+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Teknik Trisula  (Read 20813 times)

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Teknik Trisula
« on: 13/07/2011 09:32 »
Lamo indak jumpo sahabats  :-P

Ane pengin bahas/ sharing nih teknik pemakaian trisula/tjabang/sai ini neh... Bbrp waktu yll ane pulkam, menghadap pendekar sepuh dapat analogi ginian: Pedang/piso dipunahkan dengan trisula, trisula dimentahkan dengan senjata lemes (kali selendang atau pecut yg dimaksud, ane kurang tauk juga  ::) ).

 Motong ditengah aje, ane pengin tahu nih kalo ada sahabats yg berkenan sharing tentang teknik bermain trisula. Pan banyak tuh aliran silat yg berlogo trisula, apalagi maenannya!!

Yang mau urun opini silahkan sahabats... jangan sungkan-sungkan...

Wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: Teknik Trisula
« Reply #1 on: 15/07/2011 08:23 »
Sambil nunggu sharing sahabat laen ane cuba liatin dah bentuk dasar Trisula pada umumnya. Biasanya besi dibuat dari bahan baja keras yang cukup kuat menahan sabetan pedang, karena untuk tujuan itulah trisula dibuat. Nih beginian bentuknye...:




Pangkal gagang ada yang dibuat runcing ada yang sekedar rata seperti gambar. Fungsinya lebih kepada melancarkan pukulan/ ngegetok kalo betawinye. Jika dibuat runcing bisa menjadi alat penusuk tapi tentu saja penggunaannya menambah resiko, ane kire perlu dipasangin label "handle with care"  ;D

Sula/ cabang/ prong dibuat dengan ujung runcing, disinilah keunikan morfologi trisula dibanding senjata lain yang mirip; pedang, misalnya. Tanpa adanya penajaman di sisi cula, pergerakan jari (biasanya hanya tiga jari yang bermain; jari tengah, telunjuk dan ibu jari) jadi lincah dan grip/ pegangan sangat cepat sekali berubah dari pegangan hadap/ saber knife grip/  modified saber berbalik menjadi pegangan/ grip balik/ reverse. Cabang/ sula ini berfungsi sebagai pengait ke arah tangan bersenjata dan melucuti senjatanya. Di kalangan freestyler, permainan memutar-mutar trisula ini memaksimalkan penggunaan cula sebagai axis untuk melakukan rotasi penuh, figur 8 maupun half loop menjadi gerakan yang berseni sekaligus berbahaya  :'(

Bilah utama adalah besi bulat (rounded) ada juga yang membuat variasi dengan segi delapan dengan panjang yang disesuaikan ame masing-masing penggunanye. Biasanye diukur dari posisi pegangan balik, dimane bilah harus melindungi rusa tangan dari pergelangan ampe siku. Bilahnye biasanye dilebihin sekitar 5 cm; menghindari teknik seser/ slide dari pengguna golok/pedang yang menebas dan sengaja meluncurkan bilahnye sepanjang bilah trisula buat congkelin ujung sikut nyang kagak dilindungin.

Ginian dolo dah... yang laen silaken sharing... jangan sungkan-sungkan.

Wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Teknik Trisula
« Reply #2 on: 15/07/2011 14:08 »

Trisula itu exotic weapon...Cara bermainya pun seharusnya exotic...Grip yang santai, jari yang lincah, badan yang lentur dan tenaga yang terbagi...Memutar2 trisula itu gak ada gunanya..karena membuat penempatan tenaga kacau karena gerakan mubazir...dan malah beresiko trisula jatuh...

gitu aja deh mas mantri...SK bukang ahli trisula... :)

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Teknik Trisula
« Reply #3 on: 16/07/2011 21:01 »
kang Santri tadinya saya juga termasuk yg gak sreg dgn muter2 dan main2 dgn senjata. Tapi dgn muter2 dan main2 senjata, tangan kita akan semakin terampil dan terbiasa dgn senjata tersebut.
Kang Mantri, ada beberapa cara utk memegang trisula. Mungkin kang Mantri bisa mulai dari sini, saya ikut ndeprok saja di pojokan :)

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Teknik Trisula
« Reply #4 on: 17/07/2011 07:11 »
Kalo' gitu, sambil nunggu info selanjutnya, ane numpang pamer trisula ye.



Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Teknik Trisula
« Reply #5 on: 17/07/2011 09:59 »
Bang Aguswin... trisulanya ketutupan cincin tuh [lucu]

Kalau menurut nGkong Draeger, tulisan tentang tjabang lebih dulu ditemukan di Indonesia ketimbang catatan tentang sai di Cina, Okinawa dan Jepang... jadi kemungkinan besar ini adalah senjata asli Asia Tenggara yang diadopsi oleh wilayah lain... si nGkong juga lebih jauh menuturkan bahwa senjata-senjata klasik di Asia rata-rata tumbuh dari peralatan sehari-hari... tapi tjabang adalah senjata yang dirancang memang untuk keperluan senjata, tidak ada catatan tentang penggunaan tjabang untuk kegiatan pertanian atau sejenisnya.

Hayu dunk dibabar... Saya duduk manis di pojokan sambil ngabisin singkong goreng, tiwul, gethuk, gathot, jenang, plus jahe anget (kan bentar lagi puasa, diet-nya ditunda dulu :P )
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Teknik Trisula
« Reply #6 on: 17/07/2011 16:14 »
Om Agus dodolan trisula to? Aku pikir jualan batu akik  [lucu] ico.
Ayo kang Mantri diudar ilmunya dikit2 biar saya dan kang Antara gak kehabisan Kopi dan singkong, heheheheh.

