+-

Video Silat


Jambore Pencak Silat, Setia Hati performance - se
Tjimande Tarikolot Kebon Djeruk Hilir
Silek Kumango
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
ICE 2009, workshop silek harimau
Festival Silat Kampung Jampang - Satria Muda
ICE 2009 performance silat sibunder (aplikasi)
Pencak Silat Mendunia - Metro Siang 10.02
GGBD - Demo/Aplikasi #1

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Kerambit  (Read 60426 times)

sabeni_kei

  • Guest
Re: Kerambit
« Reply #15 on: 08/02/2008 09:38 »
Thx, info yang sangat menarik, [top]

tapi ada beberapa pertanyaan,
kerambit, korambit atau nama lain lawi ayam dll, asalnya kalo ga salah dari sumatra, khusunya sumatra barat ...
Tapi kenapa alat ini lebih di seluruh dunia dikenal nya di negara tetangga, spt malay, filipin ... bgm perjalananya?
ada ga orang sumatra sendiri, pesilatnya yang masih menggunakan "KERAMBUI" ini ... mohon info

ayo dong orang "SUMATRA", tempat asalnya kerambit...promosiin dong...  masa kalah sih sama negara tetangga  :'(





one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Kerambit
« Reply #16 on: 08/02/2008 13:26 »
lawi ayam atau taji adalah pisau yang memiliki kesamaan fungsi dengan kerambit, lawi ayam dari Malaysia.

masboleng

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
Re: Kerambit
« Reply #17 on: 18/02/2008 09:50 »
mau bagi2 pengetahuan nih, berdasarkan senjata yg saya pelajari di Persaudaraan saya, itu di namakan "KERAMBIK", atau biasa kami menyebutnya "RAMBIK".
dan menurut yg saya pelajari memang itu merupakan peninggalan nenek moyang kita dari seni senjata dari tanah sumatra, atau mungkin dari dari jawa barat, karena Persaudaraan saya merupakan himpunan seni beladiri dari seluruh nusantara, kami tidak mengklaim kalau itu adalah warisan dari pendiri Persaudaraan kami, sebab kami tahu sejarah latar belakang dari Persaudaraan kami, yaitu dihimpun dari seni pencak silat seluruh nusantara.
(mohon maaf jika saya tidak memperkenalkan diri dari Persaudaraan Pencak Silat mana, karena saya tidak ingin ada salah paham.)
« Last Edit: 18/02/2008 09:57 by masboleng »

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Kerambit
« Reply #18 on: 18/02/2008 12:05 »
waduh misterius juga mas ini....selamat bergabung  [top]

salam

one

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #19 on: 10/03/2008 20:28 »
Salam buat semuanyah, dan thx sudah meramaikan thread ini...

ngomong2, ada ga yang tau ttg jurus2 kerambit?

salam

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Kerambit
« Reply #20 on: 10/03/2008 20:34 »
salam

mas hart.. sy pernah lihat anak cimande main ginian waktu shooting fightquest Discovery Channel edisi silat

salam hangat
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #21 on: 10/03/2008 20:54 »
salam Mas Sunan
nah ini menarik, berarti di jabar ada kerambit klo begitu?

atau kita sekarang terlalu sulit untuk trace kalau masa ini, karena bagaimanapun juga perkembangan komunikasi dan media yang begitu pesat hingga kebudayaan saat ini jadi berbaur dan saling asimilasi?

btw, kerambit itu deket banget dg kepalan, bagaimanapun juga bisa dipakai dengan teknik2 tangan kosong...

pernah saya melihat kerambit milik teman pinoy, di bagian ujung lobang (index ring) dikasih penajaman, jadi ada bentuk dua arah sisi runcing, dibawah lengkung kerambit, dan didepan seperti kita memegang kuku bima.

tetapi saya pribadi kurang cocok dengan bentuk tersebut karena:
1. mengurangi kelincahan jangkauan kerambit itu sendiri karena kerambitnyah sendiri jadi statis di tangan tidak bisa diputar, untuk menjangkau lebih jauh...
2. kalau tangan di tangkis, kemungkinan ujung tajam yang diatas malah bisa melukai diri sendiri.

salam
« Last Edit: 10/03/2008 21:19 by HartCone »

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Kerambit
« Reply #22 on: 10/03/2008 21:17 »
...(mohon maaf jika saya tidak memperkenalkan diri dari Persaudaraan Pencak Silat mana, karena saya tidak ingin ada salah paham.)

