+-

Video Silat


Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
vidioku
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
Beksi Kid main Golok
maung lugay performance, Jambore pencak silat
Pencak Malioboro Festival - ujungan macan ngawahan
Aplikasi Cikalong #01
Sparing Partner Ridwan
Silek Minang Pandeka Cupak Hosra Afrizoni 2

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Jurus-jurus Silat Kasepuhan  (Read 19906 times)

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #15 on: 14/01/2009 12:12 »
yeee...
pan kite udah serius banget tuh... :o
yang pernah baca atau nglakoni (kalo di jawa), pasti udah familiar dengan yang diurai
mas sangjati di atas..
nah menurut ane nih saat sekarang mah emang lebih penting
ngelmu ngerogoh kocek, iye kagak bang debulls? ;D

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #16 on: 14/01/2009 12:21 »
ngelmu ngerogoh kocek, iye kagak bang debulls? ;D

hehehheheh kalau ngelmu ngerogoh kocek mah bini ane malah bisa ngerogoh kocek suami bos...  :D
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #17 on: 16/01/2009 21:54 »
Jujur saya kurang pandai dalam kanuragan maupun silat, saya cuma manusia yang lemah tapi berarti.

Yang saya tahu ilmu ismu panas merupakan jurus tapak api, latihannya dengan menatap matahari terbit dan tenggelam sambil konsentrasi pada hawa murni yang mengalir ke telapak tangan. setelah ilmu ini manunggal atau bersatu dapat di tes dengan pohon pisang. jika pohon pisang ini daunya layu habis kita cengkram berarti ilmu berhasil kita kuasai. tapi kalo pohon itu langsung mati kebakar itu ilmu jelek dalam pengendalianya dan bisa membunuh orang karena reflek yang tak disengaja. tapi kalo daun pisangnya yg layu ilmu ini dalam pengontrolan penuh yang memilikinya.

Untuk Jagur, ini merupakan ilmu pelipat gandaan tenaga. yang tadinya daya hantam orang cuma 1 kilo kalo menguasai jurus ini bisa meningkat menjadi 50 kilo. Latihannya cukup sulit. dilakukan malam hari harus tahan ama nyamuk dan dinginnya malam. kekuatan fokus pada mata. detailnya sambung lain kali atau kontak saya di www.mhermawan.com

untuk kasampurnajati wah saya gak bisa ngomong apa apa yang jelas kalo menguasai jurus ini hebat bangeet. Bisa buat benteng dari serangan 7 makluk dan 6 dimensi alam semesta.

mau apa aja bisa gampangnya. sayang saya gak bisa apa apa cuma bisa bicara hehehe..
Mungkin para pendekar kanuragan ada yang pernah dengar Jrankong putih??

silahkan di lanjuut [top]
"hidup mencari yang utama"

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #18 on: 18/01/2009 19:31 »
Yang saya tahu ilmu ismu panas merupakan jurus tapak api, latihannya dengan menatap matahari terbit dan tenggelam sambil konsentrasi pada hawa murni yang mengalir ke telapak tangan. setelah ilmu ini manunggal atau bersatu dapat di tes dengan pohon pisang.

melihat penjelasan mas sangjati diatas..ane jd teringat ama latihan bhayu manunggalnya pak munandir yg jg dilakukan dengan menghadap matahari.

dl sempat dapat jg cmn namanya "pernafasan matahari" dan ga tau apakah itu turunan dari bhayu manunggal ato nggak...menghadap mataharinya dilakukan sambil tiduran di alam terbuka..mata merem... memang nafas divisualisasikan masuk keluar lewat telapak tangan..

ukurannya kl mata menjadi teduh dan menjadi sejuk itu tandanya berhasil.
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #19 on: 19/01/2009 11:31 »
Dulu ada pengajaran di militer mengenai pelatihan menatap matahari nih...

