+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: KALIMASADA  (Read 43088 times)

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
KALIMASADA
« on: 10/08/2007 11:23 »
Apa ada yg tau asal usul kalimasada & keilmuannya??

aircadas

  • Guest
Re: KALIMASADA
« Reply #1 on: 12/08/2007 09:23 »
wah kalo masalah asal usul harus tanya sama orang KALIMASADA nya biar nggak salah, atau di sahabatsilat ada yg pernah ikut??, oke

Tapi ane punya arsip dari beberapa sumber mengenai perguruan ini, mohon bila ada yang salah tolong di ralat ane nggak enak kalo sampe salah nulis, maklum ane masih bau kencur !!!

Wawancara khusus dengan Bapak Ir. Eddy Surohadi, Guru Besar Tetada Kalimasada

 

Bekal dari orang tua , serta pengalamannya menggeluti keilmuan tenaga dalam ditambah masukan-masukan dari adik-adiknya, serta dukungan dari istri tercinta merupakan bekal bagi Ir.Eddy Surohadi untuk mewujudkan cita-citanya menciptakan suatu metodologi keilmuan tenaga dalam. Dengan bermunajad kepada Allah SWT akhirnya terwujudlah suatu metodologi keilmuan Tenaga Dalam yang praktis dan modern dengan menjauhi hal-hal yang berbau mistik dan syirik.

 

Metodologi keilmuan ini kemudian diberinya nama "Kalimasada". Muridnya yang pertama belajar metodologi keilmuan ciptaanya ini adalah istrinya dr. Ida Surohadi beserta adik kandungnya yang nomor enam. Istrinya, dr. Ida Surohadi  selanjutnya diserahi tanggung jawab membina bidang kepelatihan sebagai Ketua Dewan Pelatih Pusat sampai sekarang.

 

Setelah Oktober 1994 adiknya yang nomor tujuh, Drs.Joko H. Suroso diserahi  tanggungjawab untuk membantu membina  bidang keilmuan, adiknya yang nomor tujuh ini tekun mempelajari ilmu Tetada Kalimasada  langsung dari sang kakak sulungnya tersebut dan banyak memberikan masukan-masukan yang bermanfaat bagi perkembangan keilmuan LPI Tetada Kalimasada.

 

Selanjunya semua adik-adiknya belajar metodologi keilmuan ini. Istri dan adik kandungnya inilah yang banyak membantu perkembangan Tetada Kalimasada. Diantara adik-adiknya tersebut yang paling menguasai dan aktif mengembangkan metodologi keilmuan  Tenaga Dalam ciptaan Ir. Eddy Surohadi ini adalah  Drs. Ec. Joko Heruroso dan dr. Ida Surohadi, sang istri. Kedua orang ini pulalah yang aktif ikut membantu mengembangkan organisasi Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Tetada Kalimasada sampai saat ini.

 

Pengenalan keilmuan Tetada Kalimasada kepada masyarakat umum dimulai pada acara ujian anggota perdana yang pertama yang dilaksanakan  di Hotel ELMI Surabaya pada tanggal 24 November 1991. Tanggal inilah yang selalu diperingati setiap tahun sebagai tanggal berdirinya Tetada Kalimasada Indonesia. Pada saat itu Ir.Eddy Surohadi memprakarsai berdirinya Lembaga Pengembangan Ilmu Beladiri Tenaga Dalam Tetada Kalimasada dengan mengajak adik, istri dan teman-temanya untuk bergabung dengan Lembaga yang yang didirikannya itu. Pada saat itu Lembaga ini memfokuskan kegiatannya pada keilmuan bela diri tenaga dalam dengan nama  Lembaga Pengembangan Ilmu Beladiri Tenaga  Dalam Kalimasada.

