+-

Video Silat


Jambore Pencak Silat, al azhar performance (clurit
Cingkrik Goning versi Kemayoran
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
maenan kite
beksi - pesilat perempuan pun bergaya
Silat Paseban Taqwa Betawi Babe Cacang Murtadho
Silaturahmi Silek Kumango + Silek Tuo (03)
Harimau Krambit from Mande Muda
Tarung Bebas PZH.wmv

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
14/09/2014 07:34

Parkour by gumuruh
03/09/2014 14:02

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten  (Read 23181 times)

maranggi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 5
    • Email
Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« on: 09/01/2008 16:46 »
Mohon ijin untuk berbagi cerita ke para sahabat  :D sehubungan masih minimnya dokumentasi mengenai senjata tajam tradisional indonesia, dan ceteknya informasi yg saya ketahui. Mohon agar pada sahabat untuk menambah  dan membabar lebih lanjut  [top]


Sekitar akhir tahun 2005, saya denger tentang Golok Sulangar ini dari salah satu tread di kaskus asuhan mas hartcone. Dan dari om google saya diberikan sebuah photo yg misterius dan menarik.


Trus saking penasarannya ama ini golok, ane cari-cari dan tanya-tanya. Akhirnya sekitar pertengah tahun 2006 dapet info dari departemen koperasi ttg pandai besi disekitar pandeglang. Ane called sang pandai besi dan ngobrol-ngobrol. Dan 1 bulan kemudian ane silaturahmi ama sang pande besi dan    maranggi, Pak Jamhuri. Beberapa jam ngobrol ama beliau terasa cepat. Akhir kata, ane pesen golok ini ke beliau dan satu bulan kemudian lahir lah :

Golok Sulangkar


Golok Sulangakar ini unik and sangat menarik :) Saya teruskan cerita dari Pak Jamhuri mengenai Golok Sulangkar ini pada para sahabat.

Besi Sulangkar
Penamaan Golok ini dinamakan Sulangakar diambil dari salah satu jenis besi yang digunakan yaitu Besi Sulangkar. Besi sulangkar itu merupakan besi yang diambil dari injakan / undakan / foot step dari delman / sado yang sudah tiua. Besi injakan delman itulah yang disebut besi sulangkar. Besi sulangkar ini diyakini dan dipercayai memberikan banyak manfaat / faedah / tuah kepada sang pemilik golok. Diantaranya gampang disayang and disegani orang lain  :D  Waktu ane pesan golok ini dipertengahan tahun 2006, untuk mencari atau membeli besi sulangkar dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu-an. Alasannya *kata pak jamhuri* karena Delman makin jarang di pandeglang mungkin orang lebih suka pake motor kali yee dari pada naek delman  [lucu]

Gagang dan Sarung
Gagang sarung / warangka /wrangka Golok Sulangkar ini terserah ama selera yang mesen, mao pake tanduk atau kayu. Untuk kayu, ada satu jenis kayu yang unik dari para maranggi di pandeglang ini. Sahabat dari tatar sunda mungkin akrab dengan kayu renghas atau reunghas. Kayu in sangat khas menurut saya, karena kayu ini biasanya direndam / ditenggelamkan dilumpur  untuk waktu yang relatif lama sampai warna kayu ini agak merah kecoklatan agak gelap. Cara pewarnaan kayu seperti ini termasuk cara primitif yang juga digunakan oleh temen-temen di asmat and beberapa suku di irian. Dimana mereka menggunakan lumpur atau tanah liat untuk membuat warna coklat / kemerahan pada perisai atau topeng / patung. Gagang juga di PIN pada ujung gagang.


Para maranggi ini juga memiliki beberapa ragam hias ukir pada gagang. Beberapa yang ane liat diantara ukiran kepala tokoh wayang golek, ukiran kepala burung, dan kemungkinan ukiran lainnya. Mereka punya gaya ukir yang sangat menarik, garapannya relatif kasar dan ukirannya sangat tegas. Dimata ane ukiran mereka ini cantik dan gagah gitu :)

Sarung / Warangka Golok Sulangkar ini seperti golok lainnya. Yang mungkin menjadi nilai tambah dari sarung golok sulangkar ini adalah ikatan pada sarung yang dibuat dari tanduk kerbo. Agak lama bikinnya karena tanduknya musti diserut relatif tipis tapi kuat dan alot. Kemudian setelah kayu di lem, dan mengering barulah ikatan tanduk kebo itu dipasang dan dikencangkan.

Satu hal yang saya kagumi dari para maranggi di pandeglang ini yaitu keapikan dan keakuratan mereka dalam membuat *clip on* pada pangkal sarung. Sehingga saat kita memasukan bilah ke sarung akan ngembuat gagang menyatu dengan sarung, nyaris tanpa celah - sangat sempurna. Dan sangat Aman, bilah ngak ngelolos dari sarung saat kita terbalikan.


