+-

Video Silat


perisai diri performance, Jambore pencak silat
Silek Kumango
SABENI jalan bang Jaka.1
Silat Golok Seliwa 2
Tayangan Pencak Silat di TV Perancis
HQ Hikayat Betawi Beksi Kreo Selatan #1
Video Ibing Kacapi Suling Maenpo Badewa
Jurus Bandrong - Jawa Barat
Gulat Madura, Akeket Macanan ala Cakra-V

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Thi Khi I Beng  (Read 156175 times)

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #30 on: 23/10/2010 21:34 »
Konsep Thi Khi I Beng sudah dijelaskan oleh kang dsbasuki, coba dilihat pada postingan beliau.

Kalau sudah mencoba, berarti seharusnya konsep Thi Khi I Beng sudah sangat paham kang. :)

Monggo dibabar kalau berkenan, siapa tahu saya pribadi yang muda ini dapat mengambil manfaat dari pengalaman kang crashed brain...

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #31 on: 23/10/2010 22:07 »
Den Mas Crashed Brain, the  old master, turunan warok, pewaris eng jiaw kang sudah turun gunun..:D...Gara2 penasaran sama ilmu belut si May lee..sekarang ikutan mau bahas thi khi I beng..Monggo mas..mengigat masa lalu kita menamatkan kitab KPH di gua sekip dan terban depan fakultas pertanian..:).. Dari dulu mas CB kan yang lebih senang belajar baju besi dan eng jiaw kang ilmu yang dilatih kebalikannya TKIB dan it yan ci...:) (maap ya jadi agak oot, kaget aja liat om CB tiba2 muncul)..

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #32 on: 24/10/2010 06:06 »
Huekkk... ini ilmu apaan lagiiiii....  [[run2]]

Gak heran kalau Abang Kamas saya yang satu ini sampai brain-nya crashed... x-)) Lah ilmu yang diuber segitu banyaknya ::).

Untungnya beliau memang rajin nge-back-up. :w

Monggo silaken dibabar... dulu waktu giliran saya meguru di Sekip dan Terban, kurikulum yang tersedia cuma ilmu pacaran, ya sudah, disyukuri dan pelajari yang ada saja. :-\
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

crashed brain

  • Guest
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #33 on: 24/10/2010 13:22 »
tuh kan.. uda SK keluar penyakit lamanya...
ayo dong uda SK dibabar definisi Thi Khi I Bengnya..  :P

itu gw coba2 seperti orang gila, gara2 uda SK ngasih unjuk penemuannya.. wkwkwkwkwk

*Kalo seperti babarannya KPH, yang bisa menyedot semua tenaga dalam hingga habis dan mati yang disedot, kekna cuma dibuku itu aja ye....  [[peace2]]

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #34 on: 25/10/2010 09:28 »
Tertarik dengan Thi Khi I Beng, kembali kontak salah satu master Tai Chi di Cirebon, dikatakan kalau keilmuan seperti itu (beliau tidak menyebutkan namanya, hanya efek akhirnya sama) bisa ditanggulangi dengan 2 cara:

1. Dengan 'memindahkan' jalur tenaga. Bagi yang menguasai Chi, setiap serangan biasanya akan menggunakan titik-titik tertentu sebagai pusat pengerahan Chi. Jangan gunakan aliran dari dantien, tutup jalur yang mengarah kesitu, pindahkan ke jalur yang lain. Sehingga kalaupun terserap, yang diserap hanya titik-titik yang tidak mematikan dan hanya menyebabkan kondisi lemah pada titik yang diserap. Kalau seseorang bertemu praktisi yang memiliki keilmuan seperti Thi Khi I Beng, maka sebaiknya ia sudah harus memindahkan jalur tenaga, atau kalau tidak mungkin, 'mengosongkan' sementara Chi pada dantien.

2. Dengan 'memuntahkan' semua Chi ke tubuh lawan. Konsekwensinya, lawan 'meledak' kelebihan Chi (kalau tidak mampu menampung, dengan asumsi tenaga Chi kita setara atau lebih besar dari lawan dan lawan tidak memiliki kemampuan ilmu kapas).

Tetapi ditambahkan kalau itupun hanya perkiraan. Karena kondisi di lapangan bisa berbeda. Yang jelas, pada tahap yang lebih tinggi, praktisi Chi yang hebat mampu memindah-mindahkan jalur tenaga, mengosongkan salah satunya, menutup atau membuka, titik-titik yang diinginkan. Karena pada prinsipnya setiap keilmuan pasti ada kelemahan.

