+-

Video Silat


Pamur Tunggal Putri
Maenpo peupeuhan.. IMTV
Festival Silat Tradisional Banten
Silat Tradisional Identitas Bangsa yg Terlupakan
GGBD - Salancar #1
Harimau Krambit from Mande Muda
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Goning
Festival Pencak Silat 2008 - Jabar Putri
introduksi Gerak Gulung Budi Daya

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri  (Read 106072 times)

imam suhada

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 108
  • Sahabat Silat
    • Email
mohon bantuannya para suhu n senior yg lebih berpengalaman...

saya pengen latihan d rumah tp saya bingung harus mulai dari mana n bagai mana soalnya dulu saya latihan juga ga tamat n jurus juga baru beberapa, soalnya keburu fakum perguruannya sedangkan saya masih pengen bisa latihan bela diri..ada beberapa faktor yg bikin saya semangat...
1. ingkungan saya yg cukup rawan dengan kekerasan kpd orang2 lemah seperti saya  :'( >:(
2. olah raga buat diri saya  [[run2]]
3. bela diri (serinx kena kejahatan d jalan mas broo) :'(  >:(


mohon pencerahan.

f4iz

  • Guest
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #1 on: 08/11/2011 23:17 »
Salam Mas Imam,
Saya murid juga ya cuman coba bagi pengalaman aja..mudah-2xan ada senior-2x yg bisa kasih masukan.
Didaerah Mas Imam ada perguruan Silat enggak ?
Kalau saran saya sih sebaiknya belajar dgn guru Silat kalo pilihan itu ada. Kalo agak jauh dikit, ya bela-2xin lah utk ilmu yg bermanfaat. Orang asing aja jauh-2x dari luar negri dateng ke Indonesia utk belajar :)
Cuman kalo memang tidak ada perguruan..ya mo gak mau belajar sendiri sih.
Kalo utk sekedar olah raga sih gak masalah utk latihan sendiri dirumah. Tapi kalo utk beladiri agak susah.
Masalahnya ada beberapa kendala belajar silat sendiri dirumah:
1. Musti ada dasar yg baik. Kalo tidak nanti tekhnik yg salah akan jadi kebiasaan tanpa ada guru yg koreksi.
2. Musti ada temen-2x supaya bisa latihan dan praktekin tekhnik-2x beladiri. Makin banyak temen latihan makin bagus soalnya kadang beda orang kadang beda anatominya.
3. Belajar sendiri suka bosen ato tidak mentok belajarnya.
Masih banyak lagi sih yg lain..

Kalo memang pilihan terbatas dan mo gak mau harus belajar sendiri:
1. Coba latih terus tekhnik dan jurus yg sudah dipelajari dan analisa tekhnik/jurus bagaimana aplikasinya ato penyesuaian dalam praktek.
2. Coba cari teman yg bisa diajak latihan bareng
3. Cari DVD ato VCD Silat ato beladiri apapun (karate, taekwondo, Eskrima, dsb). Cari yg bersifat Tutorial (pengajaran) bukan yang bersifat Demonstrasi ato Dokumentasi.
4. Latih terus tekhnik-2x sehingga jadi reflek.
5. Tetapin waktu dalam seminggu utk latihan dan disiplin. Kadang kalo latihan sendiri suka kurang motivasi (kalo perlu nyalain lagu Rocky keras-2x hahaha).
Ya kira-2x itu aja sih ...mudah-2xan berhasil latihannya.
Wasalam,

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #2 on: 09/11/2011 16:22 »
Assalamu'alaikum Mas Imam.
saya sekedar bantu sharing, bukan bermaksud menggurui yaa..

Kalo di liat dari kondisinya mas imam nih, luar biasa mas imam sudah punya modal awal yg cukup besar yaitu "Kemauan Untuk Berlatih".

Modal awal mas imam inilah yang belum tentu dimiliki setiap orang.



