+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat  (Read 18283 times)

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« on: 21/08/2008 22:56 »
Sebagai seorang yang sangat awam dengan dunia silat dan tenaga dalam saya mempunyai sebuah pertanyaan tentang kedua hal tersebut :
kalau di KungFu Internal seperti BaJi,TaiChi,XingYi,BaGua ataupun yang lainnya ada yang disebut FaJin (FaJing) dimana Fa = meledakkan/melepaskan Jing = Tenaga, Jing sendiri selalu menunjuk kepada tenaga internal yang kita kumpulkan/hasil latiihan (kungfu??), begitu juga dalam aikido (ataupun beladiri jepang lainnya) dikenal yang namanya Ki (sama dengan Jing)
untuk lebih jelas apa itu FaJing dan bagaimana aplikasinya bisa di lihat ke  YouTube, biasanya yang banyak dari Chen TaiChi, sedangkan untuk Aikido yang paling enak sih lihat video demo-nya Om Imanul Hakim, saya lupa dimana, mungkin ada samam mamang yutub juga, atau cek di web aiki kenkyukai kali ya
lanjut... FaJing ataupun Ki sejauh yang saya tahu merupakan hasil latihan dan aplikasi jurus yang diulang selama bertahun2, bukan hanya teknik dan gerakannya aja, tapi juga mindset, attitude dan pemahaman terhadap jurus itu harus diasah sehingga menghasilkan Jing tersebut. Mangkanya biasanya praktisi KungFu Internal bisa makan waktu bertahun2 untuk ngulang2 satu jurus aja.

bersambung...

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #1 on: 21/08/2008 22:57 »
Nah, dari yang saya lihat pola pemupukan dan aplikasi FaJing (ataupun AiKi) itu berbeda dengan tenaga dalam silat (yang saya tahu lho ya...) :
1. Tidak hanya ditekankan pada pola pernafasan, bahkan biasanya hanya disarankan bernafas biasa dengan teratur dan rileks, lebih ditekankan pada kuantitas melakukan jurus yang berkualitas (baik dan benar teknis dan prinsip gerakan, serta mindset dan pemahaman akan gerakan tersebut)
2. Kalau di tenaga dalam silat (sekali lagi yang saya tahu lho ya...) musuh yang diserang harus emosi dulu supaya tenaga dalamnya bisa diaplikasikan, dan bisa dari jarak jauh. sedangkan FaJing (AiKi) bisa di aplikasikan kapan saja, tetapi tetap harus ada kontak fisik dengan penyerang
3. Kalo di tenaga dalam silat yang saya tahu, yang dibangun dari pernafasan biasanya aplikasinya untuk memperkuat fisik, untuk dapat pukulan keras dll, beda dengan FaJing
Pertanyaan saya adalah, adakah aliran silat yang menggunakan prinsip2 FaJing ataupun Aiki tadi?beberapa waktu lalu saya terkagum2 dengan video trailer dari saudara-kaum yang isinya demo dari beberapa sesepuh Maenpo,tenaga dalamnya keluar semua. tapi setelah saya baca2 katanya itu juga yang nyerang harus emosi dulu
Maaf sekali atas ke- sok tahuan saya yang panjang lebar ini, tapi ini hanya ingin memuaskan penasaran saya yang awam dengan beladiri terutama silat

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #2 on: 22/08/2008 01:13 »
trailer dari saudara-kaum yang isinya demo dari beberapa sesepuh Maenpo,tenaga dalamnya keluar semua. tapi setelah saya baca2 katanya itu juga yang nyerang harus emosi dulu

Mohon maap Cah Gemblung, baca dimana informasi mengenai harus emosi dulu.
Lalu emosi ini dalam artian apa? Sedih dan kecewa kan emosi juga :)
Apakah emosi yang dimaksud adalah rasa marah dan ingin mendholimi (menyakiti)?
Setahu saya, kalau yang dimaksud adalah itu, Sabandar dan Cikalong tidak ada faktor itu nya.
Yang jelas, harus ada tenaga serang dari lawan, kalau lawan Kosong.. baru tidak bisa. CMIIW  :D
« Last Edit: 22/08/2008 01:15 by bradlee »
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #3 on: 22/08/2008 07:44 »
waduh saya harus ngubek2 internet lagi deh untuk cari tulisannya dimana, soalnya banyak forum dan arsip milis yang saya ubek2 belakangan ini  ???
memang hanya emosi gitu tulisannya jadi memang bisa di pahami secara luas ya... jadi saya artikan marah (  >:( esmosi gitu loh ). Tapi berarti tidak benar ya.
Boleh gak saya tau sedikit labih jauh kek gimana sih tenaga dalam tenaga dalam di sabandar dan cikalong itu?secara umum aja kalo tidak keberatan. Dan apakah seperti FaJing atau Aiki itu?
hmm mungkin yang di maksud orang2 kalo tenaga dalem itu baru bisa diaplikaskan kalo yang nyerang emosi itu seperti yang Om Bradlee bilang ya :
"Yang jelas, harus ada tenaga serang dari lawan, kalau lawan Kosong.. baru tidak bisa"
gitu ya..  ???
wah penasaran saya sudah mulai kelihatan jalannya nih  [thank]