 

Tetapi pada 25 Oktober 1992 orientasi pelatihan lebih dititikberatkan pada Terapi untuk kesehatan. Berkaitan dengan itu nama Lembaga disesuaikan menjadi Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Kalimasada. Sejak berubah menjadi olahraga terapi tersebut Kalimasada berkembang lebih pesat. Selanjutnya pada ulang tahun ke-3 Kalimasada  di Gedung Go Skate Surabaya 25 Oktober 1994 diresmikan nama baru Kalimasada menjadi Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi  Tenaga Dalam Tetada Kalimasada (LPI Tetada Kalimasada).

 

Sejak awal berdirinya Tetada Kalimasada banyak didukung oleh kalangan  medik. Kalangan medik ini banyak membantu dalam memberikan masukan-masukan yang berkaitan dengan kesehatan.

 
Perkembangan di Indonesia

 

LPI Tetada Kalimasada berkembang dengan cepat di Indonesia. Hingga saat ini  telah menjangkau 80 daerah dengan sekitar 240 cabang dan unit latihan  di seluruh Indonesia. Jumlah peserta yang terdaftar saat ini  lebih kurang  80.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.
« Last Edit: 12/08/2007 09:28 by aircadas »

aircadas

  • Guest
Re: KALIMASADA
« Reply #2 on: 12/08/2007 09:26 »
1. Apakah Tetada Kalimasada itu ?

 

Tetada Kalimasada adalah olahraga Terapi dengan cara membangkitkan kemampuan tenaga Dalam seseorang melalui latihan-latihan tertentu. Dengan menggunakan teknik yang praktis dan moderat tanpa menggunakan mantra atau puasa atau cara-cara tertentu yang berbau mistik/ syirik. Kemoderatan Tetada Kalimasada yang berpusat di Surabaya ini tampak dari setiap latihannya yang menggunakan irama standar dengan menggunakan pukulan atau suara Tambur/ Bedug dan Musik. Maksud penggunaan Irama dengan musik standar ini adalah agar seluruh anggota Tetada Kalimasada diseluruh dunia pada saat latihan  mempunyai standar irama dan waktu yang sama sehingga dapat merasakan manfaat yang sama dengan tingkat power tenaga dalam yang standar.

 

Nama Kalimasada sendiri diambil dari cerita Wayang Purwo, adalah senjata milik Puntadewa Putera tertua dari lima bersaudara Pendawa. Puntadewa yang disebut juga Yudistira dikenal sangat sabar, berbudi pekerti yang baik dan santun, senjatanya yang bernama Kalimasada tersebut dikenal sangat ampuh.

 

Adapun filosofi pemberian nama Kalimasada pada Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Tetada Kalimasada adalah bahwa ilmu ini akan ampuh jika dimiliki oleh seorang yang sabar dan berbudi pekerti yang baik.

 

2. Bagaimana Kalimasada bisa tercipta ?


 

Metodologi Keilmuan Tetada Kalimasada diciptakan oleh Ir. Eddy Surohadi alumni ITS Surabaya, putera tertua dari delapan bersaudara anak pasangan suami istri Bapak R. Suroso Sastrosudiro dan Ibu Herawati Rodiah. Bekal yang didapatnya dari orang tua serta pengalamannnya menggeluti keilmuan tenaga dalam ditambah dengan bantuan dari adik-adiknya serta istrinya untuk mewujudkan cita-citanya menciptakan suatu metodologi keilmuan tenaga dalam. Dengan bermunajad kepada Allah SWT akhirnya terwujudlah suatu metodologi keilmuan Tenaga Dalam yang praktis dan modern dengan menjauhi hal-hal yang berbau mistik dan syirik. Metodologi Keilmuan dan Terapi Tenaga Dalam ini kemudian diberinya nama Tetada Kalimasada.

 

3. Unsur-unsur apa saja yang ada didalamnya :


 

Unsur-unsur yang ada didalamnya adalah unsur Gerakan (jurus), pernafasan, Konsentrasi, Relaksasi Progresif, dan Sinkronisasi Getaran.



4. Berasal dari manakah Tetada Kalimasada ?


 

Tetada Kalimasada berasal dari Kota Surabaya, Indonesia.

