+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Kerambit  (Read 65786 times)

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Kerambit
« on: 05/02/2008 08:58 »
mungkin banyak yang ga begitu familier dengan senjata ini...
Kerambit adalah asli sumatra, dan ada bentukan yang mirip dengan kerambit ini di wilayah jawa barat dengan sebutan kujang (kujang ada banyak bentuk dan penamaannyah silahkan dibahas terpisah, atau mungkin sudah ada bahasan ttg ini)
selain wilayah indonesia karena penyebaran budaya, asia tenggara juga berhak mengklain ini sebagai senjata tradisional mereka...
dalam dunia barat terutama amerika, kerambit merupakan satu senjata favorit yang dikembangkan oleh beberapa perguruan...
Steve Tarani mempunyai basic kerambit dari Silat Sunda, sedangkan Sayoc Kali mempuyai basic kerambit dari FMA (Filipino Martial Arts), dalam Silat Melayu kerambit terkenal di kenalkan ke dunia oleh Silat Gayong...


my collections: kerambit - kiri, kuku bima - kanan


my own kerambit desain


my other colection


cara pegang standart


classic kerambit

Di Indonesia sendiri Kerambit di pakai oleh Silat Sumatra kalau ga salah dikenal dengan sebutan korambit atau kerambui (mohon dikoreksi)

Dibeberapa daerah Jawa Timur ada satu bentukan pisau (saya ga sebut sebagi senjata karena digunakan untuk keperluan rumah tangga dan pertanian) yang dipakai untuk menyerut bambu yang digunakan untuk dijadikan kipas, atau sebagai pengulit kelapa, analisa saya kelapa ada bahasa jawa disebut kerambil, dan senjata ini fungsi awalnyah untuk itu (mohon dikoreksi lagi).

Kelebihan dari Kerambit adalah:
-bentuknyah kecil dan mudah disembunyikan
-sulit untuk di dissarm atau dilucuti dalam pertarungan
-jarak bisa berubah tanpa ada gerakan footwork atau merubah langkah
-bisa untuk dua serangan dalam satu gerakan tangan
-lebih membuat robekan besar untuk gerakan2 tarikan
-serangan cepat dengan pegangan standart secara pukulan jab

mohon tambahan dan koreksi dari temen2 yang lain...
trimakasih

salam

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Kerambit
« Reply #1 on: 05/02/2008 09:30 »
salam..

keren.. kerambitnya.. sekilas mirip kuku pancanaka nya bima ya..  ;D

mantap  [top]
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #2 on: 05/02/2008 09:41 »
trimakasih...
btw karena bentuknyah yang demikian dan serasa "lengket" ditangan, ini kermbit bisa dipake benjang atau ground fighting...  ::)

salam

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Kerambit
« Reply #3 on: 05/02/2008 10:07 »
hmmh.. ic..

mas.. belinya dmn? seriusan tertarik pgn punya nih.. buat koleksi dan bawaan harian.. asik kaya nya.. untuk mainan teknik harimau sama mliwisan

salam
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #4 on: 05/02/2008 10:10 »
kayaknyah bung Nagapasa punyah temen yang bisa bikin...
kalau koleksi saya semua bikinan lokal blitar mas

salam

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Kerambit
« Reply #5 on: 05/02/2008 10:17 »
@mas hartcone
wah.. terima kasih infonya..

@kang nagapasa..
kang.. yang di bandung ada ga ya?

salam
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #6 on: 06/02/2008 15:21 »
sama2 mas...

mana nih kang Naga blom masuk di thread ini?
saya pernah lihat foto Ki Sawung juga memegang kerambit, btw Ki Sawung jarang ngeforum nih?

salam

Elang

  • Guest
Re: Kerambit
« Reply #7 on: 06/02/2008 17:20 »
[quote removed
Kisawung skr memang jarang ngeforum lagi yaaa, sibuk dengan ehem ehem....
« Last Edit: 06/02/2008 23:30 by EricB »

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Kerambit
« Reply #8 on: 07/02/2008 00:10 »
mungkin banyak yang ga begitu familier dengan senjata ini...
Kerambit adalah asli sumatra, dan ada bentukan yang mirip dengan kerambit ini di wilayah jawa barat dengan sebutan kujang (kujang ada banyak bentuk dan penamaannyah silahkan dibahas terpisah, atau mungkin sudah ada bahasan ttg ini)
...

