+-

Video Silat

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by mansur
21/11/2014 19:19

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Aplikasi jurus dalam bertarung  (Read 23661 times)

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Aplikasi jurus dalam bertarung
« on: 22/04/2009 16:52 »
Salam

Bagaimana hubungan antara jurus dan aplikasi dalam pertarungan ? Apakah jurus memang dapat diaplikasikan atau hanya sebagai dasar ? Lalu bagaimana sejarah terlahirnya jurus itu sendiri ya?


Ditunggu pencerahannya


f4iz

  • Guest
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #1 on: 22/04/2009 22:51 »
Salam
Bagaimana hubungan antara jurus dan aplikasi dalam pertarungan ? Apakah jurus memang dapat diaplikasikan atau hanya sebagai dasar ? Lalu bagaimana sejarah terlahirnya jurus itu sendiri ya?
Ditunggu pencerahannya
Salam..
Kalo saya pribadi ngerasa belajar jurus aja terus langsung bertarung kayaknya bagi saya susah ampir gak bisa. Musti ada penghubung dari belajar jurus sampe bisa bertarung dgn menggunakan tekhnik-2x yg ada di jurus.
Mungkin progressnya jurus -> applikasi jurus -> serang/hindar ato sambut/menyambut -> applikasi dalam pertarungan ?
Mohon dikoreksi kalau salah...
Wasalam,
Faiz


Raya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 52
  • Reputation: 0
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #2 on: 23/04/2009 08:14 »
ini aku ikut duduk di pinggir saja. menunggu pencerahan sesepuh2 nih.

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #3 on: 23/04/2009 08:37 »
berhubung ane bukan petarung dan paling takut kalo brantem..
mohon ijin ikut menyimak dan belajar..
silakan di lanjut... [top]

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #4 on: 23/04/2009 10:25 »
jurus itu, kata encing ane ibarat huruf. jadi huruf doang kalo engak di rangkai menjadi kata engak bisa di gunakan untuk mencapai sesuatu maksud dan makna.

keahlian merangkai huruf menjadi kata, kemudian kata menjadi kalimat itu yang memerlukan jam terbang.

semakin sederhana hurufnya semakin mudah di rangkai menjadi kata. semakin banyak hurufnya maka semakin banyak juga fariasi kata yang bisa di buat meski mungkin bisa kompleks.

kayak tinju, jurunya cuman : Jab, Hook, Strike sama footwalk. simple dan efisien engak perlu terlalu lama latihan langsung bisa tarung
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #5 on: 23/04/2009 11:43 »
hehehehe/...salah thread kayaknye...

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #6 on: 23/04/2009 12:45 »
Ane ikut nyimak aje deh...

Kayaknye cakep tuh yang dibabar Kang Nagapasa ame konsep rangkaian hurupnye...setuju dah...

Kalo ane pertama dan yang paling utama adalah merangkai nyali dan emosi/nafs, karena dari dua ini berantakan...maka buyar semua jurus dalam aplikasi pertarungan.


kayak tinju, jurunya cuman : Jab, Hook, Strike sama footwalk. simple dan efisien engak perlu terlalu lama latihan langsung bisa tarung


Jurus Tinju:
Punch: Jab (whirl=kebalikannya dari GG), straight, hook, uppercut
Blocking: Double cover: head, jaw
              One Cover : Elbow, jaw, arm,belly
Defense:
-Evasion-Deflection: Head & Shoulder, waistline
-Catch, Slipping (out-In)

Langkah Tinju: head, back, side(left & right)

Belajar Tinju lama juga kalo harus turun (minimal 6 bln menguasai basic) di pertandingan...he..he..he...(Udah banyakyg lupa nih... ::))

Tabe'


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #7 on: 23/04/2009 13:31 »
tinju pake napas engak bang ?
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #8 on: 23/04/2009 13:42 »
lah, emang nya mayat kagak pake nafas?
hehehe...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #9 on: 23/04/2009 14:06 »
tinju pake napas engak bang ?

murni nya sih gak, tergantung penggayaan masing2 individu aja...

Yang paling penting dalam tinju sebenarnya mengoptimalkan serangan (boxer/fighter) dan pertahan (keseimbangan badan) yang bisa dibangun dari langkah...bukan pukulan.

Udah ah back to topic...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #10 on: 24/04/2009 15:22 »
wah jadi merenungi tulisanya kang nagapasa nih ..diterusin donk kang, biar tamah mantep ...

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #11 on: 25/04/2009 20:09 »
aplikasi dalam bertarung??? wah nyang eni ane masih bingung...klo rangkaian gerakan yang distimulus oleh latihan yang berkesinambungan..terjadilah gerak refleks..nah tergantung latihannya seperti apa,dengan apa,pakai apa,apa-apa,mau apa,...


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Aplikasi jurus dalam bertarung
« Reply #12 on: 26/04/2009 21:00 »
jurus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti arah, lurus... sementara dalam pencak silat jurus adalah rangkaian tata gerak yang memiliki maksud, nilai guna, arah dan sasaran.

aplikasi adalah penggunaan, lalu bagaimana kaitannya jurus dengan keadaan (pertarungan) yang sebenarnya?
1. jurus atau tata gerak yang dilakukan dengan cara melatih menggunakan metode pengulangan terus-menerus / repetition atau di"drill" maka akan mendapatkan suatu tata gerak yang menjadi mendekati "baku" dalam menghadapi suatu keadaan atau situasi yang mendekati sama dengan yang di latih. Namun akan menjadi suatu kebingungan jika yang dihadapi menjadi berbeda dengan apa yang didapat dalam berlatih. seperti contoh jika terbiasa melatih tangkisan