Sesudah itu anda dapat mulai mengerakkan bola chi berspiral dan perlahan-lahan mengerakkannya turun ke tulang ekor dan memindahkannya naik ke tulang punggu, ke ubun-ubun, turun ke lidah, dan turun ke depan tubuh anda, ke pusar, dan kemudian kembali ke Dan Tien. Tak lama lagi Anda akan mampu menggerakkan bola chi ke lengan dan kaki.
Karena rangkaian gerakkan Tai chi dilakukan secara perlahan, sangat mungkin untuk belajar mengatur pernafasan dan menenangkan pikiran. Pengaturan nafas dimulai dengan belajar bagaimana bernafas dengan lambung, namun akhirnya, sesudah tubuh membuka dan energy mulai mengalir, seorang praktisi Tai Chi merasa bahwa dia bernafas dengan seluruh tubuhnya.
Latihan meditasi adalah salah satu metode terbaik belajar mengatur nafas. Sesudah seseorang belajar mengatur pernafasan dengan meditasi duduk atau berdiri, dia akan belajar mempertahankan pernafasan yang teratur dalam gerak dengan latihan Tai Chi; sehingga Tai Chi sering disebut meditasi bergerak. Struktur tubuh yang tepat pada setiap gerak membuat nafas dapat merasuk ke seluruh organ.

untuk melihat gambar pola pernafasan lambung bawah silahkan klik www.nejiaquan.co.cc

 

Powered by EzPortal