+-

Video Silat


pendekar - silat ki ontong 3
Cingkrik Goning versi Kemayoran
Ciung Wanara @ Komunitas Unik - Duel Jawara vs Jua
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
sile tuo
HUT PSN ISMD PUTRA SETIA
Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Rawabel
padjadjaran nasioan - Performance silat di acara u

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Aplikasi jurus dalam bertarung  (Read 23315 times)

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Aplikasi jurus dalam bertarung
« on: 22/04/2009 16:52 »
Salam

Bagaimana hubungan antara jurus dan aplikasi dalam pertarungan ? Apakah jurus memang dapat diaplikasikan atau hanya sebagai dasar ? Lalu bagaimana sejarah terlahirnya jurus itu sendiri ya?


Ditunggu pencerahannya


f4iz

  • Guest
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #1 on: 22/04/2009 22:51 »
Salam
Bagaimana hubungan antara jurus dan aplikasi dalam pertarungan ? Apakah jurus memang dapat diaplikasikan atau hanya sebagai dasar ? Lalu bagaimana sejarah terlahirnya jurus itu sendiri ya?
Ditunggu pencerahannya
Salam..
Kalo saya pribadi ngerasa belajar jurus aja terus langsung bertarung kayaknya bagi saya susah ampir gak bisa. Musti ada penghubung dari belajar jurus sampe bisa bertarung dgn menggunakan tekhnik-2x yg ada di jurus.
Mungkin progressnya jurus -> applikasi jurus -> serang/hindar ato sambut/menyambut -> applikasi dalam pertarungan ?
Mohon dikoreksi kalau salah...
Wasalam,
Faiz


Raya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 52
  • Reputation: 0
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #2 on: 23/04/2009 08:14 »
ini aku ikut duduk di pinggir saja. menunggu pencerahan sesepuh2 nih.

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #3 on: 23/04/2009 08:37 »
berhubung ane bukan petarung dan paling takut kalo brantem..
mohon ijin ikut menyimak dan belajar..
silakan di lanjut... [top]

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #4 on: 23/04/2009 10:25 »
jurus itu, kata encing ane ibarat huruf. jadi huruf doang kalo engak di rangkai menjadi kata engak bisa di gunakan untuk mencapai sesuatu maksud dan makna.

keahlian merangkai huruf menjadi kata, kemudian kata menjadi kalimat itu yang memerlukan jam terbang.

semakin sederhana hurufnya semakin mudah di rangkai menjadi kata. semakin banyak hurufnya maka semakin banyak juga fariasi kata yang bisa di buat meski mungkin bisa kompleks.

kayak tinju, jurunya cuman : Jab, Hook, Strike sama footwalk. simple dan efisien engak perlu terlalu lama latihan langsung bisa tarung
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #5 on: 23/04/2009 11:43 »
hehehehe/...salah thread kayaknye...

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #6 on: 23/04/2009 12:45 »
Ane ikut nyimak aje deh...

Kayaknye cakep tuh yang dibabar Kang Nagapasa ame konsep rangkaian hurupnye...setuju dah...

Kalo ane pertama dan yang paling utama adalah merangkai nyali dan emosi/nafs, karena dari dua ini berantakan...maka buyar semua jurus dalam aplikasi pertarungan.


kayak tinju, jurunya cuman : Jab, Hook, Strike sama footwalk. simple dan efisien engak perlu terlalu lama latihan langsung bisa tarung


Jurus Tinju:
Punch: Jab (whirl=kebalikannya dari GG), straight, hook, uppercut
Blocking: Double cover: head, jaw
              One Cover : Elbow, jaw, arm,belly
Defense:
-Evasion-Deflection: Head & Shoulder, waistline
-Catch, Slipping (out-In)

Langkah Tinju: head, back, side(left & right)

Belajar Tinju lama juga kalo harus turun (minimal 6 bln menguasai basic) di pertandingan...he..he..he...(Udah banyakyg lupa nih... ::))

Tabe'


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #7 on: 23/04/2009 13:31 »
tinju pake napas engak bang ?
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #8 on: 23/04/2009 13:42 »
lah, emang nya mayat kagak pake nafas?
hehehe...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #9 on: 23/04/2009 14:06 »
tinju pake napas engak bang ?

murni nya sih gak, tergantung penggayaan masing2 individu aja...

