+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Belajar memukul Api Lilin  (Read 29991 times)

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #15 on: 30/10/2009 13:39 »
Bang Anolles, sebenarnya latihan memukul lilin itu tujuannya bukan memindahkan volume angin dan itu juga jangan dibandingkan dengan memukul benda bergerak.
Menurut hemat saya (ceile..) memukul api lilin sampai mati adalah melatih atau pembuktian tenaga ujung atau tenaga tung tung..nah kalau di Gerak Gulung ada pembuktian (dan bukan latian) untuk tenaga ujung, kita di minta untuk memukul gordyn / korden dari jarak 5-10 cm, apabila korden itu bergerak terkena hembusan angin pukulan kita, itu menandakan tenaga ujung kita sudah ada walaupun sedikit. Adapun tenaga ujung itu adalah tenaga yang di ujung pukulan dan hasilnya insya alloh berdeda dengan pukulan yang tanpa tenaga ujung (begitu menurut Rakawira saya).
Adapun kalau melatih dengan objek bergerak ya harus dengan objek yang bergerak juga..jadi latihan itu ada tingkatannya.
Dalam real fight, latihan seperti ini jelas ada dampaknya bagi orang yang terkena pukul.
Apalagi bagi praktisi Kari, hal seperti ini sudah sangat biasa dan harus di fahami dengan baik. Kenapa? Karena Kari adlah titik beratnya di gaya main pukulan, nah kalau praktisi Kari tidak menguasai hal seperti ini..ya bukan praktisi Kari yang mendalam..(maaf)..tapi ada beberapa (banyak) praktisi Kari yang sebenarnya di main pukulannya sudah ada tenaga ujungnya, hanya saja ada yang "menyadari" dan ada yang "tidak menyadari' bahwa dirinya sudah punya tenaga ujung..
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #16 on: 30/10/2009 15:06 »
Mantabh dah uraiannya. Baru ngeh sama terminologi tenaga ujung / tung tung.
Bruce lee juga terkenal juga pukulan matiin api lilin, shaolin juga ya..

Masih sama mbak luna mas pang-da ?  :w
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #17 on: 30/10/2009 16:00 »
wah di gerak gulung juga ada ya, mantap  [top]

jadi sebenarnya latihan seperti itu masuk kategori latihan umum aja, nggak khusus-khusus banget mas satria naga  :D lebih kerenan gerak gulung nih, gak nanggung-nanggung, gorden yg dipukul ...top markotop [top]

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #18 on: 30/10/2009 16:09 »
Hmmm. menarik....
Saya setuju dengan Pangeran Muda, Latihan memukul lilin adalah salah satu cara untuk melatih pukulan ujung (tungtung). Banyak sekali aliran silat yang sifatnya fisik (bukan Krah/tenaga dalam) mengharuskan muridnya menguasai pukulan ujung. Sifat pukulan (tendangan) seperti ini mempunyai daya ledak yang luar biasa walaupun dilakukan tanpa tenaga yang besar dan tanpa ancang-ancang (Bruce lee menamakan pukulan ini dengan nama pukulan satu inchi, gak tau bahasa inggrisnya  [[sedihamat]]).

Perguruan silat yang mempunyai basik Kari wajib menguasai sifat pukulan/tendangan/totokan ini (tenaga ujung). Kari adalah silat keras, cepat dan bermain fisik, didominan permainan tangan dengan bentuk kepalan/tangan yang bervariasi, seperti meupeuh, ngeked, neke dll. Walaupun latihan mematikan api lilin dengan kepalan (meureup), namun hasil dari latihan ini bisa diaplikasikan untuk semua jenis pukulan, tidak hanya pukulan dengan kepalan saja.

Kalau melihat penjabarannya Anolles, agak kurang nyambung dengan manfaat latihan mematikan api lilin ini  :w. walaupun api itu tidak lari-lari, tidak masalah, karena kita bukan berlatih memukul objek bergerak, tapi melatih pukulan ujung yang hasilnya nanti akan tetap sama terhadap objek bergerak ataupun diam. dari penjabara-penjabaran anolles di tred lain, saya bisa menyimpulkan kalau Kari madi yang dilatih Anolles dkk dari Aji Rasa, agak berbeda dengan Kari MAdi pada umumnya, karena dari kesimpulan saya setelah membaca penjelasan-penjelasannya anolles, kelihatan sekali kalau kari Madi ini dimanfaatkan untuk mengisi Krah Sabandarnya (CMIIW), artinya Teknik-teknik Kari Madi tidak di aplikasikan dalam adu fisik akan tetapi disalurkan/dilewatkan melalui Krah (ini sih pemahaman saya dari hasil membaca postingan Anolles yangterdahulu)

Jadi wajar kalau penjelasan tentang manfaat latihan mematikan api lilin dari saudara Anolles berbeda. :)

Segitu dulu deh, hehehe, kalau penjelasan agak melenceng, ya mohon maaf aja, namanya juga penjelasan berdasarkan analisa saja :w

Mangga di lanjut ah... [[run2]] [[run2]] [[run2]]
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #19 on: 30/10/2009 17:01 »
Senang sekali ngikuti diskusi thread ini. Analisa abu zakka soal gan anol fokus kari lewat krah sahbandar, memang seperti yang saya tangkap di video "merantau di gunung salak itu". Mas HB dan Satria Naga juga blom tuntas bahas lontaran "pukul lilin". Menurut Hot gossip, sampean termasuk "next generation" thifan phokan yang digadang gadang.