Bilah Pamor
Pada pertengahan Tahun 2006 hanya ada 1 atau 2 orang pandai besi di desa cadasari yang memiliki kemampuan membuat bilah untuk golok sulangkar. Salah satu yang membuat saya mencintai golok ini adalah BILAH golok yang sangat KUAT, TEBAL dan SANGAT SEIMBANG. Ane dan teman pernah iseng untuk menebas kan golok ini ke bambu hijau yg memiliki ketebalan dinding bambu +/- 1 cm dengan diameter sekiatar6-7 cm. Hasilnya, bambu yang masih ijo itu terpotong dengan baik, mulus, halus. Sedangkan sisi bilah yang tajam, tidak terkikis, aus atau gompal. Kita sempet beberapa kali nebas mungkin sekitar 4-7 kali dengan hasil yang sama. Kesimpulannya : Ati-ati dah klo megang golok ini :)

Dari penuturan Pak Jamhuri, Golok ini dibuat dari 6 atau 7 susun *ane agak lua nih* besi dengan susunan kurang lebih :
1. Besi Per Bekas
2. Besi Per Bekas
3. Besi Sulangkar
4. Besi Per Bekas
5. Besi Kikir
6. Besi Per Bekas

Susunan besi ini dibuat *mungkin* seperti kodokan pada keris, ane lupa berapa panjang awal kodokan sulangkar. Kodokan Golok Sulangkar ini ditempa dengan tangan sampai panjangnya 2 kali lipat dari panjang awal kodokan, kemudian ditekuk / dilipat menjadi dua dan ditempa agak menyatu. Setelah dianggap menyatu kemudian ditempa lagi sampe panjanngya 2 kali lipat. Klo ngak salah, cuma 2 kali atau 3 kali dilipat. Kemudian disepuh dan di gerinda pake grinda batu dan terkakhir di asah ama batu asahan.

*Buat para sahabat dari banten yang mao silaturharmi dengan pak Jamhuri, silahkan mae aje ke tempat dia jualan sekitar 4 rumah setelah pasar cadasari ke arah pandeglang, tanya aja "Pak Jamhuri, tukang golok dan maranggi" . Kehidupan beliau dan para maranggi di desa cadasari ini sangat sederhana tapi bersahaja dan bersahabat.


Ini yang bisa ane share ame para sahabat. Ane kaga bisa silat, dan kagak bisa ape-ape cuma demen ama senjata tajam. Jadi kalo ada sahabat yang mao share gimana make ini golok sulangakar atau jurus-jurus golok dari tataran banten, silahkan dibagi-bagi..ame kita-kita yang awam.

Maafin yah klo ini cerita kepanjangan, hehe Namanya juga cerita boleh panjang dan bejilid-jilid :) Maafin kalo banyak yg salah, kurang akurat, kurang berkenan, dan kurang-kurang yg laen..

Untuk photo udah di upload ke Photo Gallery - Senjata - Weapon di http://sahabatsilat.com/forum/index.php?action=gallery;cat=9
« Last Edit: 09/01/2008 17:35 by maranggi »

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Golok Sulangkar :: Raja-nya Golok dari Banten
« Reply #1 on: 09/01/2008 17:15 »
Bang Maranggi, ente emang ga ade duenye...(kalo ade dua kembar doong... ;D)

Salut bin Top buat ente... [top] GRP dulu deh.

Kalo bole ane tau kire2 Pak Jamhuri ade link ke Ki Cengkuk ga ye...nyang jadi leluhurnye para maranggi di Tanjung Halo, Lebak Ciomas seperti Ki Jamsari, Ki Muhaimin (Ponpes Sanaabilil Huda)....?

Kalo dari pembuatannye untuk golok ini tergolong cepet ye...ane mesen golok aje ampe setaun bang, ntar ambilnye bulan Mulud (setaun skali bikinnye).

Kepengennye sih golok Malapah Gedang, tapi sekarang gade nyang kuat bikinnye...unsur spiritualnye tinggi.

Kalo bisa juga nih bang...judul thread nye jangan pake "Rajanya Golok Banten"...kagak enak kedengerannye ame nyang laen dari Banten. Skedar masukan aje deh...

Kalo ade nyang bisa...kasi tau deh bang,...
Kapan ade waktu ane mapir deh ke ruah abang di Batu Kinyang...sabtu insya Alloh mao ke Kober.