Salam Persaodaraan, 

Salah Paham, Mas Boleng? Emangnya paham apa? Maoisme ato Leninisme? Klo itu memang sudah terbukti salah. Kalo sekedar Persaodaraan Setia Hati, gak ada di sini yang nganggep itu salah paham atopun paham yang salah. Mau Terate kek, mo Winongo kek, semuanya cucu Eyang Suro yang juga milik bangsa Endonesa semuanya, bukan hanya milik pesilat.

Balik soal kerambit. Di Bali ada Kerambitan, dan denger punya tanya, kerambit di sana juga berarti taji ayam. Kalo salah, mohon dikoreksi.

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #23 on: 10/03/2008 21:26 »
salam mas Bram

dibali juga ada? wah ternyata kerambit ini ada dimana2...
secara bentuk juga sama mas dg yang di sumatra?

di thread lain saya baca kerambit dan kuku macan jadi maenan sehari2 kang One, mohon di share kang One...

salam


one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Kerambit
« Reply #24 on: 10/03/2008 21:29 »
sebenarnya Cimande tak jurus Kerambit. Tapi senjata apapun bisa menjadi kepanjangan tangan dari seorang pesilat.

salam

one

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #25 on: 10/03/2008 22:05 »
Salam Kang Iwan
Trimakasih buat informasinya, bener memang segala bentuk senjata bisa menjadi perpanjangan tangan setiap pesilat.

satu hal mungkin yang menjadi catatan, memegang senjata sendiripun membutuhkan satu pelatihan khusus, bagaimanapun juga senjata apa lagi senjata tajam membutuhkan satu koordinasi gerak yang lebih terbatas dari tangan kosong (atau lebih tepat ditulis: senjata membatasi gerak karena ada aturan teknik tersendiri) jadi mau ga mau kalau ingin mahir dalam penggunaan senjata ya harus latihan...

mohon diloreksi bila salah...

salam

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Kerambit
« Reply #26 on: 10/03/2008 22:10 »
mohon diloreksi bila salah...
Mas HartCone,
Nih saya koreksi: yang bener itu "mohon dikoreksi bila salah..."  ;D

Salam...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Kerambit
« Reply #27 on: 10/03/2008 22:19 »
Ikut Nimbrung Ah....

Setau ane, bukan senjata aje yg jadi kepanjangan tangan seorang pesilat...benda2 disekitar yang jelas2 bukan senjata juga merupakan kepanjangan tangan seorang pesilat.
Bagi saya kertas yang lembek/lemas bisa dijadikan kepanjangan tangan seorang pesilat...kalo bisa digunakan dan tepat sasaran...(ke Biji Mata misalnya)...

Segitu kali ye....

Tabik, Jali.
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Kerambit
« Reply #28 on: 10/03/2008 22:36 »
salam mas Bram

dibali juga ada? wah ternyata kerambit ini ada dimana2...
secara bentuk juga sama mas dg yang di sumatra?

di thread lain saya baca kerambit dan kuku macan jadi maenan sehari2 kang One, mohon di share kang One...

salam


Salam kembali Mas HartCone,

Di Bali, Kerambitan itu nama tempat, nama puri. Sedangkan seingat saya, arti kerambit di sana adalah taji ayam (ini saya nanya-nanya lebih 15 tahun yang lalu, dan mungkin saya salah tampa lho) ... Taji ayam aduan itu lho, bentuknya sama tetapi lebih kecil dari kerambit Sumatra yang konon semula alat congkel kelapa.

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Kerambit
« Reply #29 on: 10/03/2008 22:40 »
....Bagi saya kertas yang lembek/lemas bisa dijadikan kepanjangan tangan seorang pesilat...kalo bisa digunakan dan tepat sasaran...(ke Biji Mata misalnya)...

Segitu kali ye....

Tabik, Jali.

Kang tisu buat cebok mah kagak bisa saya pake kalo kagak ade gulungannye...kagak bikin sakit, paling kelilipan doang...

di Bali memang ada, sama dengan di Lombok

salam,

one

 

Powered by EzPortal