+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: senjata tradisional silat yang efektif  (Read 34298 times)

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
senjata tradisional silat yang efektif
« on: 18/10/2008 15:52 »
salam persaudaraan semuanya....

mo nanya nih, menurut mas2/mbak2, senjata tradisional silat yang efektif tuh apa ya?? ato paling tidak, menurut kegemarannya sobat2 silat semua.. boleh dibahas juga koq, kelebihan2 mengenai senjata2 kegemaran sobat2 semua....

inget, yang dibahas adalah senjata tradisional,jadi jangan yang modern kayak pistol,granat,apalagi bom atom,hehehehe.... :D :D :D :D
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #1 on: 19/10/2008 11:18 »
sepiiyyyy ................ :'( :'( :'( :'( :'( :'(
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #2 on: 19/10/2008 11:24 »
Jangan  :'( gitu dong !

Kalo saya bebas, dari tongkat, pedang, keris (pisau), rantai, dan yang lainnya.
Bahkan benda apa saja, asal bisa untuk beladiri.

Karena saya lebih fokus ke arah tangan kosong!
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #3 on: 19/10/2008 14:20 »
dari 198 buah macam senjata silat yang ada....alhamdulillah saya bisa pegang semua, yang paling saya sukai kerambit dan golok 35-40 cm. Tombak mata tiga adalah senjata panjang yang juga favorit saya....

salam,

one

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #4 on: 19/10/2008 14:45 »
iye bener, ente mah emang ahlinya megang senjata..
bahkan kalo ga salah 198 senjata bisa ente pegang sekaligus.. ;D

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #5 on: 19/10/2008 15:40 »
yeeee ane kan bilang pegang doang....masak sih pada gak bisa? [lucu]

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #6 on: 19/10/2008 17:05 »
Saya pengemar senjata, saya suka pegang2 juga  :D
Request, Kalau boleh 198 Senjata tersebut apa sajah yah?
Trimakasih sebelumnya....

Salam,
HC

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #7 on: 19/10/2008 17:19 »
wah banyak juga kalo ditulis ma HC ??? tapi biar gampang ingetnya gini aja:
golok 40, kujang 8, tombak 3, keris 47, tombak ama anak panahnya yang banyak 100..pas kan 198 he he he

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #8 on: 20/10/2008 09:14 »
Kirain pakai senjata apa!

Lucu banget nih Bang One  [lucu]
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

banyubiru

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 26
  • Reputation: 0
    • Email
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #9 on: 20/10/2008 10:47 »
oalaaah..... thread ini kok malah jadi ajang "junk"
maaf ya dewan senior... kalo omonganku gak sopan huahua...

salam silat

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #10 on: 20/10/2008 11:24 »
 :D Senjata tradisional silat nyang efektif bukanya silet.  x-))
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #11 on: 20/10/2008 12:22 »
Back to topic ya,...

Dalam ungkapan bahasa Sunda ada menyebutkan bahwa "pakarang, mangrupakeun batur", senjata merupakan teman. Konteks teman, saya artikan luas sebagai segala sesuatu yang menyertai kita sebagai teman berperang (batur ludeung), dengan kata lain sebagai alat yang "disandang" ketika berperang. Sebagai "sandang" diperlukan kecocokan, dan dalam konteks judul thread ini saya berpendapat bahwa senjata yang efektif adalah senjata yang cocok dengan kita dalam segala hal tatkala berperang (CMIIW).

Beberapa sumber tertulis mengatakan bahwa senjata tradisional secara fungsional merupakan metamorposis dari perkakas sehari-hari, termasuk bertani. Mungkin disini ada yang bisa memberi pencerahan terhadap perbedaan diantara keduanya, diluar dari fungsi utama tentunya (sebagai perkakas dan tempur).

Tabe'...Jali


Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #12 on: 20/10/2008 13:02 »
Back to topic ya,...

Dalam ungkapan bahasa Sunda ada menyebutkan bahwa "pakarang, mangrupakeun batur", senjata merupakan teman. Konteks teman, saya artikan luas sebagai segala sesuatu yang menyertai kita sebagai teman berperang (batur ludeung), dengan kata lain sebagai alat yang "disandang" ketika berperang. Sebagai "sandang" diperlukan kecocokan, dan dalam konteks judul thread ini saya berpendapat bahwa senjata yang efektif adalah senjata yang cocok dengan kita dalam segala hal tatkala berperang (CMIIW).
berhubung saya bukanlah orang sunda, jadi agak kurang jelas maksudnya :o :o :o
tapi saya sepakat, bahwa senjata tu memerlukan kecocokan sama pemakainya. jadi istilahnya kayak "jodoh" gitu....

tapi buat saya pribadi, senjata yang cocok buat saya dan "jodoh", kayaknya cuma toya aja. coz simpel penggunaannya, but efektip. bisa buat hajar lawan yang jaraknya 2x pukulan gitu(eh, bener pa ndak ya?? coz blum sempat ngukur berapa meter sempat hajar lawan pake toya, :D :D :D)

pernah denger senjata "ruyung" ndak?? yang biasane dipake Bruce Lee gitu loh... pernah nyobain tapi badan langsung memar2 alias benjol2 smuwa...
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #13 on: 20/10/2008 13:36 »
kami yang dari Jawa Timur memang menyebutnya sebagai
"ruyung", bahasa Jepangnya "nunchaku", bahasa Filipinanya "tabak toyok"...
ini memang senjata yang sptnya menjadi favorit jaman saya masih muda, di beladiri jepang di ajarkan di Okinawa, konon kabarnya ini berasal dari alih fungsi alat perontok padi...

Bruce Lee sendiri sangat piawai dalam menggunakan "ruyung", dia belajar dari muridnya yang orang Filipina bernama Dan Inosanto.

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Re: senjata tradisional silat yang efektif
« Reply #14 on: 20/10/2008 14:19 »
kami yang dari Jawa Timur memang menyebutnya sebagai
"ruyung", bahasa Jepangnya "nunchaku", bahasa Filipinanya "tabak toyok"...
ini memang senjata yang sptnya menjadi favorit jaman saya masih muda, di beladiri jepang di ajarkan di Okinawa, konon kabarnya ini berasal dari alih fungsi alat perontok padi...


emange umurnya sampeyan berapa mas :D :D :D

wah, baru tau malah kalo buat perontok padi. berarti dulu ruyung tuh tajem2 ya bentuknya?? :-\ :-\ :-\

gimana sih cara latian pake ruyung yg bener??? udah berbulan2 nih nyoba, tapi tetep aja yang bagian tengkuk, lengan, sama pinggul jadi benjol2 smuwa :'( :'(

kayake emang gak jodoh kali ya pake ruyung?? coz q belajar toyak di perguruan ane, gak sampe 2 bulan dah bisa atraksi di atas panggung buat lomba TGR nya IPSI,hehehe...
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

 

Powered by EzPortal