+-

Video Silat

Shoutbox

20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
11/08/2013 16:12 Aku: Untuk semua sahabat...Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin
09/08/2013 05:32 Dolly Maylissa: Maaf lahir batin ya semua, selamat hari raya idul fitri
08/08/2013 23:50 anaknaga: assalamu'alaikum para master dan praktisi MA. selamat hari raya Idul Fitri 1434H, Taqabalallahuminna waminkum.

salam.
01/08/2013 15:35 guebanget: ting nong ding dong
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
17/04/2014 09:42

Tai Chi Meringankan Depresi pada Lansia by ifung
16/04/2014 19:27

Pencak Silat "NATAR" dari perbatasan sumut dan sumbar by Tiger_Lord
10/04/2014 17:12

13 DASAR TAIJIQUAN BAGIAN 1 by ifung
09/04/2014 22:17

Menangis Dapat Membantuan meringankan Stres, Tapi untuk Kesehatan Optimal Anda P by ifung
05/04/2014 22:06

Dialog Keajaiban Silat - Silat untuk Kehidupan by luri
04/04/2014 14:16

Merpati Putih by alfee
02/04/2014 19:26

Silat Gombel Tradisional by Putra
24/03/2014 15:02

Pencak Silat Tertua Betawi "Silat Gombel aliran Jalak putih" by Putra
24/03/2014 14:18

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by luri
23/03/2014 17:38

TOKOH-TOKOH SILAT BAMBU LARANGAN by AGUNGP
19/03/2014 12:39

Jeet Kune Do by ifung
16/03/2014 18:18

THE EIGHT BASIC METHODS OF CHEN STYLE TAI CHI CHUAN by ifung
16/03/2014 17:50

Peluncuran Buku KEAJAIBAN SILAT oleh Edwin Hidayat Abdullah by Satria Naga
12/02/2014 01:42

PS.Al-Barokah by ridwanelektro
14/12/2013 13:29

SilatIndonesia.Com

Author Topic: cara melatih reflek?  (Read 29100 times)

simpay

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 192
  • Reputation: 5
Re: cara melatih reflek?
« Reply #15 on: 11/11/2007 07:27 »
tidak ada cara lain, cuma ada satu cara untuk melatih reflek:
Latihan dengan keras dan continue

saya setuju sekali dengan apa yg diutarakan Bro srdnajaya [top]....tidak ada hal lain untuk melatih Reflek yaitu Latihan dengan keras dan latihan secara Continue....
salam kenal Bro... ^:)^

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: cara melatih reflek?
« Reply #16 on: 12/11/2007 10:21 »
@ mas haryo,
Buat kang Sancang yang begituan sih sudah kagak bikin heran.
Beliau bacanya pasti sambil senyum-senyum dan komen good....good....good. :D

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: cara melatih reflek?
« Reply #17 on: 12/11/2007 10:59 »
.....ada atraksi yang sangat menarik...yaitu kedua pesilat--dari Gagak Lumayung kalo gak salah-- ditutup matanya eh bukan hanya ditutup tapi pertama2 pake plester yagn biasa dipake untuk luka. Trus ditutup pake kain (ato kertas ya ..jauh sih nontonnya) tebel yang berbentuk kayak kacamata trus ditutup lagi pake kaen yang berbentuk karung kecil...

bayangin tuh..udah pasti gak bisa liat kan.. :o

Tapi hebatnya kedua pesilat bisa bertarung ..bisa tahu dimana lawan..
dan tarungannya pun ada yang tangan kosong dan pake golok..dia tahu aja kapan golok mau datang dan mengarah ke mana....

salam
S Birowo

Sepertinya beberapa perguruan memiliki ilmu yang memungkinkan kulit praktisinya bisa melihat. Saya dulu sering melihat MP kenaikan tingkat di lapangan bola Parang Kusuma dan salah satunya adalah atraksi 'merem', baik itu nyetir mobil / motor maupun mengambil jarum berbenang warna. Ada yang tau menjelaskan gejala ini?

