+-

Video Silat


sandur madura atraksi carok megang clurit
Abah Gending #1
Krida Yudha Sinalika
Margaluyu Pusat - Performance perguruan di acara u
Tarung Bebas PZH
Copy tayang Pendekar eps 28, GOLOK SELIWA #3
Copy tayang Pendekar eps 28, GOLOK SELIWA #1
Cikalong @ Festival seni silat tradisional 3 Juli
Main Kerambit

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by muramasa
18/12/2014 10:01

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: BUDI SUCI  (Read 34775 times)

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
BUDI SUCI
« on: 31/07/2007 16:47 »
Salam Kenal semuanya

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: BUDI SUCI
« Reply #1 on: 31/07/2007 17:45 »
baiklah, kita mulai diskusi dengan terlebih dahulu sahabat Junior menceritakan sejarahnya di Sidoarjo, atau dimulai dari awal mengenal Budi Suci serta mempelajarinya

 [top]

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: BUDI SUCI
« Reply #2 on: 01/08/2007 12:02 »
Budi Suci yang didirikan oleh H. Abdul Rosyid (Bogor) adalah salah satu dari 4 perguruan penting yang mempengaruhi sejarah perkembangan aliran tenaga dalam di Indonesia, Sin Lam Ba didirikan Muhammad Toha (Jakarta), Marga Rahayu/Margaluyu didirikan Anandinata (Bandung), dan Tri Rasa didirikan Nampon (Bandung).

Salah satu murid dari H Abdul Rosyid, pak Sidik yang banyak menyebarkan aliran ini di Jawa dan Sumatra, mengatakan bahwa jurus tenaga dalamnya diwarnai keilmuan Abah Khoir dan Nampon. Begitu halnya dengan aliran yang banyak berkembang di Jawa Tengah, seperti Ragajati di Banyumas, JSP (Jurus Seni Penyadar) di Tegal dan beberapa aliran di Semarang.

Mohon maaf & dikoreksi...kalo salah yaa...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: BUDI SUCI
« Reply #3 on: 01/08/2007 12:04 »
saya ingin lebih kenal lg ama kisawung,
kalo ga keberatan kisawung bisa cerita sedikit latar belakangnya.
thanks ya

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: BUDI SUCI
« Reply #4 on: 01/08/2007 12:41 »
baiklah, kita mulai diskusi dengan terlebih dahulu sahabat Junior menceritakan sejarahnya di Sidoarjo, atau dimulai dari awal mengenal Budi Suci serta mempelajarinya

 [top]

Begini cerita awalnya coba aku persingkat :
Saya berdomisili di surabaya.
Pada thn 89 saya belajar TD dr pak Hasyim.
Perguruan ini termasuk privat ga terlalu terbuka untuk umum jd tidak ada promosi jg belajar disini free (alias gratis).
Krn pengajar tidak mau jual beli ilmu alasannya begitu sih.

Cerita mengenai diri saya cukup dulu, krn saya mau langsung cerita silsilah guru saya OK.

Mengenai pak Hasyim :
Beliau skrg berdomisili di surabaya,
pd waktu dulu dia tinggal di sidoarjo, dia belajar ama pak Sidik pada waktu tinggal di sidoarjo.
Sama pak Sidik dia uda belajar sampe tingkat pengajar,
Jadi pada awalnya memang ilmu ini dr aliran Budi Suci jd kita tidak mengingkari asal usul ilmu milik pak hasyim sendiri ( seperti pd aliran lain mengklaim ciptaan masing2) moga 2 tidak ada yg tersinggung. maaf ya.
Trus pak Hasyim ini org yg suka berkelana dan jg berburu sampe berbulan2,
pd saat dia tinggal di jakarta dia bertemu dengan seorang master kungfu namanya pek(ini bahasa mandarin yg artinya om begitu) Siang,
Master ini belajar kungfu dr tiongkok dan jg dr indonesia motivasi master belajar adalah untuk memperpanjang usia, krn beliau pada usia mudanya sakit2an (alias hampir mati gitu).
Ilmu yg dimiliki master ini sama dengan yg diajarkan oleh pak Sidik cuma lebih dalam lg ilmunya.
Dalam kehandalan dan kemampuan (kesaktian kerennya) master Siang ini luar biasa, nanti akan saya ulas lebih lanjut.

Mengenai TD yg diajarkan pak Sidik amat handal untuk fighting( dijalanan ) bukan sekedar demo aja krn saya uda coba ( alias jd kelinci percobaan ).
Jd kesimpulan saya klo Margoluyu yakin pasti handal (siiip gitu) krn ilmu yg diturunkan pak Sidik kan sama tp terbukti buat fighting.

Sebenernya TD ini jg ada teknik untuk kebatinan jg, knp saya omong gitu?
Kan jaman skrg TD tidak beken lg yg beken aliran PENYEMBUHAN (yg produk import gitu LOO)
semoga tidak menyinggung aliran yaaa.
Kalo mengenai fungsi kebatinannya ato skrg kerennya spirituil gitu TD ini jg bisa ( alias ga kalah mungkin lebih hebat).

