+-

Video Silat


Pamur Tunggal Putri
Maenpo peupeuhan.. IMTV
Festival Silat Tradisional Banten
Silat Tradisional Identitas Bangsa yg Terlupakan
GGBD - Salancar #1
Harimau Krambit from Mande Muda
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Goning
Festival Pencak Silat 2008 - Jabar Putri
introduksi Gerak Gulung Budi Daya

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: para master bantuin dunk..... pengen belajar tenaga dalam  (Read 15396 times)

bluebex

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 123
  • Reputation: 9
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: TD
wah sy juga msh belajar ... kyknya yg lain bisa menjelaskan ... ?

klo menurut saia yg cupu ... Rasa itu lebih ke merasakan ... apakah itu gerakan ... nafas ... atau aliran tenaga ...dll

caranya konsentrasi kedalam tubuh bagi yg mengolah TD ... mengamati setiap perkembangan ... apa yg terjadi didalam tubuh ... pergerakan energinya ... bagaimana efek yg terjadi terhadap gerakan tertentu dgn nafas ... wah banyak sekali ...

catet setiap perkembangan ... itu bisa menjadi motivasi kita ... ngak usah yg muluk2 ... target tahan penyakit aja dulu deh ... biar sehat ... kemampuan yg lain mah nanti dateng sendiri klo belajarnya bener ...

klo di HI perkembangan TD selalu dipantau lwt pemecahan benda keras ... klo di itung2 menurut saia  ... 1 kikir itu org normal juga bisa matahin ... 2 kikir org normal yg tau teknik ... 2 kikir rapat sdh masuk kec. & TD ... nah kesanany perbedaannya hanya rapat & renggang ... & semakin mahal karena kikirnya byk ...  :'(

jadi keliatankan sampai mana perkembangan kita ...

neh ... tontonan lain hasil lat. TD ...
http://dickyzainal.multiply.com/video/item/5/BATU_DI_KEPALA.MPG_Body_Armour_
lumayan pusing ...

klo ingin merasakan organ tubuh brarti hrs bljr rasa dulu ...

Kreezna

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 15
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Mas bluebex makasih ya infonya. Bermanfaat bngt nich.. Jdi bisa qt pantau dngan memechkan benda keras?? Siph pokoknya.. Mw nanya lge nich, kata saudara saya bila salah dalam pernafasan TD bsa jdi muntah darah. Betul g maz?

bluebex

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 123
  • Reputation: 9
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: TD
Muntah darah salah dalam berlatih TD tergantung berapa besar TD yg dimilikinya ... klo TDnya biasa2 aja seh paling mual2, klo ngak rasa nyeri dibagian nafas yg dilatih ... lain halnya klo yg TDnya tinggi yg butuh ekstra konsentrasi ... salah sedikit bs brabe ... Tp biasanya konsentrasinya berbanding lurus sm TD nya ... krn sudah terbiasa kali ya ...  :P

bisa juga dalam latihan fisik ... misalnya belajar tarung ... klo loss control  bisa mengakibatkan terluka dalam & muntah darah bagi yg terkena ...

krn memang dlm perguruan TD diajarkan 2 type penyaluran TD dgn 2 level yg berbeda ...
1. dgn konsentrasi
2. dgn tanpa konsentrasi ... bisa dilihat dr cara pemecahan benda2 keras ...

type pertama dgn konsentrasi ... biasanya dia berada didepan benda yg ada didepannya sambil menghimpun tenaga
type ke 2 tanpa konsentrasi ... biasanya orgnya berjalan / berlari ke target dlm pemecahan ...

type yg kedua inilah yg paling berbahaya dlm lat. bertarung klo tdk bisa mengontrol aliran TD nya krn terlalu bersemangat kali ya .....  x-))

FAJAR FIGHTER

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
  • +6281322940999
    • Email
  • Perguruan: PAGURON PENCAK SILAT MANDE MUDA
ikutan posting ya.... :)

ini diskusi yang menarik .... [top]

Memang ... untuk orang - orang awam seperti saya, hampir tidak dapat membedakan mana yang Tenaga Dalam dan mana yang Tenaga Metafisika.