setahu saya kerambit berbeda dengan kujang...kerambit adalah senjata dengan pola serang mengiris, menusuk dan merobek sementara kujang bisa memotong seperti halnya golok. Pada serangan ke tangan lawan senjata ini "hanya" mengiris, memotong dan menusuk namun tak bisa mematahkan atau memotong tulang lawan. pola yang sama didapat pada senjata kuku elang atau kuku macan kecil, taji dan pada silat Melayu, Lawi Ayam.... ini termasuk pada kategori senjata pendek. Sementara golok dan kujang senjata tajam bisa masuk ke ukuran menengah (tapi tergantung ukurannya ;D).

Dalam silat Sunda senjata ini setahu saya tidak dikenal, namun pada prakteknya karena penggunaannya memiliki 3 pola tersebut maka penggunaannya tak berbeda dengan pisau hanya adanya perputaran pada jari tangan....

Benjang mungkin akan jauh lebih "wah" kalau pake senjata ini...tapi sayang tidak.

Muasal penggunaan adalah untuk mencungkil kelapa, meski didaerah Tatar Pasundan (juga Jawa) alat seperti ini ada dan mirip namun sampai saat ini penggunaan untuk senjata silat belum saya tahu. Berbeda dengan di silat Sumatra, beberapa aliran memang menggunakan alat ini sebagai senjata. Kalo gak salah nama di sana Kurambi atau kurambit dan kerambit...sekian dulu...siahken nyang lain....

Kerambitnya kerennn.... [top] Mas!!

salam,

one
BBM
1/2 Sunda 1/2 Padang

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Kerambit
« Reply #9 on: 07/02/2008 06:03 »
...buat koleksi dan bawaan harian...
Salam Bunga Sepasang,
Buat koleksi boleh... tapi buat dibawa-bawa sehari-hari, lebih baik jangan! Menurut teman saya yang dosen hukum UI, di Indonesia dilarang membawa senjata tajam kecuali dikarenakan pekerjaannya (misalnya chef bawa pisau dapur, itu ga papa). Sekedar bawa senjata tajam saja sudah bisa membuat kita mendekam di hotel prodeo.

Dulu sebelum saya tahu hal ini, ke mana-mana saya menyelipkan pisau lipat Benchmade. Sekarang, saya bawa bolpen berujung logam dan tasbih dari galih kelor. Kalo ini aman...

Salam...

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #10 on: 07/02/2008 11:17 »
@Mas One

Salam
memang kujang beda dengan kerambit. karena dari nama udah beda... ::)
tapi disini yang saya amati adalah bentuk lengkungan yang secara fisik...
kujang sendiri terdapat dua kelas, yaitu kujang kulon/kujang lelaki dan kujang wetan/kujang perempuan...

berdasarkan Buku Esikopedia Keris oleh Bpk Bambang Harsrinuksmo
kujang lelaki bentuknyah lebih ramping dan lebih pendek dibanding dengan kujang perempuan, mungkin dalam hal ini yang anda anggap dalam kelas golok adalah kujang perempuan, tapi secara fisik kalau saya amati beda jauh dengan golok yang jauh lebih berat dan lebih kekar sebagai kelas pedang sabet pendek...
kalau boleh saya kelaskan, kujang adalah kelas pisau...

dan karena kedua senjata tersebut dalam anggapan saya adalah termasuk kelas pisau, dalam pemakaiannya banyak prinsip2 pisau yang bisa dipakai...
maaf ini pemahaman nubi...

satu hal yang menjadi salah kaprah dalam dunia barat, wehehehe saya terlalu berani mengatakannyah...  :P
banyak yang anggap kujang itu identik dengan kerambit, yah memang secara bentuk agak2 mirip untuk kujang lelaki, dan mungkin mereka menganggap sumatra itu deket dengan sunda kalii yahh...  :-\
ini perlu banget di luruskan...

tentang lawi ayam, kuku bima, taji, kuku elang, kuku macan kecil, kalau boleh tau, dari daerah mana asal masing2 senjata2 tersebut...

trimakasih buat masukannya, kalau pendapat saya salah tolong diluruskan....  [top]

salam

*btw, GRP dulu buat mas One  :)
« Last Edit: 07/02/2008 12:10 by HartCone »

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #11 on: 07/02/2008 11:26 »
@Laskar-Pelangi
salam bro...

