+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Sebuah Percakapan dengan Chen Zhenglei  (Read 2241 times)

ifung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 7
  • Posts: 73
  • Reputation: 47
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tai Chi aliran Chen
Sebuah Percakapan dengan Chen Zhenglei
« on: 15/12/2012 07:33 »
Chen Zheng-Lei lahir pada bulan Mei 1949 di Desa Chenjiagou, Wenxian County, Provinsi Henan, Republik Rakyat Cina. Putra Chen Zhao-Hai (yang meninggal setahun setelah anaknya lahir), ia telah berlatih Taijiquan Chen style selama lebih dari empat puluh tahun. Gurunya meliputi master terkenal yaitu Chen Zhao-Pi (dengan siapa ia tinggal dan dilatih) dan Chen Zhao-Kui (paman keduanya), master dari generasi ke-18 di Chenjiagou. Ia dikenal sebagai "Taiji Jingang" - salah satu dari empat praktisi Chenjiagou di generasinya di. Ia menerima gelar sarjana di bidang pendidikan fisik dari Henan University pada tahun 1985. Dia dua kali Taijiquan Grand Champion pada Kompetisi Taijiquan Nasional, dan telah memenangkan lebih dari 10 medali emas di Kompetisi Seni Bela Diri Henan. Pada tahun 1987 ia terpilih sebagai Juri Martial Arts Nasional First Class, dan timnya memenangkan tempat pertama tiga kali berturut-turut di 1989-1991 di National dan Henan Martial Arts Meets. Dia telah melatih banyak atlet besar  di antaranya juara dunia Ding Jie. Pada tahun 1995 ia dianugerahi gelar Da Shi atau Grandmaster.
Guru Chen adalah penulis Chen Shi Taijiquan Xie Hui Zong (Comprehensive Taijiquan Tinju dan Senjata Manual), volume pertama yang akan segera dipublikasikan untuk pertama kalinya dalam bahasa Inggris, dan, "Taijiquan Nei Qi Jing Yu Qian Tan Luo Xue Shuo" (Sebuah Diskusi Energi internal Taijiquan dan Teori Saluran Energi Utama dan Jaminan dalam tubuh Manusia). Dia adalah penulis dari sebuah rekaman video instruksional, "Shi Chuan Chen Shi Taijiquan Shu" dan segera akan merilis satu set multi-volume video berurusan dengan Lao jia, Xin jia, Push Hands, Senjata dan Qigong.
Guru Chen sangat diminati baik di Cina dan luar negeri sebagai instruktur. Dia telah melatih lebih dari 15 pelatih bagi Beijing dan Wuhan Institut Pendidikan Jasmani, dan merupakan penasehat organisasi Taiji di Jepang, Perancis, Amerika, dan Italia. Guru Chen saat ini mengajar di Kota Zhengzhou, Provinsi Henan, RRC.
Wawancara berikut ini dilakukan selama kunjungan pertama Guru Chen ke AS pada bulan Agustus 1996 di Fairfax, Virginia. (Terima kasih khusus kepada Sifu Christopher Pei dari US Wushu Academy untuk terjemahan dan upaya untuk membawa Guru Chen ke AS.)

