+-

Video Silat


Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

BENGKEL TULANG NO. 1 DI BANDUNG by cyakwingking
20/02/2015 01:14

SilatIndonesia.Com


Author Topic: Thi Khi I Beng  (Read 26279 times)

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #75 on: 13/04/2011 12:18 »
Oh, iya yah. Intinya kan lebih ke pasrah ya. Kalo gitu agak sulit untuk di pake nyerang ya. Hmmm, baca dipostingan awal, om don cerita malah di pake buat nyerang ya. Energi nya di keluarin untuk dipake narik. Weleh ora mudeng aku.

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #76 on: 13/04/2011 15:30 »
Menarik energi orang, ibarat ingin mengundang orang datang ke 'acara' kita. Undangan bisa kita antar, sms atau email atau karena acara kita menarik, orang yang minta kita undang.
Mas Don gak salah, memang bisa dipakai untuk menyerang..tapi dia tidak cerita, waktu menyerang apakah ada 'energi tajam' yang ditonjolkan waktu menyerang?

Thi khi i beng, Im yang kun..atau tangan awan..ilmu2 yang ada di cersil khoo ping ho, tapi banyak yang bilang ilmu2 ini benar2 ada.

By bocah rebelong

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 3
  • Posts: 36
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: CINGKRIG GERAK CIPTA/CINGKRIG
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #77 on: 13/04/2011 22:27 »
Nanya lagi ah, . . .kalau kita kerja berat tapi yg cape dan lelah orang lain,itu thi khi i beng bukan?
Kalau saya sih nyebutnya rasaku rasamu(rasainlu napa liatin aku,biar tau rasa kamu)  he he he

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #78 on: 14/04/2011 06:03 »
Thi khi i beng, Im yang kun..atau tangan awan..ilmu2 yang ada di cersil khoo ping ho, tapi banyak yang bilang ilmu2 ini benar2 ada.
@Uda SK..
jurus tangan awan ada dalam taichi. Fungsi kasarnya: menepis serangan lawan (kl bagus, bs membuat lawan kehilangan keseimbangan) dan balik menyerang (lawan terserang krn tubuh lawan ke tarik. Sedangkan kita masih diposisi sendiri. Jadi lawan yg maju untuk menerima serangan, bkn kita yg menyerang.) .

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #79 on: 19/04/2011 17:15 »
humdee, belajar dong tangan awan.. :)

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #80 on: 20/04/2011 08:34 »
Tahap awalnya lewat tui shao ya.
Uda SK, ane ikutan belajar dong

hangkitegale

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #81 on: 17/05/2011 20:58 »
salam kenal semuanya!

ane baru daftar dan tertarik dengan bahasan ini. sekalian mau share dan mohon masukan dari mas2/mbak2 semua. beberapa tahun yang silam, ane pernah bikin percobaan sedot menyedot tapi belum sampe menyedot tenaga lawan seperti thi ki i beng ini.

prosedur percobaannya:
1. duduk sila, punggung lurus, telapak tangan terbuka dan menghadap ke atas serta diletakkan di atas lutut, mata merem.
2. baca doa mohon perlindungan kepada ALLAH SWT dan pasang niat mohon izin kepada ALLAH SWT agar dibolehkan menghisap energi yang baik di alam ini.
3. meditasi dilakukan dengan nafas keluar masuk sama panjang dengan dibarengi zikir, lidah dilipat ke langit2 mulut.
4. konsentrasi di kedua telapak tangan.

yang dirasakan ketika itu adalah seperti ada pusaran angin kecil di tengah telapak tangan kemudian terasa ada aliran yang masuk (waktu itu kerasanya cuma sampe siku saja). setelah dirasakan beberapa saat, lalu percobaan diakhiri.

setelah "merasakan" itu, percobaan tidak pernah dilakukan lagi sampe sekarang. (nb: penyakit pribadi, baru nyicip udah merasa kenyang... hehehe....)

faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #82 on: 05/07/2012 11:09 »
Hehe..gampang puas,gampang bosen..emang musuh utama belajar ginian terutama yg drop out perguruan dan nerusin belajar sendiri krn ga punya parameter dan kurang motivasi.
Mungkin bisa diawali dgn kembali ikut komunitas/perguruan2 yg memiliki hobi yg sama.
Aliran energi sampai siku krn kurang niat aja kali yah..
Mungkin bisa diniatin aliran nembus kelengan,tengah dada terus mengendap ke dantian.sambil rasa aliran energi tsb terus  dikawal seiring gerak nafas.
Cmiiw

Aldian Alif Sukmana

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
  • Padepokan Pakusari Jurus V
    • Email
  • Perguruan: Padepokan Pakusari Jurus V
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #83 on: 15/08/2015 14:34 »
Saya ada cerita sedikit, ini dari guru saya Pa Ernawan alm dan Pa Agus, kakek guru saya Apih Oding pernah ada yang dateng buat tuker pukulan, pertamanya ga dilayanin, tapi karena maksa apa boleh buat kata apih. Mulailah berhadapan, gebrakan pertama sang penantang nendang perutnya apih, ga ditangkis malah diterima sama perut. Dan nempel tuh kaki diperut, tapi yang aneh yang nendang menjerit. Kakinya nempel diperut apih, dengan santainya apih jalan dengan kaki masih nempel diperut. Yang punya kaki jerit jerit kesakitan. Ga tega dilepasin tuh kaki. Ketika ditanya sama guru saya, gimana caranya dan tekniknya, apih cuma jawab PASRAH. Weleeeh......

Makasih atas ceritanya, ngomong ngomong apih oding itu memakai ilmu yang bernama Jurus V ciptaan beliau sendiri, memang benar kalo kuncinya jurus V itu adalah Pasrah.

aki sija

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 30
  • Posts: 414
  • Reputation: 75
Re: Thi Khi I Beng
« Reply #84 on: 17/08/2015 06:19 »
Selamat pagi
Selamat ultah kemerdekaan Republik Indonesia
Hari ini tgl 17 Agustus 2015, berarti sudah 70 tahun usia hari kemerdekaan kita.
Kembali ke pembahasan TKIB
Kebetulan sekali Aki sangat tertarik sekali dengan pembicaraan TKIB ini.
Berbagai tulisan pendapat membuat kita mendapat tambahan wawasan.
Kali ini Aki mau mencoba lagi membabar dengan teori analisa logika agar mudah/gampang dimengerti......tapi maaf, Aki bukan berarti BISA ini mah hanya teori saja.

Bagaimana kalo kita buat 5 (lima) tahapan
1. Pertama
Kalo ada aksi serangan kita bereaksi untuk diterima ato ditolak
2. Kedua
Kalo ada aksi serangan kita lewatkan (liliwatan)
3. Ketiga
Kalo ada aksi serangan Kita bereaksi diikuti (berehan, Sunda)
4. Keempat
Kalo ada aksi serangan kita bereaksi dihilangkan (tenaga kosong)
5. Kelima
Kalo ada aksi serangan kita bereaksi untuk meneyedot.

Nah yang kelima inilah barangkali  cocok dengan TKIB.
Sekali lagi, Aki hanya mau mencoba menganalisa bukan berarti sudah BISA, tapi tidak mampu untuk itu.

Salam
Aki Sija


 

Powered by EzPortal