Untuk pemindahan atau menarik benda - benda padat yang saya tahu itu adalah memakai Tenaga Metafikika (aura yang dipadatkan)....

dan untuk memadatkan aura tersebut butuh energi dan konsentrasi yang cukup besar... nah disinilah peranan Tenaga Dalam, peranannya adalah untuk memadatkan memperbesar energi yang digunakan untuk  memadatkan aura tersebut.

meskipun tahap pembelajaran dalam hal Tenaga Dalam dan Tenaga Metafisika masih saya masih dangkal dan belum dapat melakukan hal yang dimaksud... cuman penjabaran TD dan TM bisa dijabarkan secara Ilmiah dan bisa dibuktikan...

Sebelum ke Benda yang akan kita pindahkan, alangkah baiknya kita mengetahui dulu kinerja dari TM dan TD dalam pemadatan aura.

Kita ambil Contoh :
Anggap Balon adalah aura kita dan kita berada di tengah - tengah balon tersebut (Inti)( Setiap Manusia mempunyai aura dan aura adalah energi metafisika)

Apabila kita berlatih tenaga dalam secara baik dan benar, maka aura kita akan bertambah kuat dan besar serta padat.

Apabila kita hanya Melatih Tenaga Metafisik saja, ibaratnya Balon yang diisi dengan udara (Besar tapi Kosong)

Apabila kita melatih tenaga dalam, itu akan secara otomatis memperbesar dan memperkuat aura kita.
dan bisa jadi permukaan balon yang elastis dan rawan bocor itu akan lebih tebal seperti halnya karet ban luar kendaraan.

Apabila kita berlatih, Perumpamaanya ibarat balon (Aura) kita seperti yang disisi dengan Air dan kalau tenaga dalam kita lebih besar lagi ibaratnya balon seperti diisi dengan Pasir atau bahkan semen, bukan hanya sekedar diisi dengan udara. dan balon tersebut bukan hanya membesar, tapi juga kulitnya menebal dan isinya memadat.

Jadi Apabila Tenaga Dalam kita sudah Bagus dan Besar, maka bukan hal yang mustahil apabila kita ingin memindahkan atau memecahkan sesuatu dengan tanpa menyentuh... karena aura kita yang sudah dipadatkan dan diperkuat dengan tenaga dalam dapat digunakan sekehendak kita.

Aura dan Tenaga adalah energi, jadi sesuai dengan hukum kekekalan energi.

Jadi menurut saya... Tenaga Dalam alangkah baiknya dilatih lebih fokus, karena itu akan berpengaruh kepada Tenaga Metafisika Juga.

dan daripada tenaga dalam kita digunakan untuk memecahkan suatu benda, lebih baik dipakai untuk pengobatan

Memecahkan suatu benda / menyakiti itu Mudah...
Yang paling sulit adalah melakukan pengobatannya ....

dan untuk hal Cedera / Trauma / Sakit yang diakibatkan oleh latihan tenaga dalam, itu memang bisa Fatal ... bahkan bisa berakibat impoten dan Mati Muda, maka dari itu... disarankan hanya memilih Satu metode latihan Pernafasan dari salah satu perguruan saja... dan ikuti aturan aturan pernafasannya secara benar.

Dan apabila kita belajar beberapa beladiri dan mungkin di semua beladiri itu diajarkan teknik pernafasan untuk tenaga dalam, alangkah baiknya dan sangat disarankan... untuk pernafasan nya anda mempergunakan salah satu teknik pernafasan dari salah satu perguruan itu.... jangan dipakai semuanya....

karena karakteristik dan metode pembangkitan tenaga dalam serta sumber dari tenaga dalam yang dibangkitkan biasanya setiap perguruan berbeda - beda.....

Jangan digabung gabungkan antara metode Pernafasan dari Perguruan yang satu dengan yang lainnya.

Dan yang tidak kalah pertingnya adalah kita harus tekun berlatih, bertahap dan hilangkan mind perception kalo latihan TD kita akan Sakti..... Mengalir saja seperti halnya air... ikuti dan kendalikanlah airnya....

tanggapan kritik, saran dan pendapat sangat saya hargai.. [top]
A2 GRAFIKA ADVERTISING - +622291735344

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih

karena karakteristik dan metode pembangkitan tenaga dalam serta sumber dari tenaga dalam yang dibangkitkan biasanya setiap perguruan berbeda - beda.....