Tabik,
Bram.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: cara melatih reflek?
« Reply #18 on: 12/11/2007 11:17 »
Salam SS

@ mas Simpay..
Salam kenal juga mas ..  :)

@mas Bram

Sori..sebetulnya saya pribadi ga menguasai teknik ini.. cuma kebetulan saya punya beberapa rekan dekat di MP yang pernah sharing tentang teknik ini.. dan kebetulan lagi suntuk ama kerjaan dikantor... n dah berapa hari ga nulis di SS.. "gatel" tanganku  [fruit] ..  ;D .. ya udah urun nimbrung nulis.. gpp kali ye.. [payung]

Menurut teman saya praktisi MP.. mereka memang memfokuskan latihan mereka kepada teknik "Getaran" atau kepekaan.. dan setiap benda memiliki getaran yang berbeda-beda..termasuk juga dengan warna.. nah dengan merasakan getaran dari tiap2 warna dan menghapalkannya mereka jadi bisa mengetahui karakter dari benda2 dengan mata tertutup. Intinya sih gitu katanya... aku nyobain ga bisa-bisa  [lucu]

Nah.. mungkin begitu pula dengan kisah para pesilat yang bertarung dengan mata tertutup.. mereka dapat merasakan getaran dari lawannya apakah bergerak atau diam.. ada golok yg dateng atau tidak..dst.. mungkin kaya Matrix 3 kali ye .. waktu Neo nya buta tapi dia tetep bisa ngelihat lingkungan sekitarnya..

Nah kalo ceritanya gini..masuk kategori reflek ga ya..? kaya yang ditanyakan bung Adit..?

OK gt dulu.. mudah2an bener.. :P silahkan rekan2 MP untuk berbagi teknik yg sebenernya.. ^:)^ ^:)^

Salam
Sunan
« Last Edit: 13/11/2007 15:59 by srdananjaya »
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: cara melatih reflek?
« Reply #19 on: 12/11/2007 13:09 »
Salam persaudaraan
...
Mulai seminggu yg. lalu aku mulai latihan silat...lagi.. setelah baca forum sahabat silat ini..
mo tanya pada rekan2 Bagai manakah caranya menghentikan reflek..?

1. di tempat tidur  .
ada cerita seorang pesilat kalo di bangunin malah reflek menyerang..
ada kisah lagi waktu tidur kena bebayang orang langsung lompat trus tidur lagi stelah ditanya dia ndak ingat kejadianya..(si orang yang lewat lansung lari terbirit-birit) dll

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cara melatih reflek?
« Reply #20 on: 12/11/2007 13:50 »
Setahu saya gerakan refleks dalam bela diri itu terbagi 2, yang pertama refleks yang sama sekali tidak bisa membedakan antara bahaya yang mengancam atau bukan. Yang kedua bisa membedakan antara bahaya dan bukan.

Yang pertama ini mungkin terlihat gagah karena setiap ada sesuatu yang memasuki area pribadi maka akan melakukan gerakan baik menangkis, memukul atau menendang tergantung apa ia latih. Gerakan refleks ini biasanya dilatih dengan memperbanyak repetisi/pengulangan hingga gerak yang dipelajari masuk memori / ingatan. Dan setiap sesuatu yang "mendekat" akan dianggap sebagai sesuatu yang "harus" dihalau atau dilawan. Tapi karena tidak bisa membedakan antara bahaya atau bukan beberapa kawan praktisi bela diri (termasuk saya.. ;D) pernah mengalami hal yang memalukan karena hal tersebut. ambil misal ketika saya dicolek seorang teman dari belakang secara refleks langsung menendang ke belakang..tapi ketika dilihat ternyata yang jadi korban anak SMA / yunior saya jatuh (cewek..lagi!) bah..malu banget sejak itu. mungkin dengan latihan ini saya menjadi terlalu "latah"

Yang kedua mungkin ini tingkatan gerak refleks selanjutnya dimana bahaya dan bukan bisa dibedakan / dirasakan. pada pembalajaran ini tak hanya repetisi yang diperbanyak namun "rasa" diasah. pada latihan ini gerak sudah tidak menitik berberatkan kepada bentuk / jurus namun lebih pada "rasa" atau tingkat penghayatan ke bela diri jauh lebih tinggi. Hingga bila terjadi perubahan gerak yang datang dari tidak bahaya ke bahaya bisa terdeteksi dan diantisipasi.

mungkin itu sedikit yang saya tahu, silahkan ditambahkan..jika ada yang salah maklumin aja karena masih taraf orang awam  ;D ;D ;D

salam,


one

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: cara melatih reflek?
« Reply #21 on: 12/11/2007 14:07 »
@mas AgungP,
Secara umum PS tidak hanya mengajarkan gerak fisik semata namun juga membekali para murid dengan latihan spiritual/ batin/rohani.

