+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Rahasia Tenaga Dalam  (Read 24803 times)

Hizb Qalbo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: masih pikir-pikir
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #15 on: 25/10/2010 14:42 »
btw, thread ini sebenernya gak cocok antara judul dan pembahasannya. :)

judulnya 'rahasia tenaga dalam' tapi arah pembahasannya ke GMC.


 [lucu]....  [[peace2]]

saya juga bengong, eh bingung.Kok g sesuai se?? [lucu] :w

makasih share kecerdasannya.Luar biasa itu isinya...tambahan bagiku [top]

btw.. :o
saya masi bingung :'(

apa itu? gmc? ???

apa di sana ada teknik sprt TD atau apalah,kok bisa begitu ::)

biar saya tak salah bicara dan asal ngasi petunjuk,biar selamat dunia akherat [[run2]]
mendengar belum tentu benar.Melihat belum tentu tepat. Menyaksikan, itulah jalan terdekat pada kebenaran yang Agung

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #16 on: 25/10/2010 14:54 »
Sebagaimana membahas tata gerak yang tiada habisnya, membahas masalah "inner energy" pun demikian juga.

Mulai dari bermacam cara membangkitkannya, jalur2nya, penghimpunan, penyimpanan, penyaluran, sampai ke pendayagunaan, yang menyangkut beladiri maupun menyangkut manfaat lain yang lebih luas.
Berkembang juga penelitian2 yang memakai pendekatan teori, metoda dan teknologi terkini.

Jadi, masih on the track lah.

Sumangga dilanjut.

Salam.

Kalau merujuk pada judulnya "rahasia tenaga dalam", buat saya pribadi pertanyaan dari 'apakah rahasia tenaga dalam?' jawabannya adalah ... tidak ada rahasia dalam tenaga dalam. Yang lebih tepatnya adalah misteri tenaga dalam.

Rahasia: "sesuatu yang tersembunyi"

Misteri: "kenyataan yg begitu luhur sehingga secara mendasar melampaui daya tangkap manusia; apa pun yg semakin dapat dimengerti atau dihayati, tetapi tidak pernah ditangkap seluruhnya"

TD bisa dipelajari secara umum dan massal, jadi ia bukan rahasia lagi. Tapi ia adalah misteri, sesuatu yang belum terpercahkan benang merahnya.

Sebagai contoh, bagaimana orang menjelaskan mengenai 'KEMANA PIKIRAN MENGARAH, KESANA TENAGA MENGALIR". Setelah kemudian saya renungi (versi saya pribadi), ternyata hal tersebut dapat dijelaskan dengan teori panas (konduksi, konveksi, dan radiasi).

Dari perbincangan pada thread Thi Khi I Beng, mas dsbasuki pernah mengatakan bahwa konsep bioelektrik lebih mudah menjelaskan mengenai Chi. Meskipun bisa jadi benar, tetapi menurut pemahaman saya belum sepenuhnya tepat.

Saya mulai dari teori dasar kebangkitan tenaga dalam.

Teori yang paling mendasari bangkitnya tenaga dalam seseorang adalah, munculnya rasa hangat pada daerah disekitar pusar (tafsiran pada besar kecilnya area dan letak bisa berbeda bergantung sudut pandang beladiri yang dianut). Kemudian apabila dilatih secara tekun dan disiplin akan berubah menjadi panas hingga membara tetapi nyaman bagi dirinya. Jadi, berangkat dari teori dasar inilah saya akan mulai sedikit menjelaskan berdasarkan sifat dari heat/panas.

Sekarang mari kita lihat penjelasan dari ketiga cara tersebut.

Teori Konduksi : Merupakan perpindahan kalor yang tejadi dimana energi kalornya berpindah sedangkan zat perantaranya tidak bergerak.

sebagai contoh :

Andi | Budi | Bagas | Rahmat |

Andi ingin memberikan buku kepada Rahmat, tetapi dia tidak boleh berdiri dari tempat duduk, sehingga Andi harus mengoper2 bukunya melalui Budi, lalu Budi mengopernya ke Bagas, baru kemudian Bagas memberikannya kepada Rahmat.