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Antara aiki,fajin dan tenaga dalam
« Reply #4 on: 22/08/2008 09:05 »
Sebelumnya minta maaf dulu dah sebelum aku ngomong, ini hanya sepengetahuanku aj loh...
Aku yg udah 5 tahun belajar syahbandar, memang awalnya aku taunya tenaga dalam bisa digunakan kalo ada serangan lawan yg dalam keadaan emosi atau marah atau hendak menyakiti.tapi semakin saya blajar syahbandar saya semakin tahu kalau tenaga dalam akan digunakan gak mesti ada orang yg menyerang dl.kalo ditempat saya latihan ntu(maaf y guru aku sedikit bongkar rahasia,,,,) ada aplikasi tenaga dalam yg bisa digunakan kepada orang dalam keadaan santai,tanpa sepengetahuan orang tersebut,atau dia/orang lain tidak ada niatan untk menyerang,marah,atau ingin menyakiti kita. Di perguruan sy ada aplikasi untuk menidurkan atau membuat orang itu gak sadar,orang itu gak mesti emosi tp dalam keadaan santai pun bisa.
Kt guruku tenaga dalam akan menyatu dng diri kita itu bila terus dilatih,maka tenaga dalam akan mudah diaplikasikan dan tubuh dapat merasakan adanya tenaga dalam dari orang lain sekecil apapun klo dah tingkatan ini baru pantas di beri gelar pendekar tp tentuny syarat yg lain juga harus terpenuhi.

Mhn maaf klo ada yg salah... Mhn yg lbh mengerti untuk menjelaskannya...
Salam
dolly
baru belajar nulis

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #5 on: 22/08/2008 11:46 »
Waduh sd lama nggak ikutan.. kangen juga nich

ikutan urun rembug ah

Menurut sepegetahuan saya Kalau fahjing( pukulan ledakan) dalam beladiri internal seperti taichi dibentuk dengan 2 jenis latihan.

Secara umum tenaga ini dibentuk adalah dengan melakukan gerakan taichi yang berulang2 disertai dengan pemusatan  pikiran pada dantien. Dengan melakukan ini maka terjadi pebentukan tenaga di dantien.

Selain itu ada cara yang lain lagi yaitu sama dengan latihan diatas kemudian dilanjutkan dengan pengaliran energi ke seluruh bagian tubuh. Setelah itu baru dilakukan kondensasi energi ke tulang.

prinsip pengeluaran fahjing adalah begitu lawan menyerang maka dia akan mengirimkan getaran ke tubuh kita.
Begitu tubuh kita menerima maka getaran tersebut akan dikirim melalui tangan dan diteruskan ke bumi melalaui kaki. Setelah itu getaran yang dipancarkan ke bumi akan membalik melalui kaki dan akan dipancarkan ke lawan melaui tangan.

Untuk pemula sering mereka mengunakan putaran pinggul untuk menghempaskan lawan. Untuk tenaga fahjing yang telah jadi tidak diperlukan gerkan pinggul

Untuk ki dan tenaga dalam silat saya harap rekan2 dari silat atau aikido bisa membantu menjelaskan




hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #6 on: 03/09/2008 11:18 »
Hei salam damai buat para pendekar dan pesilat!
Aku mo nimbrung juga nich.
Tenaga dalam adalah soal pengalaman dan "kepekaan rasa". Jika dikatakan tenaga harus emosi dulu (dalam hal ini marah dan yang sama dengan hal itu), pernyataan ini tidaklah keliru. Sebab emosi tadi menimbulkan semacam getaran pemancing untuk mengeluarkan. Namun keadaan ini dialami oleh pelajar tenaga dalam pemula, sedangkan tingkat lanjutan. Situasi emosi tidak perlu ada. Karena dia sudah tidak butuh pemancing (maksudnya : emosi/penyerang). Dia sudah mengendalikan sekaligus mendaya-gunakan tenaga dalam secara mandiri. Kesimpulannya emosi/serangan hanya atau wajib diperlukan bagi para pemula saja (lepas dari faktor kebakatan). [top]
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

keEntupTawon

  • Moderator
  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 130
  • Reputation: 4
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #7 on: 13/09/2008 20:55 »
ada cerita...ada pelatihan dulu digedung ytki gatsu-jkt