Satu diantara "bonus" latihan spiritual yg tekun adalah kemampuan "rasa" menjadi lebih peka. Kepekaan rasa itulah yg menjadi sensor alami sehingga tubuh tidak akan bereaksi secara berlebihan. Tubuh baru akan bereaksi saat datang bahaya mengancam. Reaksi spontan untuk membela diri itulah yg sering dianalogikan sebagai gerak reflek. Meski kriteria gerak reflek sendiri bisa lebih luas lagi. 

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: cara melatih reflek?
« Reply #22 on: 13/11/2007 08:44 »
@ Mas Java Terima kasih
............
Kemarin tak tanyain lagi tentang reflek dia , pernah dia tidur kesenggol langsung lompat ambil golok,pasang  kuda-kuda sambil menghunus golok yang mengakibatkan orang2 yang melihat kontan teriak histeris.
Untuk refleknya juga di pengaruhi faktor keturunan, menurutku, karena dia gampang di buat bangun dan anak2nya bila di bangunin mudah (reflek bangun) ...........
.....................
Untuk diriku sendiri untuk latihan ndak ngerti2..
Reflek seingatku cuma sekali bekerja di waktu tidur, waktu aku tidur di ruang tamu trus kepala dekat pintu, tengah malam ada yang buka pintu aku langsung lompat dorong itu pintu , padahal waktu itu tidur pulas...................
untuk sehari2 aku di banguninya susah, walaupun di hoyag2, dipukul susah bangun............... mungkin karena ini faktor keturunan......... lha wong di tengah hujan waktu umur 7 thnan bisa tidur............................... waktu SMP setelah hujan2 kelelahan  pakai celana basah langsung tidur................

« Last Edit: 16/11/2007 07:17 by AGUNGP »

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: cara melatih reflek?
« Reply #23 on: 13/11/2007 10:23 »
mas AgungP hebat euy.... [top], saya mah susah tidur (kadang gak tidur malem..) gampang bangun. musti belajar nih... ;D ;D ;D

salam,


one


Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: cara melatih reflek?
« Reply #24 on: 13/11/2007 11:10 »
Gak semua refleks itu berguna dalam beladiri..ato bermanfaat dalam hidup ini..

sebelumnya mungkin perlu dibedakan antara refleks dengan otmaitisasi..
Menurut seorang teman yang kuliah di UNJ bagian olahraga (FPOK), refleks itu gerak tubuh yang terjadi tanpa diperintah oleh otak..seperti detak jantung...jalannya peredaran darah, dll..Kita gak bisa bilang ama darah kita.."udah berhenti ngalir ke otak, kan capek, jalan jalan terus..istirahat bentar gih!"..ato ke jantung untuk berhenti sejenak barang dua ato tiga jam "...

Nah kalo yg dimaksud 'refleks' dalam beladiri lebih pada 'otomatisasi' yaitu proses belajar adan internalisasi otak yang terus-menerus dan ditanamkan ke alam bawah sadar yang kemudian seolah-olah terjadi dengan otomatis...

Kan sebelum belajar silat ato waktu masih kecil kan belum terjadi 'refleks itu'...artinya ada proses belajar dan internalisasi..

(Mana yang bener? wah kurang tau deh  :) :-\)..)..

pernah dengan ada pendekar yang tidur selalu dengan golok kesayangannya dan kalo istrinya mau bangunin harus pake sapu dari jauh ato dilempar pake barang apa gitu (sandal ato wajan ? ;D,) supaya gak ditebas kepalanya oleh golok sang pendekar ?....ato tau kasus lainnya?

ato kasus laen, ada temen yang kalo ditepuk pundaknya langsung berbalik dan menyerang si penepuk dengan tendangan dan pukulan...

