+-

Video Silat


maung lugay group performance, Jambore pencak sila
persinas asad
Jambore Pencak Silat, Slempang Betawi, Beksi Kong
Ciaat - Pendekar Geulis In Action
Cingkrik Petamburan
Harimau pasaman pencak silat style
bandrong on action #2
Jurus Dasar Cimande - sitting
Ngudi Waluyo Cup Maret 2010

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat  (Read 13092 times)

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 28
  • Posts: 411
  • Reputation: 73
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #15 on: 28/01/2011 18:04 »
@ Kang Bayu......khusus  silat tradisional maenpo Cikalong.....tidak terkendala mutlak oleh  :

1. Usia
2. Kecepatan
3. Kekuatan.

f4iz

  • Guest
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #16 on: 28/01/2011 19:30 »
Salam,
Banyak yang mengatakan ke-3 unsur yg disebutkan Udah Bayu faktor yg penting untuk memdapatkan efek dan hasil yang maksimal dalam beladiri.
1. Ketepatan: dari teknik
2. Kecepatan: dari gerakan
3. Kekuatan: dari fisik dan mental

Tetapi saya juga mendengar beberapa orang yang mengatakan ke-3 faktor tsb. tidak mutlak. Mungkin spt. Aki Sija mengatakan ttg. Maenpo Cikalong. 
Kecepatan dan kekuatan dipengaruhi faktor fisik dan usia.
Bisa jadi dipengaruhi oleh umur ato fisik sehingga kecepatan dan kekuatan berkurang ato lawan mempunyai kecepatan dan kekuatan yang lebih. Bahkan ketepatan juga bisa terpengaruh oleh umur dan fisik.
Mereka beranggapan bahwa tekhnik-2x silat harus bisa diaplikasikan thd lawan yang lebih cepat, lebih kuat, lebih gede, dsb.
Mungkin pengertian spt. bagaimana bisa memakai tenaga minimum utk mendapatkan hasil maksimum.
Sekedar pendapat, mohon dikoreksi kalau salah.
Wasalam,
Faiz

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #17 on: 29/01/2011 00:38 »
Pembinaan fisik dalam pencaksilat adalah tergolong materi penunjang, yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Materi pokok teknik silat sendiri sudah mengandung pembinaan fisik. Sehingga bisa saja  dengan penguluran dan pemanasan ringan, sudah cukup untuk masuk latihan teknik silat.

Ada juga berbagai latihan teknik silat yang memerlukan kesiapan jasmani sampai level tertentu, sehingga diperlukan latihan pembinaan fisik terlebih dahulu dalam bentuk latihan penunjang, sehingga akan bisa melakukan latihan silat teknik tertentu tanpa kendala non teknis/fisik.

Untuk atlit pesilat, tentu diperlukan latihan penunjang yang lebih luas. Kalau atlit pesilat belum menyelesaikan seluruh ronde, sudah kehabisan nafas/tenaga, tentu teknik yang dikuasainya menjadi kurang berguna/sia2.

 Hal mendasar yang mendapat perhatian diantaranya:
1. Meningkatkan kelenturan/kelentukan/flexibility (kemampuan bergerak dalam ruang sendi).
2. Meningkatkan daya tahan/endurance(kondisi tubuh yang mampu untuk bekerja dalam waktu lama, tanpa kelelahan berlebihan. Dan stamina(kemampuan untuk bertahan terhadap kelelahan) .
3. Meningkatkan kekuatan, tenaga(kemampuan otot untuk mengerahkan kekuatan maksimal dalam waktu singkat) dan daya tahan otot( kemampuan otot untuk melakukan kontraksi berturut turut atau mempertahankan kontraksi statis untuk waktu cukup lama).
4. Meningkatkan kelincahan/agilitas(kemampuan untuk mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada waktu sedang bergerak, tanpa kehilangan keseimbangan dan kesadaran akan posisi tubuhnya).
5. Meningkatkan kecepatan (kemampuan untuk melakukan gerakan secara berturut turut dalam waktu yang sesingkat singkatnya.

Kemudian juga ada teknik latihan pemanasan, pendinginan, peregangan statis, peregangan pasif dan peregangan aktif.

Secara berkala dilakukan uji kerja fisik/parameter tes untuk mengukur kemajuan latihan penunjang pencaksilat tsb.