Namun pada hakikatnya,
"Silat adalah silaturahim" ~ Fisik mencari kawan, Batin mencari Tuhan

Faham ini yang sepertinya membangun karakter yang amat kuat bagi pencak silat di Indonesia.
Ini pula yang membedakan kita dengan bule-bule tampan dari segala penjuru dunia yang juga mempelajari silat namun lewat video dari internet, ataupun dvd tutorial.

Ketika kita berlatih silat bersama-sama (dengan kawan maupun guru), akan sangat kental terasa nuansa kekeluarga'an nya. Bahkan jika kita sebagai anggota baru sekalipun.
Nah keluarga inilah nantinya yang akan membantu mas imam belajar silat. Tidak hanya teknik, bahkan sampai tutur bahasa, sopan santun, sikap, cara berfikir, dll.

Materi-materi itulah yang tidak mas dapatkan melalui video-video tutorial.


Saran saya, sambil keliling jalin silaturahim ke perguruan-perguruan yg ada sekitar mas imam.
Kalo ada yang pas di hati, berarti jodoh.., silahkan langsung saja.

Atau kalo bingung cari perguruan, kayaknya sahabatsilat.com mau ngadain silaturahim dan latihan bersama lagi kalo nggak salah, dan perguruan yg mengadakan latihan bersama juga perguruan yg canggih-canggih loh mas.
Nggak ada salahnya ikutan dulu. Sayapun pengen banget ikut, karena yg kemaren bentrok.

Info lebih lanjut ke panitia nya langsung yaa... hihihi  x-))



Salam.
(jangan segan di koreksi bila ada khilaf)

mountsatria08

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 1
  • Posts: 22
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #3 on: 10/11/2011 08:39 »
Assalamu'alaikum wr. wb.

Maaf mas Imam.. saya juga masih baru belajar.. cuma sekedar usul aja nihh..
mmm, gimana kalo mas Imam menghubungi Abah Gending Raspuzi juga.. Insya Allah kalau tidak salah, Beliau punya metode "Long Distance Learning" untuk Pencak Silat Sunda, baik seni, maupun beladiri.. hehehee.. sekedar usul.. [[damailah]]

Salam.. Tetap Semangat..  [[jogetlah]]
Awali Segala Sesuatu Dari Hati.. ^_^

Belajar sampai benar..
Berlatih sampai akhir..

imam suhada

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 108
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #4 on: 10/11/2011 19:07 »
buat semuanya makasih atas sarannya.....  [top] [top] [top] [top] ;D :)


ya saya sangat bersemangat buat mempelajari ilmu bela diri ini terutama pencak silat yang boleh d kata AJAIB.. [top] soalnya bukan hanya mengolah raga saja tp batin juga..

sebenernya ada sih beberapa perguruan silat , karate ataupun yg lainnya ya memang jaraknya agak jauh tp g jadi masalh tp yg jd persoalan kebanyakan d sini perguruan buat anak2 sekolah n seumurannya n hanya mengikuti kurikulum d buku saja kalo saya perlihatkan dan biaya nya pun cukup lumayan (maklum pengangguran  [[peace2]]) jd sebenernya yg saya cari itu perguruan yg bener2 keturunan asli pencaksilat dr nenek moyangnya bukan keturunan dr kurikulum.... karna sungguh besarnya keinginan saya berlatih n menuntut ilmu nenek moyang kita seperti cimandean,cikalongan,dll dan yg terpenting saya mncari guru yg bener2 menurunkan ilmu benar2 karna ingin melestarikan BELADIRI PENCAKSILAT ini bukan karna hanya memandang pengen d sebut guru apa lagi krn MATERI tp hasilnya jauh dr keaslian dari arti yg d sebut SILAT,, yg ujung2 nya hanya menjadikan kita sombong n takabur mas broo..( sering kejadian tuh)

mohon koreksinya lagi para master2 n sehu...

rdo736

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 16
  • Reputation: 118
  • Lahir, belajar, memutuskan, mengamalkan, kembali.
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #5 on: 10/11/2011 22:59 »
Saya 6 tahun belajar silat tradisional nggak pernah bayar kok kang..  [top]
tergantung kepada guru nya juga sih yaa.
Tapi sebagai murid kadang nggak enak juga sih, kadang suka beliin martabak, buah2an, rokok, dll..

imam suhada

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 108
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #6 on: 15/11/2011 14:43 »
iya yg saya mau perguruan yang begitu kang.....


ya wajar lah kalo ngasih yg begitu magh....


jd bagai mana nih jalan keluaranya??