Q. Chen Taijiquan style menjadi sangat populer di Amerika Serikat. Apa saran yang dapat Anda berikan kepada orang yang mencari guru chen style?
A. Jika Anda ingin memahami bagaimana menemukan guru yang baik, pertama-tama Anda harus memahami semua tentang Taijiquan. Kebanyakan orang tertarik Gaya Chen khususnya karena mereka sebelumnya sudah tertarik dengan Taijiquan, dan memiliki beberapa pengetahuan dasar tentang seni bela diri ini. Seorang guru yang baik akan mewujudkan dasar-dasar seni bela diri. Kebutuhan yang paling mendasar adalah bahwa ketika Anda berlatih, tubuh Anda tegak, gerak kaki Anda sangat kokoh dan mantap, dan pinggul dan kua terbuka dan santai. Secara eksternal, frame terlihat sangat besar dan nyaman, dan gerakan yang terus menerus, tanpa ragu-ragu, seperti air atau awan melintas di langit. Ketika Anda berusaha untuk melepaskan energi (fa jing), ia keluar dari dalam ke luar, dari kaki (atau akar) melalui tubuh untuk akhirnya disalurkan ke tangan. Jika gerak kaki yang kokoh dan mantap, dan tubuh yang ringan dan alami, dan, jika setelah berlatih beberapa kali secara rutin dan sukses, seseorang tidak kehabisan napas dan kehabisan energi, dan bisa bernapas normal, tertawa dan berbicara, maka ini adalah tanda seorang guru dengan keterampilan yang baik.

Q. Karena tuntutan pekerjaan dan keluarga, banyak praktisi Taiji terbatas dalam jumlah waktu yang mereka dapat melatih setiap hari. Apa nasihat yang Anda miliki untuk mereka?
A. Terlepas dari seberapa sibuk Anda, Anda harus membuat jadwal waktu untuk berlatih selama setidaknya 20 menit setiap hari. Aspek yang paling penting dari latihan Anda adalah "hati" - bahkan jika Anda tidak punya waktu untuk berlatih latihan secara formal atau rutin, Taijiquan harus selalu yang ada dalam hatimu. Anda selalu berpikir tentang hal itu, menggunakan prinsip-prinsipnya. Segala sesuatu yang Anda lakukan, bekerja, makan, berjalan - itu semua cara dapat digunakan untuk berlatih Taijiquan.
Jika saya memiliki waktu dan ruang, saya akan berlatih secara formulir, jika tidak, saya akan berlatih hanya beberapa gerakan. Jadi, jika Anda berada di tempat kerja, dan sulit untuk latihan rutin, mungkin Anda dapat berlatih dengan membaca dokumen dalam "sikap zhang zhuan" [berdiri postur meditasi]. Jika Anda menulis di meja, tidak menggunakan kursi Anda, berdiri dalam posisi kuda rendah. Ketika Anda merasa lelah dalam aktivitas sehari-hari Anda, menerapkan prinsip "puisi fang" untuk tetap longgar dan santai. Oleh karena itu, Taiji harus dimasukkan ke dalam hati Anda - ia harus ada bersama Anda sepanjang waktu - tidak hanya ketika Anda merasa seperti berlatih.
Ketika kami tumbuh dewasa di desa pertanian, tidak ada cukup waktu untuk berlatih karena pekerjaan kami, jadi, ketika kami bekerja, kami berlatih - di mana-mana, sepanjang waktu, dalam kegiatan apapun. Menggali dengan sekop, membajak, melakukan pertukangan, dan mengangkat semua dilakukan menggunakan mekanika tubuh Taiji. Dalam masa kanak-kanak saya, semua pekerjaan yang dilakukan dengan tangan, sekarang, banyak yang dilakukan oleh alat dan mesin.

