+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Belajar Melangkah, Berlatih Kuda-kuda? Perlukah di Dalam Beladiri ?  (Read 54811 times)

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Seringkali, saya pun lupa bahwa wadag badan kasar kita ini pun perlu dilatih terus, karena kita hidup mengikuti irama kehidupan dan hukum alam atawa sunatullah...

Refleks terkadang keluar dengan otomatis, tapi bedanya... kalo jarang dilatih, abis melancarkan refleks, badan kaku dan bisa-bisa kejang otot. Sementara kalo dilatih, paling cuma "kaget"... Lho... masih keluar juga to?

Salam...

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
@mas Don
Ya gak usah kaget setelah refleks keluar, khan selalu dzikir. :D


@mas Brama?
Sampeyan sudah ngetem di London lagi ya?
Posting dong atau sampeyan ogah njegok lagi krn kuatir ada yg salah tampa? ;D

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
[top] Buat kang Naga pasa
Mau tanya dong.
Bila kita gerak asal bila posisi kita gampang jatuh berarti posisi kita salah ?
benar ndak kesimpulan saya.

Betul seperti teman teman bilang, kalau posisi kita gampang jatuh bisa saja berarti posisi kita salah, tapi engak semuanya salah tergantung kebutuhan. ada beberapa beladiri yang sengaja memiliki style labil agar musuh menganggap remeh. padahal ketika jatuh dia pasti sambil membawa musuh ke bawah. dan karena kesenangannya maen bawah ya malah seneng musuhnya bisa ikutan turun kebawah dan di habisi di bawah  :P
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Merujuk kosa kata bhs Indonesia yg tidak jelas sumbernya, segala atribut dg pendahuluan "asal" outputnya adalah negatif kecuali asal usul.
contoh;
- asal tulis
- asal ngomong
- asal tunjuk
- asal pilih
- de el el
Begitupun asal gerak yg menyebabkan gampang jatuh. Sudah jelas dipukul dari depan lurus tapi melangkahnya asal mundur, ya nyonyor mukanya dicocol pukulan. :D
Langkah lurus adalah langkah segaris untuk mencapai sasaran dengan mengambil garis lurus, sehingga itulah jarak terpendek dan tercepat mencapai sasaran.(untuk jarak terpendek secara mate-matis bisa di hubungkan dengan rumus segi tiga)

Coba praktekan langkah lurus dengan pelan2:
1.seperti orang biasa jalan , hasilnya anda gampang jatuh ataupun dijatuhkan.
2.Asal melangkah atau asal jalan  tetapi dengan posisi memperhatikan perubahan posisi kaki seperti bila kita melakukan perubahan jurus bila melangkah ke depan  hasilnya anda tidak bakal  mudah jatuh.
Selamat mencoba.

@ Mas naga pasa
Terimakasih penjelasanya.
Menurut pendapat saya melangkah tidak perlu dilakukan secara spesifik lagi ataupun dilatih lagi bila kita sudah melakukan latihan jurus, karena sudah dimasukan ke dalam jurus.contohnya jurus langkah kaki seribu. untuk berlatih kuda2 masih tetap di perlukan.

Catatan.
Bila kita sudah kuasai aplikasi melangkah sudah ndak usah takut pada beladiri import , apalagi judo.
Sayang nya ane belum menguasai :'(  ,jadi bila menghadapi orang gila mending pake
jurus langkah kaki seribu.

f4iz

  • Guest
@ Mas naga pasa
Terimakasih penjelasanya.
Menurut pendapat saya melangkah tidak perlu dilakukan secara spesifik lagi ataupun dilatih lagi bila kita sudah melakukan latihan jurus, karena sudah dimasukan ke dalam jurus.contohnya jurus langkah kaki seribu. untuk berlatih kuda2 masih tetap di perlukan.
Salam Mas,
Kalo langkah dalam jurus kan baku. Maksudnya langkahnya sudah ditentukan gerakannya kemana, tinggi rendahnya, dsb dalam jurus tsb.
Sedangkan kalo dalam praktek spt. dalam sparring gerakan biasanya diluar rankaian jurus ato istilahnya dinamis.
Gimana supaya bisa dinamis kita berlatih langkah kalau belajar langkah dari gerakan-2x jurus yg baku ?
Wasalam,
Faiz