hati pertama... dibuka TD fisik, ngesod jurus, diajari tata nafas aliran tenaga dasar...jadi kumplit, diserang mental...lawan emosi dan tidak emosi, matahin besi naga, per car,...tangan dan kaki sampe lecet


hari kedua... daijarin maid eh mind power...pemanfaatan alpha state...wah ini dengan bohlam lampu bisa mecahin piring, koran bisa matahin per car apalagi besi naga...dengan menjentik orang bisa langsung tidur...dan programnya aktif...setial kali di triger orang itu akan langusng tertidur...bisa nyiptain jurus td dan mengaktifkan td orang...istilahnya prana shakti deh kalau ngga salah(ini bukan prana shakti perguruan td itu yha lain)


nah jadi tenaga dalam itu sesuatu yang kita latih dengan ngesot tahan nafas berkepanjangan( kalau kita lihat wajahnya sepeti wajah nahan ee

nah di hari terkahir bikin api unggung...tapi baranya bukan buat bakar jagung atau ayam seperti jaman kita camping tapi buat di injek-injek... fire walking ... gitu...


jadi td itu yang berasal dari latihan ngesad-ngesod sambil tahan nafas(kalau lagi gini mukanya seperti nahan ee) atau mind power ...

salam entup
si tawon kencana
Kalau Anda sudah dapat mengatur dan memusatkan pikiran, kemudian mengembangkan KESADARAN yang kuat, itulah yang akan menjadi guru Anda. Sesungguhnya, guru Anda saat ini telah berada dalam diri Anda sendiri.

bogiboy

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #8 on: 13/09/2008 21:48 »

istilahnya prana shakti deh kalau ngga salah(ini bukan prana shakti perguruan td itu yha lain)


prana shakti nya om Yan yah om tawon?

 :)


Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #9 on: 14/09/2008 05:00 »
abis jalan2 baru inget balik sini lagi...
ada pengalaman berharga, waktu minggu kemarin main ke gedung hydro lihat latihan Cikalong, terus ketemu Om Rama di Margaluyu...

jadi inget ucapan temen saya yang ngajarin HuoShi BaJi dan Chen TaiChi, dia bilang FaJin itu gak ada hubungannya sama sekali sama tenaga dalem

"FaJin itu bagaimana loe mengaplikasikan konsep dasar jurus dengan benar, bagaimana terjadinya gerakan, bagaimana pola tenaganya, bagaimana mindset loe,bagaimana memahami tenaga lawan.Beda dengan tenaga dalam yang terkadang bisa dilakukan jarak jauh, FaJin itu harus ada persentuhan dengan lawan..."

Waktu main ke gedung Hydro, kaget bercampur senang, karena ternyata Cikalong (dari sudut pandang saya yang baru sebatas nonton aja...)juga mengaplikasikan prinsip FaJin itu (maap kalo sok tau...) Om-Om disana juga bilang kalo silat Cikalong itu tidak ada tenaga dalemnya.Ternyata silat tradisional itu malah related banget sama kungfu tradisional juga ya....

terus waktu dapet masukkan2 dari om Rama, ternyata dapet sebuah pemikiran (ini pemikiran saya sendiri lho...) dari menerapkan FaJin itu (atau pola pelatihan Cikalong) dapat membentuk sebuah energi di dalam tubuh yang sering kita sebut tenaga dalam.Pantesan orang2 bilang kalo latihan TaiChi (ataupun Internal kungfu lainnya) bisa menghasilkan Chi atau yang sering di artikan sebagai tenaga dalem (CMIIW) (tapi lama minimal 5 tahun latihan yang rajin, 3 kali sehari :p baru deh dapet...)

Sangat menarik sekali, jadi semakin pengin main2 ke Sabandar juga (Ki Sawung ya?)

terima kasih banyak untuk para Om di gedung hydro dan om Rama beserta para senior di margaluyu pusat, sehingga penasaran saya mulai ada jawabannya... semoga anak kecebong ini masih boleh "mencari2" :p

