+-

Video Silat

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Tai Chi Mana yang Terbaik?  (Read 7044 times)

ifung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 7
  • Posts: 73
  • Reputation: 47
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tai Chi aliran Chen
Tai Chi Mana yang Terbaik?
« on: 01/12/2011 21:15 »
Pada saat ini paling tidak ada lima aliran besar Tai Chi, yaitu Chen Taiji, Yang Taiji, Wu Taiji, Hao Taiji dan Sun Taiji. dan setiap aliran Taiji berkembang dengan prinsip dan caranya sendiri, contohnya Yang Taiji berkembang dengan lebih menonjolkan aspek kesehatannya, walaupun tanpa mengabaikan aspek bela dirinya. Chen Taiji lebih menekankan aspek bela diri, tanpa mengabaikan aspek kesehatannya, begitu juga aliran lainnya.

Pertanyaan yang selalu muncul bagi Praktisi Pemula adalah Mana diantara aliran-aliran ini yang terbaik?
Kalau ditanyakan pada setiap aliran yang ada, jawabnya adalah pasti alirannya. Misalnya Chen Taiji jika ditanya hampir sebagian besar jawabnya adalah aliran Chen, karena Chen Taiji adalah induk aliran taiji yang ada, dan paling original,(penulis dapat ini dari buku Chen Taiji yang ditulis langsung dari salah satu generasi Chen).
Walaupun menurut yang penulis pelajari tentang Taiji, Taiji aliran Wudang lah yang paling original. Chen Taiji dikembangkan bedasarkan Taiji wudang dan tinju meriam shaolin (taizhu chang chuan). Yang Taiji dikembangkan berdasarkan Taiji Wudang bentuk 128 (Yang Cheng Fu). Sun taiji dikembangkan berdasarkan Taiji aliran Hao, Xinyiquan dan Bagua zhang.

Sekarang jawaban dari pertanyaan di atas mana yang terbaik, adalah yang sekarang anda pelajari secara tekun, sampai sedetil-detilnya, berdasarkan kurikulum standarnya, contoh orang yang ingin mempelajari Chen Taiji, kurikulumnya adalah belajar dulu Zhang Zhuang dan Silk Reeling, baru belajar Chen Taiji tangan kosong jalan satu dan jalan dua, lalu push hand, baru senjata. Kurikulum Yang Taiji, setiap pelajar harus belajar dulu Zhang Zhuan 13 jurus Taiji, baru Bentuk Panjang tangan kosong, push hand dan senjata.

Belum ada -tidak ada orang yang dikatakan master taiji adalah orang yang menguasai seluruh aliran Taiji. Dalam prinsip belajar Taiji, minimal 3 tahun belajar baru bisa digunakan untuk bertarung (Yang Taiji), bahkan lima tahun belajar baru bisa digunakan untuk bertarung (Chen Taiji).

Jadi, apapun aliran Taiji yang anda pelajari saat ini, tekuni betul-betul, kuasai sedalam-dalamnya, semakin anda mendalaminya semakin anda memahami karakteristik taiji aliran anda. jadilah master dalam taiji aliran anda, dan selalu hormati dan hargai taiji aliran lainnya.
 

hunterboy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 100
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #1 on: 16/05/2012 16:53 »

Walaupun menurut yang penulis pelajari tentang Taiji, Taiji aliran Wudang lah yang paling original. Chen Taiji dikembangkan
bedasarkan Taiji wudang dan tinju meriam shaolin (taizhu chang chuan).


1.) Tinju meriam shaolin itu termasuk jurus apa ? boleh di kasi sedikit penjelasan ?

2.) Berarti kalau skrg kita berlatih tai chi aliran Chen, secara tidak langsung kita juga berlatih jurus tinju meriam shaolin ? Kira-2 bener ngak ?


hunterboy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 100
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #2 on: 16/05/2012 16:57 »

Dalam prinsip belajar Taiji, minimal 3 tahun belajar baru bisa digunakan untuk bertarung (Yang Taiji), bahkan lima tahun belajar baru bisa digunakan untuk bertarung (Chen Taiji).


Minimal belajar 3 atau 5 tahun itu berarti dalam sehari org tsb latihan brp jam ? seminggu brp hari latihan ?

ifung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 7
  • Posts: 73
  • Reputation: 47
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tai Chi aliran Chen
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #3 on: 13/06/2012 08:21 »
Tinju meriam adalah salah satu teknik jurus shaolin, yang mengandalkan teknik serangan berantai dengan tangan yang cepat. dalam chen tai chi chen wangting (pendesain ulang tai chi aliran wudang) mengatakan "menyembunyikan kekuatan dalam kelembutan"
dalam chen taiji bentuk tinju meriam hadir dalam bentuk serangan fajing, biasanya paling tampak sekali dalam bentuk kedua lao yi lu dan bentuk baru chen taiji. jadi otomatis yang mempelajari chen taiji juga mempelajari tinju meriam

faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #4 on: 14/06/2012 08:58 »
Bahasan yg menarik.
Turut menyimak.
Dari smua aliran taiji tsb,apakah ada yg scara khusus mengajarkan neidan diluar sesi gerak taiji?
Terima kasih.

ifung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 7
  • Posts: 73
  • Reputation: 47
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tai Chi aliran Chen
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #5 on: 25/07/2012 15:15 »
neidan, yang umum diakui internasioanl ada beberapa jenis yaitu: yin jin jing (kitab pengubah otot) dan  baduajin (delapan tingkat pernafasan sutra) dari shaolin dan lima teknik hewan wudang. hanya sedikit sifu dari aliran tai chi yang ada yang mau mengajarkan teknik neidan, bsa jadi karena hanya konsentrasi melatih tai chi saja atau merahasiakannya. contohnya untuk teknik pernafasan du dan ren, yaitu bagaimana menyalurkan chi di punggung dan depan badan (siklus mikro kosmis) ada yg tidak tahu dan ada yang hanya memberikannya pada murid2nya tertentu.