Coba perhatikan, buku tetap sampai ke Rahmat tanpa si Andi perlu untuk beranjak dari tempat duduknya. Hal ini yang dimaksud dengan perpindahan kalor secara Konduksi. Kalor berpindah tanpa zat penghantarnya bergerak.

Perpindahan kalor dengan cara konduksi biasa terjadi pada jenis zat penghantar yang berbentuk padat, seperti besi. Coba saja panaskan sebuah batang besi lalu kita memegang ujung yang lain, pasti lama kelamaan ujung besi yang kita pegang juga ikutan terasa panas, hal ini dikarenakan panas merambat pada besi tersebut, sehingga kemudian seluruh batang besi tersebut menjadi panas.

***

Ajaibnya, tubuh kita juga ternyata mengandung BESI.


(credit to: Wikipedia)

Yup! Berdasarkan artikel "human iron metabolism" (http://en.wikipedia.org/wiki/Human_iron_metabolism) di dalam dunia kedokteran, dikatakan bahwa "Iron is such an essential element of human life". Itulah sebabnya sensasi awal di dalam bangkitnya tenaga dalam adalah munculnya efek panas, dan bukan efek yang lainnya (listrik, dingin, stroom, dsb). Berangkat dari efek pertama inilah saya mulai mencari tahu.

Elemen 'iron' atau rumus kimianya Fe (ferro) adalah elemen esensial dari kehidupan manusia. Dijelaskan juga di dalam artikel tersebut, bahwa pada orang-orang normal yang sehat, kandungan zat besi mencapai 3-4 gram pada tubuhnya, dimana 2,5 gramnya berada pada hemoglobin (Hb) sel darah merah. Entah kalau pada praktisi yang mahir tenaga dalam, jumlah ini masih tetap sama atau malah lebih banyak. Belum pernah diukur.

***

Teori Konveksi : Merupakan perpindahan kalor yang tejadi dimana energi kalornya berpindah dan zat perantaranya juga bergerak.

sebagai contoh :

Andi | Budi | Bagas | Rahmat |

ok, kita masih meminta bantuan keempat murid diatas untuk membantu memahami hal ini. Misal begini, kasusnya tetap sama, Andi ingin memberikan bukunya kepada Rahmat, tetapi sekarang dia diperbolehkan untuk berdiri dari tempat duduknya. Maka kali ini untuk memberikan bukunya kepada Rahmat, Andi hanya tinggal beranjak dari tempat duduknya, kemudian berjalan menghampiri Rahmat lalu memberikan bukunya kepada Rahmat.

Kali ini berbeda dengan cara pertama, Andi sebagai pemegang buku ikut berjalan (bergerak) untuk memberikan bukunya kepada orang yang dituju, berbeda dengan pepindahan dengan cara konduksi dimana Bukunya berpindah tetapi Andi-nya sebagai pemilik buku tetap diam di tempat duduk.

Perpindahan kalor dengan cara konveksi biasanya terjadi pada zat perantara yang berbentuk cair dan gas, dikarenakan kedua zat tersebut dapat bergerak bebas tidak seperti benda padat yang bentuknya tetap. Contohnya adalah ketika kita memanaskan air di dalam panci, maka api akan memanaskan air yang dibagian bawah panci lalu air pada bagian bawah yang panas tersebut akan memiliki massa yang lebih ringan dibanding air yang ada di permukaaan atas dikarenakan air di permukaan atas lebih dingin dibanding yang ada di bagian bawah panci, sehingga air yang panas berpindah ke atas dan air yang dingin bepindah ke bawah, hal ini akan terjadi secara terus menerus sehingga seluruh air dalam panci akan menjadi panas semua.

***

Ajaibnya, tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air! Benar-benar suatu kebetulan yang direncanakan! Maha Besar Allah yang telah menciptakan semua ini tidak sia-sia. Dengan demikian, secara umum tubuh manusia sendiri berfungsi sebagai penghantar teori konveksi alamiah. Sudah tersusun dari zat cair, kemudian memiliki elemen besi di dalamnya, klop dah sebagai media penghantar panas sempurna.