"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #20 on: 22/01/2009 21:36 »
Hari ini saya ingin membahas tentang Tunggal hati seminari

Aliran silat ini dipelajari di lingkungan seminari alias pesantrennya orang katolik. dalam sitat THM diajarkan teknik yang mirip dengan jurus jurus kasepuhan. diantaranya adalah jurus matahari. dimana jurus ini dilatih dengan kuda kuda satu hasta, dan kedua ujung ibu jari dan telunjuk menempel kanan dan kiri. lengan tangan lurus sejajar dengan tatapan mata, kedua telapak tangan membentuk segi tiga dimana celah segitiga telapak tangan ini di arahkan pada matahari terbit di pagi hari serta melakukan penguncian tenaga chi pada bawah pusar. pernafasan menggunakan nafas segitiga dada.

jika ada yang lebih tahu mohon seringnya hehe  :D

dilanjuut.
"hidup mencari yang utama"

Adji_Aris

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #21 on: 22/06/2009 16:58 »
salam perkenalan&persahabatan

kalau boleh saya mau ikutan sharing nih.
dulu sekali...pada saat saya pernah mempelajari silat, guru saya pernah menjelaskan, bahwa ada 3 tingkatan ilmu beladiri :
1. tingkat pertama/dasar yaitu tahap kanuragan/silat kanuragan, yang artinya pada tahap ini yang banyak dipelajari adalah unsur-unsur gerak/jurus2 tertentu (silat fisik), yang diikuti dengan latihan-laithan pernapasan tertentu, dimana untuk tolak ukurnya adalah untuk pematahan benda2 keras, dan sejenisnya.
2. tingkat ke-dua, disebut dengan kasukman/silat kasukman, di mana pada tahap ini yang di olah adalah rasa/batin seseorang, yang biasanya diikuti dengan lelaku/puasa tertentu sebagai sarana untuk olah batin.
3. tingkat ketiaga atau tingkatan tertinggi adalah tingkat kasepuhan (mungkin ini yang dimaksud dengan silat kasepuhan). Dimana pada tingkatan ini sudah tidak dipelajari lagi gerak silat fisik ataupun lelaku puasa tertentu sebagai sarana olah batin. tetapi inti dari tingkatan ini adalah "Doa dan Pasrah Diri kepada Tuhan YME mohon keselamatan dunia dan akhirat". Jadi menurut saya seseorang yang sudah mencapai tingkat kasepuhan ini mungkin saja memiliki jurus yang bermacam-macam salah satunya mungkin jurus jagur ataupun ismu panas itu tadi bahkan mungkin ilmu-ilmu yang lainnya, karena inti kekuatannya terletak pada "Doa" dan sikap "Kepasrahan diri secara total kepada Tuhan YME" itu tadi.

Mungkin itu dari saya kalau ada kesalahan mohon dimaafkan. Trimakasih.

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #22 on: 22/06/2009 19:13 »
@adji_aris
wah ternyata yang saya tunggu tunggu datang juga.
terima kasih mau sharingnya
kalo boleh tahu dulu mas belajar silat di padepokan mana?
saya sangat setuju dengan penjelasan anda tentang silat kasepuhan ini, benar sekali karena inti silat kasepuhan ini adalah hidup dalam kematian badan alias sudah hidup kembali dalam jiwa dan raga yang suci murni tanpa batasan nalar pikiran awam.
jadi yang sudah menguasai ilmu kasepuhan ini dia mampu memohon apapun dan seketika itu juga terlaksana.
konsentrasi kosong tapi berisi penuh.
mau jurus a-z kalo pernah lihat pasti dapat tercipta.

salam minulyo.
"hidup mencari yang utama"

Adji_Aris

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #23 on: 30/07/2009 19:32 »

apa kabar mas sangjati

wah sudah lama juga sy tidak OL di Sahabat Silat.
Oh ya mas sangjati, sy dulu pernah menjadi siswa Perguruan Beladiri Tradisional JKS/Jurus Kusuma Suci di Jakarta, dulu perguruan ini bernama JSP/Jurus Seni Penyadar.

Kalau Massangjati ini dari perguruan mana ya ?

