+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat  (Read 18282 times)

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #30 on: 24/11/2008 12:56 »
weks... saya cuman murid yang belajar setengah2 :D

apalagi dibanding sifu yulius dan Om Hidup.. wah... jauuuhhh  ^:)^ ^:)^ ^:)^

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #31 on: 25/11/2008 14:34 »
 :DWaduh cah gemblung pake jurus macan ngantuk, pan piao pan li [lucu]
lanjut dunks
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

ibu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 40
  • Reputation: 11
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #32 on: 11/12/2008 00:44 »
Menurut saya tenaga dalem masing-masing jenis beladiri unik. Tenaga dalem di Aikido juga memiliki banyak ragamnya. kalo tidak salah ada 7 tipe aiki (yg diajarkan disalah satu perguruan aikido di jakarta)
1. Menyedot energi lawan
2. Menarik energi lawan
3. Membalikkan energi lawan
4. Memecahkan energi lawan
5. menghilangkan energi lawan
6. memotong energi lawan
7. Mengunci energi lawan
Biasanya level ini cuma diajarkan dikalangan sangat terbatas. Efeknya dashyat bila praktisinya menguasai kemampuan ini.

Tenaga dalem dari daratan China juga menarik karena bagus untuk pengobatan. Umumnya pengumpulan energi didapat melalui latihan pernafasan, meditasi dan olah gerak.

Yang agak tidak umum caranya justru dari indonesia...
Semau-maunya, sesukanya. Terserah gurunya mau kasih ilmunya atau kasih tenaga dalemnya. bisa dengan cara dikasih minum, cara ngobrol, pakai susuk, pakai cincin.
Ada yang peluk pohon jati sehari semalem, ada yang berendam didanau 3 hari 3 malam, ada yang tirakat di laut madura seminggu penuh. kalo di ambon minta tete moyang datang kasih bantuan, mendadak jadi kebal, kuat dan berani.
Umumnya ada 2 tipe, murni: bertumbuh menggunakan energi hidupnya sendiri, tidak murni: menggunakan energi diluar hidupnya ( semacam doping ) pakai jimat dan leluhur biasanya.
kalo adu tenaga dalem ada yang kalah, biasa...kalo orang silatnya tenaganya dalemnya kalah gede yah pasti kalah he he he
Kecuali kalo orang silatnya tenaga dalemnya gede banget..hmmm agak susah juga ngalahinnya.

biasanya orang yang tenaga dalemnya gede banget sudah menjadi utusan Tuhan (orang suci)
Salam hormat untuk semua

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #33 on: 11/12/2008 10:14 »
 [top]wah ibu keknya luas n dalem pengetahuan ttg TD, kalo boleh lebih di babar TD nyang di aikido dunks.  [top]
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

ibu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 40
  • Reputation: 11
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #34 on: 11/12/2008 14:38 »
punten sharing untuk membalas permintaan kang maulana, walaupun penjelasan saya seadanya, tidak terlalu bagus dan juga ada beberapa pendapat pribadi tentang tenaga dalem di Aikido.

7 tipe aiki asal sebenarnya dari nenek moyang aikido yaitu daito ryu aikijujutsu. Semuanya sifatnya keras. Kebanyakan yang terkena teknik daito ryu pingsan ataupun tercekik dalam posisi berdiri, duduk, tidur, dilipat badannya, tanpa mencekik area leher.
Mereka lumayan canggih untuk teknik2 ini.

Aikido merupakan pengembangan dari semuanya ini. Disaat Almarhum Morihei Ueshiba menguasai ilmu daito ryu... beliau pergi kemana-mana untuk mengetest ilmunya.
sewaktu berada di Manchuria mongolia, beliau ditangkap penguasa disana dengan tuduhan sebagai mata2 jepang, padahal beliau sedang melakukan ziarah sesuai kepercayaannya ( agama omoto )Beliau akan dihukum mati dalam tempo 2 minggu.
Pengalaman inilah yang mengubah Morihei Ueshiba. Saat hidup sudah seperti bukan milik dia lagi, dia pasrah...
Ada beberapa kejadian seperti meninggalnya orangtua, meninggalnya anak morihei membuat beliau marah sama Tuhan namun akhirnya merelakan semuanya itu dan menjadi pasrah.

kepasrahan beliau yang membuat tenaga dalemnya menjadi sangat besar. Tiba-tiba badannya seperti spons yang bisa menyedot energi apapun yang ada di dekat beliau. Apabila orang kerasukan maka beliau minta kepada roh yang merasuki tubuh orang lain agar roh itu masuk ke badan dia saja, karena beliau badannya sanggup dimuati roh tersebut.
Seringkali beliau mengatakan bahwa badannya menjadi tempat banyak dewa ( orang suci yang sudah meninggal ) untuk tinggal. Makanya beliau menjadi orang paling sakti dan spiritualis pada jamannya di daerahnya ( jepang).

kemampuan beliau hebat, menurut penuturan beberapa murid, beliau pernah ditembak oleh tentara namun disaat senapan itu meletus...beliau sudah ada disamping penembak dan melempar penembak tersebut.
Pernah juga beliau melaporkan kebakaran di dapur sebuah losmen padahal beliau berada jauh dari tempat itu.

