+-

Video Silat


Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Buya R.M. Mayo Mahmud Marzuqi
gerak cepat
Sile’ Kumango - against knife attacks
Tarung Bebas Genggong
Silat Paseban Taqwa Betawi Babe Cacang Murtadho
Pendekar Trans 7 : Gajah Putih #3
mainan kampung anak sawangan depok
persinas asad

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by muramasa
Today at 10:01

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Jurus-jurus Silat Kasepuhan  (Read 15646 times)

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« on: 08/01/2009 07:13 »
Perkenalkan saya sangjati ingin tahu tentang jurus jurus kasepuhan, Jika ada yang tahu mohon pencerahannya.
1. Jurus Jagur
2. Jurus Ismu Panas
3. Jurus kasampurnanjati -> dari Hamengkubuono IX

Terima kasih.
Sangjati
« Last Edit: 08/01/2009 08:38 by Dodol_Buluk »
"hidup mencari yang utama"

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #1 on: 08/01/2009 07:55 »
Mas Sangjati , Jurus kasepuhan  yang anda maksud apa dari sebuah perguruan atau bagaimana. Mungkin bisa diceritakan anda dapat dari mana?

Salam
« Last Edit: 08/01/2009 08:39 by Dodol_Buluk »

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #2 on: 08/01/2009 08:33 »
salam..
jurus kasampurnan jati itu = kesempurnaan sejati ya?

ditunggu aja deh sharing dari senior2 sekalian, salam kenal untuk mas sangjati  :)
salam hangat
« Last Edit: 08/01/2009 08:39 by Dodol_Buluk »
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #3 on: 08/01/2009 09:54 »
salam..
jurus kasampurnan jati itu = kesempurnaan sejati ya?

ditunggu aja deh sharing dari senior2 sekalian, salam kenal untuk mas sangjati  :)
salam hangat

iya kok mas tahu kasampuran sejati sih hehehe, semoga ada yang mulai berbicara.
saya belum tahu apa apa jadi saya mau tahu dari yang sudah tahu.
kasampuran sejati itu jurus pamungkasnya Sultan Agung Pendiri keraton Yokyakarta.
Kalo Jurus Jagur itu jurus ke dua dari 7 Jurus Kasepuhan. asalnya mungkin dari Jurus sang Pembuat tangkuban Perahu. ( Sangkuriang)

Salam.
"hidup mencari yang utama"

EricB

  • Guest
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #4 on: 08/01/2009 23:03 »
Keraton Kasepuhan ada di Cirebon

apakah ada hubungan dengan Silat Kasepuhan ??

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #5 on: 09/01/2009 08:30 »
Keraton Kasepuhan ada di Cirebon

apakah ada hubungan dengan Silat Kasepuhan ??
mungkin ada mungkin juga tidak hayoo sapa yang tahu mohon dijelaskan..
saya juga masih mencari tahu.
salam
"hidup mencari yang utama"

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #6 on: 13/01/2009 12:07 »
Mau sharing Jurus Rogo sukmo

Jurus ini sering digunakan untuk lepas sukma sesaat, bisa kemana saja dalam waktu yang tak terikat. Jurus ini dilakukan dengan posisi tidur terlentang dan oncating sukma dari ubun ubun. semua getaran beasal dari ujung kaki dan merambat ke atas dengan rasa yang kaku pada otot kaki paha tangan hingga leher lalu sukma keluar.

bagi yang pernah melakukan jurus ini silahkan berbagi. :) :) :)
"hidup mencari yang utama"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #7 on: 13/01/2009 12:55 »
Keraton Kasepuhan ada di Cirebon

apakah ada hubungan dengan Silat Kasepuhan ??

Di dalam tembok Kraton Kasepuhan Cirebon yang sekarang dipegang oleh Sultan Sepuh XIII (PRA DR.H Maulana Pakuningrat SH), sejauh pelacakan saya tidak ada peninggalan dalam bentuk pencak silat. Pencak Silat warisan leluhur kraton justru terbawa keluar tembok oleh para Senopati2nya (maaf ini masalah politis zaman dulu).

Sepengetahuan saya peninggalan silat tersebut salah "dua" nya adalah Gulung Maung dan Seliwa warisan Fatahillah (Kang Sarkem menyebutnya Seliwa Syekh Nurulloh) adapun nama2 yang disebutkan Mas Sangjati, menurut saya (pernah dengar juga di Cirebon) adalah ilmu yang menitik beratkan pada pengolahan batin ketimbang gerak pencak silatnya (menurut saya pribadi ini ilmu tingkat tinggi lho...). Cuma mungkin berbeda sumbernya, dan kalaupun mau dibahas tentang kesejarahannya memerlukan halaman yang banyak dan kemungkinan dapat menimbulkan pro kontra dalam thread ini, karena adanya perbedaan kesejarahannya itu.

