+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Jurus-jurus Binatang  (Read 89798 times)

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #15 on: 10/05/2010 16:56 »
ada hal menarik ya menurut sy mengapa kita tuh belajar dari hewan, dulu waktu jaman nabi Adam , Qabil juga belajar dari gagak yg menguburkan bangkai temannya...
 
trus kalo kita amati kemampuan dasar manusia kalo berantem itu jelek sekali, kacau dan nggak karuan ...lain halnya hewat kalo bertarung, dia sudah punya naluri yg bagus dlm bertarung ..dan kelebihan manusia adalah meniru dan mensesuaikan dg kondisi manusia dan menjadikannya lebih baik (mungkin ya) krn kadang walau sudah belajar jurus harimau blm tentu juga menang melawan harimau  :D

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #16 on: 14/05/2010 09:23 »
Bang Pastorbonus, sebagai sesama orang yang sedang berjuang ngecilin perut, boleh dong dibagi-bagi jurusnya x-))

btw, kok ada phoenix segala... di Indonesia ada burung sejenis nggak? Atau memang ilmunya berbasis kungfu?

mas antara, caranya membagi gmn lho? lha wong ane aja blom bisa...hahahaha... ni aja msh coba2, agak sulit keknya... gerakan2 binatang... ampun deh tp blom nyerah kok :D

burung phoenix tu apaan ya? ane jg kagak ngerti... semacam burung elang kah?
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #17 on: 14/05/2010 17:30 »
trus kalo kita amati kemampuan dasar manusia kalo berantem itu jelek sekali, kacau dan nggak karuan ...lain halnya hewat kalo bertarung, dia sudah punya naluri yg bagus dlm bertarung ..dan kelebihan manusia adalah meniru dan mensesuaikan dg kondisi manusia dan menjadikannya lebih baik (mungkin ya) krn kadang walau sudah belajar jurus harimau blm tentu juga menang melawan harimau  :D

Sebenarnya dalam diri manusia lebih komplit dan lebih baik dari pada hewan.Namun proses pembelajaran memulai belajar dari lingkungan.

Namun disebuah kitab suci (Al-Quran) didalamnya ada cerita mengenai burung gagak yang diutus Allah kepada anak nabi Adam untuk memeragakan cara menguburkan mayat saudaranya, atau ada cerita hud-hud nabi Sulaiman yang memberi informasi tentang ratu Balqis, Ada ikan paus yang menelan Nabi Yunus selama beberapa hari lalu dilemparkannya tubuh sang Nabi ke daratan karena ia termasuk orang yang selalu bertasbih, ada anjing ashabul kahfi, sampai kisah lebah dan semut.
Hewan ini  selain diciptakan sebagai makhluk bernyawa hewan diciptakan juga untuk membantu manusia, tapi tidak sesederhana itu, Namun dari penciptaan mereka itu dibuat agar manusia berrfikir dan memaknai kekuasaanNya.

Bicara tentang Macan/harimau maka ada beberapa aliran yang memakai jurus jenis binatang harimau/Macan.

Macan Putih :
Memang hewan yang satu ini merupakan hewan mistik ada yang bilang berasal dari Dinasti Han dari China (Bai Hu), atau dari kebudayaan kuno India, dari jepang (Byakko),dari korea (Baekho).

Di pewayangan ada nama Rd Setyaki yang merupakan seorang tokoh pewayangan yang ruh macan putih penjelmaan Singamulangjaya masuk kedalam dirinya.Satyaki merupakan sepupu Kresna dan Pandawa. Ia berasal dari Kerajaan Lesanpura yang tinggal di Kasatriyan Swalabumi. Ia merupakan sekutu Pandawa selain Prabu Kresna yang masih hidup setelah perang berakhir.
Berawal  macan putih tersebut adalah penjelmaan Singamulangjaya, patih Kerajaan Swalabumi yang diutus rajanya, yaitu Prabu Satyasa untuk menculik Warsini (Ibu dari Setyaki)
 Di tengah jalan, Singamulangjaya mencoba mengeluarkan isi kandungan Warsini dan menghajar bayi tersebut. Namun bukannya mati,malah justru bertambah besar setelah dihajar Singamulangjaya. Akhirnya, bayi tersebut berubah menjadi pemuda dan membunuh Singamulangjaya. Arwah Singamulangjaya bersatu ke dalam diri pemuda (Setyaki) itu.
Namun di Keraton Kasepuhan Cirebon, wajah "Macan Ali" dalam bentuk dua patung macan berwarna putih masih tetap dijaga keasliannya.
Menurut babad yang ada disana, Nama Ali disebut adalah keilmuan dari Sayiddinna Ali sebagai "Macan" yang perkasa. Macan yang merupakan simbol tanah pasundan, Macan bagi tentara Islam kala itu dibawah pasukan Kesultanan Cirebon  yang siap menghadap siapa pun yang hendak meruntuhkannya. Namun, gambaran Ali sebagai macan ini agaknya tak bisa dilepaskan pula dengan kejayaan Prabu Siliwangi, Raja Pakuan Pajajaran yang memiliki kaitan langsung dengan lahirnya raja-raja di Cirebon dan Banten.
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #18 on: 23/05/2010 14:02 »
Salam kang Sarkam..
Ni dia pujangga sejarah dan pewayangan turun gunung.. hehehehe. Kang kok bs nguasai pengetahuan sejarah ma wayang tu bljrnya dmn se? Dr dulu ane pgn bljr aja ga ngerti2. Mohon rekomendasinya ya Kang Sarkam.. Nice sharing..
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #19 on: 24/05/2010 16:52 »

