+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota  (Read 48249 times)

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #150 on: 14/01/2011 19:53 »
Tapi lama2 ko seru juga, banyak yang anehnya. Tapi berhubung basic beladiri fisik jadi rada belet ngikutin permaenan rasa jurus lima. Guru saya bilang ga ada td nya ga ada pernapasan, tapi temen saya bilang getarannya kerasa. Temen saya emang pada peka. Terus ikut nganter temen latian silat di kampung mahmud kab.bandung, niatnya nganter tapi malah saya yang rajin latihan. Cuman sayang karena kesibukan kerja jadi berenti. Masih kangen sih pengen sowan ke sana, lagi nyari waktu yang tepat. Kalo SS mau meliput maenannya kampung mahmud saya bisa anter.
oh iya, setelah kenal silat rasa cinta dan kagum pada seni warisan leluhur makin mendalam. Suka bergetar dan terharu kalo ada yang lagi maenin jurus, dari perguruan manapun baik beladiri import apalagi asli indonesia. Cekap panginten.

Cag

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #151 on: 14/01/2011 20:05 »
Tapi sumpeh saya jauh dari kata bisa, belet we nu aya. Makanya mudah2an para suhu, suheng, senior mau berbagi pengetahuan dengan saya, sukur sukur dijadiin murid.


Cag

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #152 on: 15/01/2011 10:13 »
Ternyata kang sawer ini jago tarung juga pantesan badannya jangkung gede....takuuut...hehe...hoyong diajar ah ku kang sawer biar bisa tarung, sukses selalu kang sawer,kapan ke ujung berung?
salam

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #153 on: 15/01/2011 12:32 »
Huhuy, saya mah ga ada apa apanya dibanding uda sama senior yang laen, malahan saya mau belajar usik minang sama uda.

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #154 on: 16/01/2011 15:56 »
dulu sempet di bandung ya? angkatan segitu kenal sama boy, abud, gilang, puti ga?
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

mountsatria08

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 1
  • Posts: 22
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #155 on: 17/01/2011 04:06 »
Assalamu'alaikum wr. wb.   ;D
mmm..anu, saya teh bener2 ngga Pe-De nulis cerita di sini..
(alasan pertama: ngga pinter nulis, kedua: khawatir bikin bosen :-P)
tapi saya pingin punya banyak sodara dan temen di SS..
mmm.. saya coba beraniin diri ya.. (Bismillah..)

Anu, waktu kecil pernah diajar sedikit kelid cimande sama om dan uwa' saya di daerah Banten sana, tapi kemudian sempat dilarang sama ibu, coz beliau bilang, kakek-buyut sampe paman-paman saya dari dulu banyak yang datang "nyoba".. jadi mendingan ngga usah belajar penca', biar ngga ada yang nyoba..
Akhirnya ayah saya yang dari penca' Tanjakan juga ikut-ikutan ngga mau ngajarin penca', tapi ayah itu selalu ceritain sejarah-sejarah tentang kakek-buyut yang terdengar dramatis di telinga saya..  :'(

Pendek cerita, karena memang udah terobsesi pingin belajar beladiri, saya cari sendiri beladiri yang ada (waktu itu akhirnya saya cuma nemu karate di sekolah) awalnya ditentang keras jg oleh ibu, tapi dengan alasan harus pilih salah satu extra kurikuler dan saya bilang ngga suka ekskul yang lain, akhirnya terpaksa beliau beri izin..

Tahun-tahun berikutnya, izin dari beliau makin terbuka setelah saya buktikan bahwa prestasi di sekolah ngga terganggu dengan prestasi beladiri (alhamdulillah waktu itu di karate saya dapat emas nasional dan sempat lolos seleksi kejuaraan tingkat Asia) bahkan bisa bantu sedikit keuangan keluarga dari profesi atlet (waktu itu saya masih SMA) apalagi beberapa kali masuk tipi dan koran.. hehehee.. x-))
tapi saat izin mengalir deras, justru saya putuskan berhenti belajar beladiri karena satu kejadian yang sampai sekarang kadang masih bikin saya menyesal dan kadang sampai mimpi buruk..