Fanani

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 74
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #7 on: 15/11/2011 16:40 »
ini pa/mas/kang/bang imam  dari daerah mana ya, mungkin kalau ada yang tahu bisa membantu

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #8 on: 21/11/2011 20:30 »
latihan dirumah atau di tempat latihan sama saja metodenya.... pemanasan n peregangan, latihan gerak dan jurus, latihan aplikasi ( untuk yang satu ini memang perlu partner buat prakteknya tapi untuk membayangkan situasi dan gerakan yang akan digunakan bisa sendiri) setelah itu pendinginan...

walau belum selesai mendapatkan jurusnya bukan berarti tidak bisa dilatih dan digunakan... silatkan gerakannya itu2 aja... paling cuma serangan, belaan, hindaran atau kombinasi antar ketiganya...

begitu menurut saya... tp bagusnya sih ikut latihan silat lagi di tempat lain.atau meneruskan lg
baru belajar nulis

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #9 on: 23/11/2011 16:34 »
kalau menurut saya pribadi mah latihan di rumah yang efektif adalah seperti yang saya lakukan  berikut ini :


1- Bangun pagi setelah sholat subuh : mengepel seluruh isi rumah, dengan cara memakai kain dan tangan membungkuk. (jangan menggunakan alat pel selain kain pel), buat gerakan melingkar seperti bundaran di lantai dengan tekanan yang kuat.


2- Setelah mengepel :kumpulkan seluruh baju, pakaian dan lain2 yang akan di cuci lalu mulai mencuci menggunakan baskom dan tangan kosong (jangan menggunakan mesin cuci atau alat cuci lainnya), putar kedua tangan anda dan RASA-kan aliran air dan busa-nya


3-Setelah mencuci : Peras sekuat tenaga semua cucian hingga kering dengan kuda2 yang anda sukai.


4. Lemaskan tangan dengan tenaga kosong saat akan men-jeber pakaian ke jemuran.

5. duduk bersila dan konsentrasi di bawah jemuran. (lemaskan seluruh otot dan gunakan power imajinasi anda)


Setelah bertahun-tahun anda lakoni saya yakin anda tidak menjadi "Pesilat", tapi "Pembantu" yang handal seperti saya wakakakkaaa  [[peace2]] :D [lucu] :D [lucu]
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #10 on: 14/12/2011 10:36 »
salam silat,


kalau menurut saya, latihan yang baik itu seperti orang gila..kek bang sarkam tuh...  :w , semuanya serba sendiri.. ikuti irama hati saja sayah mah...pen diregangin,ngulet aje, latihan mandangin wajah... :-P ,


salam,

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #11 on: 15/12/2011 10:35 »
Intinya sesuatu yang dilakukan berulang-ulang kali dengan kemantapan hati bisa menjadikan sebuah jurus yang dahsyat..
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #12 on: 15/12/2011 20:28 »
Kong sarkam berulang latian makan kambing campur duren...:D Tapi memang latian silat kong sarkam tidak terbatas waktu, ruang atau sikon..Karena kong sarkam berlatih dengan gerakan2 wajar yang dilakukan berulang2...:)

si faqih

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 7
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: MP
Re: cara latihan d rumah yg efektif buat beladiri
« Reply #13 on: 16/12/2011 13:34 »
pukulan 500x, tendangan 500x....kanan kiri, setiap hariselama 6 bulan dulu trus coba cari sparing di pasar apa diterminal ajak keras2an pukulan, kalo masih babak belur latihan lagi 600x pukulan 600x tendangan kanan kiri selama 3 bulan..trus ulangi ke pasar atau terminal......selamat mencoba     [[peace2]]   [[run2]]

 

Powered by EzPortal