Jangan digabung gabungkan antara metode Pernafasan dari Perguruan yang satu dengan yang lainnya.


Sangat setuju.

Janganlah mencampuradukkan teknik belajar TD dan menganggapnya sama dengan teknik olahraga biasa.

Ambillah salah satunya saja, dan tekuni dengan maksimal.

dan yang paling penting lagi, belajarlah dengan adanya bimbingan dari guru. Itu jauh lebih baik dan lebih aman karena efek kerusakan kesalahan belajar TD tidak sama dengan belajar gerak biasa (yang mungkin hanya keseleo, salah urat, atau memar, atau paling banter patah tulang).

kalo kata iklan rinso (yg sudah dimodifikasi) sih begini... "belajar TD kok coba-coba... " :) hehehe

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
mas mpcrb rasanya lbh tepat masuk ke thread seputar dunia beladiri - tenaga dalam dimari:

http://sahabatsilat.com/forum/tenaga-dalam-%28td%29/
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
mas mpcrb rasanya lbh tepat masuk ke thread seputar dunia beladiri - tenaga dalam dimari:

http://sahabatsilat.com/forum/tenaga-dalam-%28td%29/

punten kang pastorbonus, udah post juga beberapa disono. :) terima kasih atas petunjuknya...

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Arya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 25
  • Reputation: 0
    • PUSSPA Bunga Bangsa
    • Email
  • Perguruan: PD.Lindo ; SPD Kencana Kwitang ; Cimande 33 jurus ; Cikalong 13 jurus ; Syahbandar Kari Mahdi
coba liat-liat info dari web tetangga..sptnya keilmuan ini punya manfaat keselamatan tingkat tinggi dan punya manfaat lebih dari sekedar tenaga dalam..
ada yang sudah pernah coba?
web/blog nya www.energihaq.com
Pusat Informasi,Pengajaran dan Pengembangan Spiritual Indonesia
www.pijarbangsa.com

tanpa nama

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: prana sakti
untuk pernafasan.. sebenarnya kita harus pahami dulu niat kita belajar tenaga dalam.. itu yang menjadi motivasi, dan jangan sampai kita menghayal bisa ini dan itu hanya dengan sedikit pengorbanan.. ingat saja, apa yang kita buat, itu yang kita dapat..
ada beberapa cara metode pembangkitan tenaga dalam, antara lain dengan cara membuka simpul saraf tenaga yang ada di badan, atau juga melalui bantuan pihak lain..

mungkin coba yang begini saja gan.. kondisi dalam posisi duduk atau berdiri, asal tumit dan tumit bertemu, lalu tangan di tempelkan satu sama lain, tarik nafas, tahan diperut selama mungkin, minimal 1 menit, kemudian naik ke 2 menit. Selama menahan nafas jangan lupa mengingat Allah secara terus menerus (tidak ada hitungannya), kemudian pada saat menahan nafas, gosokkan kedua telapak tangan satu sama lain dengan saling di dorong, lakukan dengan timing yang tidak terlalu cepat, semoga berguna!

anolles

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 248
  • Reputation: 9
    • Email
hahahaa..... horor bahasannya....

tapi di jaman sekarang buat apa ya tenaga dalam??

bukannya tenaga ada di dalam semua.... klo di luar di patox ayam dunz... (ikutan alay)  :D :D :D
kisah sedih kidung sundayana

udin coy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 105
  • Sahabat Silat
    • Email
klu g pham2 gmn?
kan pning
mw asal bsa aj tapi g mw ltian
wjib 3 jam brenti2?
cpe deh........................   [[run2]]

udin coy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 105
  • Sahabat Silat
    • Email
mw pnter TD?
pke cheat dunkkk

skrng dah macam ny
rugi klu g d cba.................

hehehehe......... :D [lucu]

maen2 aj jng dianggap srius [top]

udin coy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 105
  • Sahabat Silat
    • Email
ltian emng ad gunanya tp.............
liat wktu brooooooooooo..............

entar bkn dpt ilmu bru
ehhh.......... mlh dpat cpek  [[capedee]] 
alias tellleeerrrrrrrrrrrr.......................... [[capedee]]
psing dech  [[sedihamat]]


 

Powered by EzPortal