+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN  (Read 8334 times)

depp2010

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: tetada kalimasada
MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« on: 08/09/2010 10:13 »
Saya tertarik dengan Piteda pemusatan, mungkin diantara rekan-rekan sekalian ada yang menjadi anggotanya piteda pemusatan silahkan share pengalamannya di sini, mulai dari A sampai Z, thanks... 

depp2010

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: tetada kalimasada
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #1 on: 14/09/2010 11:36 »
Kok sepi sih...gak ada yang berani sharing nih??....

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #2 on: 14/09/2010 12:35 »
Kok sepi sih...gak ada yang berani sharing nih??....

Mas depp2010 kira2 apa yang mau di sharing yah?

depp2010

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: tetada kalimasada
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #3 on: 14/09/2010 16:22 »
jujur aja bro samber gledek, saya anggota baru di tetada kalimasada, cuma ketika saya browsing di internet, kok ada yang sama seperti tetada kalimasada? yang bikin saya bingung bahwa antara pak asep dan pak edi dulunya satu perguruan? sedangkan dalam buku panduan keilmuan, bahwa tetada kalimasada diciptakan oleh pak Edi yang kemudian diturunkan ke istri dan adik-adiknya, jadi sebenarnya apa persamaan dan perbedaan antara piteda pemusatan dan tetada kalimasada? terimakasih...

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #4 on: 15/09/2010 08:56 »
jujur aja bro samber gledek, saya anggota baru di tetada kalimasada, cuma ketika saya browsing di internet, kok ada yang sama seperti tetada kalimasada? yang bikin saya bingung bahwa antara pak asep dan pak edi dulunya satu perguruan? sedangkan dalam buku panduan keilmuan, bahwa tetada kalimasada diciptakan oleh pak Edi yang kemudian diturunkan ke istri dan adik-adiknya, jadi sebenarnya apa persamaan dan perbedaan antara piteda pemusatan dan tetada kalimasada? terimakasih...

Mas depp2010

Dulu saya anggota tetada kalimasada. Waktu itu P Asep dan P Edy masih bersatu. Saya lupa tahun berapa P Asep dan P Edi pisah dan P Asep mendirikan PITEDA Kamlimasada. Pada tingkat dasar jurusnya juga sekarang sudah beda.
Salam

depp2010

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: tetada kalimasada
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #5 on: 15/09/2010 11:26 »
apa betul di piteda pemusatan diajarkan demo aplikasi? apa aja tuh?

clairvoyance

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #6 on: 16/09/2010 12:48 »
jujur aja bro samber gledek, saya anggota baru di tetada kalimasada, cuma ketika saya browsing di internet, kok ada yang sama seperti tetada kalimasada? yang bikin saya bingung bahwa antara pak asep dan pak edi dulunya satu perguruan? sedangkan dalam buku panduan keilmuan, bahwa tetada kalimasada diciptakan oleh pak Edi yang kemudian diturunkan ke istri dan adik-adiknya, jadi sebenarnya apa persamaan dan perbedaan antara piteda pemusatan dan tetada kalimasada? terimakasih...

Salam,,,

Mas Depp, setahu saya, dulunya sekitar 90an pak Asep adalah pembina keilmuan dan Pak Edy adalah pembina organisasi dari LPI TETADA KALIMASADA (webnya masih ada jadul bgt, search aja di google) nah karena ada suatu hall, pada tahun 2000 mereka pecah, Pak Asep di Bandung mendirikan Piteda Pemusatan Kalimasada dan Pak edy di surabaya mendirikan Tetada Kalimasada... Pak Asep dan Pak Edy adalah adik kakak... Ilmu Pak Edy itu campur aduk karena beliau berguru lagi ke tempat lain sedangkan ilmu pak Asep masih murni ilmu dari Ayahnya... Murid-murid pak Edy yang sudah mentok level tingkatannya banyak yang pindah ke Piteda Pemusatan, karena pak Asep  lebih dalam keilmuannya di banding pak Edy... Begitu yang saya tahu...

Salam...