 

5. Apakah Tetada Kalimasada sudah mendunia ?


 

  Ir. Eddy Surohadi terus berusaha untuk mengenalkan Tetada Kalimasada ke Seluruh Dunia dengan menyelenggarakan seminar-seminar dan Presentasi di manca negara. Diantaranya di Berkeley University USA, Tucson University, Wisma Indonesia Washington DC di USA. Perkembangan Tetada Kalimasada di USA pada saat itu dipelopori oleh Duta Besar RI untuk USA, Bapak DR. Arifin Siregar beserta Ibu. Kemudian di Ryswik, Amsterdam, Den Haag di Belanda, Helsinki - Finlandia, Stockholm - Swedia, Belgia, Bon, Frankfurt dan Heilbrone di Jerman, dan di Wina Austria. Ketua Tetada Kalimasada Austria Drs. Suhartono Zahir (Atase Ilmu Pengetahuan KBRI Wina) bersama para staf ahli Indonesia di Organisasi Minyak Dunia OPEC memelopori penyelenggaraan Seminar Tetada Kalimasada di Sekretariat Jenderal OPEC di Wina. Seminar OPEC ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal OPEC DR. Rilwanu Lukman pada saat itu  (Mei 1998). Sekjen OPEC dan istri serta staf ahli negara-negara anggota OPEC beserta keluarga yang menghadiri seminar tersebut  semuanya tertarik dan ikut memelopori pembentukan Tetada Kalimasada cabang Sekretariat Jenderal OPEC.

 

Sampai saat ini seminar-seminar dan presentasi terus diselenggarakan dimanca negara.

 

6. Anggota Tetada Kalimasada saat ini sudah tersebar di 17 Negara di Dunia.

 

7. Bagaimana perkembangannya di Dunia ?

 

Perkembangan di Dunia cukup berarti. Media TV Dunia seperti CNN International, sudah dua kali menyiarkannya. Demikian juga koran-koran dan majalah, radio dan televisi setempat.

 

8. Tetada Kalimasada dikenalkan di Indonesia sejak 24 November 1991 di kota Surabaya.

 

9. Pelopor Tetada Kalimasada adalah Ir. Eddy Surohadi yang merupakan Guru Besar Tetada Kalimasada dan juga sebagai satu-satunya Pencipta Metodologi Keilmuan Tetada Kalimasada. Dalam organisasi Tetada Kalimasada istilah Guru Besar disebut Ketua Dewan Pembina.

 

10. Bagaimana Tetada Kalimasada bisa dikenal di Indonesia :

 

Tetada Kalimasada dikenalkan di Indonesia melalui media massa dan banyak didukung oleh kalangan medik, tokoh-tokoh Guru Besar di bidang kedokteran serta para dokter spesialis, dokter umum/ gigi dan psycholog.

 

11. Hingga saat ini apakah Tetada Kalimasada populer di Indonesia :

 

Tetada Kalimasada sudah sangat populer di Indonesia dan mempunyai cabang yang tersebar di banyak kota besar di Indonesia.

 

12. Bagaimana perkembangannya di Indonesia ?

 

Perkembangannya cukup pesat.

 

13. Secara umum, siapa sajakah kebanyakan penggemar Tetada Klaimasada saat ini (berdasarkan kelas sosial ekonomi) kenapa ?

 

Kebanyakan penggemar Tetada Kalimasada adalah golongan menengah keatas. Kenapa ? Mungkin karena golongan strata inilah yang  punya cukup waktu untuk berolah raga  yang rutin. Serta mempunyai wawasan yang lebih luas tentang perlunya menjaga kesehatan tubuh demi usaha mencegah datangnya penyakit.

 

14. Secara umum siapa sajakah yang disarankan sebaiknya mengikuti Kalimasada ? Mengapa demikian ?

 

Disarankan kepada mereka yang sehat atau yang kebetulan sedang sakit. Bagi yang sehat, latihan ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan vitalitas tubuh dan tetap awet muda serta meningkatkan gairah dan kemampuan sex. Sedang bagi yang sakit, latihan ini dimaksudkan agar dapat mempercepat kesembuhan dan membantu terbentuknya anti bodi terhadap penyakit. Bagi penyakit-penyakit tertentu latihan ini untuk mengobati langsung penyakit tersebut.