Murid beliau yang bernama koichi tohei memiliki kemampuan melempar lawan dengan mudah sekali, tanpa menggunakan otot, hanya menggunakan ki.

Dan 8 yang datang ke Indonesia kemarin lalu , Yoshinobu takeda sensei menggunakan tantien/tanden untuk mengunci energi lawannya, efeknya lawan seperti melawan angin saja bahkan seperti masuk ke lubang hitam tidak jelas.

Ada hal yang menarik untuk dicermati, pada awalnya morihei ueshiba menggunakan energi tidak murni dalam mengembangkan tenaga dalemnya, namun setelah beliau hampir mati dan menjadi pasrah, energi murni yang datang dari hidupnya sendiri yang berkembang menjadi besar.
Kecenderungan beliau adalah menjadi orang murni ( suci).
Harapan beliau agar aikido bisa menjadikan orang yang belajar menjadi baik, berbudi luhur, murni dan suci.
Karena beliau tahu bahwa tidak mungkin tenaga dalem akan berkembang dengan baik kalau pelakunya tidak berbudi luhur dan suci.

Saya rasa bung euwin dari aikido bisa ikut berbagi karena beliau lumayan menguasai aikido daripada saya.

Punten kang maulana atas jawaban saya yang seadanya, juga karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman saya.

Salam hormat bagi semua

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #35 on: 11/12/2008 22:23 »
 [top]Terima kasih ibu, sangat bermanfaat ternyata keikhlasan dan kepasrahan menjadi kunci, ini kalo saya gak salah tangkap. Ini menjelaskan kenapa teman yg ambisius sampe 5x bahkan lebih berlatih TD malah melemah TD nya. ini dari pantauan gurunya. Terima kasih sekali lagi karena banyak kejadian menjadi jelas dgn keterangan ibu [top]


Salam Hormat

Maulana
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

liukhang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 154
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #36 on: 11/12/2008 22:34 »
waduh saya harus ngubek2 internet lagi deh untuk cari tulisannya dimana, soalnya banyak forum dan arsip milis yang saya ubek2 belakangan ini  ???
memang hanya emosi gitu tulisannya jadi memang bisa di pahami secara luas ya... jadi saya artikan marah (  >:( esmosi gitu loh ). Tapi berarti tidak benar ya.
Boleh gak saya tau sedikit labih jauh kek gimana sih tenaga dalam tenaga dalam di sabandar dan cikalong itu?secara umum aja kalo tidak keberatan. Dan apakah seperti FaJing atau Aiki itu?
hmm mungkin yang di maksud orang2 kalo tenaga dalem itu baru bisa diaplikaskan kalo yang nyerang emosi itu seperti yang Om Bradlee bilang ya :
"Yang jelas, harus ada tenaga serang dari lawan, kalau lawan Kosong.. baru tidak bisa"
gitu ya..  ???
wah penasaran saya sudah mulai kelihatan jalannya nih  [thank]

menurut pengalaman saya dengan latihan pernafasan yang saya latih selama ini...

-jika musuh menyerang denagn tenaga kasar/fisik dan tidak sepenuh hati maka dengan tenaga dalam kita hanya bisa melemahkan pukulan musuh jadi walau mengenai badan kita sama sekali tidak sakit, kalo kena muka paling benjol doang.
-jika musuh menyerang dengan tenaga kasar/fisik dan sepenuh hati maka tenaga dalam kita mampu menahan serangan sehingga tidak mengenai tubuh kita...mungkin pukulan musuh terhenti 5-20 cm dari tubuh kita.
-jika musuh memukul dengan tenaga kasar/fisik dengan emosi atau niat nafsu ingin mengenai tubuh kita maka dengan tenaga dalam dipastikan musuh mental atau pingsan!
-jika musuh memukul dengan energi/tenaga halus dari jauh sekalipun maka tergantung siapa lebih kuat energinya.

saya memadukan kungfu dan tenaga dalam yang merupakan percampuran semua ajaran guru saya!

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #37 on: 11/12/2008 22:56 »
 [top]Wah sifu julius, kalo udah bisa nyampur tanpa komplikasi eni mah udah jadi aliran baru. Keknya tiap tokoh awal sebuah aliran sebelumnya udah banyak belajar macem2 n trus keluar dgn yang baru dgn karakteristik tersendiri. Bagaimana dgn sifu, apa udah jadi gaya tersendiri apa masih berupa kompilasi
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

liukhang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 154
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #38 on: 12/12/2008 20:24 »
[top]Wah sifu julius, kalo udah bisa nyampur tanpa komplikasi eni mah udah jadi aliran baru. Keknya tiap tokoh awal sebuah aliran sebelumnya udah banyak belajar macem2 n trus keluar dgn yang baru dgn karakteristik tersendiri. Bagaimana dgn sifu, apa udah jadi gaya tersendiri apa masih berupa kompilasi
2 guru pertama saya mengajar kungfu asli dari gurunya ditambah dengan jurus ciptaannya...nah guru ketiga saya belajar dari puluhan guru dan saya rasa sudah merupakan komplikasi..namun jurus 2 asli masih belum hilang kaidahnya...