Q. Di Desa Chen, bagaimana seni bela diri diajarkan?
A. Karena lokasi Chenjiagou adalah sangat pedesaan, sehingga keluar dari jalan, tidak ada pengaruh terlalu banyak pada budaya desa dari luar. Tidak ada seni bela diri lain di desa selain Taijiquan. Jadi, anak-anak di desa, saat mereka tumbuh dewasa, yang terkena dan dipengaruhi olehhanya bela diri Taijiquan, karena itu adalah seni-satunya yang mereka lihat. Di masa lalu, anak-anak mulai berelatih pada usia sekitar tujuh tahun, sekarang, mereka mulai berlatih sedini mungkin  di usia lima atau enam tahun.
Di kota-kota besar, kebanyakan orang memahami Taiji hanya untuk kesehatan, meditasi, dan olahraga. Di Chenjiagou, Taiji dipahami sebagai seni bela diri. Jadi, Anda dapat melihat ada perbedaan besar antara pendekatan pelatihan di desa dan di bagian lain negara.
Karena ini adalah seni bela diri yang diajarkan hanya di desa, anak-anak mulai belajar dalam usia yang  muda. Sekolah-sekolah mengajar sebagai bagian dari program pendidikan fisik mereka. Di masa lalu, anak-anak akan mulai dengan mempelajari bentuk-bentuknya, dimana cara tradisional urutan belajarnya, adalah pertama belajar koreksi terhadap gerakan, dan kemudian mengembangkan energi internal. Sekarang, hal-hal yang lebih canggih, anak-anak mulai berlatih dengan latihan fleksibilitas dan " chan si gong " [latihan untuk pelatihan sutra-reeling energi] dan tidak berlatih bentuk-bentuk gerakan untuk sementara waktu.
Secara tradisional, setiap orang mulai berlatih bentuk Lao jia, Yi lu [frame lama, rutin pertama] pada awalnya. Dari sana, mereka belajar pedang tunggal. Setelah pelatihan di Yi lu selama dua tahun, tubuh menjadi santai dan siswa mulai belajar tangan mendorong dan Er lu [rutinitas tangan kosong kedua Gaya Chen].

Q. Kapan siswa dianggap siap untuk belajar Xin jia [bingkai baru]?
A. Pertama, seseorang harus benar-benar santai, dan memahami makna sebenarnya dari kelembutan. Berbagai bagian tubuh harus bergerak secara terkoordinasi, karena ada begitu banyak gerakan melingkar dan spiral di Xin jia dan jika siswa tidak bisa bergerak dalam cara yang terkoordinasi, mereka tidak bisa mengerakan gerakan yang benar Xin jia sama sekali.

Q. Apakah Anda merasa ini adalah sebuah kesalahan bagi siswa jika mereka mulai dari bentuk Xin jia dulu?
A. Ya. Siswa tidak memahami kelembutan dan koordinasi, dan tidak bisa menghasilkan rasa gaya.

Q. Apa manfaat dari berlatih Xin jia?
A. Xin jia menggunakan tubuh dengan cara yang berbeda, menjaga longgar, namun tiba-tiba melepaskan kekuatan, dan sifat gerakan yang menghentak - semua ini adalah karakteristik dari gaya Xin jia, dimana gerakan yang lebih menuntut pada tubuh daripada Lao jia, oleh karena itu, lebih baik untuk kebugaran. Ini mengembangkan kemampuan untuk melepaskan energi yang lebih baik. Namun, jika seseorang tidak memahami perkembangan yang tepat dari studi dan metode pelatihan yang tepat, mudah untuk teralihkan, kehilangan cara, dan membuat kesalahan yang sulit untuk diperbaiki. Sangat mudah bagi qi meningkat di dada, dan kehilangan nafas. Seperti kata pepatah, "kepala berat, dan kaki ringan." Ini adalah kesalahan umum yang serimg orang alami.

