Pada bulan Mei tahun ini, kami memiliki kesempatan besar untuk mewawancarai Guru Ma Hong, dari Gaya Chen Tai Chi, saat ia sedang berkunjung dari Cina.
HJ: Bisakah anda menjelaskan kepada kami secara singkat tentang yang Anda pelajari? Tentang Shifu Anda?
Salah satu praktisi yang paling terkenal Chen T'ai Chi ch'uan adalah Chen Fake. Saya belajar dengan putra Chen Fake, Chen Dao Kuei. Chen Fake adalah seorang master generasi.ketujuh belas. kemudian Guru kami adalah generasi kedelapan belas.
HJ: Dan Anda?
Generasi Kesembilanbelas.
editor : Dia bukan hanya seorang mahasiswa biasa. Ia dianggap sebagai "inner-door" mahasiswa, sesuatu hal yang sangat berharga. Dia adalah master generasi kesembilan belas. Gurunya adalah wakil dari gaya Chen di seluruh Cina. Sangat, sangat terkenal. Dia menulis tiga buku.
HJ: Anda menulis tiga buku tentang ... T'ai Chi ch'uan?
Ya, ya.
HJ: Apakah Anda masih memiliki banyak siswa?
Ya.
HJ: Berapa lama Anda mengajar?
Coba saya ingat ... Tidak lebih awal dari tahun `76. Karena sebelum itu, saya tidak mengajar. Apa yang paling penting bagi saya adalah belajar dengan guru saya. Saya merasa bahwa ada begitu banyak untuk dipelajari, seseorang tidak bisa mempelajarinya semuanya. T'ai Chi ch'uan sangat kaya konten.
HJ: Apakah Benar begitu.
Saya selalu merasa ada begitu banyak untuk dipelajari. Saya masih merasa bahwa saya seorang mahasiswa! (tertawa). Saya masih merasa bahwa saya membuat kemajuan, tumbuh.
HJ: kapan kau mulai belajar?
Aku mulai belajar .. dengan T'ai Chi ch'uan ... Saya mulai pada tahun 1962. Ketika di usia Tiga puluh tiga tahun. Dengan Guru baru saya, saya mulai pada tahun 1972
HJ: 1972 ...
Ya, saya mulai dengan Chen Dao Kuei pada tahun 1972. Awalnya, saya belajar dengan beberapa teman saya. Tapi apa yang kita lakukan adalah tidak sangat standar. Pada akhirnya, saya ingin belajar Chen T'ai Chi lebih tepatnya, lebih dalam, jadi saya bergabung dengan Chen Dao Kuei.
HJ: Apa pendapat Anda tentang beberapa aspek yang paling penting dari pelajaran yang anda terima dari guru Anda?
Hsing I, Pa Kua, T'ai Chi: mereka semua memiliki satu kesamaan. Dan itu adalah hal yang paling penting dari semuanya yang disebut geng ru hsiang ji. (Kekerasan dan kelembutan dalam saling berdekatan) Pa Kua juga cara ini. Saya memahami hal ini, tapi saya tidak berlatih sama sekali. Sama dengan Hsing I: Saya tahu sedikit tentang hal itu, saya belajar sedikit. Tapi sebagian besar waktu saya untuk mempelajari T'ai Chi ch'uan.
Sekarang, mengenai Chi T'ai yang populer hari ini, ada dua jenis:salah satu jenisnya adalah yang terlalu lembut.
HJ: apa itu?
Saya lebih suka tidak mengatakan. Jika saya katakan, orang-orang mungkin akan marah. Tanpa mengatakan saya, orang harus tahu jenis itu. Sangat lambat, sangat lembut. Tai Chi ini telah kehilangan aspek bela diri nya. Dasarnya. Awalnya, T'ai Chi ch'uan adalah seni bela diri.