liukhang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 154
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Antara aiki,fajin dan tenaga dalam
« Reply #10 on: 08/11/2008 18:06 »
Sebelumnya minta maaf dulu dah sebelum aku ngomong, ini hanya sepengetahuanku aj loh...
Aku yg udah 5 tahun belajar syahbandar, memang awalnya aku taunya tenaga dalam bisa digunakan kalo ada serangan lawan yg dalam keadaan emosi atau marah atau hendak menyakiti.tapi semakin saya blajar syahbandar saya semakin tahu kalau tenaga dalam akan digunakan gak mesti ada orang yg menyerang dl.kalo ditempat saya latihan ntu(maaf y guru aku sedikit bongkar rahasia,,,,) ada aplikasi tenaga dalam yg bisa digunakan kepada orang dalam keadaan santai,tanpa sepengetahuan orang tersebut,atau dia/orang lain tidak ada niatan untk menyerang,marah,atau ingin menyakiti kita. Di perguruan sy ada aplikasi untuk menidurkan atau membuat orang itu gak sadar,orang itu gak mesti emosi tp dalam keadaan santai pun bisa.
Kt guruku tenaga dalam akan menyatu dng diri kita itu bila terus dilatih,maka tenaga dalam akan mudah diaplikasikan dan tubuh dapat merasakan adanya tenaga dalam dari orang lain sekecil apapun klo dah tingkatan ini baru pantas di beri gelar pendekar tp tentuny syarat yg lain juga harus terpenuhi.

Mhn maaf klo ada yg salah... Mhn yg lbh mengerti untuk menjelaskannya...
Salam
dolly

yang anda latih adalah silat dalam pengolahannya tenaga mirip dengan kungfu xingyi dan baji yang saya pelajari hasilnya pada akhirnya pun persis bisa melempar tenaga ke musuh yang menyerang tanpa ada emosi hanya tenaga saja. untuk melemahkan orang yang santai itu adalah hasil kerja tenaga pikiran Xin!

jadi saya pikir syahbandar juga persis dengan Kungfu internal dalam pengolahan tenaga dan tujuan akhirnya namun kungfu internal banyak pengembangan jurus, dan pengembangan fisik sekaligus.

liukhang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 154
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #11 on: 08/11/2008 18:15 »
Nah, dari yang saya lihat pola pemupukan dan aplikasi FaJing (ataupun AiKi) itu berbeda dengan tenaga dalam silat (yang saya tahu lho ya...) :
1. Tidak hanya ditekankan pada pola pernafasan, bahkan biasanya hanya disarankan bernafas biasa dengan teratur dan rileks, lebih ditekankan pada kuantitas melakukan jurus yang berkualitas (baik dan benar teknis dan prinsip gerakan, serta mindset dan pemahaman akan gerakan tersebut)
2. Kalau di tenaga dalam silat (sekali lagi yang saya tahu lho ya...) musuh yang diserang harus emosi dulu supaya tenaga dalamnya bisa diaplikasikan, dan bisa dari jarak jauh. sedangkan FaJing (AiKi) bisa di aplikasikan kapan saja, tetapi tetap harus ada kontak fisik dengan penyerang
3. Kalo di tenaga dalam silat yang saya tahu, yang dibangun dari pernafasan biasanya aplikasinya untuk memperkuat fisik, untuk dapat pukulan keras dll, beda dengan FaJing
Pertanyaan saya adalah, adakah aliran silat yang menggunakan prinsip2 FaJing ataupun Aiki tadi?beberapa waktu lalu saya terkagum2 dengan video trailer dari saudara-kaum yang isinya demo dari beberapa sesepuh Maenpo,tenaga dalamnya keluar semua. tapi setelah saya baca2 katanya itu juga yang nyerang harus emosi dulu
Maaf sekali atas ke- sok tahuan saya yang panjang lebar ini, tapi ini hanya ingin memuaskan penasaran saya yang awam dengan beladiri terutama silat
saya jawab satu satu ya...

1.pernafasan rilex dipakai dalam taichi dan bagua...namun dalam xingyi ada pernafasan yang diatur lepas masuknya sesuai gerakan, bahkan dalam baji ada penahanan nafas dan pelepasan nafas ledakan. jika praktisi berlatih lama tenaga dalam bisa dilepaskan sebelum musuh mengenai tubuh kita dengan serangannya!

2.Dalam pencak memang kebanyakan harus musuhnya marah atau beremosi tapi pada tahap latihan yang lebih tinggi...reaksi mush tidak diperlukan lagi.fajing pun demikian seperti yang anda bilang tapi saya pernah lihat praktisi fajing melempar musuhnya sebelum kontak fisik!

3.Maenpo syahbandar dan cikalong itu menggunakan metode seperti halnya fajing dan xingyi cuma dengan menggunakan tenaga yang tidak lembut/kasar.

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #12 on: 08/11/2008 20:49 »
Nah makin mantep nih master-nya nongol

Sifu Liukhang, boleh dibabar lebih lanjut tentang FaJing? apa itu FaJing, bagaimana pola pembentukannya, Aplikasi dan teknik aplikasinya..

hehehe full paket   >:D

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #13 on: 09/11/2008 13:19 »
Saya juga mau duduk manis di sini!

Om Liukhang, mana penjelasannya ditunggu nih!
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Mister JeBe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #14 on: 12/11/2008 21:22 »
NIMBRUNG AH. :o

 

Powered by EzPortal