Kaya sekali ya variasinya. Silat gitu loh.. [top] [top]
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #20 on: 30/10/2009 18:45 »
emmm iya.. ya.. anol lupa pa tahapan/level latihan hehehe punten... ya udah kalo gitu punya ide nih gimana kalo sehabis bisa matiin lilin dengan pukulan coba deh matiin lilin tanpa pukulan tapi tuh tenaga ujungnya langsung di lempar tanpa harus menggunakan gerakan tangan yang jelas terlihat..... karena ada perubahan fisik secara terang dari tenaga potensial ke tenaga gerak sehingga volume udara yang terbelah oleh energi gerak pukulan menjadi angin yang mematikan lilin... nah dalam tahapan selanjutnya mungkin ide anol bisa di coba ma kawan2 jadi ga ada perubahan/perpindahan volume udara dari gerak memukul. (angin bergerak dari potensial tinggi ke potensial rendah)

hehehe bener kang zaka... kalo di ajirasa teknik kari di gunakan sebagai jembatan atau alat untuk menyalurkan krah sabandar.... jadi kalo kari tuh sebagai piso tajem nah sabandar itu racun yang di lumurin di ntuh piso....

kang pemulung.. hahaha.. merantau di gunung salak... nyari gadis desa nyang lagi nyuci di kali hahahhaa
kisah sedih kidung sundayana

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #21 on: 31/10/2009 12:48 »
Wah...ternyata menarik ya....kalau diterusin kita bisa ngisi thread di SS tanpa menyentuh keyboard hehe...
Apakah ada Youtube yg memperagakan kemampuan seperti ini seperi pukulan 1 inchi nya brucelee yg ada di Youtube?
Mas HB, dulu saya melihat peragaan pemukulan bis beton oleh keluarga PD di Balairung UI Depok, dipukul 2 tingkat tapi yg patah hanya bis beton di bawahnya...apa tekniknya sama?

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #22 on: 31/10/2009 15:47 »
Akang2, Saya pernah diskusi dengan dr Yang Ming beliau pakar kungfu dan scientist. Menurut beliau dalam latihan memukul lilin sebenarnya tidak ada kaitan dengan tenaga dalam. Sebetulnya latihan memukul lilin adalah melatih anatara koordinasi pukulan dan kecepatan. Apabila ini dilakukan dengan baik maka lilin ini pasti mati. Menurut beliau pada level yg lebih tinggi hanya dengan sedikit  gerakan saja maka lilin itu mati, dalam hal ini energi internal digunakan. Dalam salah satu teknik latihan denagn tenaga dalam sebetulnya yang diperlukan adalah penggunaan pikiran kita, dimana pada saat memukul sasaran misalnya jantung rasakan pada saat kena energi tidak berhenti di permukaan kulit tapi tembus sampai jantung. Ini lebih berbahaya.

Pukulan i inchi bruce lee juga sebenarnya adalah ketepatan koordinasi pinggul , pergelangan tangan. Kalau ditambah dengan teknik tenaga dimasukan ke organ cukup berbahaya.

Silahkan dilanjut kang

hudzaifah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 242
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #23 on: 01/11/2009 21:28 »
ah yang bener ampe segitu gede manfaatnye...??  :-\ saye jadi tertarik nih..,,  x-))

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #24 on: 01/11/2009 23:56 »
kalo tertarik ya dicoba aja...
baru belajar nulis

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #25 on: 02/11/2009 10:48 »
Untuk tenaga pemula...
Lilin nyala dipukul jadi mati..

Tapi untuk tingkat tinggi..tenaga dalam..

Lilin mati dipukul jadi nyala..

:p

hudzaifah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 242
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #26 on: 02/11/2009 11:02 »
untuk sesepuhnya..,
 mukul angin keluar lilin..,,  [lucu]

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #27 on: 02/11/2009 11:06 »
untuk anol mati lampu nyari lilin ke warung aja  :D :D
kisah sedih kidung sundayana

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #28 on: 02/11/2009 12:15 »
Kalau saya mah, mukul lilin keluar angin... [lucu] [lucu] [lucu]
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #29 on: 03/11/2009 10:15 »
nih ada ide lagi....

lilin di biarkan menyala di tengah2 kedua telapak tangan kita... coba deh gerakan nyalaa api lilin itu ke kiri dan kekanan ... bisa ga????  [[run2]]
kisah sedih kidung sundayana

 

Powered by EzPortal