 

15. Bagaimana cara-cara mengikuti Tetada Kalimasada ?

 

Silahkan menghubungi sekretariat terdekat, untuk Jakarta dapat menhubungi Padepokan Tetada Kalimasada Jabotabek di Jl. Alam Permai IX PY 19-20, Pondok Indah, Jakarta Selatan, telp. : 021-75900561.

 

16. Apakah wadah Induk Tetada Kalimasada ?

 

Wadah induknya adalah Lembaga Pengembangan Ilmu Terapi Tenaga Dalam Tetada Kalimasada dan berpusat di Graha Kalimasada Surabaya di  Jl. Kali Kepiting 111, Surabaya, telp. : 031-5946506.

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: KALIMASADA
« Reply #3 on: 12/08/2007 13:15 »

Mas Kalau nggak salah Kalimasada awalnya Masih satu induk kemudian pecah dengan di Surabaya dipimpin P Edy dan di Bandung dipimpin pak Asep.

Sory lagai diburu kerjaan

Lanjut dulu

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: KALIMASADA
« Reply #4 on: 13/08/2007 09:49 »
Apa ada yg tau dasar ilmunya dr kalimasada?
contohnya spt SN kan dasarnya 10 jurus.

Begini ceritanya,
kira2 3 bulan lalu saya bertemu pk Eddy & bu Ida trus kami berdikusi mengenai ilmunya.
Menurut beliau ilmu kalimasada bukan dari 10 jurus (ML) tetapi penggabungan dr berbagai ilmu, trus koneksi beliau cukup bagus krn dr diskusi ini saya baru tau klo sdr Chao Ko Sui (PRANA) ternyata ada hub jg dgn kalimasada.
Jg Mantak Chia pernah sharing dgn kalimasada, klo Cha K S malah pernah belajar ama kalimasada.
Sebenarnya cukup membanggakan ada anak bangsa yg getol mempopulerkan ilmu nusantara ini ke luar ngegeri.
Biar ga kalah ama Yoga dll.
Tolong ditambah materinya biar tambah rame.
terima kasih.

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: KALIMASADA
« Reply #5 on: 13/08/2007 12:58 »
Apa ada yg tau dasar ilmunya dr kalimasada?
contohnya spt SN kan dasarnya 10 jurus.

aku lihat Kalimasada juga memakai 10 jurus sebagai pengolah TD nya  ::)

terserah mereka mau mengakui atau tidak metoda itu awalnya ialah berasal dari Margaluyu atau Budi Suci atau dari Nampon ( sebagai perguruan 10 Jurus yang tertua)  [kodok]

Begini ceritanya,
kira2 3 bulan lalu saya bertemu pk Eddy & bu Ida trus kami berdikusi mengenai ilmunya.
Menurut beliau ilmu kalimasada bukan dari 10 jurus (ML) tetapi penggabungan dr berbagai ilmu,
hmmmmm....  ???


 
trus koneksi beliau cukup bagus krn dr diskusi ini saya baru tau klo sdr Chao Ko Sui (PRANA) ternyata ada hub jg dgn kalimasada.
Jg Mantak Chia pernah sharing dgn kalimasada, klo Cha K S malah pernah belajar ama kalimasada.

yang aku tahu ialah, "orang-orang Kalimasada" pernah belajar pada Master Choa Kok Sui. Dan Kemudian tak lama dari itu, kulihat mereka mengadakan "suatu kerja sama" dengan Yayasan Prana Indonesia. Karena masa itu, aku pun ada sebagai peserta kurus metoda Prana dari Master Choa Kok Sui. 

jadi tidak hanya Master Choa yang belajar pada Kalimasada, malahan Kalimasada yang terlebih dahulu belajar metoda Master Cho Kok Sui.