Sawer Wulung

  • Guest
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #7 on: 16/09/2010 18:23 »
Dibandung piteda pemusatan tempat latihannya dimana aja ya? Ada yang tau. Soalnya tertarik untuk gabung nih.

depp2010

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: tetada kalimasada
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #8 on: 20/09/2010 11:09 »

Mas Depp, setahu saya, dulunya sekitar 90an pak Asep adalah pembina keilmuan dan Pak Edy adalah pembina organisasi dari LPI TETADA KALIMASADA (webnya masih ada jadul bgt, search aja di google) nah karena ada suatu hall, pada tahun 2000 mereka pecah, Pak Asep di Bandung mendirikan Piteda Pemusatan Kalimasada dan Pak edy di surabaya mendirikan Tetada Kalimasada... Pak Asep dan Pak Edy adalah adik kakak... Ilmu Pak Edy itu campur aduk karena beliau berguru lagi ke tempat lain sedangkan ilmu pak Asep masih murni ilmu dari Ayahnya... Murid-murid pak Edy yang sudah mentok level tingkatannya banyak yang pindah ke Piteda Pemusatan, karena pak Asep  lebih dalam keilmuannya di banding pak Edy... Begitu yang saya tahu...

Salam...

Bro clairvoyance, saya ingin bertanya berdasarkan penjelasan anda :
1. apa maksud dari kakak beradik? apakah saudara sedarah atau saudara seperguruan? karena sudah jelas kalo pak edi berasal dari surabaya, dan pak asep dari sunda..
2. kalo memang pak asep mendapatkan ilmu dari orang tuanya, kenapa beliau membuat nama perguruan baru yaitu piteda pemusatan  sedangkan pak edi tetap memakai nama LPI tetada kalimasada? yang seharusnya berhak memakai kata tetada kalimasada harusnya kan pak asep?
3. saya sedikit bingung, kenapa piteda pemusatan sepertinya tertutup/tidak mau membuka diri kepada masyarakat? contoh: salah satu murid piteda pemusatan mengatakan" Klo demo tetada yg ada di youtube itu pelajaran Dasar utk tingkat Pemula di Piteda, jd jangan disamakan dengan piteda krn demonya piteda bisa lebih dari itu, cuma kami jarang publikasikan keluar nanti dikira yg nggak2."
kalo memang demo-demo piteda lebih dari tetada kalimasada, kenapa tidak dipublikasikan saja? bagaimana orang bisa percaya dan tertarik ikut piteda pemusatan jika demo-demonya saja di tutup-tutupi?seolah-olah sesuatu yang tabu? demo-demo kan sifatnya umum? orang lainpun berhak untuk menyaksikan, karena tidak melanggar aturan, etika dan hukum,  kalo hanya dengan alasan "nanti dikira yang nggak2" sungguh sesuatu yang tidak masuk akal..... 


clairvoyance

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #9 on: 04/11/2010 17:07 »

Bro clairvoyance, saya ingin bertanya berdasarkan penjelasan anda :
1. apa maksud dari kakak beradik? apakah saudara sedarah atau saudara seperguruan? karena sudah jelas kalo pak edi berasal dari surabaya, dan pak asep dari sunda..
2. kalo memang pak asep mendapatkan ilmu dari orang tuanya, kenapa beliau membuat nama perguruan baru yaitu piteda pemusatan  sedangkan pak edi tetap memakai nama LPI tetada kalimasada? yang seharusnya berhak memakai kata tetada kalimasada harusnya kan pak asep?
3. saya sedikit bingung, kenapa piteda pemusatan sepertinya tertutup/tidak mau membuka diri kepada masyarakat? contoh: salah satu murid piteda pemusatan mengatakan" Klo demo tetada yg ada di youtube itu pelajaran Dasar utk tingkat Pemula di Piteda, jd jangan disamakan dengan piteda krn demonya piteda bisa lebih dari itu, cuma kami jarang publikasikan keluar nanti dikira yg nggak2."
kalo memang demo-demo piteda lebih dari tetada kalimasada, kenapa tidak dipublikasikan saja? bagaimana orang bisa percaya dan tertarik ikut piteda pemusatan jika demo-demonya saja di tutup-tutupi?seolah-olah sesuatu yang tabu? demo-demo kan sifatnya umum? orang lainpun berhak untuk menyaksikan, karena tidak melanggar aturan, etika dan hukum,  kalo hanya dengan alasan "nanti dikira yang nggak2" sungguh sesuatu yang tidak masuk akal.....