Saat itu, Juli '96, seorang kohai (adik) yang kami latih berhasil menyarangkan satu tendangan depan sederhana (maegeri chudan) dengan sempurna.. dan hal yang membuat saya kadang pingin nangis, yaitu selalu ingat bahwa saat orang itu tersungkur dan megap-megap kena tendangan adik saya itu, saya justru melonjak kegirangan dengan bangga dan tertawa puas.. sampai akhirnya saya baru tahu malamnya bahwa orang itu meninggal di Rumah Sakit dengan kondisi Robek Hatinya (ruptur hepar) dan pecah kandung empedunya.. saya langsung lemas dan menitikkan air mata waktu itu.. saya jadi ingat pertarungan2 saya sebelumnya di jalanan dan terminal2 dengan preman2, yang kadang setelah preman2 itu tergeletak, biasanya langsung saya tinggal.. gimana nasib mereka.. jangan-jangan sama dengan nasib atlit itu..

Waktu itu, dengan pikiran saya yang masih picik, saya berpikir "buat apa belajar beladiri bila akhirnya hanya menyakiti orang lain" (kalo sekarang sih alhamdulillah saya sadar, hidup-mati itu di tangan Allah, kalau memang orang itu ditakdirkan meninggal, mungkin kalaupun tidak ditendang adik saya, tetap saja orang itu akan meninggal dengan cara yang lain saat itu juga, ketimpah pohon atau ketabrak mobil misalnya)
akhirnya saya putuskan berhenti dari tim, dan bertekad belajar keras supaya bisa jadi tim medis di Rumah Sakit supaya bisa bantu orang sebanyak2nya untuk bayar kesalahan saya (Alhamdulillah di-ijabah Allah)

Nah, di saat saya mundur dari tim karate itu, ayah saya mulai mengenalkan halusnya budaya sunda, bahwa beladiri tidak harus keras, bahwa menyakiti itu mudah, mengontrol sambil menyayangi itu yang sulit.. selanjutnya saya dibawa ke pedalaman banten lagi (ayah saya tetap ngga mau ajari saya) dan bertemu uwa' saya yg sudah tua, di sana, beliau taklukkan saya dengan begitu mudahnya dengan tekhnik2 yang halus..
tapi pelajaran penca' sundanya ngga berjalan lama, karena kemudian saya kuliah di Semarang..

Selama kuliah di semarang saya coba pelajari beladiri2 halus dari mulai Tetada Kalimasada-nya Pak Eddy Surohadi sampai Aikido.. nah, saat belajar aikido inilah (taun 2000) kami kedatangan pelatih dari Jepang dan Jakarta (hanya 3 hari).. pelatih dari jepang dan jakarta itu memang baik, tapi justru yang menarik hati saya bukan pelatih2 tsb, tapi justru murid kepercayaan dari pelatih Jakarta.. saat latihan berpasangan dengan beliau, tenaga saya rasanya seperti terhisap, terasa badan lemas campur kaku, saya kalah, tapi merasa seperti disayang oleh beliau.. sama persis rasanya dengan rasa saat latihan dengan uwa' saya dulu.. Pelatih dari jakarta itu namanya sensei Joseph Putiray dan muridnya itu namanya sensei Hakim (waktu itu beliau pelatih paspampres)..
akhirnya pelatih dari jakarta dan satu orang muridnya itu kembali lagi ke jakarta..
setelah itu, selama bertahun-tahun saya coba kunjungi dojo2 aikido lain, namun ngga pernah nemuin "rasa" yang sama.. "rasa" yang bikin saya kangen.. :-P

Pendek cerita lagi, setelah beberapa tahun keliling2 jauh dari rumah mengikuti siklus kerjaan (dan selalu silaturahim ke beladiri apapun yang ada di dekat tempat kerja) akhirnya tahun 2008 saya pulang juga ke kampung halaman di tangerang.. (uwa' dan om saya sudah meninggal dunia saat saya masih di Semarang)
di sini, selain silaturahim dengan dojo karate saya yg dulu, saya juga tetap coba silaturahim setiap ada dojo aikido berharap ketemu "rasa" yang dulu.. walhasil, saya bertemu satu dojo di pinangsia karawaci yang "rasa"nya mirip dengan murid pelatih jakarta yg dulu itu..
pendek cerita, saya diundang ke rumah sensei dojo tersebut di kawasan Lippo Karawaci..

