+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota  (Read 47667 times)

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #30 on: 15/10/2008 18:10 »
slm knl juga....... :)
ane jg br disini.... ;D

jd malu jg niii nyeritaan dr sendiri :-[

semuany pd belajar silat udah pd lama.... ::)
sednkan ane br mo beljar :'(

sy asli padang ( sumbar)

tp skrang lagi di malang (lagi merantau gituuuuu  x-))  )





yah gak apa2 kalo baru mao belajar, cerita tentang asal mula tertarik sama silat juga gak apa-apa kok...

dari padang yah om... aku minta kripik baladonya ya
baru belajar nulis

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #31 on: 16/10/2008 09:16 »
Ruaaaaaaaaaaaaaaaaar biasaaaaaaaaaaaaaaaaaa!
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #32 on: 16/10/2008 16:21 »
 :D Salamaik bagabung uda, samo awak tu ma [top]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #33 on: 17/10/2008 12:02 »
sedalam apa nih...

atuuttt aaahh kalo dalam-dalam..
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #34 on: 11/12/2008 22:47 »
sedalam apa nih...

atuuttt aaahh kalo dalam-dalam..
x-))ich gak papa kan pake pengaman, kalo kurang dalem gak bisa merapat n kalo di paksa kandas deh. wualah mo buang jangkar dolo ach :-P
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #35 on: 11/12/2008 23:16 »
ha..ha..ha..ha..
belum tau rasanya kena jurus satu jariku.
ntar keok loh...macem-macem aja mas Maulana ini.
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #36 on: 16/12/2008 19:47 »
Salam sahabat silat,
Mau numpang cerita juga ya..intinya bagus forum share ini,karena bisa dipakai untuk saling memotivasi untuk mencintai silat indonesia.
Saya berkenalan dengan beladiri pertama adalah tae kwon do, yang meminta adalah ayah saya sendiri (beliau Kateda). Tadinya saya ingin ikut dengan ayahanda latihan, tapi beliau malahan menyuruh untuk ikut tae kwon do.
Pada saat itu saya sangat kagum bila melihat beliau latihan (karena ada pemecahan barang keras/batu bata dsbnya-sampai sekarang beliau walaupun sudah non aktif tapi tetap menunjukkan kesemangatan dalam olah raga, terutama jogging atau jalan kaki).
Akhirnya ikutan tae kwon do walau hanya sampai sabuk biru dan sempat punya oleh2 yang berbekas ketika sparring, yaitu hidung yang bengkok-sampai sekarang, karena terkena tendangan pacul.
Ketika itu saya sempat menanyakan ke sabem (pelatih tae kwon do) kenapa tae kwon do tidak ada pola beladiri yang dengan kuncian ataupun bantingan.
Karena,terus terang saya sempat risau, bagaimana apabila kita harus berkelahi di angkot yang sempit.
Jawaban sabem pada saat itu sangat tidak memuaskan saya, dan pikiran itu terus menggaggu saya.
Sampai akhirnya saya melihat atraksi beladiri dari Merpati Putih.
Saya sangat terpukau oleh gerakan2 mereka yang lembut tapi menghancurkan.
Sangat destruktif tapi lembut, saya pikir.
Tanpa banyak berpikir ikutlah saya mendaftar Merpati Putih, dari situ mulailah saya melihat kekayaan bela diri asli Indonesia.
Macam2 saya pelajari dari gerakan2 silat yang tampak aneh dimata saya, dan pola latihan pernafasan hingga akhirnya saya mempelajari ilmu getaran yang khas Merpati Putih.
Saya sempat merasa kecewa pada saat itu di Merpati Putih, karena pelatih saya tidak membolehkan saya ikut seleksi pertandingan. dengan alasan saya terlalu keras ketika sparring/sabung. Pada saat itu saya, masih darah muda,merasa benar karena saya hanya ingin menyakiti lawan tanding saya (sehingga banyak yang cedera ketika sparring dengan saya).
Rupa2nya pelatih itu bermaksud baik bagi saya, beliau menempa saya untuk tidak mengedepankan emosi ketika menghadapi apa saja (Hormatku untuk mas Nandar Kusnan).
Lama berselang saya akhirnya harus menempuh ujian untuk menjadi pelatih muda, tapi saya tidak mengambil ujian itu.
Saya malahan belajar Satria Nusantara di Kelapa Gading (ketika itu saya baru masuk kuliah),di SN ini saya masuk ke kelompok Penghusada.
Namun tak lama saya sudah mencari lagi.
Kali ini yang saya cari adalah silat yang tidak mengutamakan tenaga dalam.
Akhirnya pilihan saya jatuh pada Persinas Asad.
Latar belakang ini adalah cimande,kuntau,cikaret.
Saya sangat senang dengan pola permainan dari Persinas Asad.
Sangat dinamis dan efektif (terutama "beladirinya")
Ketika kerja di trans (masih aktif di Persinas Asad) saya sempat belajar aikido dan memang..saya merasa tidak perlu ikut kenaikan tingkat, dan hanya terus mengasah keluwesan gerak dan teknik.
Walaupun begitu saya tetap "berkelana", bersama dengan teman2 saya berkelana ke daerah cianjur, kemudian bertemu dengan Gan Ita Sasmita dan belajar jurus Cikalong sampai khatam, plus dengan jurus pancer buminya.
Tidak terbendung kecintaan saya pada silat tradisional kita,saya kemudian bertemu dengan wak dudun (tokoh cikaret) walau tidak sempat lama (hanya dapat jurus 1) tapi saya sangat senang bisa bertemu dengan beliau.
Hanya karena kendala jarak,waktu (saya bekerja) maka saya belum bisa berguru lagi dengan beliau.
Saat ini saya inslh akan menginjak tahun yang kesembilan di Persinas Asad.
Lagi2 walaupun hati saya sudah tertambat di Persinas Asad, saya tetap "mencari".
Saya memilih Gerak Gulung untuk tujuan saya berikutnya, saat ini saya sedang berjalan berlatih dengan murid Kang Awang di daerah Jakarta Timur.
Intinya saya sangat bangga dan bersyukur telah lahir sebagai putra Indonesia yang berkesempatan untuk mewarisi budaya luhur bangsa kita ini.