Salam,

Saya akan coba jelaskan, ini sepengetahuan saya saja ya mas depp, dari interaksi selama saya di piteda pemusatan,  artikel dan obrolan saya dengan para pelatih. Mudah2an saya tidak keliru. Dan mohon koreksinya bila saya salah.  [[peace2]]

1. Pak Asep itu sepengetahuan saya bukan berasal dari Sunda, mungkin karena kebetulan namanya erat dengan nama sunda yaitu "Asep". nama lengkap beliau Zamzamy Asep Herwady, bila ngobrol dengan beliau akan sangat kental sekali logat "jawa"nya. Kalo gak salah beliau asli Tuban Jawa Timur. dan hubungan dengan pak Edy Surohady adalah adik kakak kandung, pak Asep sebagai Adik. Akan ada kemiripan diantara mereka jika kita pernah melihat mereka berdua.

2. Setau saya pak Asep mendapat ilmu dari Ayahnya yang seorang mumpuni dan berprofesi sebagai Angkatan Laut, dan juga beliau berkelana/berguru ke berbagai pesantren, dan penyempurnaan ilmunya didapat dalam tafakur beliau setelah shalat subuh.
Untuk masalah Nama perguruan, disini letaknya menurut saya secara Legalitas Hukum atas nama Yayasan Perguruan ini. Seperti kita tahu Pak Edi adalah pembina organisasi tentunya yg memegang hak atas nama yayasan, dan pak asep sebagai pembina keilmuan tentunya tidak bisa berbuat banyak sehingga mengalah dengan membuat nama yayasan baru demi tetap mengembangkan organisasi yang terpecah pasca terjadi perrmasalahan diantara mereka.

3. Masalah terlalu tertutup saya akui memang begitu, saya sendiri tidak faham mengapa seperti ini. Saya kira bila bersifat terbuka dan berani mendemokan ilmu2nya kepada umum, piteda pemusatan akan banyak peminat. menurut saya hal ini karena sifat dari Pak Asep yang rendah hati, low profile, tidak mau sombong, dan begitu menjaga ilmunya.
Sudah banyak media yg ingin meliput tentang Pak Asep ini, namun ya begitu,,, susah dimengerti dan jalan pikiran orang lain memang gak bisa selalu sejalan dengan kita hehehehe. Namun setahu saya pak Asep mendapat gelar Doktor Honoris Clausa dari California University setelah beliau mengemukakan tentang keilmuannya di depan senat disana  dan dibuktikan dengan memotret Foto Aura beliau dan proses ini kata para senior saya diliput dan pernah  disiarkan oleh CNN. kenapa bisa sampai sana mungkin hal ini berkaitan dengan cabang2 pengurus di Eropa dan Amerika.

Senior saya pernah cerita, ada reporter dari Jepang yg terus memaksa pak Asep untuk demo dan diliput, tapi pak asep tidak mau. Karena terus memaksa pak Asep membawa sebuah Pepaya dan menembak pepaya itu dengan tenaga dalam, lalu pepaya itu disuruh dibuka oleh reporter, dan ketika dibuka isi pepaya itu hancur. Sang reporter makin ngebet untuk meliput, tapi Pak Asep bercanda Kalo terus memaksa Anda juga bisa seperti itu, dan sang reporter pun tidak lagi memaksa.

Senior juga bercerita ketika hari Ulang Tahun beliau, ada demo khusus yg hanya boleh diketahui oleh yg hadir saja (tp akhirnya jd pada tau jg, bocor hehehe) katanya beliau demo memotong isi pisang seperti diiris silet tanpa membuka dan merusak kulit pisang.

Benar tidaknya cerita itu Wallahualam Bishawab, saya hanya dapat dari cerita senior saja. Sebenarnya masih banyak cerita lainnya tapi gak mungkin saya tulis semua. Tapi demo yg pernah saya lihat langsung yaitu demo sewaktu ujian di pangandaran, demonya pelatih perutnya digilas oleh mobil. ini menurut saya luar biasa, karena kalo demo2 mental2in lawan atau mecahin benda keras sudah biasa di perguruan mana pun sama, tapi yg digilas mobil itu hebat banget, penuh resiko.