Yang paling penting dalam tinju sebenarnya mengoptimalkan serangan (boxer/fighter) dan pertahan (keseimbangan badan) yang bisa dibangun dari langkah...bukan pukulan.

Udah ah back to topic...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #10 on: 24/04/2009 15:22 »
wah jadi merenungi tulisanya kang nagapasa nih ..diterusin donk kang, biar tamah mantep ...

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #11 on: 25/04/2009 20:09 »
aplikasi dalam bertarung??? wah nyang eni ane masih bingung...klo rangkaian gerakan yang distimulus oleh latihan yang berkesinambungan..terjadilah gerak refleks..nah tergantung latihannya seperti apa,dengan apa,pakai apa,apa-apa,mau apa,...


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #12 on: 26/04/2009 21:00 »
jurus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti arah, lurus... sementara dalam pencak silat jurus adalah rangkaian tata gerak yang memiliki maksud, nilai guna, arah dan sasaran.

aplikasi adalah penggunaan, lalu bagaimana kaitannya jurus dengan keadaan (pertarungan) yang sebenarnya?
1. jurus atau tata gerak yang dilakukan dengan cara melatih menggunakan metode pengulangan terus-menerus / repetition atau di"drill" maka akan mendapatkan suatu tata gerak yang menjadi mendekati "baku" dalam menghadapi suatu keadaan atau situasi yang mendekati sama dengan yang di latih. Namun akan menjadi suatu kebingungan jika yang dihadapi menjadi berbeda dengan apa yang didapat dalam berlatih. seperti contoh jika terbiasa melatih tangkisan ke arah luar menghadapi tendangan sabit dan sedikit mengetahui variasi tendangan, maka akan menjadi gugup dan bingung akan gerak yang terbiasa dihapal yang "hanya" mengandalkan tangkisan jika menghadapi tendangan melingkar ke dalam.
2. pelatihan model pemahaman dan pengertian akan dalil / Kaidah dalam bela diri yang disertai pengulangan jurus / tata gerak sebagai bentuk pembiasaan akan dapat menjawab setidaknya dalam keadaan yang sebenarnya. Karena jurus disini adalah merupakan suatu "bentukan" atas sebuah keadaan bukan "bentuk baku" dalam menghadapi keadaan, dengan kata lain dengan mengerti dalil dan kaidah maka jurus yang dapat digunakan dalam keadaan yang sesungguhnya adalah tata gerak "tanpa" bentuk yang disesuaikan keadaan.
3. pemahaman dan pengertian dalil dan kaidah tanpa latihan dan pengulangan hanya akan membuat praktisi bela diri (terutama pesilat) menjadi "sastrawan" pesilat....

salam,


one
(baru belajar maenpo)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #13 on: 27/04/2009 08:00 »
3. pemahaman dan pengertian dalil dan kaidah tanpa latihan dan pengulangan hanya akan membuat praktisi bela diri (terutama pesilat) menjadi "sastrawan" pesilat....
salam,
one
(baru belajar maenpo)

kayak ane donk, kang...  x-))

Hendro

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 39
  • Reputation: 2
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #14 on: 27/04/2009 08:34 »
Wah Bang One emang canggih perenungan silatnya.
Lama2 silat bisa masuk perguruan tinggi nih. Jadi Fakultas Teknik Silat (kerennya Faculty of Silat Engineering). Ada jurusan sastra-nya lagi!

Top!!!  [top]

 

Powered by EzPortal