selanjutnya, ialah mereka bekerja sama... namun kelanjutannya tidak terdengar lagi sampai sekarang.
Sebenarnya cukup membanggakan ada anak bangsa yg getol mempopulerkan ilmu nusantara ini ke luar ngegeri.
Biar ga kalah ama Yoga dll.
iyak betul sekali dan setuju  [top]
Tolong ditambah materinya biar tambah rame.
terima kasih.
ini sudah kutambahi lagi sesuai info yang aku tahu..

sebagai catatan.. saya ialah alumnus peserta kursus/workshop yang diadakan oleh Yayasan Prana Indonesia ( dalam hal ini Master Choa Kok Sui ).

saya mengikuti pembelajaran :

- Prana tingkat Dasar
- Prana tingkat lanjut
- Psychotherapy
- Crystal Healing
- Psychic Self Defence
- Clairvoyant
- Kriya Cakti

saat saya mengikuti pembelajaran itu, diantara penterjemahnya Master Choa ialah
saudara Ismail Ishaq ( teman saya jg ).
« Last Edit: 13/08/2007 13:00 by kisawung »

Elang

  • Guest
Re: KALIMASADA
« Reply #6 on: 13/08/2007 13:22 »
Hik kalau tidak salah tangkap dulu sesepuh SN pernah bilang bahwa gurunya Kalimasada juga ikut SN, jadi makin binun nich :) hihihi

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: KALIMASADA
« Reply #7 on: 13/08/2007 18:17 »
Hik kalau tidak salah tangkap dulu sesepuh SN pernah bilang bahwa gurunya Kalimasada juga ikut SN, jadi makin binun nich :) hihihi


sayapun pernah mendengarnya..

yah inilah akibatnya kalau terjadi saling share diantara para Guru Besarnya

maybe... dalam penglihatan oknum tertentu menjadi salah paham

cabe lagi deh.. [lucu]

Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: KALIMASADA
« Reply #8 on: 13/08/2007 23:41 »
Hik kalau tidak salah tangkap dulu sesepuh SN pernah bilang bahwa gurunya Kalimasada juga ikut SN, jadi makin binun nich :) hihihi

kalo belajar di SN trus mau gimana kualitasnya wong SN aja ilmunya terbatas.
Kita2 kan ga kalah ama perguruan yg gede2 namanya, mungkin kita kalah promosi aja.
gimana menurut sahabat2 silat??

aircadas

  • Guest
Re: KALIMASADA
« Reply #9 on: 13/08/2007 23:56 »
Hik kalau tidak salah tangkap dulu sesepuh SN pernah bilang bahwa gurunya Kalimasada juga ikut SN, jadi makin binun nich :) hihihi

kalo belajar di SN trus mau gimana kualitasnya wong SN aja ilmunya terbatas.
Kita2 kan ga kalah ama perguruan yg gede2 namanya, mungkin kita kalah promosi aja.
gimana menurut sahabat2 silat??

Kalo kata ane seh bang, manusia bebas untuk belajar dimana saja, dan setelah itu manusia juga bebas untuk mengembangkan ilmunya khususnye untuk pengabdian sama menusie lainnye, jadi tidak masalah seh, dia mo belajar sama siape aje.

Tapi yang perlu banget di catat juga adalah bahwa di beberapa aliran TD banyak juga proses penggaburan ( memutuskan) sejarah aliran2 td yang di pelajarinya, contohnya saja SN dan Kalimasada, jurusnya ada 10. bentuk dasar jurusnye ame yg punyanye ML dan  Nampon Mirip banget, jadi mengapa tidak di sebutkan saja dalam, sejarah perguruannya bahwa SN dikembangkan dari berbagai ilmu di nusantara terutama dari ML.