Tabik,...Jali.
« Last Edit: 09/01/2008 17:26 by Jalatunda »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

maranggi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Golok Sulangkar
« Reply #2 on: 09/01/2008 17:51 »
Kalo bole ane tau kire2 Pak Jamhuri ade link ke Ki Cengkuk ga ye...nyang jadi leluhurnye para maranggi di Tanjung Halo, Lebak Ciomas seperti Ki Jamsari, Ki Muhaimin (Ponpes Sanaabilil Huda)....?

Kalo dari pembuatannye untuk golok ini tergolong cepet ye...ane mesen golok aje ampe setaun bang, ntar ambilnye bulan Mulud (setaun skali bikinnye).

Kepengennye sih golok Malapah Gedang, tapi sekarang gade nyang kuat bikinnye...unsur spiritualnye tinggi.

Kalo bisa juga nih bang...judul thread nye jangan pake "Rajanya Golok Banten"...kagak enak kedengerannye ame nyang laen dari Banten. Skedar masukan aje deh...

Kalo ade nyang bisa...kasi tau deh bang,...
Kapan ade waktu ane mapir deh ke ruah abang di Batu Kinyang...sabtu insya Alloh mao ke Kober.

Tabik,...Jali.

Makasih bang jali dah ngingetin ane ttg judul, ane khilaf dan udah di update.

Nah ini dia bang, seinget ane dari maranggi di kampung ini agak putus akar sejarahnya . Cuma seinget ane mereka udah generasi ke-2 atau ke-3 dikampung ini. Bang Jali, mereka cenderung ke arah golok kodian, karena banyak orang dari parung ama serang yang ngambil golok kerja dia.  ANd besar kemungkinan, maranggi di cadasari ini ngak terlalu megang pakem, bang.

Bang jali, ceritain dong gimana prosesi pembuatan golok abang. Mungkin abang bisa nambahin legenda, tradisi dan filosofinya golok sulangkar ini bang. Sampe sekarang ane blum tau nih :(

Bang Jali, ceritain dong golok Malapah Gedang :)

Boleh bang, silahkan :)

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 6
  • Posts: 417
  • Reputation: 42
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #3 on: 09/01/2008 17:53 »
@bang Maranggi: Top abis deh! GRP buat anda [top]. Makasih postingnya dan foto2 yg sudah di "up load". Bener2 nambah wawasan buat saya yg nol besar dlm imu persenjataan, cuman bisa make doang ;D, tapi gak tahu bagaimana membuatnya, kualitasnya, dsb.

Salam
Chandrasa

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #4 on: 09/01/2008 18:20 »
Maap Bang Maranggi, ane juga awam ame golok...

Tempo ari ane iseng sms ame abang ane nyang di Banten nanyain golok. Die nawarin mao nyang mane karene katenye ade nama jenisnye, ade Candung, Mamacungan, Kembang Kacang, Salam Nunggal dan Malapah Gedang. Kalo mesen setaon sebelonnye...finishingnye bulan Mulud (1-12 Mulud). Besi bisa kite bawa sendiri ato dari sane...

Nyang ngebedain ame golok laennye...
1.Banyak unsur spiritualnye. atu2nye ahli waris Ki Cengkuk, Ki Jamsari udeh tua kagak
   sanggup jalanin spiritualnye...digentiin ame Ki Muhaimin keponakannye.
2. Besi ditempanye ame palu godam nyang namenye si Denok warisan Ki Cengkuk hasil
   pemberian Sultan Ageng. Ni Godam bukan sembarang godam, dulunye dipake buat 
   bikin senjata laskar-jawara Banten.
3. Ga ade wafak/pamor. Pake racun, mangkenye ngebukanye kudu gagang dibawah 
   warangka di atas (nunjuk ke langit)...biar racunnye kagak ngocor kali...

Disamping ntu ane nyang mesen juga kudu puasa biar lebih afdhol...kalo mahar ane belon sempet nanyain, mungkin abang ane kali nyang ngurusin,die deket sih...

Segitu aje bang nyang ane tau...makasi bang.

Tabik,...Jali.

Nb. No.Rumah/HP Abang kirimin ke ane (japri) dong...batu kinyang berape?


« Last Edit: 09/01/2008 18:44 by Jalatunda »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #5 on: 20/03/2008 13:48 »
mantap sahabat maranggi  [top]

aku juga punya satu yg seperti itu, namun ada torehan2 racunnya

yah kalau untuk perbawa dan kharisma serta disayang orang
pengalaman subyektifku telah membuktikannya
karena sering kubawa-bawa secara rahasia kalau pertemuan di acara persilatan  [lucu]

devil_buddy

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 56
  • Reputation: 3
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #6 on: 01/04/2008 09:48 »
saya juga ada satu golok sulangkar di pajang di dinding rumah, tapi kayaknya sih golok sulangkar kodian heheheh :D , belinya sih sama seorang baduy yang kalo ke jakarta suka berkunjung ke rumah temanku

saya bilang sulangkar kodian, soalnya dari garis garis pamornya kelihatan sekali hasil proses bahan kimia dan bukan hasil dari balik mipih/lipatan logam  :D


qbstudio

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 67
  • Reputation: 2
  • Perguruan: Pencak Silat
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #7 on: 14/11/2008 19:22 »
Thread menarik. Kalo punya satu kaya gitu di rumah asik tuh.  [top]
"Lahir silek ka mancari kawan, batin silek ka mancari Tuhan"
=============================================