HJ: Jadi, dalam sudut pandang Anda, Chen T'ai Chi, bentuk utama sesungguhnya dari Tai Chi, dan sedangkan yang lainnya adalah cabang yang besarasal dari Chen T'ai Chi yang, menurut pendapat Anda, terlalu lembut, lebih menekankan pada kesehatan, manfaat holistik daripada manfaat bela diri? Anda seorang percaya pada aspek seni bela diri?
Sekarang ada berbagai jenis T'ai Chi yang sangat populer. Gaya Yang, gaya Wu, gaya Sun, gaya Chang, dan berbagai jenis lainnya. Tapi karakter masing-masing berbeda. Berbeda dalam hal apa? Menurut pendapat saya, ada beberapa yang cenderung terlalu lembut, dan lain-lain yang cenderung terlalu keras. Ini adalah pendapat saya. Saya percaya bahwa yang diajarkan oleh guru saya adalah kombinasi yang tepat dari kekerasan dan kelembutan. Dia berbicara tentang Yin dan Yang, T'ai Chi Yin Yang. Dia mengatakan bahwa T'ai Chi harus keras, lembut harus cepat dan lambat, memiliki insubstansial dan substansial, terbuka dan tertutup. Juga harus memiliki ... oh, ada begitu banyak ..., "I, Ch'i, Li", semua ini harus digabungkan bersama-sama. Bahwa yang ditutup harus dibuka, dan bahwa yang dibuka harus ditutup. Sepenuhnya terbuka tidak baik, dan seluruhnya ditutup tidak baik. (Menunjukkan contoh postur) Oleh karena itu saya percaya bahwa yang diajarkan oleh guru saya lebih pas dengan apa adalah wajah asli dari T'ai Chi ch'uan.
Jadi, selain manfaat kesehatan, T'ai Chi juga harus memiliki nilai bela diri nya. Guru kami mengajarkan tidak hanya postur masing-masing, namun fungsinya juga, penggunaan bela diri dari postur masing-masing.
HJ: Jadi, apakah Anda percaya bahwa bentuk mengikuti fungsi, atau apakah fungsi lengkapi bentukr? Apakah Anda pertama kali belajar gerakan, dan kemudian fungsi?
Kedua adalah satu dan sama.
HJ: Tapi yang Anda pelajari terlebih dahulu?
Gerakan, bentuk. Pada awalnya guru tidak berbicara tentang penggunaan postur. Perlahan-lahan, setelah gerakan Anda sangat benar, maka guru dapat mendiskusikan mengapa dan cara menggunakannya. Tapi yang Pertama dicapai presisi dalam gerakan.
HJ: Ketika Anda mengajar siswa, di awal, apakah Anda pertama kali mengajarkan bentuk?
Benar.
HJ: Anda mengajar mereka untuk menjadi lembut?
Gang ru hsiang ji. (Kekerasan dan kelembutan dalam suksesi dekat.)
HJ: Pada saat yang sama.
Ya. Siswa yang sudah menguasai beberapa gerakan ... bagaimana saya menjelaskan ... yang lembut, tetapi tidak benar-benar lembut. Apakah Anda mengerti?
HJ: Bisa tolong menjelaskan sedikit?
Misalnya, gerakan tertentu dapat terlihat lembut, tapi masih ada kekuatanya di dalamnya. Tapi gaya ini, kekuatan ini bukan kekuatan keras, itu adalah "lunak" kekuatan. Ini adalah kekuatan yang fleksibel. Anda dapat memperluas itu, atau Anda dapat kontrak itu. Ini adalah kekuatan spiral. Jadi di sini, ada baik kekuatan dan kelembutan dilakukan dalam posisi santai. Hanya dengan cara ini Anda bisa memiliki geng ru hsiang ji.
HJ: Bagaimana siswa dapat mempelajari jenis kelembutan?