Salam.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #18 on: 29/01/2011 23:07 »
Betul sekali apa yang disampaikan aki sija dan bang godam itu bukan lah hal yang mutlak mempengaruhi, ada pengecualian untuk beberapa aliran silat tradisional makanya saya menyebutnya beladiri bukan silat, pendapat yang saya sampaikan lebih kearah beladiri real fighting,  mohon maaf kalau pendapat saya kurang tepat silahkan dikoreksi, terima kasih
salam

salakman

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 29
  • Reputation: 4
  • Perguruan: Satria Muda Indonesia
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #19 on: 09/02/2011 01:21 »
Nah kalo untuk pembinaan fisik para atlet gimana?
Ya kaya jadwal latihannya lah.
Lari berapa meter/menit, push up berapa ratus, latihan tendang, pukul dkk berapa kali misalnya.

Patih Gajahmada

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 39
  • Reputation: 2
    • Email
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #20 on: 09/02/2011 14:07 »
Wah lum belajar silat dah ngeri duluan nich.....  [[run2]]  [[run2]]

Mungkin untuk bela diri sendiri ada paket instanya kali ya...   :w  :w  :w
Ga perlu latihan fisik berat2 tapi maknyus untuk menjaga diri dan keluarga.. [top] [top]


kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 211
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #21 on: 09/02/2011 15:52 »
Kakang Patih, jangan patah arang dulu dong.

Seperti yang dibilang beberapa rekan, tidak semua silat membutuhkan latihan fisik yang berat.

Patih Gajahmada

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 39
  • Reputation: 2
    • Email
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #22 on: 10/02/2011 09:55 »
Kakang Patih, jangan patah arang dulu dong.

Seperti yang dibilang beberapa rekan, tidak semua silat membutuhkan latihan fisik yang berat.

Oh tentu tidak kakang Kunderep..... :D

Mungkin salah satu yang menyebabkan kenapa pencak silat itu tidak banyak berkembang dan kurang populer itu disebabkan oleh bayang-bayang latihan yang keras, forsir fisik dsb...

Kesannya jadi sok jagoan....

Mungkin kita bisa berkaca dari jenis olah raga yang lain yang lebih santai dan sehat kayak bulutangkis, futsal dll... yang latihanyya cukup dengan lari dan mengayunkan tangan..  :D  :D

Jadi menurut saya... Mari kita promosikan bahwa silat itu bukan hanya "Olahraga KERAS" tapi oleh raga yang juga mengedepankan SILATurahmi...

Kalo salah tolong dimaklumi ya... Mohon maaf kalo saya salah PARA PENDEKAR di SS  [[peace2]] [[peace2]] [[peace2]]

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 7
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #23 on: 11/02/2011 11:33 »
latihan silat disamain ma futsal?apanya yg bisa disamain? Kalo disamain sama beladiri lain baru masuk akallah... pilihannya mau latihan fisik apa gak tergantung orangnya.. Tinggal yg pasti hasilnya beda yg latihan fisik ekstra sama yg latihan biasa
baru belajar nulis

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #24 on: 11/02/2011 15:53 »
mas patih justru kalau menurut pengalaman saya kalau berlatih silat itu yang lebih sedikit porsi latian fisiknya,kalau beladiri2 inport malah yang sangat banyak porsi latian fisiknya,terima kasih
salam

salakman

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 29
  • Reputation: 4
  • Perguruan: Satria Muda Indonesia
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #25 on: 12/02/2011 13:11 »
Mungkin maksudnya yang simpel, ga repot harus cari kayubakar, ngangkut air, dipukul2 sama tebu.
Yang penting maksud dan tujuannya tercapai.

Gitu kali. CMIIW deh...

f4iz

  • Guest
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #26 on: 12/02/2011 22:50 »
Salam,
Kalo liat latihan beladiri difilem-2x kesannya emang kayaknya emang gitu :)
Jagoannya disuruh berdiri dikuda-2x seharian, push up sambil didudukin sama gurunya, ambil air dikali terus lari dan isi sumur, dsb.
Kenyataannya umumnya walopun ada yg memakai latihan fisik keras, itu dilakukan secara bertahap. Setelah stamina dan kekuatan tubuh bertambah kemudian porsi latihan fisiknya juga ditambah.
Tapi kembali lagi, enggak semua perguruan silat spt. itu latihannya.
Banyak juga perguruan yg pemanasannya cuman lari-2x dan peregangan dikit kemudian latihan jurus. Alasannya gerakan jurus yg diulang-2x melatih otot-2x yg dibutuhkan utk tekhnik-2x silat diperguruan tsb.
Kalo mau jadi atlit kompetisi, metoda latihannya beda dan tekhnik yg dilatih juga.
- Stamina : Lari, Sparring, rankaian tekhnik
- Kekuatan tubuh: Angkat beban dan Kalisnetik (push up, sit up, dsb).
- Tekhnik : Tendangan , pukulan, bantingan, elakan, tangkisan, tangkepan yg didpt poin di tanding.
- Strategi : Kombinasi dari teknik, studi (kalo ada liat filem lawan bertanding).
Hal yg disebut diatas juga kadang diterapkan diperguruan-2x silat utk murid umum. Cuman kali atlit itu biasanya ada jangka waktu latihannya, misalnya waktu pertandingan 3 bulan kedepan.
Jadi dalam waktu 3 bulan latihannya ada program latihan utk pertandingan.
Kalo murid umum mungkin latihannya ya targetnya utk beladiri ato kesehatan.