Trimakasih & salam persahabatan saya

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #24 on: 01/08/2009 13:06 »
Hari ini saya ingin membahas tentang Tunggal hati seminari

Jurus matahari. dimana jurus ini dilatih dengan kuda kuda satu hasta, dan kedua ujung ibu jari dan telunjuk menempel kanan dan kiri. lengan tangan lurus sejajar dengan tatapan mata, kedua telapak tangan membentuk segi tiga dimana celah segitiga telapak tangan ini di arahkan pada matahari terbit di pagi hari serta melakukan penguncian tenaga chi pada bawah pusar. pernafasan menggunakan nafas segitiga dada.


wah2 bro sangjati ni tau banyak soal ths-thm ya... ane baru dapat pernafasan mataharinya... jurus mataharinya mah blom dapat... simpanannya dishare dunk bro...
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #25 on: 24/08/2009 23:04 »
3. tingkat ketiaga atau tingkatan tertinggi adalah tingkat kasepuhan (mungkin ini yang dimaksud dengan silat kasepuhan). Dimana pada tingkatan ini sudah tidak dipelajari lagi gerak silat fisik ataupun lelaku puasa tertentu sebagai sarana olah batin. tetapi inti dari tingkatan ini adalah "Doa dan Pasrah Diri kepada Tuhan YME mohon keselamatan dunia dan akhirat". Jadi menurut saya seseorang yang sudah mencapai tingkat kasepuhan ini mungkin saja memiliki jurus yang bermacam-macam salah satunya mungkin jurus jagur ataupun ismu panas itu tadi bahkan mungkin ilmu-ilmu yang lainnya, karena inti kekuatannya terletak pada "Doa" dan sikap "Kepasrahan diri secara total kepada Tuhan YME" itu tadi.
salam persahabatan mas Adji,
Numpang tanya silat yang mengajarkan jalan kembali kepada SANG PENCIPTA duduknya diurutan mana yah?
Tak ada doa dan ada permohonan, yang ada hanya laku, niat.....

salam,

Adji_Aris

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #26 on: 24/09/2009 12:33 »
Salam Kenal mas Java.

mas Java, menurut kami semua aliran silat yang ada di Indonesia baik yang terdaftar ataupun belum/tidak terdaftar sebagai anggota IPSI pasti mengajarkan jalan kembali kepada Sang Pencipta dan hal-hal positiv lainnya walaupun pada akhirnya mengenai pelaksanaan-nya tetap dikembalikan kepada pemilik ilmu silat itu sendiri apakah kelebihan yang dimiliki ini dipergunakan di jalan yang sesat atau di manfaatkan untuk membantu sesama.

Jadi menurut kami ilmu silat yang mengajarkan jalan kembali kepada Sang Pencipta itu tidak menduduki di urutan tertentu.

Mohon maaf apabila pendapat saya ini keliru dan trimakasih.

Salam.


pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #27 on: 05/11/2009 23:59 »
bro sangjati... diuraikan lebh dalam dong soal jurus mataharinya... tahap demi tahap biar kita2 bisa mencobanya, efek samping dan pantangan yg mungkin ada... thanks bro
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

sangjati

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 0
  • "kosong tapi isi, isi tapi kosong"
    • Email
  • Perguruan: Majenun
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #28 on: 14/10/2012 13:03 »
@pastoer: jurus matahari itu seperti olah rasa..
perlu mati raga dan konsentrasi.
yg jelas mesti ada guru pembimbingnya.
Kalo di luar negri mungkin ini sama dengan jurus Tapak Budha, kekuatan telapak tangan menghantarkan racun dan panas matahari yg tersimpan dalam pusat manusia.
Intinya menerima dan memberikannya dengan porsi yg cukup.
lama saya tidak berlatih.. mungkin sudah hilang, tetapi kadang panas itu masi sering dapat saya rasakan..
"hidup mencari yang utama"

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Jurus-jurus Silat Kasepuhan
« Reply #29 on: 15/10/2012 08:15 »
Salam,

@Mas SangJati...sayah teringat akan pukulan mataharinya Wiro sableng 212..(maap guyon) , seperti itukah? dari siku sampe ujung tangan berwarna perak...(mudah2an adminnya lagi seneng becanda)

kalo boleh sih, kasi detil dikit dong mas,hehehe...


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

 

Powered by EzPortal