Jaya terus Indonesia, Jaya terus Silat Indonesia!!!!
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #37 on: 16/12/2008 21:37 »
MERDEKA!!!
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #38 on: 17/12/2008 08:31 »
Mantap banget nih bro pangemu (pangeran muda) gak kebayang kalau lagi tarung seperti apa gerakanya...takut ahhhh

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #39 on: 17/12/2008 19:39 »
Wah mas HB,
Saya biasa aja kali,makanya saya belajar terus..
Cerita saya panjang ya.. :)
Sekalian curhat colongan..ini baru pertama kalinya saya cerita lengkap.. :)
Sampai2 mbak PT cuma bilang MERDEKA!!
Justru menurut saya, pertarungan yang membabi buta (seperti yang dulu saya lakukan) sama sekali tidak menunjukkan kematangan penguasaan ilmu.
Istilahnya ilmunya masih "kasar", maka dari itu saya terus "memperhalus" ilmu saya.
Baik "memperhalus" dari "dalam" atau dari "luar"
Bagi saya pertarungan yang baik (bila dalam pertandingan) harus bisa menghindari cedera lawan atau kita sendiri.
Hal itu bisa terjadi bila penguasaan "langkah" kita sangat baik dan matang.
Bila dalam pertarungan jalanan (bagi saya) yang baik adalah yang efektif,cepat, dan hemat tenaga.
Inipun bisa terjadi dengan penguasaan langkah,teknik yang "straight to the point" atawa langsung serangan ke bagian kelemahan lawan, jadi idealnya harus cukup dengan 1 atawa 2 teknik untuk melumpuhkan lawan.
Gichu lhooo...maaf kalau kesannya menggurui..
Jujur saya senang sekali bisa share dengan para sahabat. [top]
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #40 on: 17/12/2008 20:44 »
wah/...manteb banget pengalaman mas pangeran muda, wah..kagak disangka perjalanan hidupnya penuh dengan kecintaan dengan silat....hehehe..tapi asal jangan ngambil-ngambil jurus dari masing2 perguruan yah trus di ramu jadi deh jurus sendiri..  [top] buat anda