Namun memang kalo dilihat dari luar Piteda ini begitu tertutup, karena memang yg diajarkan Guru-nya lebih menekankan ke ketaqwaan dan kesehatan bukan ke kedigdayaan. Pada level tertentu di Piteda ini lebih menekankan ke habluminannas dan habluminallah, sehingga katanya untuk mencabut daun dari tanaman atau menginjak semut saja pasti bakal bikin menangis dan menyesal bagi orang yg sampai ke level ini.

Begitu sepengetahuan saya, tidak ada niat melebih2kan atau prmosi atau lain hal, hanya sekedar share saja apa yang saya tahu tentang Piteda Pemusatan, mohon maaf bila ada kesalahan.  [[peace2]]

Saat ini saya sudah tidak lagi latihan di Pemusatan., sudah vakum sekitar 4 Tahunan, ingin saya latihan lagi, tapi apa daya kerjaan selalu menumpuk jadi susah cari waktunya  :'(

clairvoyance

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #10 on: 04/11/2010 17:23 »
NB: Demonya di Internet memang susah banget ya nyarinya, memang jarang disebar luaskan ke publik sich. Saya aja susah dapet video2nya. Padahal setiap ada UKT / LatGab suka ada demo2 keren yg di dokumentasikan tapi sampai skrg hasil dokumentasinya gak ada yg disebarluaskan sepertinya disimpan dengan baik oleh Pak Hary (Ketua yayasan)...

depp2010

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: tetada kalimasada
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #11 on: 04/12/2010 00:07 »
informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih bro clairvoyance, saja jadi mulai mengerti asal usul tetada dan piteda, pelatih saya pernah bilang kalau keilmuan kalimasada yang masih murni adalah yang di pak asep, dan katanya juga piteda hanya menerima murid yang beragama islam saja, tidak seperti tetada agamanya lain-lain. jujur saja bro clairvoyance, saya sangat tertarik ingin ikut piteda pemusatan tapi katanya didaerah Bogor tidak ada cabangnya lagi karena sudah tutup :'( , mungkin bro clairvoyance punya info siapa mantan pelatih piteda pemusatan didaerah Bogor yang bisa saya hubungi, sekali lagi terima kasih atas infonya  [top].....

sayangibu

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PITEDA PEMUSATAN
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #12 on: 09/01/2011 19:00 »
Dibandung piteda pemusatan tempat latihannya dimana aja ya? Ada yang tau. Soalnya tertarik untuk gabung nih.

Salam Pemusatan,

Untuk tempat latihan di Bandung, silakan kontak :
- Bpk Deli Arifin (081 3226 40 111)
- Bpk Hary - Ketua DPP (081 6420 2606 , 081 910526 969)

Terimakasih :)

sayangibu

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PITEDA PEMUSATAN
Re: MOHON INFO PITEDA PEMUSATAN
« Reply #13 on: 09/01/2011 19:44 »
informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih bro clairvoyance, saja jadi mulai mengerti asal usul tetada dan piteda, pelatih saya pernah bilang kalau keilmuan kalimasada yang masih murni adalah yang di pak asep, dan katanya juga piteda hanya menerima murid yang beragama islam saja, tidak seperti tetada agamanya lain-lain. jujur saja bro clairvoyance, saya sangat tertarik ingin ikut piteda pemusatan tapi katanya didaerah Bogor tidak ada cabangnya lagi karena sudah tutup :'( , mungkin bro clairvoyance punya info siapa mantan pelatih piteda pemusatan didaerah Bogor yang bisa saya hubungi, sekali lagi terima kasih atas infonya  [top].....

Salam Pemusatan,

PITEDA PEMUSATAN KALIMASADA menerima murid dari semua agama dan golongan. Namun perlu di ketahui, bahwa setiap langkah dalam jurus diwajibkan berdzikir dalam hati. Juga dalam acara sinkronisasi getaran para peserta diwajibkan menyebut nama Allah, Istighfar, dan Alhamdulillah (bersyukur).  Jadi semua berpulang kepada yang calon murid, mau tidak mengikuti standard keilmuan PEMUSATAN.

Untuk informasi latihan di tempat terdekat tempat tinggal anda, silakan kontak Ketua DPP Bpk Hary (081 6420 2606 , 081 910526 969)

Terimakasih :)

 

Powered by EzPortal