+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Rahasia Tenaga Dalam  (Read 24802 times)

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Rahasia Tenaga Dalam
« on: 03/02/2010 18:12 »
Apakah pengaktifan otak tengah sama dengan TD?

http://www.gmc-geniusmind.com/

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #1 on: 03/02/2010 19:50 »
... yang jelas bagian dari pengembangan potensi manusia yang sebelumnya tidak tersentuh...
kalau pengkategorian, agak susah, lah definisi tenaga dalam aja masih belum seragam.

Nice info... tapi cuma bisa buat anak-anak aja yaa?
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

sam_unyil

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 13
  • Reputation: 0
  • Mencari Ilmu Selamet
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #2 on: 27/02/2010 10:32 »
Bro irwansyah, otak tengah itu seperti apa ya? yang saya tahu baru otak kanan sama otak kiri. mohon penjelasannya.
Ilmu Selamet.... Sampai ke ujung dunia kan kukejar...

bluebex

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 123
  • Reputation: 9
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: TD
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #3 on: 17/05/2010 12:39 »
otak tengah mungkin kumpulan dr pituitari (transmitter, receiver, pengendali hormon), amigdala (pengendalian emosi), hipotalamus (pabrik hormon) dll...

tapi klo yg di tunjuk di alamat web ... lebih ke pituitari ... six sense/mata ketiga / dll ...

klo pengaktifan TD ... aku kira salah satu faktornya yg bisa membangkitkan ... krn konsentrasi masuknya di pituitari ....

sidik

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 19
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #4 on: 17/08/2010 16:00 »
NHA KAN AHLINYA BISA NGEJELASIN YA NGGAK BOSS BLUEBEXX

bluebex

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 123
  • Reputation: 9
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: TD
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #5 on: 18/08/2010 15:50 »
wah ... itu seh di mbh gogle juga banyak yg ngejelasinnya ... tinggal copy paste ...hehehe ... [[peace2]]

sidik

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 19
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #6 on: 18/08/2010 20:41 »
ah bang bluebex mrendah..............

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #7 on: 20/08/2010 05:04 »
ini nanya apa nguji y???heheh
baru belajar nulis

bluebex

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 123
  • Reputation: 9
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: TD
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #8 on: 20/08/2010 14:47 »
nyentillll ... sebenarnya saia ini O'ON pisan ...  :w

tapi kita hrs berfikiran positif  .... hehehe ... begitu juga pas lg latihan ...  x-))

sidik

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 19
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #9 on: 21/08/2010 14:17 »
 [[peace2]] [[peace2]] [[peace2]] [[peace2]] [[peace2]]

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #10 on: 28/09/2010 11:14 »
terlepas dari banyaknya kontroversi pada GMC, saya pribadi ambil netral saja dan melihat dari sisi positif. Meskipun saya lihat kaitan antara kecerdasan otak dengan kemampuan tutup mata tidaklah relevan.

Kecerdasan lebih kepada aspek pemahaman, bukan pada kemampuan tutup mata yang muncul. Sebab banyak para jenius diluar sana yang tidak bisa tutup mata tetapi ia mampu menghasilkan ilmu pengetahuan yang berguna bagi orang banyak.

menurut hemat saya (masih bisa dikoreksi oleh para sesepuh sekalian), TD hanya dapat dinyatakan dengan terbukanya simpul-simpul tenaga yang dapat menghasilkan pencapaian 'energi' lebih besar pada tubuh manusia secara sengaja. Secara sempit, 'tenaga' ini umumnya digunakan oleh para praktisi beladiri dan hampir selalu berkaitan dengan beladiri. Tetapi secara luas bisa jadi tidak demikian. Itulah sebabnya saya gunakan kata 'energi' dalam tanda petik.

Sebagai contoh, seseorang yang berlatih catur, ia setiap saat melatih kemampuan berpikir otaknya yang kemudian berada diatas rata-rata. Ia tidak mampu melakukan demonstrasi pematahan benda keras, atau menjatuhkan orang yang lebih besar dengan pukulan ringan, dsb. Ia tidak mampu menunjukkan sesuatu yang tampak dari sudut pandang beladiri. Tetapi ia memiliki 'energi pikiran' yang lebih dibandingkan orang lain dimana efeknya bukan pada kemampuan beladiri meningkat tetapi pada kemampuan pikirannya yang meningkat (otaknya). Kemampuan 'pemecahan' masalahnya diatas rata dibanding yang lain. Dan ini juga melibatkan penggunaan energi pada tubuhnya.

