+-

Video Silat


Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Belajar memukul Api Lilin  (Read 36647 times)

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Belajar memukul Api Lilin
« on: 28/10/2009 22:38 »
Kemarin ini sempat diperagakan oleh Mas Herman (Thifan Pokhan) memukul api lilin berjarang kira10 CM dari pukulan hingga apinya mati...pas saya nyoba,  ternyata gak  mati-mati apinya hehe... 5 kali mukul apinya cuma goyang-goyang aja hehe....
Bagaimana api lilin bisa mati ya? Apakah karena efek angin atau tenaga lainnya? Apakah manfaat latihan seperti ini? Mohon pencerahan teman-teman

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #1 on: 28/10/2009 23:12 »
wah, jangan-jangan sudah pernah di bahas ya?

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #2 on: 29/10/2009 04:18 »
kalo saya sih engak pernah nyoba bang, paling meniup lilin.. :)
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #3 on: 29/10/2009 06:59 »
ternyata gak  mati-mati apinya...
Kurang cepat dan fokus memukulnya. Coba deh lebih deras dan lebih lurus mukulnya. Kalo memang mau matiin api lilin lebih cepat dan bisa lebih jauh, pake teknik tamparan putri.

Quote
Bagaimana api lilin bisa mati ya?
Ya karena niat dimatiin sama yang mukul. Coba kalo ga niatan dimatiin, pasti ga dipukul.  :D

Quote
Apakah karena efek angin atau tenaga lainnya?
Matinya karena kena angin pukulan yang terfokuskan.

Quote
Apakah manfaat latihan seperti ini?
Ya buat matiin lilin kalo PLN dah nyala lagi?  ???  :)

Salam...

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #4 on: 29/10/2009 09:35 »
pake ajian lembu sekilan kali mas :D

tp itu cuma mainan anak kecil kok mas, anak gede mah mukulnya sandsak aja [top]

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #5 on: 29/10/2009 10:06 »
makasih mas Don, Pakai putri sudah saya coba..tapi kata HB gak sah kalau pakai tamparan..hehe...
pertanyannya, pukulan berjarak seperti ini konsentrasinya di titik mana ya?

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #6 on: 29/10/2009 10:55 »
Kalo pake jiet telungkup mukulnya dari serong atas sah ga?  :D
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #7 on: 29/10/2009 11:35 »
wah mas Sunan....kalau udah jago saya mau pakai Tohok hehe...Mas herman kudu ngajarin nih...

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #8 on: 29/10/2009 15:28 »
 :D sah aja deh, yg penting ada wali,saksi dan maharnya x-))

jiet telungkup tuh ape bang? tohok itu apa sejinis totok dg jari mas? wah mau juga tuh sy diajarin [top]

coba diulang lagi mas, kepelan mas arifin kan dua kali gedenya dari kepelan sy :D

kalo fungsinya kata senior sy, dlm mukul itu bukan melukai kulit luar tp tenaga mesti masuk sampe ke dalem, jd yg secara fisik tidak keliatan luka tp dalemnya luka, gitu katanya ..

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #9 on: 29/10/2009 18:50 »
mas HB, benarkah api lilin mati karena angin dari pukulan atau apa? latihan mukul dengan merusak dalemnya ini bisakah dijelaskan?

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #10 on: 29/10/2009 22:19 »
matiin lilin?? kaya film2 aja.... tapi paling cuma buat ngalatih fokus ma kecepatan aja....
kalo di real fight... itu kurang efektif karena yang di pukul itu objek bergerak dan keras bukan angin... segimana pun cepat n fokus nya tuh pukulan tapi kalo latihannya mindahin volume angin sih ... dampaknya biasa2 aja kalo di pake buat brantem.

kalo mau ningkatin daya hancur dari efek pukulan kita lebih baik latihannya dengan pus up. mau push up pake satu jari dua jari pukulan satu titik dua titik atau apalah itu... insyaallah hasilnya bisa di tes. n kalo buat ngelatih reflek dan fokus memukul sih mendingan latihan dengan sparing partner. coba aja pake teknik kari yang di gabung ma madi. di jamin kalo dah nguasain sambil merem aja tuh lawan bisa bedarah darah

mukul objek bergerak lebih susah dari pada mukul benda keras atau benda gas yang diem...

salam
kisah sedih kidung sundayana

hudzaifah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 242
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #11 on: 29/10/2009 23:24 »
oohhh..,, gitu toh tujuannya...,, tapi kalo tuh pukulan ditangkis atau lawannya menghindar terus gimana yah..??  :w :D  :D  [[peace2]]  bcanda..,

Satria Naga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 22
  • Posts: 172
  • Reputation: 39
    • Satria Naga
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #12 on: 30/10/2009 01:46 »
Duh..
Mas Hudzaifah ini ada aja deh..
mukul lilin diam aja susah apa lagi kalau lilinnya bisa menghindar...apa lagi bisa ngebales dan motong langkah serangan kita hehe...tambah susah aja kali ya...

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #13 on: 30/10/2009 03:06 »
kalo aku sih emang pernah di suruh mukul lilin,,,buat konsentasi gitu katanya...sama buat ngasah tenaga dalam,,tapi kok ya nyoba gak mati2...jadi ditiup aja,,,kalo mau coba mukul botol plastik yang diisi air n digantung,,,dipukul dari jarak 1 meter aja,,,bisa gerak apa gak...dijamin deh...capek bok...heheehe :D
baru belajar nulis

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Belajar memukul Api Lilin
« Reply #14 on: 30/10/2009 07:47 »
mas hudzaifah, kalo ditangkis or dihindari jelas pukulannya nggak kena   :w


bang anolles, wah mesti belajar banyak nih tentang kari madi, kalau cara meningkatkan pukulan di tempat ane justru nggak boleh push up :D. Tiap beladiri mungkin akan beda ya caranya untuk meningkatkan pukulan [top]


 

Powered by EzPortal