Nah kalo udah gitu, berguna gak 'refleks itu' atao malah bikin berbahaya bagi keluarga kita...bikin susah dan bahaya buat isitri/suami yang mau bangunin kita.....bikn sengsara temen yang mau negur dan nepuk pundak dan bikin banyak musuh karena kita pukulin tuh temen...(walo terjadi dengan cepat dan kita gak sempet mikir lagi..kan 'refleks')..

Sebuah 'relfeks' atao reaksi yang membuat kita menyesal di kemudian hari, karena misalnya ' membacok' sodara (ato anak kita yang masih kecil) sendiri yang mau bangunin, dan sodara tersebut belum tau kalo kita punya 'kebiasaan' cabut golok kalo dibanguni orang lain...ato temen yagn kepalanya dan mukanya bengep kita pukulin hanya karena menepuk pundak kita untuk memanggil kita...

pertanyaannya kemudian:

1. gimana cara mengendalikan 'refleks' tersebut supaya gak berlebihan ?

ada sahabat yang punya saran?
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: cara melatih reflek?
« Reply #25 on: 13/11/2007 11:21 »
Di Wing Cun, mengutamakan Refleks sebagai dasar bela dirinya, biasanya dilatih dengan menjatuhkan daun yang diletakkan beberapa mm di atas tangan. Di kedokteran ngetes refleks dengan mengetuk palu di dengkul, dan yang paling extrem yang pernah dilakukan adalah dengan memukul gelombang aliran listrik secara bergantian untuk mlati "gerak kejut" (konon Bruce Lee pernah mencobanya).

Salam,
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: cara melatih reflek?
« Reply #26 on: 13/11/2007 11:50 »
@ Mas Sosro Birorwo,
Salut sama sampeyan, pintar memancing kawan biacara, padahal sudah tahu. [top]

Satu diantara sekian cara mengontrol gerak reflek/ otomatisasi adalah latihan batin/ rohani. Manusia itu terdiri atas unsur lahir dan batin. Sepatutnyalah praktisi silat juga melatih rohaninya sejalan dengan latihan fisik/ jasmani.

Jasmani manusia bisa tidur namun batin/ rohani tidak pernah tidur. Dengan melatih batin/ rohani secara benar dan tekun akan mempengaruhi sikap lahiriah seorang pesilat. Meskipun dalam keadaan tidur sekalipun. Kewaspadaan batin/ rohani itulah yang akan memberi peringatan pada fisik pesilat manakala datang bahaya saat tidur. Adapun gerakan yg tidak mengancam fisik saat tidur tidak akan menimbulkan reaksi tubuh berupa gerakan membela diri/ menyerang.

Eksistensi batin/ rohani bersifat abstrak sehingga cukup sulit untuk dibuktikan secara ilmiah. Hal tersebut betolak belakang dengan kemampuan silat yang kasat mata. Karena itu agak susah untuk membuktikan apakah latihan batin/ rohani memang efektif untuk mengontrol reflek saat pesilat dalam keadaan tidur. Semua tergantung kita pribadi, apakah kita yakin atau akan mencari kebenarannya? :D

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: cara melatih reflek?
« Reply #27 on: 14/11/2007 08:16 »
 [top] [top] [top] [top] [top] [top]

Ane jadi paham.........
...........................
satu bintang buat anda

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: cara melatih reflek?
« Reply #28 on: 14/11/2007 08:57 »
@ Mas AgungP

Yang hebat itu mas Sosro Birowo, beliau memang mahir tapi lebih suka memberi kesempatan pada junior-junior untuk bicara.

salam

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: cara melatih reflek?
« Reply #29 on: 14/11/2007 10:29 »
Namanya jg moderator mas.. kl ga gt ya ntar forumnya sepi.. ga kenalan ama yg lain2nya.. ga bakal ada yg berani nimbrung diskusi kl pd tahu yg diceramahinnya dah jago gitu..  ;D
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

 

Powered by EzPortal