Q. Anda telah berlatih Taijiquan selama lebih dari empat puluh tahun. Bisakah Anda ceritakan tentang pengalaman dan kenangan ketika berlatih dengan Guru Chen Zhao-Pi?
A. Meskipun guru saya meninggalkan kami lebih dari 20 tahun yang lalu, saya tetap menyimpan kenangan tentang bagaimana dia selalu mengajar dengan hati kepada saya. Chen Zhao-Pi adalah paman saya. Saya mulai berlatih dengan dia ketika saya berusia delapan tahun. [Catatan Editor: Chen Zhao-Pi (1883-1972) adalah seorang murid Chen Deng-Ke (ayahnya), Chen Yan-Xi, Chen Pin-San, dan Chen Fa-Ke. Ajaran-Nya dan upaya untuk melanjutkan warisan Chenjiagou Taijiquan menyebabkan ia menyebarkanan Chenstyle Taiji ke dunia luar Chenjiagou, serta Membuat Halls Pelatihan Wushu i kedua di Wenxian selain di Chenjiagou sendiri.]
Pada tahun 1928 ia pergi ke Beijing untuk mengajar. Selama periode ini ia meminta Chen Fa-Ke untuk datang ke Beijing untuk mengajar juga. Setelah Chen Fa-Ke tiba di Beijing, Chen Zhao-Pi pergi ke Nanjing. Pada saat itu, Kuomintang masih berkuasa, dan Walikota Nanjing mengundangnya untuk datang dan mengajar kelas di sana. [Catatan Editor:. Pada saat itu, ia juga menjabat sebagai pelatih kehormatan yang terkenal di Pusat Institut Seni Bela Diri]
Ada sekitar tiga puluh anak-anak yang berkumpul di depan pintu untuk menunggu instruksi. Dia akan memimpin kelas di depan, sementara istrinya akan berada di belakang, membuat koreksi. Dia sangat sabar, dan berusaha keras untuk melakukan koreksi. Dia tidak pernah marah. Selama tahun ini, ada tiga tahun "bencana alam" (banjir, kelaparan, dll) serta awal Revolusi Kebudayaan. Selama Revolusi Kebudayaan, Taijiquan dianggap kuno, dan bagian dari agama lama dan takhayul. dan dilarang untuk mempromosikan Taijiquan saat ini. Juga, karena ia terhubung dengan Nasionalis di Nanjing pada tahun 1930, ia berada dalam banyak masalah. Selama waktu ini, jika Anda ingin mengajar atau belajar, itu sangat sulit. [Catatan Editor: Chen Ke-Sen, putra Chen Zhao-Pi, menulis periode ini: "Selama Revolusi Kebudayaan, ayah saya dianiaya dan mengalami publik" sesi perjuangan ", tapi ketika malamnya, Chen Zheng-Lei dan beberapa orang lain dari murid berharganya diam-diam pergi untuk belajar di bawah bimbingannya.  Ayahku, menunjukkan bahwa ia tidak takut penganiayaan, berani meneruskan pengajarannya tentang Taijiquan. "
Jadi, kadang-kadang, dia akan melihat murid-muridnya berlatih serius, dan pada waktu lain, mereka tidak begitu serius. Saya tahu bahwa ini membuatnya marah, tapi dia tidak pernah menunjukkan kepada kita. Sebaliknya, ia akan menceritakan kisah-kisah untuk membuat kita mengerti mengapa kami harus berlatih dengan tekad. Dia mengatakan kepada kami banyak cerita tentang pahlawan dalam sejarah yang memimpin upaya mereka dari ketidakjelasan menuju kesuksesan.Dia mengatakan kepada kami kisah musisi kuno yang terkenal yang merupakan penemu gaya 5-nada musik Cina. Karena dia sangat ingin mengembangkan musik ini, ia menggosok garam di matanya untuk membutakan dirinya dan menghindarkan diri dari gangguan penglihatan dan dengan demikian bisa fokus perhatiannya pada pendengarannya, dan musiknya. Dia juga mengatakan kepada kami Jenderal Yueh Fei yang mempunyai  tato dari ibunya di punggungnya yang berbunyi, "memberikan diri sepenuh hati ke negara Anda."
Dia mengatakan kepada kami kisah-kisah ini karena dia ingin kita mengikuti contoh dari para pahlawan, sehingga kita akan bersikap tegas dan keras dalam hidup kita. Yang paling penting, dia membuat kita menyadari bahwa kita adalah penerus masa depan seni Taijiquan, dan bahwa kita harus berlatih terus menerus untuk memenuhi tanggung jawab ini. Jika kita tidak, generasi kita akan mematahkan tradisi instruksi yang diturunkan dari nenek moyang kita. Taijiquan berasal dari keluarga Chen. Jika kita melanggar tradisi ini, kita tidak akan mampu berdiri di hadapan nenek moyang kita, dan anak-anak kita akan mengutuk kita. Jadi, ketika kita masih sangat muda, kami dibuat untuk memahami tanggung jawab kami. Terlepas dari betapa sulitnya situasi kita pada waktu itu, kami harus berlatih keras.
Menjelang akhir Revolusi Kebudayaan, Partai Komunis memutuskan untuk mulai mempromosikan seni bela diri. Akibatnya, moral guru saya dan kepercayaan diri meningkat. Ajarannya mulai meningkat. Dia mengajar dengan penuh kesabaran. Jika Anda tidak mengerti gerakan, ia akan mengulanginya berulang kali untuk Anda. Tidak hanya itu  ia juga akan menjelaskan gerakan, ia juga akan menjelaskan prinsip-prinsip di balik itu dan aplikasinya.
Pada saat itu, ia berusia delapan puluhan, tapi ia masih akan mengajari  push hand. Pada tahun 1972, ia meninggal. Dia meninggal akibat terlalu banyak bekerja. Dia mengambil Taiji tim di seluruh China untuk bersaing. Kondisi kehidupannya yang tidak baik di desa, dan tidak bisa mempertahankan energi yang dikeluarkan dalam mengajar selama bertahun-tahun. Sebelum kematiannya, dia mengajari saya semua prinsip-prinsip, teknik, rutinitas dgn tangan kosong, senjata dan tangan mendorong yang ia tahu. Chen Zhao-Pi telah meninggal, tetapi ia meninggalkan sekelompok anak muda yang didedikasikan untuk Taiji. Apakah mereka berasal dari Chenjiagou atau tidak, semua gaya pengajarannya merupakan turun dari dia. Dia adalah orang yang bertanggung jawab untuk mempromosikan seni bela diri ini ketika berada dalam kemunduran, dan meningkatkan generasi berikutnya sebagai guru di desa.

