+-

Video Silat


Perguruan Silat Cingkrik Goning Tb. Bambang Practi
Bakti Negara, Perguruan Silat Khas Bali
Beksi, Peragaan Jurus #01
Peragaan Jurus Cikalong
bandrong on action #4
ICE 2009 performance silat sibunder (bang nung)
Aplikasi Cikalong #03
latihan rutin
Final Pencak Silat Sea Games XXVI Kategori ganda P

Shoutbox

12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
10/01/2014 22:16 arip: tessss..... happy new year.. ada event apa ini dunia persilatan tahun ini? :D
28/08/2013 13:28 Bang Gagak: Assalamualaikum... bang..
View Shout History

Recent Topics

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

Asal-usul dan sejarah silat BEKSI betawi by devil
13/06/2014 23:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
13/06/2014 23:37

PPS Betako Merpati Putih by mpcrb
23/05/2014 22:15

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by Jenggot Perak
23/05/2014 20:18

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Panahan  (Read 5051 times)

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Panahan
« on: 01/12/2008 10:52 »
Di forum silat.tv ada discusi tentang panahan di dalam silat. Pembuka pembahasan di sana mempelajari sialat Malaysia dan belakangan tertarik mencari / menelusuri panahan di dalam silat. Kita tau bahwa senjata panah memang digunakan di Indonesia, tetapi setahu saya sampai saat ini tidak lazim ditemui di silat. Meski demikian, saya pernah melihat pasukan bersenjata panah di foto-foto zaman Rekiblik, dan juga di Yogyakarta sampai tahun 80-an saat saya sekolah di sana, di lapangan Kolombo yang sekarang jadi hotel berbintang, setidaknya seminggu sekali ada latihan panahan tradisional.

Panahan tradisional yang sering saya lihat dahulu itu, dilatih dari posisi duduk bersila di tanah, dengan sasaran berbentuk seperti buah pepaya yang panjang, dibantung pada tali, dengan jarak mungkin sekitar 50-100 meter. Menarik busur dengan posisi busur horisontal terhadap tanah, jadi beda dengan panahan Barat atau panah Endhonesya Timur yang panjang, yang ditarik dalam posisi panah tegak lurus terhadap tanah.

Saya juga baru baca mengenai Genghis Khan dan Kublai Khan, yang katanya punya panah haibat. Panah composite, terbuat dari kayu dan tanduk, pendek saja dan dapat digunakan sambil berkuda. Kita tau, bahwa pasukan Kublai Khan datang menggempur Singasari namun berakhir kocar-kacir ditipu Raden Wijaya yang mendirikan Wilwatikta atawa Majapahit. Kita juga tau bahwa beberapa pasukan Kublai Khan terdiri dari orang-orang Korea, termasuk kavalerinya. Sisa peranakan kuda-kuda pasukan Korea itu masih ada sampai sekarang dan di kalangan perkudaan Jawa dikenal sebagai Kuda Kore ( maksudnya, mungkin, kuda Korea).

Deskripsi panah dan busur pasukan Kublai Khan itu mirip dengan gendewa yang ada di Museum Radyapustaka Solo. Saya melihat di sana panahnay juga pendek, dan katanya terbuat dari kayu walikukun. Namun saya merasa aneh kenapa tidak banyak dikenal panah di dalam silat.

mohon bagi para juragan yang banyak mengetahui tentang panahan tradisional dan hubungannya dengan silat, memberikan uraian.

Salam hangat,
Bram

 
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Panahan
« Reply #1 on: 01/12/2008 11:24 »
Panahan tradisional yang saya ketahui masih ada dan dijadikan lomba/festival, khususnya di daerah Jateng, Jabar dan Banten.

Di daerah Surakarta (Solo) Jateng, panahan tradisional biasanya diadakan di Alun-Alun Kasunanan Surakarta dengan memakai beskapan . Lomba panahan tradisional ini digelar untuk mengingat sejarah kejayaan para kesatria pada jaman Kerajaan Mataram. Seluruh peserta menggunakan seragam kebesaran. Peserta pria menggunakan beskap lengkap atau seragam prajurit keraton, sedangkan peserta perempuan menggunakan kebaya. Berbeda dengan lomba panahan pada umumnya, lomba panahan tradisional ini tidak ada klasifikasi kelas. Namun ketepatan sasaran tetap menjadi penilaian utama. Sasarannya adalah orang - orangan yang ukuran hanya sebesar buah pisang, serta harus memanah dengan tepat pada jarak 100 meter.

Di daerah Sumedang. Jabar, biasanya panahan tradisional diadakan untuk merayakan bulan Haji (Dzulhijjah). Maksud dari panahan tradisional ini secara filosofis adalah membidik angkara murka yang bersemayam dalam diri manusia. Prosesi panahan tradisional ini dimulai dengan penyerahan panahan kabuyutan yang merupakan peninggalan dari leluhur Sumedang Larang.

Meskipun begitu tak ada korelasi yang jelas antara panahan dan silat, walaupun para pemanah tersebut menguasai silat.
Mohon dikoreksi kalau keliru.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Panahan
« Reply #2 on: 01/12/2008 12:34 »
Guru Besar saya adalah pemanah yang tangguh, almarhum RMS SOEBANDIMAN DIRDJOATMODJO.
mungkin mas Hidup juga tahu.

percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Sabrang kidul

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 98
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Panahan
« Reply #3 on: 01/12/2008 15:19 »
Salah satu Srikandi Indonesia yang mempersembahkan medali pertama (perak) untuk bangsa pada Olympiade Seoul yaitu mbak Lilis Handayani juga merupakan keluarga besar Perguruan Silat yang sama seperti yang disebut mbak PT.