malam itu, di garasi rumah beliau, kelihatan sensei itu sedang memberi latihan privat aikido yang benar2 keras dan dinamis pada satu muridnya, yang badannya besar, kekar dan tegap (tapi lentur) tanpa alas matras sama sekali.. saat saya bergabung latihan, beliau langsung dapat menebak background karate saya, dan tanpa disangka diminta "nostalgia" dengan muridnya tersebut (yg juga ternyata pernah mendalami karate)
setelah ber-"nostalgia" dengan muridnya dan saya selalu unggul, akhirnya sensei itu "turun gunung" juga..
beliau beri nasihat pada muridnya tersebut dengan kata2 yang sama persis seperti yg ayah saya pernah bilang: "Menyakiti orang itu mudah, yang sulit itu mengontrol.. Penyerang itu seperti anak kecil yang belum tahu apa-apa, jangan dilawan, tapi harus disayang.."
cerita selanjutnya mudah ditebak, saya ngga berkutik berhadapan dengan gurunya, bahkan rasanya sama persis dengan "rasa" yang pernah saya temui.. seperti terhisap, lemas, kaku, mules, campur jadi satu, tapi rasanya menyenangkan, seperti disayang..
langsung saja saat itu saya bilang pada beliau ingin belajar lebih jauh di dojonya..  [[peace2]]
yang ternyata jawabannya tidak disangka-sangka bahwa "kalau mau belajar, sama guru saya aja.."
(wuih, orang begini hebatnya, ,masih ada gurunya yg lebih hebat??   :w )
dan yg bikin saya makin terkejut bercampur bahagia.. ternyata guru dari sensei itu namanya..
Imanul Hakim Sensei yang selama ini saya cari-cari..  [lucu]

So, saya belajar di dojo hakim sensei sampai sekarang.. dan tetap paling o'on dan paling payah di antara murid2 beliau di dojo   [lucu]   [[peace2]]

suatu hari, saya mimpi ketemu uwa' saya.. dan saat bangun, saya jadi ingat pesan uwa' sejauh apapun belajar "silat jepang" (begitu cara uwa' saya menyebut karate dan aikido), tetep jangan pernah lupain akar budaya sendiri.. harus tetap kenal budaya sunda..
saat saya cerita hal itu pada hakim sensei, tanpa disangka, beliau malah mendukung dan justru menunjukkan contoh usik cikalong (yang benar-benar bikin saya ngga berkutik juga) beliau bilang: "kalau mau cari orang-orang hebat, ngga usah jauh-jauh ke Jepang.. di Silat banyak yang hebat"
maka itu.. Bismillah.. saya mulai silaturahim dan niat belajar dari awal dengan baik Penca' Sunda sesuai amanah Uwa' almarhum..


begitu aja cerita saya, mudah2an ngga pada bosen..
Mohon maaf kalo ada kata-kata yg kurang berkenan...
Saya masih hijau dan banyak khilafnya..
tapi pingiiiiin banget punya sodara dan temen yang banyaaakk di SS ini..
wassalamu'alaikum wr. wb.

Salam hangat dari saya,


- Firman   ;D
Awali Segala Sesuatu Dari Hati.. ^_^

Belajar sampai benar..
Berlatih sampai akhir..