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Makanya tak bilang asal melangkah, tapi coba anda dengan posisi melangkah memakai perubahan kaki sesuai jurus anda.Jadi melangkahnya saja yang diambil.

f4iz

  • Guest
Makanya tak bilang asal melangkah, tapi coba anda dengan posisi melangkah memakai perubahan kaki sesuai jurus anda.Jadi melangkahnya saja yang diambil.
Salam Mas,
Mungkin disitu saya bingungnya..soalnya Jurus itu sudah ditentukan gerakannya. Sedangkan kalo sparring ato berantem justru tidak ditentukan hanya aksi/reaksi.
Kalo saya pikir utk bisa mempraktekan langkah jurus yg sudah ditentukan/baku menjadi lengkah yg spontan/ dinamis perlu langkah-2x dalam jurus diambil satu persatu kemudian dirangkai kembali sesuai dgn keperluan misalnya dalam bentuk serang/hindar ato sambutan ?

Wasalam,
Faiz

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Dalam tarung yg sebenarnya segala aturan tidak perlu diindahkan. Aturannya hanya satu; siapa yg selamat dan siapa yg celaka!

Aturan hanya berlaku dalam latihan atau ring resmi. Tapi diluar itu "menang" adalah target yg harus terwujud. :D

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Gimana supaya bisa dinamis kita berlatih langkah kalau belajar langkah dari gerakan-2x jurus yg baku?
Jawabannya cuma satu: LATIHAN dan LATIHAN.
Nanti bakalan otomatis keluar. Gesut, melingkar, menyelam, balik badan, kilat, dan lain-lain, bakalan keluar dengan sendirinya. Otomatis... Ga perlu dipikirin...

Salam...

f4iz

  • Guest
Jawabannya cuma satu: LATIHAN dan LATIHAN.
Nanti bakalan otomatis keluar. Gesut, melingkar, menyelam, balik badan, kilat, dan lain-lain, bakalan keluar dengan sendirinya. Otomatis... Ga perlu dipikirin...
Salam...
Salam Mas..
Iya saya setuju mas Latihan yg rutin dan bener penting sekali. Saya cuman kurang ngerti aja penjelasan Mas AGUNGP "melangkah tidak perlu dilakukan secara spesifik lagi ataupun dilatih lagi bila kita sudah melakukan latihan jurus".
Yang saya kepingin penjelasannya jurus itu kan biasanya baku , dari gerak/langkah A terus gerak/langkah B..dst. Sedangkan sparring ato bebas itu gerakannya rangkaiannya gak sesuai dgn jurus. Apakah ada tahap transisi antara gerakan dari jurus ke gerakan bebas ?
Kalo dialiran/perguruan yg saya tau ada, cuman saya enggak tau dialiran-2x lainnya gimana diwujudkan hal tsb.

Wasalam,
Faiz

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Mas Godam Ane 23 desember 2007 waktu pulang kampung kemarin di tanyain senior gue. coba lu praktekin jurus ini. kalo lu diserang pake clurit gimana. ane bingung lama. setelah itu saya jawab pake hindaran ,( trus lari kali)
Dia bilang ini diskusi tidak yambung, gitu lho.

@ Mas Don & Mas Java  @ Mas Godam
Gue kalo diskusi sama dia jugaa dak yambung karena dia mungkin  seperti senior saya.Dan saya minta maaf bila ndak yambung.
« Last Edit: 18/01/2008 13:12 by AGUNGP »

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
@mas Agung
Dalam diskusi tidak ada keharusan nyambung atau tidak.
Bagi yg mau mungkin bisa memetik hikmah dari diskusi baik yg nyambung ataupun tidak. [top]

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
@mas agung..
jaka sembung bawa golok..
ga nyambung gitu lokh.. ;D

ga deng... dari semua postingan memang ada hikmah yg bisa di petik.. baik dari mas agung sendiri maupun rekan2 lainnya.. tergantung kita mau menerima/membuka pikiran atau nggak

bener jg kata mas java  [top]

yuu,...  [goyang]
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
@mas Brama?
Sampeyan sudah ngetem di London lagi ya?
Posting dong atau sampeyan ogah njegok lagi krn kuatir ada yg salah tampa? ;D

Saya memang baru kemaren mendarat di London Mas Java...