Jika pemahaman TD secara universal adalah untuk meningkatkan kemampuan tubuh, maka efeknya dapat dikategorikan sebagai salah satu bagian dari pencapaian TD.


salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Hizb Qalbo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: masih pikir-pikir
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #11 on: 25/10/2010 09:51 »
salam semuanya.... :w

topik menarik.Saya sedang dibujuk2 temen
agar cari orangtua yg anaknya mo diaktivasi :o

pas tak konsul ama mbah google..  ::)

kok saya jadi merasa bodoh?? :'(


sebenarnya gimana sih sebenarnya aktivasi otak tengah itu?
masalahnya saya bingung,kok isinya kanuragan???
bukan misalnya,pasca platian anak bisa matematik secepat kereta argobromo x-))

pusing saya,takut salah... :'(

suwun teman2... ;D
mendengar belum tentu benar.Melihat belum tentu tepat. Menyaksikan, itulah jalan terdekat pada kebenaran yang Agung

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #12 on: 25/10/2010 10:25 »
mas Hizb Qalbo, sampeyan sudah dalam tahap 'teliti sebelum membeli'. Menurut saya itu baik sekali dan menunjukkan kalau nalar mas masih jernih dan masih mau usaha untuk mencari tahu kebenaran.

Satu hal yang ingin saya katakan adalah, bahwa kecerdasan seseorang tidak terkait pada kemampuan 'tutup mata' atau blindflod. Tidak sama sekali.

Kecerdasan macam apa yang mas inginkan pada anak mas? Karena ada paling tidaknya 7 sampai 9 kecerdasan yang melekat pada manusia.

Sudah cukup banyak bukti bahwa mereka yang meraih prestasi sekolah bagus, belum tentu kaya dan sukses. Begitu juga sebaliknya, yang prestasi sekolahnya buruk belum tentu bermasa depannya seperti nilai rapornya.

Ada baiknya kita lihat pendapat dari Thomas Amstrong. Thomas Armstrong, salah satu pakar Multiple Intelligences, menyatakan ada dua cara sederhana yang dapat kita gunakan untuk mengenali jenis-jenis kecerdasan anak-anak. Pendapat Thomas Armstrong itu ditujukan buat para guru, tapi dapat juga kita aplikasikan di luar kelas. Salah satu cara yang baik untuk mengenali kecerdasan yang paling berkembang dari anak-anak adalah dengan mengamati "kenakalan" mereka di kelas. Kenakalan siswa adalah semacam "seruan pemberontakan" terhadap gaya belajar tertentu yang dipaksakan. Karena anak-anak itu menganggap gaya belajar yang diterapkan kepadanya tidak sesuai dengan gaya belajar alamiah mereka, mereka berteriak minta tolong. Dan cara anak-anak mengekspresikan permintaan tolong itu adalah dengan melakukan hal-hal yang dianggap orang dewasa sebagai kenakalan. Kalau diamati, ternyata kenakalan anak-anak itu berbeda-beda ekspresinya. Anak yang memiliki kecerdasan linguistik biasanya sering membuat celetukan dan canda kata-kata. Anak yang memiliki kecerdasan spasial akan mencoret-coret. Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal akan mengobrol dengan teman-temannya. Sedangkan anak yang memiliki kecerdasan kinestetis-jasmani tidak bisa duduk diam dan terus bermain kejar-kejaran bersama temannya. Indikator pengamatan lain yang sederhana dan dapat digunakan adalah mengamati cara anak-anak menggunakan waktu luang mereka. Pada saat jadwal anak tidak diatur secara eksternal oleh orang lain, anak-anak dapat tampil alamiah dan apa adanya. Mereka bebas memilih kegiatan apa saja yang disukainya. Oleh karena itu, aktivitas mereka menunjukkan bagaimana cara mereka belajar (learning style) dan jenis-jenis kecerdasan yang menonjol pada diri mereka. Tentu saja pengamatan ini sangat sederhana. Tapi yang sederhana ini dapat kita terapkan di rumah pada anak-anak di rumah. Walaupun kita bukan ahli psikologi, at least, kita dapat belajar semakin mengenal anak-anak kita. Dengan demikian, kita dapat lebih efektif saat memfasilitasi tumbuh-kembang anak-anak kita.

