+-

Video Silat


perisai diri performance, Jambore pencak silat
Silek Kumango
SABENI jalan bang Jaka.1
Silat Golok Seliwa 2
Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
HQ Hikayat Betawi Beksi Kreo Selatan #1
Video Ibing Kacapi Suling Maenpo Badewa
Jurus Bandrong - Jawa Barat
Gulat Madura, Akeket Macanan ala Cakra-V

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Kerambit  (Read 60598 times)

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: Kerambit
« Reply #120 on: 09/10/2009 17:04 »
wuik pakai pamor...memuaskan mata, grp buat kang mantrijeron sebagai salam hormat sayah...
Emang kerambit itu tampilan dan tehniknya bikin grogi. jadi inget dulu roti kalung (bare knuckle ?) yang bikin kumpulan tawuran bubar kalau diperlihatkan.

Uraiannya kang mantri mantabh..sangat mantabh...ahli pisau bener.. [top]
@kang sambar gledek : kita belum sambung sambung diskusi lagi ya  x-))... masih aktif nih kungfunya..?  [top] [top]

Ini jadi cerita besi pisau, kalau disuruh milih untuk ketajaman dan kekuatan sebaiknya pakai model besi lipatan pamor gini (baja damaskus) atau pakai lipatan khas pedang katana yang polos ya..? (sorri ndak ikut forum tetangga..bos) :'(
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: Kerambit
« Reply #121 on: 16/10/2009 09:22 »
Nuwun mas.... hehe.. prasaan ude lama banget neh.. ga dapet "ngadiah" koyo ngene ... :-P

Kembali ke sajam satu enih...

Teknik permainan

Dari analisa sekilas pandang from novice enthusiast pulak... saya perhatiken kalo cara maen kerambit versi Sumantrah ame versi FMA ade bedanye. Mohon para kerambit warriors rela sharing disini..

Kerambit Sumantrah/ minang cenderung maen "ngirit" sebagian orang menyebut maen "dirumah". Gerakan didominasi sayatan, sabetan, robekan, cungkilan yang kagak jaoh-japoh dari rumah atau sebagian orang, probably pakde Hart, nyebut dg centerline. Dus sabetan,cungkilan tsb jadi makin bertenaga dengan mengandalken daripadah leverage tungkai atas yg bertumpukan pada siku(t) sebage titik engkol.

Di FMA gerakan serupa juga banyak, cuman ade atuk nyang kagak ane liat di versi sumantrah: Jab!! Gerakan menjulurkan tangan dengan extensi sikut yg hampir maksimal ini menambah daya jangkau kerambit dan jika diimbangi dengan kecepatan maka hasilnya tidak laen pun tidak bukan adalah semacem dengan tikaman pisau  8).

Monggo para kerambit lovers mengungkapkan pendapat masing-masing. Mas Serunai, Pakde Hart sebagai pengusung FMA sangat dinanti daripada pendapatnyah.....

wassalam,

"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

serunai

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 69
  • Reputation: 16
    • Email
Re: Kerambit
« Reply #122 on: 30/10/2009 17:45 »
Ndoro mantri,

Jika diperkenankan saya ingin mengetahui FMA kerambit yang panjenengan jadikan  sample itu kerambit FMA style siapa? Karena seperti halnya pencak silat di FMA juga banyak style stylenya. Gaya rey dionaldo dgn fcs kalinya  misalnya,  tentu berbeda dengan gaya dari rodel dagoog, beda lagi gayanya Tom Kier dengan sayoc kalinya, beda lagi dengan style style yang lain. Bahkan, agak oot, di american kenpo pun punya gaya sendiri juga yang kental dengan gaya karatenya.

Meski demikian sebenarnya ada benang merah gerakan dasar yang universal , yaitu flipping dan kait, karena itu memang ciri khas dari kerambit. Sedangkan gerakan gerakan asesori lainnya saya pikir akan tergantung pada latar belakang MA pemainnya. Contoh begini, Mungkin kalau Morehei Oeisiba di kasih kerambit gitu maka keluarnya ya kerambit gaya aikido, Atau bruce lee di kasih kerambit gitu keluarnya Jeetkunedo kerambit, nah kalau bang Husin di kasih kerambit keluarnya............. ya kerambit seliwa

Rey Dionaldo juga sangat kental memakai tehnik suliwa sunda, saat mainan kerambit. Bahkan saya katakan inilah ciri khas mainan Rey. 

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: Kerambit
« Reply #123 on: 15/12/2009 11:54 »
Weit ude lame gak kesentuh nih pembahasan eni lagi...

Mas Serunia ane dolo liat aplikasi "jab alike" entu nyang divideo dipraktekin ame bule dg orange outfit ngono lah, ane lupfa aliran mana...

Kebetulan dua hari eni ane ada ngamatin video Roy Dionaldo dan gerakan itupun ada disitu. Dijelaskan saat menerangkan jangkauan kerambit tidak kalah dengan jangkauan pisau yg digenggam dg hammer grip. Kalo aliran macem Tom Kier ane malah ga dong blas!?

Marih diramein lagi, enih ade nyang seger-seger buat dinikmatin, cuma ane liatnya dimaenin di versi sunda doangan. Monggo....



wassalam
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Kerambit
« Reply #124 on: 16/12/2009 02:12 »
kerambit sungsang itu buatan Ciwidey kayaknya....sayang tidak memikirkan lintasan balik dalam memutarnya. karena dalam beberapa kejadian kerambit yang dimodifikasi dengan tambahan gerigi apabila mengenai kain tebal akan lebih mudah menyangkut dan mengurangi efektifitas peran kerambit itu sendiri.

agungsukses

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 35
  • Reputation: 100
  • Sahabat Silat
    • Diary Online?
    • Email
  • Perguruan: SILATurahim.. :)
Re: Kerambit
« Reply #125 on: 10/06/2012 19:22 »
wkt kumpul2 sama pendekar2 di jakarta, liat salah seorang pendekar mainin nih kerambit.. Jd tertarik punya dan bisa main jg..
Silat sunda yang mainin kerambit apa ya?

Bahan renungan bagi pendekar yg bisa main kerambit, tp tak mau mengajarkannya pada generasi muda bangsa karena alasan berbahaya:
Bukan maksud utk sok atau apa2.. Kerambit adalah senjata tradisional asli kita, mestinya kita lestarikan dengan cara memiliki dan mampu menggunakannya dan mengajarkannya pada generasi muda.. Jika ada org yg bisa memainkan tp tdk mau mengajarkan dgn alasan berbahaya, menurut sy itu kurang masuk akal.. Karena, kalau niat utk mencelakakan org, ga harus pakai kerambit, pakai pisau dapur aja bisa.. Ironis nantinya, apabila di masa depan, kita mengklaim bhw kerambit adalah senjata asli kita yg kita simpan di museum2 - sampai berkarat, namun kita tak bisa menggunakannya/memainkannya.. Malah bangsa lain yg bs memainkannya, lalu dengan alasan apa kita mengklaim itu adalah senjata kita??
Alangkah baiknya kita meniru bangsa Jepang yg bangga dengan budayanya dan selalu melestarikannya (contoh: samurai)..
"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, ...."

"If you do good, you will do good for your own souls, and if you do evil, it shall be for them..."

(Al-Quran, Surah Al-Isra (7))

 

Powered by EzPortal