+-

Video Silat


Silat Paseban Taqwa Betawi Babe Cacang Murtadho
Final Pencak Silat Sea Games XXVI kategori Regu Pu
pendekar cilik sedang beraksi
Di belakang Layar Pendekar Macan Paku Banten
padjadjaran nasioan - Performance silat di acara u
Silat Makassar menggunakan badik
H. Nurali Akbar (Babe Nunung) di FIB UI
Usik Cikalong Pabuci #01
Pukulan Patikaman Silat Kuntau Pahampangan Kandang

Shoutbox

13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
27/06/2014 17:45 moeljadi moechtar: mohon maaf lahir dan batin menjelang Puasa buat sodare2 silat sekalian...
23/05/2014 19:43 Jenggot Perak: assalamu'alaikum para pesilat dan pendekar..
salam kenal
02/05/2014 13:32 kunderemp: Horeeee... muncul lagi.
20/03/2014 21:24 akoekoko: tes, tes, satu dua...
View Shout History

Recent Topics

[BUKUTAMU] by dr_hadinata
20/08/2014 11:41

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

SILAT BERDO'A SELAMAT by Dwi_NGJ
16/08/2014 08:12

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

maenpo Cikalong by aki sija
26/07/2014 06:55

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

[GUESTBOOK] by wongbener
23/07/2014 10:03

Pesilat Indonesia Siap Bantu Rakyat Gaza by wongbener
23/07/2014 09:40

My Days with Golok Betawi "Seliwa" by akoekoko
16/07/2014 16:24

RM. Sunardi Suryodiprojo "Den Mas Nardi/Romo Nardi" (03 Apr 1914 - 05 Jun 1985) by halilintar
14/07/2014 00:20

Sejarah perguruan Reti Ati by halilintar
14/07/2014 00:08

Minangkabau Silek Tuo Summer Camp 2014 by luri
07/07/2014 09:13

THS-THM by halilintar
04/07/2014 16:11

PPSB Cingkrig Gerak Cipta by abay gcis
01/07/2014 19:56

Merpati Putih by satrio simammora
16/06/2014 21:40

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Totokan Jalan darah, adakah di silat?  (Read 10637 times)

Raya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 52
  • Reputation: 0
Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« on: 21/04/2008 14:21 »
Salam,

Maaf nih mas2 and mbak2 yang sudah mumpuni,
aku baru di sahabat silat ini. dan kesanku setelah beberapa menit joint, cuma 6 huruf deh yang bisa aku bilang "TOP BGT".

Setelah baca-baca (sedikit sih, banyak bener topiknya, and dalem-dalem). Jadi mau tanya (mudah-mudahan belum ada, kalau sudah ada sebelumnya ; maaf masih baru)

kalau di bela diri yang dari china (kung fu / wushu) terutama yang di film or buku; aku sering baca "totokan ke jalan darah ....."

kalau di silat ada tidak ya? apakah totokan ini memang khas china saja ? (maaf kalau salah tempat).....

apakah ada yang bisa bantu? totokan itu seperti apa cara kerjanya? aku dengar-dengar dipengaruhi unsur waktu juga (pagi,siang,malam,dst) ?

salam dari yang baru joint.

mohon kalau ada yang bisa bantu.

crashed brain

  • Guest
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #1 on: 21/04/2008 14:49 »
Salam juga..

Mohon maaf, saya murid yang lagi mencari guru.. jadi belum bisa dibilang mumpuni..
kalo ada yang salah mohon dikoreksi..

Ada beberapa perguruan silat tradisional di Indonesia yang mengenal totokan.
Tapi, mungkin lebih ke urat (otot) .. bukan jalan darah (nadi)..
Kalo sudah tingkatan senior, banyak yang sudah mengajarkan cara menyembuhkan,
otot yang keseleo/terkilir... Di suatu perguruan yang saya tahu, bahkan ada yang
bisa menotok dan membuat lawannya tidak bisa bergerak sama sekali.

Bagaimana cara dan tekniknya, mohon maaf saya tidak mengerti...

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #2 on: 21/04/2008 17:45 »
Kalau banyak diceritakan dalam buku silat mana pun, versi cina maupun indonesia. Mestinya ilmu totok jalan darah ada.