Kalo dr riset saya TD indo masuk unik dibanding dr yg luar sono OK (krn ilmu TD indo sama dengan aliran Tiongkok yg aliran rahasianya ) aliran Indo hebat kan.
kalo ada kata2 yg menyinggung mohon maaf sebelumnya.
Masih banyak kok yg bisa dibahas ini baru previewnya.
Tolong komentarnya.


adi_sa35

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
    • Email
Re: BUDI SUCI
« Reply #5 on: 01/08/2007 14:20 »
baiklah, kita mulai diskusi dengan terlebih dahulu sahabat Junior menceritakan sejarahnya di Sidoarjo, atau dimulai dari awal mengenal Budi Suci serta mempelajarinya

 [top]

Begini cerita awalnya coba aku persingkat :
Saya berdomisili di surabaya.
Pada thn 89 saya belajar TD dr pak Hasyim.
Perguruan ini termasuk privat ga terlalu terbuka untuk umum jd tidak ada promosi jg belajar disini free (alias gratis).
Krn pengajar tidak mau jual beli ilmu alasannya begitu sih.

Cerita mengenai diri saya cukup dulu, krn saya mau langsung cerita silsilah guru saya OK.
........

budi suci itu pernafasannya menggunakan nafas dada  bukan ya ?
dulu pernah belajar pernafasan dari saudara full nafas dada semua, kata orang2
pernafasannya mirip teknik dari budi suci,kalau jurusnya (untuk pukulan jarak jauh)
ada banyak kemiripan dengan perguruan2 lain yg sejenis
(saudara sy sendiri belajarnya dari perguruan satria muda persada di surabaya)

o iya salam kenal juga Mas

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: BUDI SUCI
« Reply #6 on: 01/08/2007 14:31 »
baiklah, kita mulai diskusi dengan terlebih dahulu sahabat Junior menceritakan sejarahnya di Sidoarjo, atau dimulai dari awal mengenal Budi Suci serta mempelajarinya

 [top]

Begini cerita awalnya coba aku persingkat :
Saya berdomisili di surabaya.
Pada thn 89 saya belajar TD dr pak Hasyim.
Perguruan ini termasuk privat ga terlalu terbuka untuk umum jd tidak ada promosi jg belajar disini free (alias gratis).
Krn pengajar tidak mau jual beli ilmu alasannya begitu sih.

Cerita mengenai diri saya cukup dulu, krn saya mau langsung cerita silsilah guru saya OK.
........

budi suci itu pernafasannya menggunakan nafas dada  bukan ya ?

Kalo pada awal2nya emank begitu

dulu pernah belajar pernafasan dari saudara full nafas dada semua, kata orang2
pernafasannya mirip teknik dari budi suci,kalau jurusnya (untuk pukulan jarak jauh)
ada banyak kemiripan dengan perguruan2 lain yg sejenis
(saudara sy sendiri belajarnya dari perguruan satria muda persada di surabaya)

uda latihan sampe mana??

o iya salam kenal juga Mas

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: BUDI SUCI
« Reply #7 on: 01/08/2007 14:39 »
saya ingin lebih kenal lg ama kisawung,
kalo ga keberatan kisawung bisa cerita sedikit latar belakangnya.
thanks ya

saya belajar Budi Suci dari paman saya di Medan tahun 1996
diberikan kepada saya 9 Jurus, beserta amalannya.

pertama kali saya langsung diharkat, dgn peralatan kain putih dan jarum.
ibu jari saya yang kanan dipertemukan dengan ibu jari paman saya itu.
kemudian beliau membaca do`a dan terjadilah acara pembangkitan TD versi Budi Suci

nah lucunya, setelah keesokan harinya, badanku jadi agak meriang, dan mataku tiba-tiba jadi bintitan dan mengeluarkan kotoran banyak banget.

pamanku bilang, itulah akibat terlalu banyak zinah mata :)p ;D x-)) ^:)^
« Last Edit: 01/08/2007 14:48 by kisawung »

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: BUDI SUCI
« Reply #8 on: 01/08/2007 14:50 »
Berarti Kisawung ngerti mngenai jurus budi suci jg,
selain itu belajar apa lg ??

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: BUDI SUCI
« Reply #9 on: 01/08/2007 14:58 »
Berarti Kisawung ngerti mngenai jurus budi suci jg,
selain itu belajar apa lg ??

kalau jurus Budi Suci sekedar tau saja, titik berat latihanku akhirnya banyak pada penghayatan zikirnya saja. karena ada kunci2 khusus yang berupa amalan, itu menurut aku sangat top banget.

tapi belakangan aku tahu, berbeda guru ternyata berbeda penekanannya
begitu pula dengan zikirnya. jadi yah itulah aku akhirnya sering berdiskusi dengan sesama penghayat Budi Suci sehingga banyak dapat tambahan info.

anehnya, info tentang "maenan dalam" yang katanya maut itu, ternyata juga ada di perguruan Margaluyu  :D

belakangan, aku bertemu dengan Zaenal Abidin Sidik, puteranya bpk Sidik.
beliau malah mengandalkan Ajian Waringin Sungsang, yaitu ajian yang selama ini belum pernah diajarkan oleh Bpk Sidik alm, kepada yang lainnya. Tapi entah juga ya barangkali sudah ada yang dapat secara rahasia.

