+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: senjata tradisional silat yang efektif  (Read 34299 times)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #15 on: 20/10/2008 15:05 »
 :D Kalo gak jodoh jgn di paksa, ntar bukan perontok padi malah gigi nyang rontok :P
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #16 on: 20/10/2008 15:51 »
sudah tua  :P

btw, ttg perontokan padi itu ga pake tajem2, cuma di gepyok2 sajah...
kalau di Jawa Timur kayaknya jadi alat penumbuk bata merah bekas bangunan yang di buat campuran luluh (mortar), biasanya dari pipa besi... 

kalau dibilang jodoh2an kok saya kurang setuju, karena bagaimanapun kalau ada ketekunan dan kemauan pasti sebua bisa dilakukan...

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #17 on: 20/10/2008 18:00 »

kalau dibilang jodoh2an kok saya kurang setuju, karena bagaimanapun kalau ada ketekunan dan kemauan pasti sebua bisa dilakukan...
[/quote]

Hemat saya memang ada benarnya juga yang Mas Hart utarakan, namun kalo boleh saya kasih pendapat apa yg diutarakan Mas Hart ini (menurut istilah saya) adalah "konteks diciptakan", dimana sesuatu itu dilatih dan di biasakan melalui ketekunan scara kontinu.

Sementara "konteks dilahirkan" buat saya adalah apa yg telah saya utarakan sebelumnya, yakni sebagai sandang.

Lalu apa perbedaan dari keduanya?

Saya kasih contoh saja ya...IMHO lho...

Seorang Viking dengan senjata yang naujubile gede terasa dan tampak pas dan cocok digunakan oleh para ksatria Viking. Sangat janggal sekali jika ksatria Viking itu menggunakan keris milik orang kita yang ukurannya badannya terbilang lebih kecil, begitupun sebaliknya. Bukan berarti tidak bisa, bisa2 saja untuk dipelajari dengan yang menurut saya disebut sebagai "konteks diciptakan" (dilatih secara tekun). Namun hal ini akan tampak kehilangan "ruh" nya dari si pemakai maupun senjata yang dipakai.

Hal ini pula yang "mungkin" terdapat pembedaan penggunaan senjata tradisional pada zaman kerajaan dulu. (CMIIW)

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #18 on: 20/10/2008 22:27 »
Bukan berarti tidak bisa, bisa2 saja untuk dipelajari dengan yang menurut saya disebut sebagai "konteks diciptakan" (dilatih secara tekun). Namun hal ini akan tampak kehilangan "ruh" nya dari si pemakai maupun senjata yang dipakai.

nahh, ini ane juga setuju. lebih baik lagi, kalo kita punya senjata, selain rajin mempelajari secara tekun(phisically), juga ada semacam ikatan "emosional" ma senjata nya gitu.

kembali ma pertanyaan saya. Mas Hart, mungkin bs sampeyan kasi contoh, tahap awalnya buat latihan ruyung? mumpung lagi ada kemauan dan niat sperti yg sampeyan bilang diatas.
meskipun ntar emang gak "jodoh", paleng ndak ada usaha gitu, biar gak malu2in, pendekar cuma bisa maenan 2 senjata (ada ihtiar) :P...

jujur aja, semenjak kecil saya emang maniak ma Kura2 Ninja, esp Donatello si Pendekar Toya, terus saya terobsesi kayak gitu,makanya sekarang jadi lancar deh main2an ama toya..(kayak zaman kecil kurang bahagia, :P :P :P)

btw, topiknya jadi rame. saya jadi seneng banget 8) 8) 8)

ayo, pendekar2 senior, urun rembug senjata2 yang jadi paporitnya... monggo.....

suwun2.........
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #19 on: 21/10/2008 00:03 »
ruyung itu bukannya pentungan?

kl buat latihan sendiri mestinya ga benjol2 deh.. kecuali kl pasangan..

biasanya ruyung ini dipake untuk dasar latihan senjata dengan panjang sejenis yang lebih tajam.. pedang misalnya.. hanya saja karakteristik penggunaannya yg berbeda.. pedang.. ada 2 jenis, pedang putri dengan sifat mengiris dan pedang golok dengan sifat membacok.. kl ruyung biasanya buat nggebuk

kl senjata favorit.. kl untuk latihan sendiri, saya cinta sekali dengan pedang putri sepasang.. kl untuk pasangan atau andalan sy lebih milih toya.. toya ini termasuk senjata yg paling aman digunakan, terutama dalam pertarungan keroyokan..
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #20 on: 21/10/2008 11:14 »
Klo orang Jatim bilang ruyung, itu tongkat patah dua...
senjata andalan kong Bruce Lee...