Suatu ketika di tahun 1994, sesudah latian tanding dengan teman dari Jet Kun Do, saya merasa rahang saya tidak bisa dibukan, karena terpukul keras, tepat pada satu titik. Walaupun tidak sakit, tapi mulut tidak bisa dibuka lebih dari 2 centi. Lalu saya ke Dr. Sidi, dia senior saya di fakultas kedokteran yang menguasai ilmu pengobatan totok jalan darah. Begitu melihat saya, dia cuma ambil 1 potong korek api, lalu dengan ujungnya yang ada sulfurnya, di totok syaraf dan otot di dkt sambungan rahang. Proses cuma 3 detik, tok tok tok dan rahang bisa dibuka.

saya tanya,kalau dia bisa buka jalan darah dengan 1-2 totokan, pasti dia bisa nutupnya juga?

Seperti ilmu akupuntur, sekali totok syaraf, cus cus, orang langsung tidur..

Kalau ilmu totok jalan darah, tuk tuk, darah ke jantung bisa tersendat...

Kalau mau belajar totok dengan jari yang bisa bikin orang kaku, ketawa atau tidur...kayaknya harus belajar akupuntur untuk tau semua 360 titik tubuh manusia dan tenaga ledakan pada jari.

Dimana bisa belajar? saya ndak tau juga, kalau ada ketemu, saya ikutan belajar.. ;D


 
 

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #3 on: 23/04/2008 11:59 »
SBS,

jaman sekarang yang masih menguasai adalah para tabib atau sin she, dan pendekar kungfu.

Akong saya bisa, dan diturunkan ke saudara perempuan saya yang sekarang sudah hijrah ke China.

Sangat sulit dan jari ini harus dilatih kekuatan dan ketajamannya. Dalam arti menghafalkan titik-titik totokan.

Menurutku untuk perempuan sangat cocok sekali buat bela diri praktis. Cukup dua aja, dua titik di bawah bahu.

He..he.he.. maaf saya juga baru belajar mas,

Salam,
Putri Teratai
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

EricB

  • Guest
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #4 on: 23/04/2008 12:12 »
Sayang betul Pak Siddiq sudah meningal, dia spesialis totok darah.

titikĀ² dia kasih, pelajaran juga sedikit, tapi susah banget dan harus latihan secara rutin,
gue kurang rajin berarti sudah ngak bisa lagi

Raya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 52
  • Reputation: 0
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #5 on: 23/04/2008 14:50 »
terima kasih untuk feed backnya mas ericB.

apakah dari posting mas, aku boleh bilang bahwa di silat juga ada totokan jalan darah ?

kalau mas tidak keberatan, apakah boleh tahu alirannya mas ?

kalau sepengetahuan mas, totokan tersebut digunakan untuk apa saja ya?
apakah sama kegunaannya dengan totokan di kung fu ?

maaf kalau saya terlalu lancang ingin tahu.   mudah-mudahan tidak tersinggung.





EricB

  • Guest
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #6 on: 23/04/2008 16:28 »
@ Mas Raya: saya sama sekali tidak keberatan, silahkan tanya :)

nama perguruan saya ada dalam signature, di bawa setiap posting saya ada  x-))
dalam silat memang betul ada totokan jalan darah, saya lihat berapa orang mengunakannya
sepengetahuan saya ilmu totokan di pakai kepada saraf dan otot juga, kalau pakai lawan tidak bisa bergerak lagi (contohnya: totokan ke titik khusus di kaki, jadi kaki jadi kaku, ada lain titik untuk mejalankan lagi kakinya)

Pak Siddiq selalu dengan ketawa demonstrasi ilmu itu, dan dia bilang kita harus tahu dimana skakelar ada (switch for setting things on and off)
Kita sebagai murid jadi bingung ngak bisa bergerak lagi ..... sialan  [lucu]

Pak Siqqiq juga mengunakan totokan darah untuk menyembukan orang,
tapi saya belum sampai menyaksikan atau belajar.