Demikian, mohon koreksi dan tambahan kalau ada yang salah.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #35 on: 25/10/2010 12:47 »
Satu lagi antinya TKIB Mas MPCRB... JANGAN SAMPAI DISENTUH!
 :D

Salam...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #36 on: 25/10/2010 12:55 »
berarti kelemahannya dengan menggunakan pukulan jarak jauh tuw... ;)

masalahnya, bisa tahu apa nggaknya ini yang sulit. Ketemu lawan yang memiliki ilmu ini, toh kita tidak tahu. Tiba-tiba saja kita serang secara fisik (atau fisik+Chi). Eh kena juga ... hehehe

Jadi, memang caranya ya ada semacam serangan penjajakan. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan lawan. Atau kalau mau lebih extreem, ketemu lawan model apapun ya serang dengan pukulan jarak jauh saja terus hehehehe...

:)
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #37 on: 25/10/2010 13:15 »
kalau pukulan jarak jauh sudah tidak mempan juga, terpaksa pake jurus 'langkah jauh' alias sambil melangkah, sambil menjauh ...  [[run2]]

hehehe just kidding ...   x-))
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #38 on: 25/10/2010 13:57 »
Setelah saya baca tulisan kawan-kawan saya di thread ini semuanya..

saya baru sadar, benar kata emak saya "lam jangan belajar ilmu dalaman silat tinggi-tinggi nanti jadi gila lho !!"
hehehehhehe   :D [[peace2]]
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #39 on: 04/02/2011 08:22 »
Coba diuraikan konsep Thi Khi I beng itu sperti apa?
Coba Sampeyan baca-baca lagi thread ini dari awal sampai akhir. Pasti nemu konsepnya seperti apa, bahkan perbedaan dan persamaan dengan konsep ilmu "Banjir Bandang Segara Asat" juga ada.

[[peace2]] gw dah coba... sayang belum nemu spar...
Lho??? Kalo sudah nyoba, berarti sudah tau dong konsepnya seperti apa? Kapan-kapan ketemuan di Padepokan Silat yuk. Saya tertarik untuk jadi "korban". Nanti saya bisa kasih komentar gimana rasanya setelah Sampeyan jadikan sparring partner...  ;D  [[peace2]]

Salam...

wolvie74

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 2
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #40 on: 04/02/2011 09:08 »
ngiri juga pada semua sifu di sini sempat ngicipi [pek] biankun dan banjir bandar segara asat. teorinya sih gampang, kan "energy follows mind". masalahnya yg pengen bisa, cuman bisa baca KPH sama senopati pamungkas. gak mau latihan blas *pengakuan dosa hihihihi*
sepertinya bisa ngundang mas tangan awan tuh buat mengajak sifu-nya buat demo  *menghasut mode ON*

wolvie74

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 2
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #41 on: 04/02/2011 20:35 »
mohon maaf.. ketinggalan sedikit kata, tapi besar sekali bedanya.... :-[

ngiri juga pada semua sifu di sini sempat ngicipi [pek] biankun dan banjir bandar segara asat. teorinya sih sepertinya gampang, kan "energy follows mind". masalahnya yg pengen bisa, cuman bisa baca KPH sama senopati pamungkas. gak mau latihan blas *pengakuan dosa hihihihi*
sepertinya bisa ngundang mas tangan awan tuh buat mengajak sifu-nya buat demo  *menghasut mode ON*

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #42 on: 06/02/2011 11:07 »
Saya ada cerita sedikit, ini dari guru saya Pa Ernawan alm dan Pa Agus, kakek guru saya Apih Oding pernah ada yang dateng buat tuker pukulan, pertamanya ga dilayanin, tapi karena maksa apa boleh buat kata apih. Mulailah berhadapan, gebrakan pertama sang penantang nendang perutnya apih, ga ditangkis malah diterima sama perut. Dan nempel tuh kaki diperut, tapi yang aneh yang nendang menjerit. Kakinya nempel diperut apih, dengan santainya apih jalan dengan kaki masih nempel diperut. Yang punya kaki jerit jerit kesakitan. Ga tega dilepasin tuh kaki. Ketika ditanya sama guru saya, gimana caranya dan tekniknya, apih cuma jawab PASRAH. Weleeeh......

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #43 on: 06/02/2011 11:10 »
Kedua guru saya masih penasaran sama tekhnik itu. Termasuk kategori ilmu yang lagi dibahas ga ?

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #44 on: 07/02/2011 21:42 »
Kang sawer, bisa jadi ilmu kong apih itu thi khi I beng. Karena benar, kunci awalnya harus menerima.

 

Powered by EzPortal