Prinsip Dasar Ruyung adalah pengendalian keliaran dg metoda membuyarkan gaya sentrtifugal dg memberikan gaya lurus (kayaknya susah dibayangken dahh)

di forum tetagga ada link untuk pembahasan khusus Ruyung, mungkin mas Warga bisa liat2 disana...
http://kaskus.us/showthread.php?t=930424

untuk overall senjata di Silat, saya suka benget sama kerambit, tapi ga bisa memainkannya, hanya sekedar suka doank....




warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #21 on: 21/10/2008 14:28 »
thanks mas hart, linknya oke banget. 8) 8) 8)

kalo trisula, ada yang pernah nyobain gak??
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #22 on: 26/10/2008 02:23 »
Trisula, Cabang ama kujang he he he

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #23 on: 03/11/2008 13:57 »
Setau saya juga kalau ruyung itu adalah yang umum kita sebut double stick, senjata yang sering di pakai Bruce lee.

Ngomomg-ngomong ada gak ya aliran silat toya/ seperti aliran silat golok seliwa? Jadi aliran silat ini emang menitik beratkan pada teknik dan aplikasi penggunaan toya sebagai senjata baik yang sifatnya offence ataupun defence.

terus terang aja, senjata idola saya sejak kecil adalah golok dan toya. Kalau ada yang tau, boleh share tuh.

Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #24 on: 05/11/2008 04:58 »
ruyung setau saya mah bukan doble stick nyang make rante....kalo orang Sunda mah biasa make ruyung kawung (kayu aren), lebih mirip ke arnis. Panjangnya sekitar 80 centi  diameter sekitar 3 - 3,5 centi

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #25 on: 06/11/2008 23:48 »
ikutaann...
saya juga suka dengan pedang putri dan punya satu di rumah.
Sebenarnya pedang putri lebih lincah dan flexible penggunaannya dari pada pedang putra (pedang golok).

Penggemar taichi biasanya menggunakan pedang putri sebagai dasar lintasan gerakannya (setahu saya loh).

Oh iya, satu lagi selendang dan juga kipas adalah senjata yang juga saya suka selain toya. Sesuai tingkatan saya sedang menguasai toya tapi dari dulu sudah suka permainan toya.

wah kok sama dengan mas Sunan ya..?
(salaman dulu..)

percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #26 on: 07/11/2008 09:25 »
Itutttt...
Ane paporit ame nyang namenye golok en tongkat (some style may call it toya)..kalo dah diputer2 wuih... kayak bladenya baling2 helicopter :D..

@ mbak Putri, sesama PEPAYA- persatuan penggemar toya, bole dong salaman juga.. saya ngantri dah, disampingnye mas sunan x-))

Kalo di jawa dulu double stick juga disebut ruyung sama ame daerahnya Pakde Hart. Ane blajar waktu mase Karate dulu. Setahu ane jarang ada aliran silat ngajarin permainan ruyung. Tip supaya gak benjol? pakelah helm ;D, kalo siku dan bahu mah relain aja biru2 dulu.. Mas Serunai saya pernah daripada menyaksiken beliau bermain ruyung dan sangat daripada lihai. Bagemana kalo buka thread membahas teknik permainan alat2 yg kita sebut diatas e.g- tongkat/toya, pedang putri, golok, keris, trisula, kujang, etc... kalo satu senjata satu thread aja ude penuh nih forum [top]

Wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #27 on: 07/11/2008 09:31 »
setubuh.. buka thread toya dong bang.. ini mulai dari cara pegang, permainan dll banyak bgt variasinya

soal ruyung,.. beda persepsi, ternyata yg dimaksud double stick toh.. aku ga bisa makenya kl yg itu mah  :-P .. temen2ku biasanya sebut ruyung itu untuk toya yang sudah dipotong jadi kayak pentungan.. ga pake rante
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

akuaris

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #28 on: 07/11/2008 10:11 »
senjata yang efektif ya,
wah kalo kita runut dari asal usulnya bener kalo senjata itu adalah metamorfosis dari alat disekitar kita seperti jurus yang lahir dari proses panjang dari metamorfosis terhadap alam binatang dan lain2
kalo buat ane apapun barangnya bahkan sendok sekalipun adalah senjata karena ane percaya kalo semua jurus silat adalah variant tak terbatas, yang latihan tangan koosongpun bisa pakai senjata apalagi yang latihan pakai senjata, buat ane yang efektif bukan senjatanya tapi orangnya, setajam dan seampuh apapun senjatanya gak akan efektif atau malah bisa melukai diri sendiri kalo kita yang pake senjata kagak hati2 buakn begitu abang2 sekalian, dan menurut aye senjata itu adalah perpanjangan dari tubuh kita dan akurasi tambahan dari jurus kita, selama senjata adalah dijadikan peredam kebatilan maka insyaallah semua snjata efektif, amien
kalo bicara faforit saya bingung jawabnya abis semuanya dahsyat,

Beladiripraktis

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 0
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #29 on: 08/11/2008 12:44 »
Permisi juragan2.... mau ikutan ah... tapi duduk aja.. kaga mw ikutan ngomong.. hehe..

 

Powered by EzPortal