+-

Video Silat


bandrong on action
Beksi, Peragaan Jurus #02
KPS Nusantara Italia
Festival Silat Kampung Jampang - Beksi Hasbullah #
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
Jawara Panglipur di Trans7 #1
Pencak Malioboro Festival - sabeni
Silat Margaluyu Pusat
Gerak Gulung - Introduction

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by lukas
23/12/2014 17:04

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Bagian II Tai Chi dan Pernafasan Lambung Bawah Cara Berlatih Pernafasan Lambung  (Read 7182 times)

ifung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 7
  • Posts: 73
  • Reputation: 47
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tai Chi aliran Chen
Mempelajari ulang pernafasan lambung membutuhkan dua hal: pertama, seseorang harus kendur/ santai secara emosi, dan kedua dia harus memperkuat otot-otot lambung yang melemah karena jarang digunakan.
Cara paling efektif membentuk nafas teratur adalah dengan latihan yang disebut pernafasan botol. Dinamakan pernafasan bototl karena caranya seperti cairan mengisis botol. Jika cairan dituang ke dalamnya, cairan mengisi dari dasar ke atas.
Pernafasan dalam persis  sama dengan hal tersebut. Hidung adalah mulut bototl dan lambung sebagai dasarnya.
Dalam pernafasan botol, seseorang belajar menarik nafas dengan lembut, mantap dan menyantaikan otot-otot lambung bawah.  Ketika udara menembus dan mengembangkan paru-paru, terjadi pengembangan diafragma ke bawah. Jika otot-otot lambung santai, maka pengembangan diafragma ke bawah membuat lambung bawah mengembang.
Untuk belajar pernafasan lambung, ada latihan yang dapat dilakukan ditempat tidur menjelang tidur.  Berbaring telentang, kaki dan tangan dijulurkan dan santai. Pakaian harus longgar, khususnya pada pinggang. Letakkan buku pada lambung bawah. Tarik nafas perlahan dan sedalam mungkin, kemudian keluarkan perlahan dan teratur melalui celah bibir sampai seluruh udara terkeluarkan. Tutup mulut dan mulailah menarik nafas melalui hidung, perlahan tetapi teratur, perhatikan buku dilambung bawah bergerak naik sewaktu lambung mengembang. Anda dapat meletakkan kepala di atas bantal agar lebih mudah mengamati gerak naik turunnya.
Latihan angkat beban lambung sederhana ini membuat tubuh mengenali kembali otot-otot lambung bawah. Dengan latihan teratur, ini akan sangat meningkatkan kekuatan lambung.
Dalam latihan Chi Kung Baju Besi kita secara teratur mengabungkan pernafasan lambung dengan “mengemas nafas”, menarik nafas ke dalam lambung bawah sambil menarik otot anus dan secara lembut menekannya dengan diafragma.
Dalam Tai Chi tidak harus melakukan latihan mengemas nafas secara khusus, tetapi kita tetap menggabung pernafasan lambung dengan sedikit mengencangkan otot dubur. Ini kita sebut sebagai menutup dasar, dan hal ini mencegah kebocoran energy melalui otot dubur yang lemah.
Menjaga tekanan Chi yang mantap dan lembut pada lambung merupakan jantung dari pengembangan Chi dalam latihan Tai Chi. Sewaktu menarik nafas, rasakan lambung bawah menggembung dan mengembang membentuk suatu bola tekanan Chi dalam Dan tien; disaat yang sama rasakan tekanan yang sepadan mendorong dari luar. Ketika mengeluarkan nafas, tekan sedikit bola Chi ke bawah menggunakan diafragma dan otot-otot lambung. Pada saat ini anda akan merasakan tekanan di dalam mendorong ke luar dan tekanan dari luar mendorong ke dalam.
Secara bertahap anda akan merasakan bola Chi di dalam terbentuk. Sesudah itu anda dapat mulai mengerakkan bola chi berspiral dan perlahan-lahan mengerakkannya turun ke tulang ekor dan memindahkannya naik ke tulang punggu, ke ubun-ubun, turun ke lidah, dan turun ke depan tubuh anda, ke pusar, dan kemudian kembali ke Dan Tien. Tak lama lagi Anda akan mampu menggerakkan bola chi ke lengan dan kaki.
Karena rangkaian gerakkan Tai chi dilakukan secara perlahan, sangat mungkin untuk belajar mengatur pernafasan dan menenangkan pikiran. Pengaturan nafas dimulai dengan belajar bagaimana bernafas dengan lambung, namun akhirnya, sesudah tubuh membuka dan energy mulai mengalir, seorang praktisi Tai Chi merasa bahwa dia bernafas dengan seluruh tubuhnya.
Latihan meditasi adalah salah satu metode terbaik belajar mengatur nafas. Sesudah seseorang belajar mengatur pernafasan dengan meditasi duduk atau berdiri, dia akan belajar mempertahankan pernafasan yang teratur dalam gerak dengan latihan Tai Chi; sehingga Tai Chi sering disebut meditasi bergerak. Struktur tubuh yang tepat pada setiap gerak membuat nafas dapat merasuk ke seluruh organ.

untuk melihat gambar pola pernafasan lambung bawah silahkan klik www.nejiaquan.co.cc

 

Powered by EzPortal