EricB

  • Guest
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #8 on: 15/11/2008 14:52 »
gue punya seperti ini, golok ini saya dapat dari Pak Siddiq sebagai warisan.


trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #9 on: 16/12/2008 16:14 »
golok nya mantab tuh bang eric
ih... sereeeeeem  x-))

Wahyu Taqwa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 95
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #10 on: 18/05/2009 09:39 »
Ass numpang nimbrung...
saya juga punya satu golok banten dikasih ma ortu, ortu saya dapet dikasih sama adiknya H chasan (ortunya atut gubernur banten) sebagai tanda persahabatan dan persaudaraan dengan wong cerbon asli (grage)
golok tersebut beracun sekali, sekali saya tancapkan ke pohon pisang, sorenya pohon tersebut dah mati, kata nya pake racun ular tanah dan ular cobra, bilah goloknya penuh tulisan arabnya, ada gambar macan dan foto sultan hasanudin katanya.

Yang jadi masalah klo golok tersebut disimpan di kamar, ibu saya selalu mimpi melihat mahluk raksasa tinggi besar sekali... karena takut golok tersebut dibawa ke cirebon, kejadiannya sama nenek saya juga mimpi melihat raksasa tinggi besar sekali, akhirnya tu golok dibersihin ma orang keraton cerbon pas bulan mulud acara panjang jimat, racunnya abis dibuang, katanya sekalian ma khodamnya...

Tapi pas di bawa ke bandung, ibu saya masih tetap mimpi lagi yang sama, kenapa yach?
golok pembawa masalahkah? hehehe...
mau dibalikin lagi yang ngasih dah almarhum trus gak enak takut tersinggung?
akhirnya tu golok dibawa ma saya ke serang supaya gak ganggu ibu lagi...

istri saya saya tularkan ilmu wahyu taqwa dan syahadat cirebon milik sunan gunung jati (maklum nenek saya py gelar raden bersertifikat c)
alhamdulillah sampe sekarang gak bikin ulah lagi...
tapi guru2 spiritual saya bilang khodam masih ada alias balik lagi cos golok itu dah jadi rumahnya selama bertahun2 bahkan beratus2 cos dah beranak pinak di situ katanya...
hanya Allah yang tahu...
kata orang golok itu harus "diurus"?
maksudnya?...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #11 on: 18/05/2009 10:07 »
Salam,

Mohon maaf, kalau saya diperkenankan kasih masukan...

Golok itu berkarakter khas Ciomas, Banten. Kalau hujan gak ada yang berani disoren di pinggang (soale ane pernah nemuin kasusnye)...


Salam...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Wahyu Taqwa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 95
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #12 on: 20/05/2009 09:07 »
Salam,

Mohon maaf, kalau saya diperkenankan kasih masukan...

Golok itu berkarakter khas Ciomas, Banten. Kalau hujan gak ada yang berani disoren di pinggang (soale ane pernah nemuin kasusnye)...


Salam...
Oooooooooooooooooooooooooooh begitu  [top]

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
Re: Golok Sulangkar :: Golok dari Banten
« Reply #13 on: 19/08/2009 07:43 »
 [top] [top] [top] [top]
keren2 goloknya ... saya punya beberapa golok dari berbagai daerah.... sayang pas baca forum ini saya lg ga punya senjata yang satu itu... golok yang disebut " bedog Dencis " ma empunya itu punya aroma menyengat yang menusuk idung di besinya... ga tau dari besi apaan... bentuknya mungil dan ujungnya tidak terbuka ke atas seperti bedog/golok biasanya tapi ini lancip/tertutup kebawah.... perah/gagang terbuat dari akar gadog... dan kata yang buatnya pa NN dari kasepuhan, ini golok pakenya hati2 soalnya dikasih racun di besinya.... oowww pantes baunya sangat menyengat...

apa sodara2 ada yang punya bedog dencis juga... aba bedog itu emang dikenal di ranah persilatan atau hanya bedog dari keluarga/keturunan tertentu...... (maaf sekali lagi saya tidak mencantumkan foto) mohon informasinya.
kisah sedih kidung sundayana

 

Powered by EzPortal