salam juga sahabat saya kangmas pastor bonus, [[peace2]]

saya ini paling beuleut (lambat berpikir dan menghapal), namun ada beberapa bagian dongeng dari keluarga yang saya ingat ttg gerak dari binatang ini, kangmas. jadi jelas ini dari aliran yang saya pelajari.

Sebagian dari para sahabat menyatakan ilmu naga, harimau identik dengan beladiri dari china (saya rasa yang mereka maksud adalah kungfu). Namun pelajaran yang saya dapat justru keluarga saya tidak mengerti sama sekali dan belum pernah belajar kungfu, dan saya mendapatkan ajaran ini dari keluarga saya.

Setelah saya coba berkonsultasi dan tukar pikiran dengan beberapa praktisi kungfu setempat dan melihat beberapa gerakannya. Saya menyatakan aliran dari keluarga saya tidaklah sama. Di aliran kami ada pemahaman/kaidah yang tidak bisa dilanggar dalam hal gerakan. Semua gerakan diperbolehkan di-rante(gabungkan) dengan tergantung suasana sekelilingnya(lingkungan) namun tidak boleh keluar dari prinsip/aturan-aturan yang ditetapkan. Kami menyebutnya Faham/Kaidah/Tarekah

Naga dalam gerak/ulinan/amengan di keluarga saya dinyatakan dari kerajaan terdahulu di ujung pulau jawa (saya sendiri masih ragu apakah ini mitos atau bukan) namun di setiap gerakannya mengandung arti "keseimbangan" (diri kita, alam semesta, dan KeTuhanan) dan lambang ini merupakan adalah simbol/siloka dari dewa-dewa mereka yang diislamkan yakni Naga dalam versi hindu atau animisme.

Pewayangan ada di hati masyarakat karena merupakan simbol-simbol atau siloka dari sebuah sejarah, malah beberapa ulama waktu itu (walisongo) mencoba mencampurkan dakwah-dakwah islam dengan  budaya lokal yang kala itu menyukai pewayangan.Walaupun pemurniannya ajaran Islam dan budaya sampai sekarang notabene masih belum sempurna.Walisongo merupakan para intelektual yang terlibat dalam upaya pembaharuan sosial yang pengaruhnya terasa dalam berbagai manifestasi kebudayaan mulai dari kesehatan, bercocok-tanam,perdagangan,kebudayaan,art(seni), kemasyarakatan, hingga ketata ilmu pemerintahan. Karena penyebaran mereka bukan dengan armada militer dan pedang,tidak juga dengan menginjak-injak dan menindas keyakinan lama yang dianut oleh masyarakat Indonesia yang saat itu mulai memudar pengaruhnya,Hindu dan Budha.Namun mereka melakukan perubahan sosial secara halus dan bijaksana.Mereka tidak langsung menentang kebiasaan-kebiasaan lama masyarakat namun justru menjadikannya sebagai sarana dalam dakwah mereka.Salah satu sarana yang mereka gunakan sebagai media dakwah mereka adalah wayang. Sunan Kalijaga dan Sunan Giri adalah beberapa dari Walisongo yang tekenal dengan minatnya dalam berdakwah melalui budaya dan kesenian lokal.

Sarana lain yang mereka lakukan dalam dakwah mereka adalah dengan membentuk keluarga-keluarga Islam dengan jalan menikahi penduduk pribumi serta putri para raja.Selanjutnya mereka berhasil mengislamkan keluarga kerajaan serta mengangkat harkat hidup mereka dari segi intelektual maupun ekonomi.Para penyebar agama Islam yang kebanyakan merupakan pedagang memiliki bargaining position yang kuat serta disegani oleh masyarakat.Selain itu akhlak mereka juga mampu mengambil simpati masyarakat
Selanjutnya dari  kegiatan sosial budaya ini berkembang lahan-lahan pertanian dan perikanan termasuk juga aktivitas politik dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam. Termasuk militer (dan ilmu beladiri).
 (saya tidak menyebutkan secara panjang lebar mengenai hal ini maka akan keluar dari topik yang ditentukan)