Q. Apa yang bisa Anda ceritakan tentang keadaan Taijiquan di Cina hari ini?
A. Pada tahun 1978, Partai Komunis mulai Kebijakan Pintu Terbuka nya. Media mulai melaporkan cerita tentang Taijiquan, dan sebagai hasilnya, lebih banyak orang menjadi sadar akan hal itu. Pertukaran internasional mulai terjadi, dan lebih banyak orang di seluruh dunia menjadi peduli terhadapTaijiquan. Dalam lima hingga enam tahun terakhir, pemerintah China telah menjadi lebih tertarik dalam mempromosikan Taijiquan.
Saat ini, ada banyak kompetisi Taijiquan yang berbeda yang terjadi di China. Pemerintah menghabiskan beberapa juta China Yuan untuk membangun sebuah akademi seni bela diri yang besar di Wenxian, dekat Chenjiagou. Sejauh ini, sudah ada empat Pertemuan internasional Taiji yang diadakan di sana. Lebih dari 33 negara yang hadir, dengan lebih dari 300 pesilat yang hadir. Ada lebih dari 90 organisasi internasional yang berpartisipasi. Ada tiga arena terpisah untuk kompetisi. Semua gaya utama yang dipertandingkan. Acara meliputi rutinitas dgn tangan kosong, senjata, demonstrasi dan tangan mendorong (termasuk "lei tai" di mana pesaing bertemu pada platform yang tinggi). Siapa pun yang dipaksa turun dari platform tersebut ia kalah. Kompetisi mendorong tangan tidak dibatasi seperti  di Amerika Serikat, itu adalah gaya bebas. Selain menendang, meninju, menyambar rambut, menggigit, dengan menggunakan siku, lutut dan kepala menyeruduk,pokoknya "apa saja" boleh.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Sebuah Percakapan dengan Chen Zhenglei
« Reply #1 on: 23/01/2013 11:25 »
lanjut mas ifung babarannya
barangkali tau dengan batik guy mas
makasih
salam

 

Powered by EzPortal