Sekarang misih sibuk nyari koskosan dan brrrr dingin serta basah... mana koperku ditelingsutin Emirates jadi sudah 3 hari gak salin nih. Untung (wong Jowo maneh) dingin jadi gak terlalu bau keringet.

Nanti kalau sudah agak lega pasti posting dan jegog lagi, soalnya bawaan orok itu Mas. Tapi sementara gak bisa panjang-panjang mostingnya soalnya di cafe dan bayar pake pound yang dibeli dengan rupiah yang selalu saja berakibat agak degdegan. Koyo ngene rasane dadi wong ora duwe ... hehehe...

Salam hangat buat semua,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

maenpo

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 64
  • Reputation: 13
Salam

Sebetulnya sangat sederhana sekali mengapa melangkah itu penting, tidak hanya dalam dunia beladiri tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Tolong jangan dipersempit bahwa melangkah itu hanya dapat dilakukan dengan kedua belah kaki, sebab bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik mereka juga tetap dapat melangkah walau tanpa menggunakan kaki.

Dalam proses tumbuh kembang seorang manusia, ada suatu periode dimana ia mulai belajar mengenali letak-letak benda disekelilingnya. Dari sinilah kemudian muncul konsep menetapkan jarak antara dirinya dan benda tersebut. Pada awalnya ia akan berusaha menggapai benda disekelilingnya dengan menggunakan tangan. Namun ia belajar bahwa terkadang menggunakan tangan saja tidak cukup, terutama untuk benda-benda yang letaknya jauh. Mulailah ia belajar menggunakan kedua kakinya untuk bisa bergerak lebih jauh. Bila ia melakukan gerakan sedemikian rupa sehingga jarak antara dirinya dan benda tersebut semakin kecil, maka berarti ia bergerak maju. Lalu, jika ia melakukan gerakan sedemikian rupa sehingga jarak antara dirinya dan benda tersebut semakin besar, maka ia berarti melakukan gerakan mundur. Dan bila ia melakukan gerakan sedemikian rupa sehingga kedudukannya bergeser namun jarak antara dirinya dan benda tersebut tidak mengalami perubahan, maka berarti ia melakukan gerakan menyamping.

Lalu pertanyaannya adalah, apa hubungannya dengan beladiri?

Well beladiri merupakan suatu bentuk tingkah laku yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Dan diantara masing-masing orang tersebut tentunya terdapat ruang yang memisahkan. Melangkah adalah salah satu alternatif untuk menutup atau memperbesar jarak antar masing-masing orang, sehingga serangan atau hindaran dapat dilakukan dengan seefektif mungkin.

Nah karena biasanya melangkah ini dilakukan dari posisi kuda-kuda, maka sangat penting sekali bagi kita untuk menguasainya terlebih dahulu. Ingat kan, dulu sebelum kita belajar berjalan, prasyarat utamanya cara berdiri kita harus benar dulu.

Di dalam Maenpo, terdapat dua jenis kuda-kuda bila dilihat dari pola pembagian berat badan pada masing-masing kaki. Hal ini sangat erat kaitannya dengan bagaimana nantinya sikap seorang praktisi Maenpo dalam melangkah. Bila kuda-kudanya panceg, ini berarti berat badan disalurkan berimbang kepada kedua belah kaki. Yang menggunakan kuda-kuda ini biasanya lebih mengutamakan stabilitas dalam bergerak, artinya ia cenderung menghemat langkah dan lebih mengutamakan serangan. Lalu, bila dalam kuda-kudanya berat badan cenderung disalurkan hanya kepada salah satu kaki, maka ia lebih dinamis dalam melangkah dan lebih menyukai teknik buangan.

Lain kali disambung lagi...



- Akur jeung dulur, Panceg dina galur, Ngajaga lembur -


 

Powered by EzPortal