+-

Video Silat


Perguruan Silat Pendekar 9
Apakah Pencak Silat termasuk salah satu Budaya Ind
ARE’ SEKA’ : aplikasi jurus clurit mad
pencak dor dari sisi kota blitar(123 )
Tarung Bebas PZH
Komunitas Unik - Pewaris Tunggal Golok Seliwa #1
Silat Sambut in slow motion
Pencak Malioboro Festival - pepedangan cimande
Silat Tungdor Margaluyu Pusat

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Qigong  (Read 16945 times)

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Qigong
« Reply #30 on: 18/02/2010 16:32 »
@Akang Antara:

minta yg 1 macam itu aja dulu boleh gak ya.. :)

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: Qigong
« Reply #31 on: 19/02/2010 00:38 »
:o :o :o Wah, benar Qigong baju besi, satu diantara sekian banyak cara penggunaan latihan pernapasan. Hebat euy, tahu juga y. Hm, Qigong ini sering dipraktekin oleh para biksu shaolin di film-film, aku tidak belajar Qigong ini tapi, aku tau karena sering liat engkong ngelatih murid2 waktu aku kecil, juga diajar teorinya. Contoh mudahnya begini. Saat kita latihan pernapasan tarik nafas sepanjang mungkin lewat hidung, lalu tahan sesaat, baru lepaskan nafas lewat mulut dalam 1 kali hentakan nafas. Pada saat menahan nafas inilah latihan Qigong baju besi dimulai. Tahan nafas dan konsentrasikan tenaga di salah satu bagian tubuh, misalnya bagian perut, lalu minta rekan anda memukul perut anda. Bedakan dengan kondisi anda sedang tidak menahan nafas lalu minta rekan anda memukul ditempat yg sama. :o :o :o
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 28
  • Posts: 1.163
  • Reputation: 109
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Qigong
« Reply #32 on: 19/02/2010 06:40 »
@antara:
perception can be deceiving, but consciuosness would never fail you...not even once.. ::)....the truth is NOT out there..it lies within..

Within me is series of digestion system [lucu]

Sayangnya, 'the within' seringkali adalah kebijaksanaan dari pencarian kita, baik di luar maupun di dalam. Dari pengalaman kita di-deceived oleh persepsi, dan kesalahan yang kita buat dari ketidaktahuan...[[peace2]]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 28
  • Posts: 1.163
  • Reputation: 109
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Qigong
« Reply #33 on: 19/02/2010 07:02 »
@Akang Antara:

minta yg 1 macam itu aja dulu boleh gak ya.. :)

Yeee... minta ke sapa tuh?  :w
Baju besi tergolong ke dalam latihan yang berbahaya, jadi meskipun ngerti teorinya, saya gak brani praktekkin... Saya cuma berani main di tataran Neigong... soalnya gak punya guru :-P

Kalo boleh milih, dari semua Qigong yang ada saya pilih belajar Jiu Yang Shen... hehehehe... (hayo coba dicari itu Qigong model apaan x-)))
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: Qigong
« Reply #34 on: 19/02/2010 08:33 »
Saya masih belum beres juga baca Qigongnya nih ... intinya Qigong itu sendiri bermacam-macam dengan tujuan macam-macam pula... untuk yang disebut Mbak Putradewa itu kalau gak salah Qigong baju besi... tapi saya gak tau apakah Qigong ini yang disebut orang Tie Bu Shan, atau keduanya adalah hal yang berbeda.

Bingung, banyak banget referensinya, kadang ada yang bertolak belakang.

Baca lagi...

Betul Mas Antara,

qigung yg diceritakan oleh Mbak Putradewa hanya bagian dari aplikasi qigung itu itu sendiri.
Qigung itu sendiri lebih kepada pola latihan (penempaan) internal, neijia, neigong.
Hasil dr latihan internal itu sendiri bisa dipakai utk yg lebih bersifat ke dalam (menahan tenaga org, pengobatna diri sendiri) sampai ke sifatnya keluar seperti menyerang.
Dnn kl boleh sedikit koreksi latihan baju besi yg msh mengikuti pola klasik tidak seperti itu, jauh lebih menyakitkan n menyiksa. Hrs ada kombinasi antara pernafasan n pengobatan.
Itu yg saya dapat dr Shifu.



P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: Qigong
« Reply #35 on: 19/02/2010 09:51 »


Betul Mas Antara,

qigung yg diceritakan oleh Mbak Putradewa hanya bagian dari aplikasi qigung itu itu sendiri.
Qigung itu sendiri lebih kepada pola latihan (penempaan) internal, neijia, neigong.
Hasil dr latihan internal itu sendiri bisa dipakai utk yg lebih bersifat ke dalam (menahan tenaga org, pengobatna diri sendiri) sampai ke sifatnya keluar seperti menyerang.
Dnn kl boleh sedikit koreksi latihan baju besi yg msh mengikuti pola klasik tidak seperti itu, jauh lebih menyakitkan n menyiksa. Hrs ada kombinasi antara pernafasan n pengobatan.
Itu yg saya dapat dr Shifu.