@dsbasuki
membawa sajam untuk diluaran, sama ajah dengan cari perkara...
klo tetahuan polisi, wehh hukumnyah ga enak...
sangat setuju dengan senjata2 alternatif, seperti yang anda sebutkan...
kalau saya lebih suka pake tongkat sejengkal, bahasa jepangnyah "yawara" atau "kubotan" dan dalam bahasa FMA adalah "dulo2" atau "tabak maliit"

secara praktek, kalau kita mau jeli, banyak senjata yang ada di sekeliling kita yang nantinyah bisa dipakai dalam keadaan terdesak...

salam

Senopati

  • Guest
Re: Kerambit
« Reply #12 on: 07/02/2008 19:54 »

@dsbasuki
membawa sajam untuk diluaran, sama ajah dengan cari perkara...
klo tetahuan polisi, wehh hukumnyah ga enak...
sangat setuju dengan senjata2 alternatif, seperti yang anda sebutkan...
kalau saya lebih suka pake tongkat sejengkal, bahasa jepangnyah "yawara" atau "kubotan" dan dalam bahasa FMA adalah "dulo2" atau "tabak maliit"

secara praktek, kalau kita mau jeli, banyak senjata yang ada di sekeliling kita yang nantinyah bisa dipakai dalam keadaan terdesak...

salam
Ikutan mas, ini topik yang menarik.
Kubotan, Dulo-dulo ditempatku namanya Sekilan dan Kerambit adalah senjata yang masuk kurikulum.
Betul banyak yang ada disekeliling kita bisa dipakai sebagai senjata misal topi, dompet, majalah, botol, jacket dll.

Mas dibandingkan dengan Kujang saya kira Kerambit malahan lebih dekat ke Celurit, baik bentuk maupun lintasannya (kalau salah mohon dibetulkan) 
Satu pertanyaan mas:
Foto Kerambit sampeyan yang nomer 3 dari atas yang tangkainya dengan kayu sono keling (?) mirip punya Tuhon R.Dionaldo, betul mas ?

Salam
 

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #13 on: 07/02/2008 22:21 »
@Senopati
Salam Mas Senopati...
wah menarik nih, apalagi ada kurikulum kerambitnyah...
kalau boleh mohon di share disini mas, sangat diharapkan nih...

sekilan = sejengkal?
bisa dibuka tread baru mengenai aplikasi senjata ini mas, yang pada akhirnyah dalam keseharian nanti bisa di ganti dengan pensil, ballpoint dll.

kembali tentang kerambit....
kerambit memang secara bentuk mirip clurit, dan begitu banyak gerakan "slashing" atau menyayat, tapi dalam bentuk yang relatif kecil tersebut bisa dipakai dalam serangan2 linier berupa semacam "jab", dan ini bisa dilakukan dengan secara cepat sekali, hingga sulit untuk di blocking.

bentuk clurit secara normal lebih dipakai dalam aplikasi "hammer grip". walaupun saya pernah menyaksikan ada seorang teman yang begitu mahir dalam aplikasi "ice-pick grip", sedangkan kerambit kebalikannyah, tapi tetep juga bisa dibolak-balik cara memakainyah...

semua itu hanyalah pandangan saya lho ::)

tentang kerambit yang ada kayunyah, saya nembak bentuk JKD   x-))

salam




HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Kerambit
« Reply #14 on: 07/02/2008 22:29 »
maaf diatas saya banyak pake istilah asing, karena kayaknyah dalam istilah indonesia belum baku tentang penamaan cara memegang pisau...

untuk melihat gambar silahkan menuju link ini:
Istilah Cara Memegang Pisau Dalam Knife Fighting (Grips)

mungkin saya kurang pengetahuan, bagi yang tau secara baku saya mohon info untuk hal tersebut...

salam


 

Powered by EzPortal