Sawer Wulung

  • Guest
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #156 on: 17/01/2011 08:49 »
Ternyata di SS banyak pendekar pilih tanding ya, salut sama mas mountsatria, ceritanya  bawa pencerahan.
Salam hormat. Oshu !

mountsatria08

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 1
  • Posts: 22
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #157 on: 17/01/2011 12:37 »
waduhh, mas sawer wulung.. klo pilih tanding kaya'nya ngga juga dehh  :-P, masih jauuuuhh bangett.. kan di karate saya tuh cuma tau sedikit aja, di aikido masih O'on dan masih bingung, di silat sunda juga baru aja mau mulai..  :-P

tapi senang juga kalo cerita hidup saya ada manfaatnya..  ;D
harapan saya, mudah-mudahan saya dapet sodara dan teman-teman yang banyaaaaakk di forum SS ini..  [top]

Seperti kata guru saya, kalo mau cari yang hebat mah, ngga usah ke jepang, di pencak silat Indonesia juga banyak yang hebat-hebat.. dan ternyata memang benar..  [top]  mudah2an saya bisa ikut jejak sahabat-sahabat semua lestarikan budaya kita (sesuai amanah uwa' saya)

Mohon bimbingan dan petunjuknya dari abah, aki, akang dan semua yang saya cintai di forum ini..  [[peace2]]

maju terus Pencak Silat Indonesia..  [top]

Salam hangat dari saya,

-FM  ;D
Awali Segala Sesuatu Dari Hati.. ^_^

Belajar sampai benar..
Berlatih sampai akhir..

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #158 on: 18/01/2011 01:34 »
Saya udah perkenalan belum ya? lupa hahaha

perkenalan lagi dah... refresh

nama saya Sunan asal Bandung

sejarah persilatan saya ndak banyak.. gitu2 aja.. malu sendiri kalo diceritain, ga ada keren-kerennya hehehe

dalam dunia persilatan saya berperan sebagai pedagang hahaha

sedia seragam silat dan seluruh beladiri lainnya (saat ini agak keteteran seragam, banyak yg telat produksinya  >:( ps. buat teman2 yg pesanan seragamnya lama, maafkan daku ya  :'( ... saat ini lagi nyari tambahan penjahit supaya orderan bisa selessai tepat waktu dan lebih cepat lagi.. doakan proses negosiasinya lancar.. amiin)

selain jualan seragam, jualan juga peralatan latihan lainnya, kaya kerambit, golok, pisau, ruyung double stick, dll, body protect, punching bag juga ada ;)

kalo mulai latihan silat tahun 92 kl ga salah, waktu smp.. basic perguruan Perisai Diri... makin lama makin cinta dengan silat  :-*

segitu aja deh..

salam  8)
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #159 on: 18/01/2011 13:00 »
@ kang sunan : gambar dan daftar harganya donk ..
@ kang satria mountain : kisahnya luar biasa nih, mantep  [top]

mountsatria08

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 1
  • Posts: 22
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #160 on: 18/01/2011 20:58 »
Salam Kenal Kang hb..  [[peace2]]
Awali Segala Sesuatu Dari Hati.. ^_^

Belajar sampai benar..
Berlatih sampai akhir..

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #161 on: 20/01/2011 12:48 »
Ternyata di SS banyak pendekar pilih tanding ya,

Kalo saya pilih damai aja Mas.  :P

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #162 on: 20/01/2011 13:07 »
Kalau saya lebih baik jadi pendekar tanpa tanding mas,jadi ga pernah bertanding maksudnya hehe....peace ah :w :w :w

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #163 on: 20/01/2011 17:45 »
jadi kepikir kenapa namanya "Pendekar Pilih Tanding", kan lebih enak Pendekar Budiman, Pendekar Sholeh, Pendekar Baik Hati, Pendekar Suka Damai  :D

santri kinasih

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 39
  • Posts: 609
  • Reputation: 119
    • Email
Re: Saling Kenal Lebih Dalam Sesama Anggota
« Reply #164 on: 20/01/2011 17:56 »
@kang hb..

mungkin gak berani orang nyebut diri budiman, sholeh, baik hati dkk. Konon, hanya orang disekitar kita yang bisa melihat dan merasakan apakah kita terkena 'penyakit hati', seperti sombong, pelit, culas dll..juga sebaliknya hanya orang lain yang bisa menilai kita apakah kita rendah hati, dermawan, adil dll...Makanya kebanyakan pendekar kalau menjuluki diri sendir, berdasarkan ciri fisik atau ciri jurus  seperti pendekar muka hitam, pendekar kaki panjang atau pendekar sarung kotak kota... :)

 

Powered by EzPortal