Ane rasa semua orang pasti paham. begitupun dengan KALIMASADA. dan maaf  bang Junior kalo ane salah kata, juga buat temen2 SN Maaf banget kalo ane tulis kayak gini, krn sangking populer dan penasarannya sama SN akhirnya semua pesilat dan juga banyak praktisi TD yang ikut ingin tahu, dan setalah tahu, banyak opini dari anggota2nya sendiri juga sih, dan sampe skrpun semua perguruan terutama TD masih banyak yg menyembunyikan asal - usul aliran yang di anutnya....,itu saja sih alasannya.
« Last Edit: 14/08/2007 00:14 by aircadas »

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: KALIMASADA
« Reply #10 on: 14/08/2007 10:36 »
oke teman-teman, back to topic again yah...

disini thread tentang Kalimasada, dan pembicaraan selanjutnya ialah sebaiknya tentang apa itu Kalimasada dan kiprahnya dalam memajukan persepsi TD Indonesia, baik di negeri sendiri maupun di luar negeri.

Dan yang saya salut atas kemajuan Kalimasada ialah, bahwa Kalimasada punya litbang dan ada kerjasama dengan pihak Medis ( Kedokteran ). Yang mana dalam hal ini sebagai pelopor dan pendobrak awal Tenaga Dalam Indonesia yang dapat diterima oleh dunia medis sebagai suatu teknik pengobatan yang diakui. [top]

Hidup Kalimasada [top]


Junior

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 105
  • Reputation: 5
Re: KALIMASADA
« Reply #11 on: 14/08/2007 11:04 »
saya amat menghargai usaha kalimasada mempopulerkan nama Indonesia sudah sejak2 awal,
sayang tidak mau terbuka ama asal usul ilmunya padahal kita menghargai klo mereka mau jujur.
krn pengembangan membutuhkan kreatifitas tinggi jg, setuju.

cabang kalimasada di luar negeri setahu saya banyak.

trus saya pernah bertemu bu Ida,
beliau diajak sharing sebenarnya cukup terbuka (sharing TD untuk pengobatan)
krn saya skrg mengaplikasikan TD untuk pengobatan.

Sayang terbatas untuk pengobatan saja sharingnya,
krn dgn terbuka kita bisa melengkapi kekurangan yg ada.

sebagai catatan kalimasada di dalam negeri sendiri sudah sekarat,
kan sayang.


samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: KALIMASADA
« Reply #12 on: 14/08/2007 20:52 »

Bahasan KALIMASADA kayaknya seru nich.

Saya mau tambah sedikit informasi tentang KALIMASADA. Kalau ada salah tolong dikoreksi

Sebelum pecah KALIMASADA( KS) team pelatihnya yaitu Pak EDY dan P Asep. Keduanya merupakan keturunan /pewaris aliran ini.

Tapi dalam perjalanannya antara P Edy dan P Asep ada ketidak cocokan jadinya ke duanya pecah.

P Edy itu memang belajar kemana2 dan beliau bisa menggabungkan ilmu2 yang dipelajari.

Sedangkan ilmu aslinya masih dari P Asep.

Dilanjut mas..

aircadas

  • Guest
Re: KALIMASADA
« Reply #13 on: 19/08/2007 22:24 »
oke teman-teman, back to topic again yah...

disini thread tentang Kalimasada, dan pembicaraan selanjutnya ialah sebaiknya tentang apa itu Kalimasada dan kiprahnya dalam memajukan persepsi TD Indonesia, baik di negeri sendiri maupun di luar negeri.

Dan yang saya salut atas kemajuan Kalimasada ialah, bahwa Kalimasada punya litbang dan ada kerjasama dengan pihak Medis ( Kedokteran ). Yang mana dalam hal ini sebagai pelopor dan pendobrak awal Tenaga Dalam Indonesia yang dapat diterima oleh dunia medis sebagai suatu teknik pengobatan yang diakui. [top]

Hidup Kalimasada [top]




Yg ingin ane ketahui adalah hasil dari penelitian itu? gimana hasilnye bagus nggak TD buat kesehatan, di share dong!

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: KALIMASADA
« Reply #14 on: 21/08/2007 18:57 »
Apakah Kalimasada sudah jadi anggota IPSI ? Kalo nggak salah denger, Kalimasada ikut Munas IPSI. Bener gak ?

 

Powered by EzPortal