Langkah pertama: memungkinkan mereka untuk menjadi terlalu lunak. Biarkan mereka menyibukkan diri dengan presisi dalam gerakan. Mana tangan ini bergerak? Dimana kaki ini ditempatkan? Biarkan mereka menjadi sangat jelas pada titik-titik. Dari mana ke mana? Dari apa titik ke titik apa? Setelah itu, Anda dapat mengajarkan siswa untuk bersantai, dan mengajari mereka arti, aplikasi dari gerakan. Langkah demi langkah. Anda ingin memecah hal-hal menjadi langkah-langkah yang berbeda. Langkah pertama, menyalin bentuk, penampilan. Langkah selanjutnya, mengajarinya aspek internal. Dimana kekuatan dalam gerakan ini? Apakah di sini? Apakah ada? Dimana kekuatan? Ini adalah aspek internal. Selanjutnya, Anda bisa mengajarkan aplikasi. Mengapa saya memukul dengan cara ini? Apa tujuan di balik gerakan ini? Langkah keempat adalah untuk mengajarkan kekuatan, kekuasaan.
HJ: Dan bagaimana anda mengajarkannya?
Ada beberapa cara yang berbeda. Bentuk Gerakan Tunggal, Tuishou, tongkat panjang, postur berdiri, banyak lagi metode.
HJ: Bisakah Anda jelaskan?
Ketika Anda berlatih bentuk tunggal, Anda harus berlatih setiap postur, setiap gerakan dengan fah jing. Hal ini lembut, namun langsung keras. Ketika Anda berlatih fah jing, seperti ini (menunjukkan kekuatan menerbitkan kuat saat mengembuskan napas tajam). Ada bagian lain, yaitu, mengajarkan bagaimana daya pancar. Anda harus memahami hal ini, harus memahami kekuasaan. T'ai Chi adalah tentang yin dan yang, ini adalah teori yang mendasarinya. Selain itu, Anda juga harus belajar kedokteran, anatomi, strategi militer ..., Juga, ketika Anda berlatih, bentuk harus terlihat baik artistik. Ketika orang lain melihat Anda, mereka harus merasa sangat nyaman. Semua ini adalah penting. Tujuan akhir latihan adalah bahwa kekuatan Anda menjadi santai, hidup dan kenyal.
Dengan seluruh tubuh, Anda harus fleksibel. Anda harus memanfaatkan seluruh tubuh Anda, gunakan kinetika tubuh yang tepat, dan Anda harus longgar ... Ini harus datang dari kaki Anda, pinggang, punggung, bahu, poin demi poin. Meskipun kadang-kadang Anda harus menyerang dengan siku Anda, atau lengan bawah, seluruh kekuatan yang masih ada, memperluas sepanjang jalan. Seperti spiral.
HJ: Ketika Anda mengajar siswa Anda, pada awalnya, Anda mengajari mereka bagian demi bagian ...?
Postur demi postur, gerakan demi gerakan. Guru kami mengajar dengan cara yang sangat rinci. Karena setiap gerakan memiliki makna tersembunyi. Tidak ada yang kosong.
HJ: Menurut pendapat Anda,dengan gaya T'ai Chi yang sekarang sangat populer, mengapa mereka tidak ada fa jing dalam praktek bentuk solo mereka?
Awalnya, dalam gaya Yang dan gaya Wu, mereka juga menggunakan dan berlatih fah jing. Ketika Yang menurunkan gaya pada anaknya, mereka masih ada fah jing. Tapi kemudian, dari generasi ketiga - generasi ketiga Yang, generasi kedua Wu - mereka tidak lagi berlatih fah jing. Setelah Manchurians menguasai China, para bangsawan yang berlatih tidak mau mengeluarkan semacam energi; mereka tertarik murni dalam aspek "kesehatan" dari seni. Jadi mereka menyingkirkan persyaratan ketat dan melunak segalanya.
Tapi gaya Chen adalah yang tertua, yang paling kuno. Jadi masih mengandung kekayaan konten bela diri. Hsing I ch'uan adalah sama. Beberapa orang berlatih sangat lembut dan tidak bisa fah jing. Lalu ada orang lain yang berlatih sangat keras, dengan banyak kekuatan. Itu hanya berasal dari praktisi yang berbeda, garis keturunan yang berbeda.