+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Penyaluran Tenaga Dalam  (Read 4035 times)

saparsmansa

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 111
  • Sahabat Silat
Penyaluran Tenaga Dalam
« on: 25/04/2012 10:24 »
Berbicara mengenai tenaga dalam, selalu dikait2kan dengan teknik pemecahan/pematahan benda keras, pukulan jarak jauh dan sebagainya.
Dalam teknik pemecahan/pematahan benda keras dikenal yang namanya konsentrasi, penyaluran tenaga/energi, kecepatan, ketepatan dan pengejangan otot.  Namun hingga kini saya masih bertanya2.. sepanjang pengalaman saya mendalami beladiri tenaga dalam dan memperhatikan keilmuan ini, saya belum pernah menyaksikan/melihat secara langsung atau membuktikan sendiri bahwa untuk memecahkan/mematahkan benda keras (kikir, bata press, batu kali, balok es, per mobil dsb) atau uji ketahanan dipukul menggunakan bagian2 tubuh seperti mata, rambut, hidung, telinga, kelingking atau bahkan burung sekalian.     Barangkali ada ahlinya yang bisa menjelaskan...

faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: Penyaluran Tenaga Dalam
« Reply #1 on: 26/06/2012 00:17 »
Belum melihat belum tentu suatu info tersebut tidak benar.
Dikalangan pesilat hal itu disebut 'belum jodoh'.
TD juga macem2.
Ada yg utk melipatgandakan kekuatan, mementalkan musuh yg emosi, pengobatan,dll.
Tiap tujuan maka biasanya beda teknik.
Mungkin yg ente maksud adalah TD yg bisa mementalkan tanpa emosi atau jatohin burung yg terbang atau benda mati dari jauh.
Setau ane,ada ilmunya.di yutub jg ada.
Salah satunya yg doeloe pernah ane pelajarin tapi gak tamat dgn melakukan kondensasi chi di tulang sumsum sehingga menimbulkan getaran.
Nah,getaran ini akan menimbulkan frekuensi tak kasat mata yg bisa menjatuhkan burung yg terbang.
Tapii..ngelatihnya itu loh..lamaaa..

muramasa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 35
  • Reputation: 107
  • Sahabat Silat
    • Email
Re: Penyaluran Tenaga Dalam
« Reply #2 on: 26/06/2012 09:59 »
Berbicara mengenai tenaga dalam, selalu dikait2kan dengan teknik pemecahan/pematahan benda keras, pukulan jarak jauh dan sebagainya.
Dalam teknik pemecahan/pematahan benda keras dikenal yang namanya konsentrasi, penyaluran tenaga/energi, kecepatan, ketepatan dan pengejangan otot.  Namun hingga kini saya masih bertanya2.. sepanjang pengalaman saya mendalami beladiri tenaga dalam dan memperhatikan keilmuan ini, saya belum pernah menyaksikan/melihat secara langsung atau membuktikan sendiri bahwa untuk memecahkan/mematahkan benda keras (kikir, bata press, batu kali, balok es, per mobil dsb) atau uji ketahanan dipukul menggunakan bagian2 tubuh seperti mata, rambut, hidung, telinga, kelingking atau bahkan burung sekalian.     Barangkali ada ahlinya yang bisa menjelaskan...

untuk organ yg saya tebalkan hurufnya ada kok perguruan chikung di jkt yg secara khusus melatihnya dgn pemberian beban sekian kilo yg terus bertambah beratnya seiring peningkatan kemampuan,kebetulan saya kenal dgn salah satu anggota nya


faiz

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 5
  • Posts: 93
  • Reputation: 6
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: PABUCI
Re: Penyaluran Tenaga Dalam
« Reply #3 on: 26/06/2012 11:38 »
Aduh ane salah paham.kirain jatohin burung pake TD.HAHAHA..
Kalo ngelatih 'burung' stau ane jg ada..didaerah tibet nepal.gak tau tujuannya apaan..aneh2 aja deh.hehe

 

Powered by EzPortal