komplikasi yang saya buat mungkin hanya untuk jurus dasar dan tehnik serta metode mengajar serta pengolahan tenaga yang saya ramu dengan cara saya...karena saya orangnya sederhana dan menyukai keefisienan dan keefektifan.

dalam mengajar saya menurunkan jurus komplikasi yang saya buat karena lebih modern dan mudah difahami serta lebih kearah mix martial art...namun tidak menghilangkan karakter asli apa yang diajarkan guru saya.

namun tergantung murid juga sih kalo mau diajarkan sama persis seperti yang guru saya ajarkan bisa saja! asal tahan banting hehehe

namun gak bisa disebut aliran baru karena saya tidak menciptakan ilmu yang sama sekali baru, hanya membuang yang tak perlu dan mengambil yang perlu!

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #39 on: 03/01/2009 18:13 »
jadi saya percaya tenaga dalam yang dihasilkan secara alamiah dari pengolahan chi hasilnya jauh lebih hebat dari tenaga dalam yang dilatih dipaksakan!
Saya setuju dan sependapat dengan Mas Liukhang. Buah yang matang pohon (biasanya) rasanya lebih manis dari pada yang matang karena karbitan. Lagi pula, TD hasil olahan yang "natural" akan jauh lebih awet dari pada yang sistem karbitan, apalagi yang sistem instan alias tempelan.

Salam...

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #40 on: 06/01/2009 19:51 »
waduh saya harus ngubek2 internet lagi deh untuk cari tulisannya dimana, soalnya banyak forum dan arsip milis yang saya ubek2 belakangan ini  ???
memang hanya emosi gitu tulisannya jadi memang bisa di pahami secara luas ya... jadi saya artikan marah (  >:( esmosi gitu loh ). Tapi berarti tidak benar ya.
Boleh gak saya tau sedikit labih jauh kek gimana sih tenaga dalam tenaga dalam di sabandar dan cikalong itu?secara umum aja kalo tidak keberatan. Dan apakah seperti FaJing atau Aiki itu?
hmm mungkin yang di maksud orang2 kalo tenaga dalem itu baru bisa diaplikaskan kalo yang nyerang emosi itu seperti yang Om Bradlee bilang ya :
"Yang jelas, harus ada tenaga serang dari lawan, kalau lawan Kosong.. baru tidak bisa"
gitu ya..  ???
wah penasaran saya sudah mulai kelihatan jalannya nih  [thank]

menurut pengalaman saya dengan latihan pernafasan yang saya latih selama ini...

-jika musuh menyerang denagn tenaga kasar/fisik dan tidak sepenuh hati maka dengan tenaga dalam kita hanya bisa melemahkan pukulan musuh jadi walau mengenai badan kita sama sekali tidak sakit, kalo kena muka paling benjol doang.
-jika musuh menyerang dengan tenaga kasar/fisik dan sepenuh hati maka tenaga dalam kita mampu menahan serangan sehingga tidak mengenai tubuh kita...mungkin pukulan musuh terhenti 5-20 cm dari tubuh kita.
-jika musuh memukul dengan tenaga kasar/fisik dengan emosi atau niat nafsu ingin mengenai tubuh kita maka dengan tenaga dalam dipastikan musuh mental atau pingsan!
-jika musuh memukul dengan energi/tenaga halus dari jauh sekalipun maka tergantung siapa lebih kuat energinya.

saya memadukan kungfu dan tenaga dalam yang merupakan percampuran semua ajaran guru saya!

P

L

C


A


itu kodenya pak yah. hebat, bisa dijabarkan sepanjang itu. hehehe.

bintang

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 17
  • Reputation: 6
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #41 on: 13/03/2010 02:15 »
Redhawk: kode apa ya? nggak mudeng nih

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #42 on: 19/03/2010 08:15 »
Kali Peng Lu Chi An.

adnan

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: adnan.mpa@hotmail.com
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #43 on: 09/03/2011 09:28 »
 ;D Saudara-saudara sekalian, saya mau nanya jika kamu tahu tentang
persilatan menggunakan tenaga dalam. Adakah anda tahu dengan
perguruan wali suci? Jika ada, tolong perjelaskan.

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: Antara Aiki, FaJin dan Tenaga Dalam Silat
« Reply #44 on: 09/03/2011 10:56 »
Salam kenal bang Adnan, wah saya taunya baru beladiri tenaga dalam budi suci dan tapak suci,kalau wali suci baru denger tuh,ayo senior2 pendekar yang faham wali suci bisa sharing disini,setahu bang adnan ini produk dalam negeri atau produk tetangga sebelah,terima kasih
salam

 

Powered by EzPortal