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Panahan
« Reply #4 on: 01/12/2008 17:39 »
ya..ayahnya mbak Lilies adalah salah seorang pendekar yang juga kesayangan guru besar, dan ilmu panahannya diturunkan kepada beliau sepertinya.

Silat dan panahan jelas ada hubungannya dong, terutama rasa,konsentrasi dan juga sasaran.

Saya menekuni DART aja, ha.ha.ha.
Makanya kalo ikutan mainan nembak balon pakai paku di bazaar selalu pulang bawa boneka (hadiahnya).

Thanks mas sabrang Kidul
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Panahan
« Reply #5 on: 01/12/2008 19:49 »
btw... soal latihan panahan ini, bagus sekali untuk kekuatan bahu..
sempat ikutan latihannya tim pelatda (ngikut latihan doang bukan jadi atlit  :D )  karena emang susah nyari klub nya di bandung
sayang waktu itu tidak diperbolehkan dulu buat latihan, soalnya baru kecelakaan patah bahu, kesan yg mendalam dari latihan panahan.. beratnyaaa itu loh.. apalagi kalo latihan tanpa panah, mana jari2 sakit bener nahan tali, talinya ga boleh di lepas gitu aja karena bisa mematahkan busur.. mantap lah..
nanti cari2 dulu buku fotokopian tentang teknik dan aturan panahan, waktu ikut latihan di bekelin itu sama pelatih pelatda nya, kalo ketemu nanti di pdf kan dan di upload kesini
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Panahan
« Reply #6 on: 02/12/2008 20:42 »
wah betul juga mas Sunan,
jadi inget melatih kekuatan bahu, suruh narik beton yang di gantung .. jadul kan belon ada fitnes segala macem....

percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Panahan
« Reply #7 on: 03/12/2008 12:27 »
Mbak PT, masak latihan panahan harus latihan dulu narik beton yang digantung?
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Panahan
« Reply #8 on: 03/12/2008 12:56 »
bukan saya hanya ingat saja jaman dulu untuk melatih bahu dan otot lengan, pernah di suruh narik beton yang di gantung. Dan juga bahu/pundak saya dengan posisi kuda-kuda di tumpangin pasir(di karungi) oleh bapak saya. Makanya kalo ketemu saya hati-hati ya? jangan kaget dan lari ya..?

tapi bisa juga latihan itu untuk kekuatan narik snarnya...
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

iqbal khan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 124
  • Reputation: 1
Re: Panahan
« Reply #9 on: 03/12/2008 16:12 »
mbak PT asli soeroboyo?

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Panahan
« Reply #10 on: 03/12/2008 16:16 »
Bukankah panah adalah salah satu senjata dalam martial arts ?

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Panahan
« Reply #11 on: 03/12/2008 16:33 »
mbak PT asli soeroboyo?

uaasliiii arek suroboyooo cak
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Panahan
« Reply #12 on: 03/12/2008 19:35 »
back to topic..
hubungan panah dengan silat..

kalo dilihat.. penggunaan panah tersebar luas hampir  di suluruh dunia .. di arab eropa.. bahkan sampai ke.. papua.. yg notabene penduduknya masih sering menggunakan panah dalam keseharian..

yang saya heran.. kenapa panah menyebar luas sampai ke papua.. tapi kok , ga pernah denger silat papua ya? dan peradabannya itu.. kok sampai abad segini masih begitu2 juga? padahal majapahit dengan armada silatnya yg sakti bisa meninggalkan jejak2 persilatan yang nyata.. bahkan sampai filipina katanya.. lah di papua cuma panah aja yg mirip dengan peradaban lain..

apa ada yg pernah denger silat asli papua? (yg masih sering perang antar suku dengan panah dan senjata tajam beneran)

sy tertarik dengan teknik memanah indonesia timur yg kata mas bram pegangannya horisontal.. apa akurasinya lebih tinggi ya?
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Panahan
« Reply #13 on: 03/12/2008 19:46 »
Setahu saya tidak benar-benar horizontal, namun miring. Untuk di tanah Jawa, kebanyakan dilakukan dengan duduk. Sedangkan di Irian sambil berdiri bahkan berlari.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Sabrang kidul

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 98
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Panahan
« Reply #14 on: 03/12/2008 20:03 »
back to topic..
hubungan panah dengan silat..

-----

apa ada yg pernah denger silat asli papua? (yg masih sering perang antar suku dengan panah dan senjata tajam beneran)

sy tertarik dengan teknik memanah indonesia timur yg kata mas bram pegangannya horisontal.. apa akurasinya lebih tinggi ya?

Perang tradisional dengan kapak tombak dan panah pasti membutuhkan ilmu beladiri kan..? apapun namanya.
Jadi ya mungkin itulah 'silat' tradisional mereka. Nothing wrong with that.

Oh ya setahu saya dari berabad-abad yang lalu, Papua bagian pesisir juga sudah banyak ditinggali orang-orang dari Maluku, Sulawesi bahkan sampai keturunan Cina (di Serui) dan Arab (Fak-fak). Besar kemungkinan  mereka juga  membawa beladiri masing-masing.

Soal panah, saya pernah dengar cerita saat Obahorok kepala suku Dani diundang ke Jakarta oleh Pak Harto. Saat senggang beliau dibawa melihat pelatnas panahan di Senayan. 
Saat ditanya bagaimana pendapatnya tentang para pemanah nasional tersebut, beliau bilang yang intinya 'Wah anak buah saya yang paling bodoh masih lebih pandai memanah ketimbang mereka'.

Entah ini cerita betul atau tidak, saya dengarnya juga waktu masih kecil.....

Lam dari selatan
O'

 

Powered by EzPortal