Mas Raya, silahkan cerita lagi pengalaman anda dalam hal tersebut, saya rasa para kawan disini juga senang membaca tentang subjectnya

Raya

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 52
  • Reputation: 0
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #7 on: 24/04/2008 07:56 »
Wah mas,
pengalaman saya sih masih jauh kalau dibandingkan pengalaman mas yang  [top] [top] [top]

pengalaman soal teknik ini sih kurang lebih sama dengan mas.
dulu waktu kecil (SD kalau tidak salah), ada kenalan kakek yang mengerti teknik ini (sepertinya dari kungfu). karena tidak percaya waktu itu maka jadilah saya kelinci percobaan.....  :'( :'( :'(
hasilnya ya kurang lebih sama dengan yang dialami mas.
cuma bedanya pas saya coba mengingat-ingat titiknya, orang itu bilang bahwa titiknya berubah berdasarkan waktu (ada jam-nya gitu) dan ada tekniknya.

kejadian itu bikin penasaran saya yang waktu itu belum kenal bela diri sama sekali.

begitu mas, makanya pas menemukan forum ini dan baca-baca (muantap topik dan komentarnya, biarpun mesti mikir dan baca berkali-kali tetap saja ada yang gak  ngerti, maklum masih cetek nih) jadi ingat pengalaman tersebut dan tertarik ingin tahu apakah ada di silat.

siapa tahu di forum ini ada yang mengerti teknik ini.
kalau menurut saya, teknik ini (seperti teknik-teknik yang lain) adalah pedang bermata dua. tergantung bagaimana kita memakainya.
dipakai baik -> menyelamatkan orang,
dipakai jahat -> ini nih yang repot, wong sekarang saja kejahatan sudah banyak ditambah yang satu ini tambah kacau deh.

Jadi terlintas pertanyaan baru sebenarnya .:
apakah ada cara untuk membebaskan diri dari teknik ini bila kita yang jadi sasaran teknik ini (tanpa bantuan orang lain) ?

rekan-rekan ada yang bisa membagi pengetahuannya sedikit saja untuk materi ini?

thx.
maaf kalau ada yang tersinggung.

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #8 on: 24/04/2008 08:38 »
...apakah ada cara untuk membebaskan diri dari teknik ini bila kita yang jadi sasaran teknik ini (tanpa bantuan orang lain) ?
Salam...
Ada! First of all... Jangan sampe kena totok!  ;D
Kedua, kalau pun harus kena, jangan sampe telak. Totokan bisa sukses dan berhasil tergantung atas: saat pengapesan (jam bio tubuh), aliran meridian yang dituju, besar kecilnya "qi" yang digunakan, titik yang tepat, dan teknik yang berhasil dieksekusi. Salah satu dari syarat itu tidak terpenuhi, maka totokan tidak akan sukses 100%.

Totokan ada berbagai macam tujuan:
1. Mematikan --> seketika dan ditangguhkan.
2. Melumpuhkan --> seketika dan ditangguhkan.
3. Menyakitkan --> seketika dan ditangguhkan.

Untuk yang mematikan seketika, kalau kena telak, ya sudah... wassalam saja. Lain-lainnya, bisa dianulir dan diobati. Untuk bisa mengobati diri sendiri, waaaahhhh... harus tau tentang jalan darah, susunan saraf dan jalan "qi" di meridian. Paling gampang, pergi ke sinshe ahli akupunktur. Karena dasar dari ilmu totokan memang dari pengetahuan akupunktur.

Ini sama saja kalau kita sakit berat. Untuk bisa mengobati diri sendiri, kita ya harus punya pengetahuan medis. Paling gampang, ya pergi ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Salam...

aprayudi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 1
    • SilatPerisaiDiri.Com
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #9 on: 18/09/2008 14:58 »
Salam,

Setuju dengan mas DSB. Jangan merasa teknik totokan tidak ada di Silat. Juga jangan menyesal karena teknik ini sudah sulit didapat. Lah kan sekarang minimal kita sudah punya guru yang mudah di kilik yang namanya eyang Google.

Kalau ingin serius mempelajari totokan darah, silahkan ikut kursus akupunktur yang tersebar di Jakarta. Mau merusak dengan totokan, ya gampang juga, merusak itu sangat mudah, ngobatinya yg sulit.. Asal titik median di hancurkan dengan tenaga2 tertentu ya sudah, celaka hasilnya..

Saya pernah minta ilmu ini ke guru saya, tapi dapat jawaban: 'Jangan belajar ini kalau sampeyan blm mampu mengobati..'