Sekian dulu, mohon maaf dan koreksi kalo salah.
Wasalam,
Faiz

Patih Gajahmada

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 39
  • Reputation: 2
    • Email
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #27 on: 14/02/2011 19:17 »
Mungkin maksudnya yang simpel, ga repot harus cari kayubakar, ngangkut air, dipukul2 sama tebu.
Yang penting maksud dan tujuannya tercapai.

Gitu kali. CMIIW deh...

Ya begitulah Kakang Salakman.... [top] [top] [top]

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #28 on: 14/02/2011 22:22 »
Kakang Patih...

1. Cerita jaman "doeloe", ketika jalanan masih memungkinkan,  para pesilat  secara periodik diajak jalan/lari bersama dijalan raya kota/main street, menuju lapangan/alun2 untuk latihan bersama kelompok lain;  dari awal saya minta ijin untuk  tidak mengikuti. Alasan "malu" pada klien bisnis, teman2 dan masyarakat umum.

Berselang setelah beberapa bulan latihan, rasa percaya diri tumbuh, malah rajin ikut latihan lari di jalan dengan uniform silat, latihan bersama di alun2, bersemangat, syukur2 ada teman lain yang lihat, dalam hati , "nih, aku pesilat !!".

2. Pada kelompok latihan kebugaran pencaksilat, dimana rata2 anggota baru yang masuk, berusia 35 tahun keatas sampai 60an, ibu2 juga, biasanya di awal2 pasang syarat macam2. Tidak mau dipaksa paksalah, malu sama anak mudalah, hanya mau ditempat tertutuplah dan lain sebagainya.
Giliran setelah beberapa bulan latihan, setelah ada "normalisasi" jasmani, tambah lentur dan tambah bertenaga, kemampuan dan rasa kepercayaan diri meningkat, kelompok semacam ini malah  sering minta latihan luar, termasuk kepantai wisata untuk latihan bersama (untuk pembiayaan juga memang lebih mampu).

Lebih lanjut lagi, minta diuji stamina dan tenaga, tidak mau kalah dengan pesilat reguler!

3. Saat ini, untuk latihan penunjang pembinaan fisik, disamping cara tradisional, banyak perguruan silat sudah mengadopsi cara modern, sesuai kemajuan ilmu keolahragaan dan kesehatan. Yang pasti, tentu bertahap sesuai kondisi peserta latihan.
Ada yang untuk memelihara kebugaran fisik, ada yang untuk meningkatkan performa, baik untuk agar lebih baik dalam melakukan teknik silat, ataupun untuk mencapai kondisi puncak pada musim kompetisi.

 Latihan tradisional dan juga latihan di alam luar/outdoor, misal lintas alam/cross country, jurit malam dsb, disamping ada manfaat fisik, ada manfaat lain yang juga penting, yaitu mental percaya diri, keuletan, kerjasama, pengabdian, dsb.

Jadi dinikmati saja,  mengalir, sesuai perkembangan.

Salam.

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 505
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Pembinaan Fisik Dalam Pencak Silat
« Reply #29 on: 15/02/2011 13:57 »
Assalamu 'alaikum,

Menurut pendapat saya, semua keinginan dapat terakomodasi dalam silat. Tinggal kita aja pandai2 memilih dari 600 aliran silat di tanah air sesuai dengan kebutuhan. Mau jadi atlit silat, silahkan tanya mas Suprapto standar pelatihan fisiknya. Mau jago silat tanpa latihan fisik juga ada, tinggal disembur langsung bisa ngejurus. Mau latihan silat biar body kayak finalis L-Men juga ada. Mau latihan silat sampai diluar batas kemampuan fisik juga ada... Atau mau jadi pesilat gaul kayak saya juga bisa, modalnya cuma meluangkan waktu buat kopi darat aja ;-)

Jadi silahkan dipilih dipilih...

Wasalam,
TP

 

Powered by EzPortal