Forum > Teknik, Jurus dan Senjata

Tekhnik Pukulan dlm Silat Beksi

(1/6) > >>

f4iz:
Salam Rekans dan Seniors..
Waktu itu pernah dibahas ttg. Silat Beksi. Cuman threadnya udah lama gak aktif jadinya saya buka topik baru disini deh.
Sebenarnya saya mau tanya ttg. pukulan khas Silat Beksi dimana kepalannya berbalik (buku tangan dibawah dan telapak diatas).
Pukulannya unik jarang keliatan pukulan spt. ini yg lurus, biasanya lebih bersifat uppercut ditinju ato swing.
Ada yg bisa dijelasin gak kenapa pukulannya bentuknya spt. ini dalam Silat Beksi ?
Kalau rahasia juga gak apa-2x sih..saya cuman penasaran aja utk nambah pengetahuan.
Terima kasih sebelumnya.
Wasalam,
Faiz

Antara:
Halo Kang Faiz,

Tentunya kita menunggu jawaban pihak yang berwenang (emangnya pulisi... he..he.. :D), tapi saya coba ikutan rembuk dulu,

Yang saya tahu pukulan kepalan terbalik lebih mudah diaplikasikan untuk serangan ke bagian atas badan daripada pukulan standar, karena dua buku jari utama (telunjuk dan jari tengah) bisa menemukan sasaran tanpa halangan. Kita bisa bandingkan kedua pukulan itu untuk menyerang hidung misalnya, besar kemungkinan buku jari utama akan terhalang oleh jari telunjuk dan jari tengah jika dilakukan dengan pukulan standar, sedangkan di pukulan terbalik masalah ini tidak ada. Kita lihat bahwa seringkali pukulan standar perlu dimodifikasi ketika menyerang hidung, misalnya dengan mengangkat siku lebih tinggi sedikit dari kepalan.

Selain itu, pukulan standar punya resiko cedera pergelangan.yang tinggi. Mungkin inilah sebabnya banyak silat betawi lebih suka menggunakan pukulan terbalik atau malah tutugan untuk menyerang kepala, ketimbang pukulan standar.

Di kenpo klasik serangan ke arah kepala lebih banyak menggunakan kepalan tegak (jempol di atas, kelingking di bawah), atau menggunakan dua buku jari minor (jari manis dan kelingking). JKD-nya Kang Yuri Amadin malah menggunakan pukulan yang melintir, telapak kepalan menghadap keluar.

Tapi itu cuma ulak-ulik saya... mari kita tunggu rekan-rekan dari Beksi untuk penjelasan paripurnanya.

f4iz:
Hallo Mas Antara..
Makasih penjelasannya ..ngobrol-2x dulu deh sambil nungguin pihak yg berwenang, ntar disuruh bubar lagi gara-2x bikin kegaduhan dikelurahan !! :)
Yang saya pernah liat di Karate pukulan dgn telapak diatas Kokutsuke kalo gak salah namanya *lupa* ?
Tapi posisinya bukan pukulan lurus..posisi awalnya kedua tangan didepan spt. petinju tapi telapak menghadap kemuka.
Lintas pukulannya dari atas kebawah dan sasarannya kepala..terus pukulannya rada kayak ngepret.
Selain itu yg posisinya kebalik yg saya liat kayak upper cut ato swing.
Yang pukulan lurus terbalik saya gak pernah liat..maka itu saya tertarik mendengar penjelasan dari praktisi Beksi.
Kalo pukulan yg tegak kayaknya banyak digunain di aliran Kungfu kali ya (posisi jempol diatas).
Kalo gak salah di JKD pukulan yg melintir itu alasannya lebih jauh jangkauan dan posisi lebih tertutup utk counter ?

Terima kasih,
Wasalam,
Faiz

cubluk:
kalo gak salah, salah satu jenis pukulan kungfu aliran ngo-chu-kun juga spt ini modelnya, katanya sih memang untuk memudahkan mukul sasaran di bagian wajah dari arah bawah.
kalo dipikir2 satu sama lain ada kemiripan ya (just my 5 perak rupiah)

Antara:
Halo Mas Cubluk, monggo silakan ikutan ngobrol... that's a very valid 2 cents... (kurs dollar sekarang berapa yak? :D)

Setahu saya pukulan kepalan terbalik di karate disebut Ura-Tsuki, kalau Kokutsu itu nama kuda-kuda yang berat ke kebelakang. Ura Tsuki bisa dilakukan dengan kepalan meluncur dari pinggang, atau dari posisi guard-nya petinju. Kalau agak dikepret, itu adalah Uraken Uchi, teknik lain lagi.

Kebetulan Mas Faiz bicara soal jarak, jadi keinget deh...

Ura-Tsuki dan Tate-Tsuki (kepalan tegak) di karate digunakan untuk jarak dekat karena isi penuh (kime) kedua pukulan ini letaknya dekat-dekat saja dari badan kita. Kedua pukulan ini tidak banyak lagi dilatih di dojo-dojo, maklum karate sekarang didominasi oleh Shotokan yang sport dan mainnya jarak jauh... Tate Tsuki untuk pukulan ke arah badan sedangkan Ura-Tsuki ke arah kepala.

Nginget hal itu... jadi kepikiran, bisa jadi pukulan beksi dirancang untuk perkelahian jarak deket, seperti umumnya maenan Betawi yang lain. Saya inget waktu hadir di acara khataman jurus Beksi Kong Haji Hasbulloh di Jagakarsa, perkelahian yang ditunjukkan dilakukan dalam jarak deket.

Yang saya bayangin Beksi itu seperti Wing Chun, kedua kontestan berdeketan sekali dan tangan mereka saling bersilangan/berbenturan di depan dada... kayaknya dalam kasus ini akan lebih mudah menyerang dengan kepalan terbalik ketimbang kepalan biasa. Atau bisa dibayangkan seperti dua petinju yang double guard-nya saling beradu satu sama lain, ketimbang harus menarik tangan dulu buat ancang-ancang upper-cut, langsung saja disodok ke atas.

Ya, tapi namanya juga ulak-ulik... ngobrol-ngobrol sambil nunggui temen-temen dari Beksi angkat bicara.

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version