Saya pun tanya ke eyang Google, hingga dapatlah se abreg-abreg thesis PhD di bidang akupunktur. Bahkan sampai dapet kitab Dim Mak (wah.. baik sekali ya eyang Google ini). Tapi ya itu.. pikir2 lagi.. apa kita bisa mengobati bila kita sudah menyakiti. Membunuh itu mudah.. kita bisa membunuh tanpa ketahuan. Pukul sekarang, matinya 5 thn lagi. Tapi apa itu yang kita cari..??

Ujung2nya setelah 1 tahun pencarian, termasuk kursus2an akupunktur, saya tutup lagi kemampuan tersebut. Terlalu riskan dan berbahaya.. Dan saya kurang bisa menguasai akupunktur murni karena keterbatasan waktu saya. Ternyata betul kata guru saya.. jangan dipelajari... kecuali kita betul2 sudah bisa mengobati..

Mending asal pukul ajalah.. gak repot dikejar pertanggungjawaban..  ;D ;D

Salam,
Anjar

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #10 on: 19/09/2008 20:54 »
hihihihi, memang susah blajar ginian...

mudah blajar teknik merusaknya drpd ngobatinnya...  :-\

semua beladiri klasik ada semua koq teknik ginian. dr nusantara sampai asia timur jauh
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masingĀ². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #11 on: 31/10/2008 18:22 »
Di pencak silat jelas ada teknik menotok jalan darah. Saya pernah lihat di TVRI Bandung, sekitar tahun 80-an akhir atau 90-an awal. Ada perguruan silat yang sangat menonjolkan ilmu totoknya, karena selama durasi tayang tersebut, hampir semuanya peragaannya adalah jurus atau teknik totok.

Para pesilat yang terkena totok tidak ada yang bisa bergerak, sampai dibebaskan lagi totokannya oleh yang menotok. Diperagakan juga teknik keroyokan, dan semua yang mengeroyok kaku, beku di totok oleh sang pendekar.

Yang paling seru adalah ketika sang Guru Besar ikut memperagakan ilmunya.
Sang guru Besar dikeroyok, dalam sekejap, serentak berbarengan, yang mengeroyok semuanya Beku Kaku seperti patung tanpa disentuh sedikitpun oleh Sang Guru Besar. Keren Banget [top] [top] [top]. Saya sampai terkesima dan takjub, bahkan sampai sekarang masih terbayang-bayang..

Tapi sayang, saya nggak tahu nama perguruan silat itu.  :'( :'( :'(

Kayaknya sih perguruan tersebut bermarkas besar di Bandung, atau minimal di Jawa Barat :D

Buat Kang Erick... Setahu saya di Padjadjaran Nasional masih ada kok ilmu totokan. Walaupun Abah Siddiq sudah wafat, tapi semua ilmunya sudah diturunkan kepada Bapak Emen.

Saya pernah ngobrol-ngobrol dengan seorang pendekar Padjadjaran Nasional, dan beliau cerita pernah mempraktekan ilmu totoknya sampai-sampai orang yang terkena totok tersebut harus diobati dengan diterapi selama satu bulan lebih. (Maaf, tidak bermaksud menyombongkan perguruan, hanya sharing saja)
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

aprayudi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 10
  • Reputation: 1
    • SilatPerisaiDiri.Com
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #12 on: 20/11/2008 07:48 »
Quote
Saya pernah ngobrol-ngobrol dengan seorang pendekar Padjadjaran Nasional, dan beliau cerita pernah mempraktekan ilmu totoknya sampai-sampai orang yang terkena totok tersebut harus diobati dengan diterapi selama satu bulan lebih.

Wah, itu masih untung cuma diterapi 1 bln lebih. Ilmu totokan yg diaplikasikan sang pendekar Padjadjaran Nasional tsb pasti masih setetes dari ilmu2 beliau.. lha wong yang diterapi 3 - 5 tahun aja ada koq.. dan itupun tetep gak sempurna kondisinya pasca pemulihan..




maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #13 on: 20/11/2008 11:11 »
 :)mengobati lebih sulit dari mencegah, mencegah lebih sulit dr pada mukul or notok abis untuk nyegah butuh sabar nahan diri he..he...
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Totokan Jalan darah, adakah di silat?
« Reply #14 on: 03/12/2008 12:38 »
Menarik banget thread ini. Monggo yang jadi masternya ikutan nimbrung!
Aku juga mau nimba ilmu totokan jalan darah ini.
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

 

Powered by EzPortal