Saya hanya menekankan bercerita ilmu gerak binatang disini berdasarkan "budaya" bukan cerita tentang agama tertentu. Namun penyebarannya di tanah jawa tak lepas dari masuknya unsur-unsur dakwah di masyarakat lokal. Dan kalau dilihat dari budaya lokal yang ada, walau tidak tertutup kemungkinan terkolaborasi budaya china dan indonesia khususnya tanah jawa, namun lebih kental adalah unsur budaya animisme, sunda wiwitan,hindu, islam dan agama-agama terdahulunya.
Dalam hal ini jelas perbedaan keyakinan agama diantara kita tidak menjadi panghalang untuk bersama untuk menciptakan harmonisasi berbudaya pada kala itu ( Ajaran Islam pada kala itu adalah menganut  "rahmatan lil alamin" -rahmat untuk alam semesta)
Bahkan kita melihat bagaimana wayang sekalipun yang notabene berasal dari ajaran animisme or hindu etc (saya tidak tahu persis) yang sangat kontras dengan ajaran Islam dapat digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan Islam setelah dilakukan modifikasi terlebih dahulu.Para penyebar agama Islam di tanah air dahulu mencoba menggali dan memahami adat istiadat dan khazanah budaya yang ada terlebih dahulu untuk kemudian dimanfaatkan untuk berdakwah. begitu juga budaya yang ada termasuk modifikasi beladiri dengan gerakan sholat, air wudhu dan sebagainya.Malah konon ada sebuah "gerak" dari aliran yang masih ada alur ranteannya dari setiap gerakan naga yang sekarang menjadi cikal bakal sebuah tarian di jawa.
Begitu kangmas pastor bonus :)

Sarungkampret.






 
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #20 on: 26/05/2010 06:35 »
burung phoenix tu apaan ya? ane jg kagak ngerti... semacam burung elang kah?
Salam,
Burung phoenix adalah salah satu burung mitologi. Mungkin padanan yang mendekati adalah burung hong dalam versi China. Dalam dunia nyata, yang paling mendekati bentuk burung phoenix atau burung hong adalah burung merak.

Jabat erat...

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #21 on: 28/05/2010 11:04 »
Phoenix itu aslinya merek sepeda kayuh buatan China, setelah populer dijadikan burung mitos dan jurus kungfu :)
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #22 on: 28/05/2010 21:35 »
...Kitab 36 Wasiat Ilmu Silat...
Mas Pastorbonus,
Ini kitabnya kecil-kecil bukan? Soalnya, pas baca beberapa jurus-jurusnya kok mirip sama beberapa "kitab wasiat ilmu silat" yang berhasil saya kumpulkan dari hunting di berbagai tempat toko buku dan lapak kaki lima.

Ada kitab wasiat yang belum termasuk di daftar Mas Pastorbonus:
1. Jurus Kelelawar
2. Jurus Anjing

Maaf kalo keliru.

Salam...

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #23 on: 28/05/2010 23:21 »
@mas don: btul mas.. Trnyta mas jg koleksi kitab kecil2 ya :D Brarti pnya mas pasti lengkap krn tiap kitab 1 jurus ya. Pnyaku soal ini hanya 1 aja mas judulnya 36 wasiat ilmu silat terbitan pustaka amani, jakarta. Di dlmnya ga hnya jurus binatang aja. Kl gt yg anjing ma kelelawarnya dishare donk..
@kang Rangga: jurus phoenix brarti awet dan kuat ya kang.. Spt sepedanya.. Hahahahaha..
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #24 on: 13/10/2010 14:25 »
jurus semut ada gak ?
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

ajigineng

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 73
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #25 on: 13/10/2010 15:20 »
dijawa aku  pernah melihat jursu2 hewan ini jurus macan,jurus ular, monyet,garuda, buaya,..bahkanjurus naga...

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #26 on: 25/10/2010 14:37 »
Dari Maen Pukulan Sabeni Tenabang:
1. Jurus Kelabang Nyebrang,
2. Jurus Merak Ngigel.

Ayo... Yang lain dan belum masuk di thread ini, silakan ditambahkan.
Terima kasih.

Salam...

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #27 on: 25/10/2010 16:38 »
Aliran yang konon dari Santri Balerante hasil modifikasi Syekh Syarif Nurulloh (Carbon):

1. Macan : Maung Bodas >> konon dari tanah pasundan
2. Naga : Naga Ngelayang >>konon dari jawa timur-an
3. Monyet : Suliwa >> konon dari negeri seberang

yang jelas sekarang ulinan kesemuanya ini milik keluarga daerah Bogor.
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #28 on: 25/10/2010 17:22 »
tambahan dari cirebon :

-Bebek Ngoyor
-Ayam Alas

pokoke semua binatang deh wakakkakaka [lucu]
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Binatang
« Reply #29 on: 25/10/2010 17:24 »
tambahan dari jawa timur :
Macan akeket...
Macanan..
 
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

 

Powered by EzPortal