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Pangeran Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 211
  • Reputation: 18
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #41 on: 18/12/2008 11:07 »
 :)Terima kasih mas debuls,
Iya benar saya tidak akan mengambil jurus2 dan diramu untuk menjadi satu kesatuan.
Saya akan membiarkan mereka (apa apa yang saya pelajari) berdiri sendiri.
Pengalaman saya "loncat2" ke beberapa aliran, memberikan saya pelajaran tersendiri agar tidak mencampur ilmu yang saya dapat dengan ilmu yang lain.
Karena menurut saya bila kita ingin benar2 mempelajari suatu ilmu, kita harus tahu apa artinya "kekosongan" itu.
Jadinya kita bisa dengan cepat menyerap apa apa yang diajarkan ke kita.
Seperti itulah yang saya lakukan,apabila akan belajar ke suatu aliran (bukan perguruan), saya akan menyimpan ilmu yang saya dapat dalam2,lalu dari situ kita bisa menerima ilmu baru seperti halnya sebuah gelas kosong yang akan diisi air putih bening.
Pernah suatu ketika saya mempelajari aliran silat tradisional yang style-nya keras,cepat,tepat (baik dari pola jurusnya ataupun tekniknya).
Kemudian saya mempelajari silat kuno yang lembut (jurusnya),karena pembawaan,gerak badan,gerak otot saya sudah demikian rupa menyatu dengan silat sebelumnya(yang keras) maka pada saat itu jurus yang notabene halus, saya lakukan dengan keras.
Hasilnya??
Tidak ada.
Guru saya hanya pesan,"hayo dicari lagi sendiri"
Pesan singkat itu cukup bagi saya untuk menerjemahkan arti "cari lagi sendiri".
Perenungan, akhirnya saya menemukan kesalahan saya, saya melakukan jurus dengan "rasa" silat yang terdahulu, ya dari situ saya merasakan pentingnya "kekosongan" dalam menuntut ilmu yang sama sekali baru buat kita.
Maaf kalo terkesan menggurui.. :)
Kembang Jadi Buah, Buah Jadi Kembang

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #42 on: 18/12/2008 11:34 »
mas pangeran, salut ane ame ente..gigih banget buat ngedapetin ilmu..  [top] GRP meluncur buat anda


debuls
nungguin gado-gado lontong
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

liukhang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 154
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #43 on: 18/12/2008 11:42 »
sy senang kalo melihat ada yang begitu mencintai beladiri, mengejar ilmu tanpa patah semangat...pejuang sejati.

salam kenal.

yagitudech

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 37
  • Reputation: 2
  • Bikin Ilmu Jadul Jadi Gaul
    • Sekolah Online Tenaga Dalam Ya Gitu Dech
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #44 on: 18/12/2008 12:46 »
Salam kenal buat semuanya, saya belajar tenaga dalam sebenarnya tidak sengaja. Karena sering berkunjung ke berbagai tempat dan bertemu dengan banyak para sesepuh. Tujuan utamanya untuk berobat, namun lama kelamaan tertarik juga untuk mempelajarinya. Akhirnya minta diajari, dari sekian banyak, hanya sebagian kecil yang mengabulkan permintaan saya. Ada yang menolak terus terang, ada yang memberikan semacam tes/pertanyaan. Jika berhasil akan diangkat murid, namun hampir semua tes/pertanyaan, nggak ada yang saya bisa.
Dari yang sebagian kecil itu pula, susah juga melakukan gerak jurus, bacaan, simbol atau meditasinya. Makanya saya berfikir bagaimana mencari pola pembelajaran yang sederhana, tanpa terikat secara kuat dengan jurus, bacaan, simbol, puasa, atau yang lainnya. Prinsipnya seenak hati (kata orang Jawa, sak-enak udele dhewe), dan coba dengan penelurusan lewat kepekaan energi dan pengalaman yang ada. Akhirnya saya coba-coba mendirikan sendiri perguruan tenaga dalam, sekitar tahun 2000 (sebenarnya saya lupa tepatnya, namun saya ingat sesudah reformasi).
Beberapa teman saya rekrut dan saya latih, Alhamdulillah sukses. Namun dibalik kesuksesan tersebut, semua murid tidak memahami arti pendirian perguruan saya, yang menitik-beratkan kepada "kebebasan", kasarnya FREEDOM FROM RULE. Mereka terjebak pada jurus/gerakan atau manfaat saja, melupakan filosofis yang terkandung di dalamnya. Akhirnya setelah beberapa tahun, saya bubarkan perguruan tersebut. Dan mencoba merenungkan kembali tentang hakekat tenaga dalam. Kemudian saya cari berbagai literatur tentang tenaga dalam dari berbagai pertemuan, buku atau internet.
Setelah mendapatkan beberapa info tentang tenaga dalam, khususnya yang berhubungan dengan terminologi, peralatan, pengobatan, dan hal lainnya (karena, ma'af saja karena sebagian besar para sesepuh yang saya ikuti tidak memberitahu istilah-istilah seperti chi, jadi hanya praktek dan pemanfaatan). Saya mulai bergiat untuk mendirikan lagi perguruan tenaga dalam, akhirnya jadilah kami membuat situs Sekolah Online Tenaga Dalam Ya Gitu Dech ini.

 

Powered by EzPortal