Ehem2x Sifunya Euwin memang luas pengetahuannya.
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: Qigong
« Reply #36 on: 19/02/2010 11:36 »
Ya, betul. Latihan Qigong pola klasik dimulai sejak latihan dasar,yaitu membiasakan diri dg cara bernapas seperti contoh diatas, sesekali engkong akan memukul bagian tubuh muridnya dg Toya dari rotan dan berdalih posisi tubuh atao kuda2 yg salah tp, sebenarnya itu adalah untuk membiasakan tubuh murid menerima pukulan, seorang guru yg ahli bisa tau lo seorang praktisi beladiri ahli Qigong atau tidak hanya dari mendengar cara orang bernapas, ada iramanya kata engkongku. Sebenarnya cerita diatas hanyalah contoh pemahaman mudahnya Qigong baju besi tp, kalo buat latihan seriusnya dalam satu hari latihan seluruh badan bisa babak belur hitam kebiruan, bagian yg dipukul juga bukan hanya perut tp, seluruh bagian tubuh, cara memukul tentu tidak main2, harus sekuat tenaga. Coba bayangin saja, berdiri dg posisi kuda2 sekokoh mungkin 2 sampai 3 dupa, dan sekujur tubuh dipukuli, setiap akan memukul engkongku bilang, dada dan harus mengkonsentrasikan tenaga ke dada, atao perut, atao kaki, dst. :o :o :o
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: Qigong
« Reply #37 on: 19/02/2010 11:53 »
Tetap diam dg posisi kuda2, berkonsentrasi, bersiap menahan pukulan yg datang. Setiap hari, dari tangan kosong, tendangan, senjata tumpul kayak Toya, sampai senjata tajam kayak Tombak atau Pedang. Selesai latihan murid akan diobati dg ramuan obat yg diminum dan obat luar kayak semacam minyak atau arak obat, dst. Kalau Qigong  untuk menyerang dan pengobatan lain lagi, juga ada Gingkang. Kalo yg kerasa kayak efek kesetrum itu DimMak, dst, dst. :o :o :o
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Qigong
« Reply #38 on: 19/02/2010 12:02 »
Mbak Putradewa, sudah makin jelas nih. Dilanjut mbak, biar kita makin ngerti.

Salam

James

iqbal khan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 124
  • Reputation: 1
Re: Qigong
« Reply #39 on: 19/02/2010 13:21 »
ikutan nyimak ya.? (sambil deprok dipojokan).

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: Qigong
« Reply #40 on: 19/02/2010 13:29 »
Mantabh mbak..

@Mas Euwin : kalau penempaan khas kungfu selatan seperti lo ban teng ,ngo cho kun pada tangan dan gerak sam chien itu khan otomatis merupakan latihan qigong juga ya ?. Banyak saya denger pengalaman kawan kawan praktisinya yang kuat waktu dipukul saat real fight, ndak ngerasa apa apa. Ada yang sampai helmnya pecah tapi ndak papa, ada yang sampai kayu pemukul lawan patah. Mungkin di karate yang sering latihan sanchin dlsb. sebetulnya itu latihan qigong juga yak.

Kembali lagi ke masalah kontinuitas rutinitas, penempaan, drill. Dimana kebanyakan yang ndak berhasil yang ndak sabar... ::)
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: Qigong
« Reply #41 on: 19/02/2010 13:33 »
Mantabh mbak..

@Mas Euwin : kalau penempaan khas kungfu selatan seperti lo ban teng ,ngo cho kun pada tangan dan gerak sam chien itu khan otomatis merupakan latihan qigong juga ya ?. Banyak saya denger pengalaman kawan kawan praktisinya yang kuat waktu dipukul saat real fight, ndak ngerasa apa apa. Ada yang sampai helmnya pecah tapi ndak papa, ada yang sampai kayu pemukul lawan patah. Mungkin di karate yang sering latihan sanchin dlsb. sebetulnya itu latihan qigong juga yak.

Kembali lagi ke masalah kontinuitas rutinitas, penempaan, drill. Dimana kebanyakan yang ndak berhasil yang ndak sabar... ::)

BUkan Mas, bukan otomatis latihan qigong.
Memang betul penempaan luar tanpa diimbangi oleh penempaan dalam pasti yg didapat cuma memar malah bisa merusak.
Tp bukan itu latihan penempaan dalam.


goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Qigong
« Reply #42 on: 19/02/2010 14:46 »
energy Jhony chang di video aneh sekali,seperti di buku Khopinghoo saja layaknya.
masih belum berjodoh nih apa bisa ketemu..

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=Aos0hnwiHt8[/youtube]

energi dalam pencarian pribadiku sendiri..