Rogosukmo, telinga saya familiar dengan ini...dan benar seperti yang dibabarkan Mas Sangjati. Kalau tidak salah keilmuannya dari Yogyakartahadiningrat (CMIIW)....sayangnya saya gak bisa...he...he...he... :D

@Pak Markus, ilmunya hebat... [top]

Tabe'


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #8 on: 13/01/2009 15:48 »
Mau sharing Jurus Rogo sukmo

Jurus ini sering digunakan untuk lepas sukma sesaat, bisa kemana saja dalam waktu yang tak terikat. Jurus ini dilakukan dengan posisi tidur terlentang dan oncating sukma dari ubun ubun. semua getaran beasal dari ujung kaki dan merambat ke atas dengan rasa yang kaku pada otot kaki paha tangan hingga leher lalu sukma keluar.

bagi yang pernah melakukan jurus ini silahkan berbagi. :) :) :)

kayaknya yg nulis yg lebih tau deh.... ::)
silakan dibabar disini mas.... [top]


sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #9 on: 13/01/2009 17:46 »
Mau sharing Jurus Rogo sukmo
semua getaran beasal dari ujung kaki dan merambat ke atas dengan rasa yang kaku pada otot kaki paha tangan hingga leher

ini jurus apa sakit rematik berkepanjangan nih...? ?!?!?!? ???
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #10 on: 13/01/2009 17:52 »
Naaah...Kalau Sarkem mempunyai ilmu andalan, namanya "nge-Rogo Rempelo"...makanya jangan "ati-ati" jangan kasih "ati", kalo gak tahan bisa makan "ati"...... [lucu]
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #11 on: 13/01/2009 17:58 »
yaaah orang khan nanya...bos... :-\

tolong mas sangjati jelaskan jurus rogo-rogoan dong...
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #12 on: 13/01/2009 21:23 »
untuk TS, mohon klarifikasinya apakah jurus-jurus kasepuhan ini murni  gerakan silat fisik atawa ilmu kanuragan/kesaktian...ditunggu jawabannya...


d'buls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #13 on: 14/01/2009 08:54 »
bang dodol pan  di atas ama om TS kalo nih elmu jalanin nye sembari tiduran,
kali si sarkem pasti bilang nih jurus buaya telentang [lucu]..
btw,
yang dibabar di atas ama pak TS pernah dibahas di salah satu bukunya Irmansyah Effendi kalo ga salah ttg Yoga dan Kundalini
(om sosrobirowo biasanya hapal nih buku)..
di buku itu jelas banget diurai step by step by nya..walaupun ga dikasih nama keren NGEROGOH SUKMO ;D

waktu masih demen2nya ama yang beginian,
ane pernah dikasih petunjuk oleh salah satu guru ane di kediri kalo mau ngelakoni kayak ginian..
assiiik euy bisa "jalan-jalan"..

setalah itu lama-kelamaan ane malah menemukan satu ilmu baru yang nampaknya sangat mudah teori nya
tapi sangat sulit dijalankan, sampe sekarang ane masih belajar nih, mohon petunjuk...
dan mari sama-sama belajar, yaitu elmu
MEROGOH KOCEK BUAT BANTU ORANG-ORANG YANG KESULITAN :)

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #14 on: 14/01/2009 11:52 »
hehhehehe kang ochid lagi kumat nih...

serius dong... nanti diomelin admin...

@mas sangjati
kalau saya gak salah kira ini bukan JURUS SILAT tapi JURUS KANURAGAN ya?

mas sangjati berapa lama kita bisa belajar jurus ROGO SUKMO...
kira-kira kita bisa jalan-jalan ke daerah kota mana saja ya?


1. Jurus Jagur
2. Jurus Ismu Panas
3. Jurus kasampurnanjati -> dari Hamengkubuono IX
i

Jurus Jagur sama Meriam si Jagur ada hubungannya gak ? (asal jangan ada hubungan dengan Cagur Pelawak mas...)

Jurus Ismu Panas (Ismu disini adalah nama ya?) Panas, dari namanya aja pasti ilmu bisa mengeluarkan tenaga Panas ya mas?

kasampurnanjati << ini kesempurnaan diri atau Jati Sampurna mas?

tolong dibabarin di sini  mas...




"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

 

Powered by EzPortal