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #6 on: 25/07/2012 15:47 »
bang ifung., saya mau tau nih., tai chi dari mana sihh,. ? :)

agungsukses

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 100
  • Sahabat Silat
    • Diary Online?
    • Email
  • Perguruan: SILATurahim.. :)
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #7 on: 25/07/2012 19:08 »
"Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina... "

Jadi, ane nyimak deh.. ^^

Tapi silat kita bgs jg lho.. hehe.. promosi.. :D  [[run2]]
"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, ...."

"If you do good, you will do good for your own souls, and if you do evil, it shall be for them..."

(Al-Quran, Surah Al-Isra (7))

muramasa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 35
  • Reputation: 107
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #8 on: 25/07/2012 21:09 »
neidan, yang umum diakui internasioanl ada beberapa jenis yaitu: yin jin jing (kitab pengubah otot) dan  baduajin (delapan tingkat pernafasan sutra) dari shaolin dan lima teknik hewan wudang. hanya sedikit sifu dari aliran tai chi yang ada yang mau mengajarkan teknik neidan, bsa jadi karena hanya konsentrasi melatih tai chi saja atau merahasiakannya. contohnya untuk teknik pernafasan du dan ren, yaitu bagaimana menyalurkan chi di punggung dan depan badan (siklus mikro kosmis) ada yg tidak tahu dan ada yang hanya memberikannya pada murid2nya tertentu.

kalo teknik baju besi/iron shirt gmn?

neidan apa sama artinya dengan neikung?

kalo ada yang mau belajar gimana menyalurkan chi dgn konsep siklus mikro kosmis,saya ada kenal orang yg mau dan bisa mengajarkan secara terbuka dan ga pelit2 ilmu

teddy krens

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 20
  • Reputation: 119
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: . . .
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #9 on: 26/07/2012 14:31 »
bang agung., tai chi dari china ya., ?
truss kalau wing chun dari mana., ? :)

ifung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 7
  • Posts: 73
  • Reputation: 47
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tai Chi aliran Chen
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #10 on: 09/08/2012 20:43 »
tai chi dan wing chun berasal dari China, namun secara usia lebih tua tai chi.

faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: Tai Chi Mana yang Terbaik?
« Reply #11 on: 30/03/2013 21:06 »
neidan, yang umum diakui internasioanl ada beberapa jenis yaitu: yin jin jing (kitab pengubah otot) dan  baduajin (delapan tingkat pernafasan sutra) dari shaolin dan lima teknik hewan wudang. hanya sedikit sifu dari aliran tai chi yang ada yang mau mengajarkan teknik neidan, bsa jadi karena hanya konsentrasi melatih tai chi saja atau merahasiakannya. contohnya untuk teknik pernafasan du dan ren, yaitu bagaimana menyalurkan chi di punggung dan depan badan (siklus mikro kosmis) ada yg tidak tahu dan ada yang hanya memberikannya pada murid2nya tertentu.

kalo teknik baju besi/iron shirt gmn?

neidan apa sama artinya dengan neikung?

kalo ada yang mau belajar gimana menyalurkan chi dgn konsep siklus mikro kosmis,saya ada kenal orang yg mau dan bisa mengajarkan secara terbuka dan ga pelit2 ilmu

teknik baju besi biasanya pake teknik waidan..dengan menggunakan bola2 besi yg digulirkan pada permukaan tubuh atau sabetan sapu lidi besi. minimal memukul mukulkan tapak tangan ke tubuh dengan harapan agar chi meluap kepermukaan tubuh sehingga bisa kebal pukul.

kebetulan ane waktu umur 20thn pernah iseng tuh ngajarin anak smp tetangga biar kebal pukul, ane suruh mukul dan nekan2 perutnya sehari minimal 4 jam,boleh dibagi2 waktunya.

pas ketemu lagi kira2 3 bulan, dia nyamperin ane dengan gembiranya..sambil minta coba dipukul perutnya..soalnya katanya dia udah jalanin petunjuk ane.

jiah, ane padahal dulu cuma iseng ngobrol aja, kok malah dilakonnin. yawdah ane pukul aja perutnya. aneh campur kaget, perutnya kayak karet. pukulan ane mental lagi.

sambil nutup rasa kaget, ane bilang aja: bagus bagus..udah berhasil .hahaha.

gak tau tuh anak emang ngelakonin yg ane kasih atau belajar ilmu lain ama orang lain, soalnya ane juga males ngelakoninnya alias belum bisa. hahaha.

kalo gak salah, neidan gak pake gerak tubuh kecuali kontraksi nafas, kalo neikung pake sedikit gerak tubuh.

wah siapa tuh yg mau ngjarin secara terbuka? ajak sharing disini aja Bang..biar banyak yg bisa belajar gratis. hehe. sepertinya orbit mikrokosmis itu ilmu dasar deh..banyak yg udah tau..yang banyak belum tau itu gimana memanfaatkan luapan chi ditubuh menjadi jing, sehingga bisa mentalin benda2 mati kayak di film2 itu. ibarat mobil, percuma bensinnya full tank, tapi gak ada karburator buat mengubah minyak menjadi kalor.

cmiiw

 

Powered by EzPortal