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Teknik Trisula
« Reply #7 on: 19/07/2011 09:29 »
Kalo' gitu, sambil nunggu info selanjutnya, ane numpang pamer trisula ye.



*OOT
aksesoris nya nyaris kumplit tinggal tambahin kalung besi ama gelang bahar, hehehe...

P. Upil Gewde

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 4
  • Posts: 88
  • Reputation: 26
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Kadang GG Kadang COMSANSIN
Re: Teknik Trisula
« Reply #8 on: 19/07/2011 13:23 »
Keren TOB  [top] jafi pengen punya........(cincinnye). icoicoico
Sekali Upil Di Keluarkan.
Haram untuk Dimasukan Kembali...!!!!!

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Teknik Trisula
« Reply #9 on: 20/07/2011 08:52 »
Bang Ochid yang keren itu batu alinya bukan trisulanya hehehe :w :w :w

Mantrijeron14

  • Moderator
  • Anggota Senior
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 25
  • -Receive: 19
  • Posts: 390
  • Reputation: 50
  • terrorizing people wherever I go
Re: Teknik Trisula
« Reply #10 on: 20/07/2011 09:13 »
weihh pada turun gunung nih jagoan lawas bin senior:
monggo mas sedyaleksana, oom aguswin, bang antara, gan ochid, dan lainnye marih sharing dimarih ane bukan mo babar ane punya maenan, ane pan masi blajaran juge, misih blon gebleg kate babe :)

Bener mas Sedyaleksana, kebiasaan berlatih trisula dua tangan membantu menghidupkan tangan kiri yg kurang aktif (bagi right handed/ non kidal) dan sebaliknya. Mangkanye ane sering anjurin ke temen-temen aye, kalo mo blajar golok kembar musti idupin dulu tangan kirinye... bridgingnya ye pake trisula entu. :D

Mengamati gambar oom aguswin: (bukan cincinnye ye oom)

Tangan kanan dg grip terbalik/ reverse; setauk ane buat blocking dan sekaligus mengait tebasan golok/piso, tapi cuba dah perhatiin telapak tangan bawah dari kelingking ampe pergelangan bisa jadi sasaran seser/ slide golok yang dengan sengaja digelincirin sepanjang bilah trisula saat diblok. Ane pernah diliatin teknik beginian. Pegangan bgini nyodoknye pake pangkal gagang/butt dus tetep bisa striking disaat dipegang dg grip beginian nyang kliatan defensive. Praktisi nyang ane tauk mengakali dengan sedikit menggeser menempatkan telapak sejajar bilah, dengan kompensasi ibu jari tetap mengait sula dan keempat jari mengerucut sejajar bilah jadi aman dari seseran golok.

OOm aguswin ayuk sharing dong, ude punye trisula keren plus pose dg batu akik berkilo-kilo mosok ga mau sharing dimarih......

Kang kupi...... ane mau atu gelas dong mang..


Wassalam,
"Gerak tak lebih cepat dari pikiran, hati tahu lebih dulu."

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Teknik Trisula
« Reply #11 on: 20/07/2011 14:16 »
Yahh... bukannya latihan malah pada makan  ::) ... emang bener-bener deh para pesilat dimarih [lucu]

Ini ada pidio dari Bang Phil Elmore yang bikin komentar soal trisula. cuman sayangnya masih pake bahasa bule... intinya menurut Bang Elmore ini trisula itu asalnya dari Indonesia, yang kemudian diadopsi di tempat lain, merupakan senjata yang efektif, relatip gampang dipelajarin, dan banyak gunanya di lingkungan orang biasa bawa piso.

Di sini juga Bang Elmore ngasih tau pemahaman dia soal kaidah dasar pemakaian trisula, entah bener apa nggak ... tapi ajarannya sederhana banget, lumayanlah buat yang masih buta-trisula kayak ane...

http://www.youtube.com/watch?v=GtRmd_dsjR4

Silaken yang lain pada babar trisulanya... ntar aye coba-coba praktekin ... ini ada gagang sapu udah dikasih cabang... :-P


Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Teknik Trisula
« Reply #12 on: 20/07/2011 17:26 »
weihh pada turun gunung nih jagoan lawas bin senior:
monggo mas sedyaleksana, oom aguswin, bang antara, gan ochid, dan lainnye marih sharing dimarih ane bukan mo babar ane punya maenan, ane pan masi blajaran juge, misih blon gebleg kate babe :)

Wassalam,
ane kagak gableg (tapi emang gebelg  :) ) maenan senjata kang mantri. boro2 trisula ngiris bawang pake piso dapur aja masing keiris jari sendiri...
di rumah ada satu trisula simpenan kenang2an dari salah satu guru, cuman buat pajangan doang, hehehe...
lanjut deh ane numpang belajar di marih

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Teknik Trisula
« Reply #13 on: 22/07/2011 00:26 »
Sejujurnya, baru kali itu (di foto itu) ane pertama kali pegang trisula, itu pun kagak lama, karena besoknya langsung berpindah tangan ke pembeli.  :D

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Teknik Trisula
« Reply #14 on: 22/07/2011 06:58 »
Itu menunjukkan kalo Kang Guswin betul-betul sudah memetik manfaat dari silatnya... secara harafiah dan rupiah  [lucu]

Kalau cincinnya udah laku belum, Bang Ochin naksir tuh x-))
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

 

Powered by EzPortal