1.fisik
stamina,berat badan/bobot,kecepatan,kekuatan otot, dipadu dengan tehnik dan pengalaman/feeling..
menghasilkan energi yang bisa diaplikasi umumnya ke martial art.
energi fisik ini dilatih dengan repitisi dan volume dengan grafik meningkat.

contohnya olahraga cab olympiade :
angkat besi, memanah,lari sprinter,marathon, badminton, tinju, dll..
pengolahan ini bisa menghasilkan kekuatan tubuh, menjadi tahan pukul, tahan pusing, tahan lelah, tahan sakit,makin cepat,makin kuat,makin tepat dll..

2.kimia
nafas / oksigen,...sari makanan / obat2an.. dll..

fisik juga dipadu dengan energi kimia, fisik dipadu dengan nafas..
karena pengolahan nafas/oksigen akan menghasilkan koordinasi fisik tubuh max dalam energi, sehingga tubuh makin siap secara fisik untuk mengeluarkan energi.

obat /makanan dapat merangsang kelenjar untuk menghasilkan hormon2 tertentu, sehingga tidak kenal lelah, tidak kenal sakit, tahan tidak tidur,percaya diri,nyaman/ energi dalam tubuh yang meningkat...dll... sekalipun mungkin fisiknya tidak terlatih. akumulasi kimia dapat membuat tubuh menghasilkan energi.

juga kepelatihan kekuatan emosi,.. pikiran/motivasi/visualisasi ...dapat merangsang kelenjar mengeluarkan hormon yg membantu energi keluar dari tubuh.
vitamin,mineral/gizi juga..tidak luput. bagaimana tubuh bisa menghasilkan energi kalau gizi yang dipasok kurang?atau gizi beracun?
contoh :
doping, vitamin, obat2an,dll..

3. listrik
nah mungkin ini yang biasa diarahkan ke pengertian apa itu Chi.
apakah hanya sekedar tubuh menyimpan listrik ini, lalu bisa merubahnya menjadi energi panas,dingin,dll?
dengan memainkan dua kutub listrik,ibaratnya tubuh bisa menjadi kompor ataupun lemari es.. ( mirip Pendekar Super Sakti Suma Han/inti api inti es )
tubuh menyimpan kandungan listrik, mungkin energi lebih halus dari listrik.
apakah energi itu kimia atau fisik.... atau "Chi" ini?
apakah chi dikuatkan oleh kimia dan fisik?
apakah chi dikuatkan oleh emosi,pikiran ?

di video Jhony Chang bisa membuat lampu menyala,membakar kertas, dll..
bagaimana menghimpun dan menjadikan tubuh sebagai media/gudang/lumbung "listrik" ini?
apakah chi ini dari makanan?dari roh? dari alam? dari benda lain? dari udara/oksigen??


dari no.1 dan no.2 energi ini..
fisik,kimia,..
kalau di martial art.. sering dilatih bagaimana mengkoordinasikan keduanya.
tanpa fisik yang benar dan prima bagaimana energi bisa optimal?
tanpa kimia dalam tubuh yang baik, bagaimana energi bisa maximal?

emosi/visualisasi pikran bisa membangkitkan hormon, fisik bisa dilatih menjadi kuat cepat, feeling dan tehnik bisa dilatih,makan tertentu bisa menambah energy..

apakah chi itu di bagian no.3?
dalam fengshui, chi sering diartikan masuk keluar rumah..
dalam bela diri chi sering diartikan tenaga listrik/roh/pikiran..

ada yang bisa nambahin penjelasan?

May Lee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 2
  • Posts: 184
  • Reputation: 7
Re: Qigong
« Reply #43 on: 19/02/2010 15:59 »
saya pilih belajar Jiu Yang Shen... hehehehe... (hayo coba dicari itu Qigong model apaan x-)))



Nyang enih ye maksutnye..   [pant]

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: Qigong
« Reply #44 on: 20/02/2010 00:45 »
:o :o :o Bukan. Penempaan diri pada karate atau tinju dll, bukan Qigong tp, merupakan pemusatan penempaan pada 1 atau lebih dari bagian tubuh yg diasah menjadi lebih kuat dari yg lain, dg dibantu gaya gravitasi dan juga berat tubuh sipengguna. Seperti seorang pandai besi yg mengasah sebatang besi menjadi pedang untuk membunuh, akan tetapi sebatang besi tanpa diasahpun bisa dipakai untuk membunuh, melindungi, atau membantu pengobatan, tergantung dari cara penggunaannya. Ahli karate adalah besi yg telah diasah menjadi pedang, sementara ahli Qigong adalah si pandai besi, dan batang besi mentah yg blm diasah adalah mereka yg sedang berlatih. Orang yg ahli Qigong tidak selalu tampak kekar berotot, terkadang terlihat seperti orang tua yg lemah. Tp begitu merasakan bahaya tubuh renta itu gak tau gimana ceritanya tiba2 jadi terlihat kuat dan berbahaya. Kalau soal Qigong untuk menyerang kayaknya pernah aku jelasin d, di topik yg membahas masalah TD. Tar, aku coba liat2 lagi d.
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

 

Powered by EzPortal