Selain Thomas Amstrong, ada pula ilmuwan Howard Gardner yang pada tahun 1983 menerbitkan buku yang menarik yang berjudul Frames of Mind. Didalamnya, ia menjelaskan bahwa IQ seseorang dapat berubah setiap saat. Jadi, IQ bukan sesuatu yang statis. Yang lebih menarik, Howard Gardner juga berpendapat bahwa sesungguhnya ada 7 jenis kecerdasan manusia yang sama pentingnya, yaitu:

1. Kecerdasan verbal-linguistik
Yaitu berkaitan dengan kepan daian membaca, menulis, bahasa, dan berbicra. Jenis kecerdasan ini dibuthkan dalam nyaris semua bidang dalam pendidikan formal.
2. Kecerdasan numerik
Merupakan kecerrdasan dalam menagkap serta mengolah data dan angka. Orang-orang dengan kecerdasan numeric, mampu membaca angka-angka sama jelasnya dengan membaca huruf. Mereka pun mampu berpikir logis dengan angka-angka. Jenis kecerdasan numerik ini sangat diperlukan sebagai pilar kecerdasan financial. Selain itu, juga diperlukan kecerdasan berpikir logis. Dalam ilmu menjadi kaya, ketajaman mencerna logika sebab-akibat sangatlah penting. Orang-orang terkaya didunia adalah orang-orang paling imajinatif, karna mereka mampu membayangkan sesuatu yang tidak terbayangkan oleh jutaan orang lainnya.
3. Kecerdasan uang
Jenis kecerdasan ini menyangkut kemampuan untuk menangkap bentuk, pola, ruang, dan desain. Kecerdasan visual termasuk didalamnya. Orang-orang yang memiliki kelebihan dibidang ini, biasanya memiliki kepekaan untuk menangkap desain, bentuk, dan warna. Mereka juga mempunyai instink mengenai apa yang akan menjadi tren dimasa depan.
4. Kecerdasan musical
Yaitu kederdasan yang menyangkut suara, nada, ritme, atau suara. Mereka yang dikaruniai talenta dibidang ini, biasanya sangat peka terhadap nada suara yang indah. Mereka cepat menangkap keindahan dibalik nada dan suara. Yang lebih penting bagi karir mereka nanti, mereka juga bisa tahu secara public. Biasanya, mereka akan meraih sukses besar kalau berkecimpung dibidang music atau seni suara.
5. Kecerdasan fisik
Yaitu kepandaian untuk mengolah tubuh dengan baik, reflek tubuh, dan kelenturan. Proposi antara talenta yang terberi dan latihan keras adalah sama besar. Biasanya mereka berprestasi kalau berkarir dibidang olahraga atau aktivitas yang mengandalkan fisik.
6. Kecerdasan interpersonal
Yaitu menyangkut kemampuan atau cara seseorang bergaul dengan orang lain, atau disebut juga dengan kecerdasan mengenai orang. Mereka sangat memahami orang lain, atau disebut juga kecerdasan mengenai orang. Mereka sangat memahami orang lain: interes-nya
7. Kecerdasan intrapersonal
Menyangkut kepandaian mengelola diri sendiri, atau disebut juga kecerdasan emosional. Mereka sangat pandai mengendalikan diri sendiri, karena mereka sangat mengenali diri mereka sendiri. Mereka yang memiliki kecerdasan intrapersonal, biasanya memiliki perkembangan karir yang melesat cepat, sebab cepat tanggap dan menyesuaikan diri terhadap perkembangaan yang ada.

Apa yang diungkapkan beliau dalam bukunya merupakan jawaban tentang pertanyaan kenapa orang-orang yang gagal dalam sistem pendidikan formal, ternyata justru sangat berhasil didalam karir dan keuangan.

Meski demikian, satu hal yang belum disebutkan dari semua ilmuwan tersebut adalah kecerdasan spiritual, yang merupakan pencapaian tertinggi semua dari semua kecerdasan.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #13 on: 25/10/2010 10:27 »
btw, thread ini sebenernya gak cocok antara judul dan pembahasannya. :)

judulnya 'rahasia tenaga dalam' tapi arah pembahasannya ke GMC.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #14 on: 25/10/2010 13:51 »
Sebagaimana membahas tata gerak yang tiada habisnya, membahas masalah "inner energy" pun demikian juga.

Mulai dari bermacam cara membangkitkannya, jalur2nya, penghimpunan, penyimpanan, penyaluran, sampai ke pendayagunaan, yang menyangkut beladiri maupun menyangkut manfaat lain yang lebih luas.
Berkembang juga penelitian2 yang memakai pendekatan teori, metoda dan teknologi terkini.

Jadi, masih on the track lah.

Sumangga dilanjut.

Salam.

 

Powered by EzPortal