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: BUDI SUCI
« Reply #10 on: 01/08/2007 15:04 »
Berarti Kisawung ngerti mngenai jurus budi suci jg,
selain itu belajar apa lg ??

kalau jurus Budi Suci sekedar tau saja, titik berat latihanku akhirnya banyak pada penghayatan zikirnya saja. karena ada kunci2 khusus yang berupa amalan, itu menurut aku sangat top banget.

tapi belakangan aku tahu, berbeda guru ternyata berbeda penekanannya
begitu pula dengan zikirnya. jadi yah itulah aku akhirnya sering berdiskusi dengan sesama penghayat Budi Suci sehingga banyak dapat tambahan info.

anehnya, info tentang "maenan dalam" yang katanya maut itu, ternyata juga ada di perguruan Margaluyu  :D

belakangan, aku bertemu dengan Zaenal Abidin Sidik, puteranya bpk Sidik.
beliau malah mengandalkan Ajian Waringin Sungsang, yaitu ajian yang selama ini belum pernah diajarkan oleh Bpk Sidik alm, kepada yang lainnya. Tapi entah juga ya barangkali sudah ada yang dapat secara rahasia.
Mengenai ajian waringin itu bisa diberikan gambaran/garis besar ?
Mungkin saya tau dalam nama lainnya ok

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: BUDI SUCI
« Reply #11 on: 01/08/2007 15:34 »
Mengenai ajian waringin itu bisa diberikan gambaran/garis besar ?
Mungkin saya tau dalam nama lainnya ok

mengenai Ajian itu sayapun belum diberikan.

gambaranya ialah bisa dipakai untuk menghancurkan, mengahadapi persaingan, bahkan uniknya termasuk kekuatan pelet tingkat tinggi  ;D

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: BUDI SUCI
« Reply #12 on: 01/08/2007 17:05 »
Mengenai ajian waringin itu bisa diberikan gambaran/garis besar ?
Mungkin saya tau dalam nama lainnya ok

mengenai Ajian itu sayapun belum diberikan.

gambaranya ialah bisa dipakai untuk menghancurkan, mengahadapi persaingan, bahkan uniknya termasuk kekuatan pelet tingkat tinggi  ;D
Rasanya saya ngerti dan pernah dikasih intip sedikit2,
ini yg saya maksud tentang spirituil yg lebih baik dr aliran estetoris asing itu.

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: BUDI SUCI
« Reply #13 on: 01/08/2007 17:09 »
baiklah, kita mulai diskusi dengan terlebih dahulu sahabat Junior menceritakan sejarahnya di Sidoarjo, atau dimulai dari awal mengenal Budi Suci serta mempelajarinya

 [top]

Begini cerita awalnya coba aku persingkat :
Saya berdomisili di surabaya.
Pada thn 89 saya belajar TD dr pak Hasyim.
Perguruan ini termasuk privat ga terlalu terbuka untuk umum jd tidak ada promosi jg belajar disini free (alias gratis).
Krn pengajar tidak mau jual beli ilmu alasannya begitu sih.

Cerita mengenai diri saya cukup dulu, krn saya mau langsung cerita silsilah guru saya OK.
........

budi suci itu pernafasannya menggunakan nafas dada  bukan ya ?

Kalo pada awal2nya emank begitu

dulu pernah belajar pernafasan dari saudara full nafas dada semua, kata orang2
pernafasannya mirip teknik dari budi suci,kalau jurusnya (untuk pukulan jarak jauh)
ada banyak kemiripan dengan perguruan2 lain yg sejenis
(saudara sy sendiri belajarnya dari perguruan satria muda persada di surabaya)

uda latihan sampe mana??

o iya salam kenal juga Mas
salam kenal jg
dapet berapa jurus dr saudara situ klo mau berbagi?

adi_sa35

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 41
  • Reputation: 2
    • Email
Re: BUDI SUCI
« Reply #14 on: 02/08/2007 08:40 »
salam kenal jg
dapet berapa jurus dr saudara situ klo mau berbagi?

jurusnya ada 11,sebagian besar gerakannya mirip dgn gerakan2 jurus dari perguruan
yg mengajarkan pukulan jarak jauh , ada menusuk dengan jari, jeblag, memukul tanah dst , untuk pernafasannya semuanya dilakukan sambil
duduk nafas dada, gerakan dilakukan dalam keadaan tahan nafas
terus dikasih wirid  dan doa yg mesti dibaca sehabis shalat
salah satu doa (yg masih sy ingat :)   ) intinya kurang lebih
minta diberi berkah dan rahmat, seperti yg diberikan kepada syech Abdul
Qodir Jaelani. :)

 

 

Powered by EzPortal