Profesor Masaru Emoto (http://en.wikipedia.org/wiki/Masaru_Emoto), seorang peneliti dari Hado Institute di Tokyo, Jepang pada tahun 2003 melalui penelitiannya mengungkapkan suatu keanehan pada sifat air. Melalui pengamatannya terhadap lebih dari dua ribu contoh foto kristal air yang dikumpulkannya dari berbagai penjuru dunia, Emoto menemukan bahwa partikel molekul air ternyata bisa berubah-ubah tergantung perasaan manusia disekelilingnya, yang secara tidak langsung mengisyaratkan pengaruh perasaan terhadap klasterisasi molekul air yang terbentuk oleh adanya ikatan hidrogen,

Emoto juga menemukan bahwa partikel kristal air terlihat menjadi "indah" dan "mengagumkan" apabila mendapat reaksi positif disekitarnya, misalnya dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Namun partikel kristal air terlihat menjadi "buruk" dan "tidak sedap dipandang mata" apabila mendapat efek negatif disekitarnya, seperti kesedihan dan bencana. Lebih dari dua ribu buah foto kristal air terdapat didalam buku Message from Water (Pesan dari Air) yang dikarangnya sebagai pembuktian kesimpulan nya sehingga hal ini berpeluang menjadi suatu terobosan dalam meyakini keajaiban alam. Emoto menyimpulkan bahwa partikel air dapat dipengaruhi oleh suara musik, doa-doa dan kata-kata yang ditulis dan dicelupkan ke dalam air tersebut.

Terlepas dari munculnya perdebatan terhadap penelitiannya, kita jadi sedikit banyak bisa melihat benang merahnya kenapa ketika berobat pada seorang kyai yang kita yakini memiliki karomah, cukup menggunakan segelas air yang didoakan. Bisa jadi, struktur molekul dari air tersebut berubah menjadi lebih 'baik' dan mempunyai sifat 'mengobati'.

***

Teori Radiasi : Merupakan perpindahan kalor yang tejadi dimana energi kalornya berpindah dari satu tempat ke tampat lain tanpa dibutuhkan zat perantara.

ini bagian yang paling seru untuk dijelaskan.

sebagai contoh :

Andi | Budi | Bagas | Rahmat |

misinya tetap sama yaitu Andi ingin memberikan bukunya kepada Rahmat, TETAPI, peraturannya ada dua :

1. Andi tidak boleh beranjak dari tempat duduknya
2. Andi tidak boleh mengoper2 bukunya kepada teman2nya.

Lalu kira2 bagaimana cara si Andi untuk memberikan bukunya kepada Rahmat ??
Gampang saja !! DILEMPAR !!

memang cara yang kurang sopan sih, tapi ini adalah suatu cara yang dapat mencontohkan suatu peristiwa radiasi terjadi. Lihat !! Ajaib bukan ?? Buku dapat sampai ke tangan Rahmat tanpa perlu berdiri dan dioper2 ke orang lain. Sehingga buku tetap sampai ke orang yang dituju tanpa melalui perantara.

Peristiwa radiasi terjadi pada proses perambatan panas matahari ke bumi. Di luar angkasa kan tidak terdapat zat perantara untuk menghantarkan panas, sehingga satu-satunya cara untuk menghantarkan panas agar sampai ke bumi yaitu dengan cara Radiasi.

***

Ini juga menarik. Antara pikiran (cipta) dan tubuh, tidak terdapat medium/zat perantara antara keduanya (setidaknya belum ditemukan jenisnya). Sehingga ketika pikiran mengarah, maka terjadi transmisi radiasi pada apa yang dipikirkan. Jadi, ketika pada pembahasan thread Thi Khi I Beng saya katakan 'pada awalnya pikiran dan tubuh menyatu' adalah (bisa jadi) mendekati benar. Karena memang sejak awal penciptaan (bisa jadi) Tuhan memang menyatukan semuanya. Lalu karena berbagai sebab, ia dipisahkan. Dengan tidak adanya zat perantara antara pikiran dan tubuh, maka teori radiasi yang paling mungkin untuk bekerja.

***

But again, ini cuman olahpikir dari orang yang sedang senang merenungi alam (bukan kang Alam yaa....)  :w
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #17 on: 25/10/2010 15:17 »
Sejujurnya saya cukup sulit menemukan benang merah antara teori bioelektrik dengan prinsip "kemana pikiran mengarah, kesitu tenaga mengalir". Hal ini dikarenakan dari sifat listrik yang tidak sefleksibel dibanding sifat panas. Listrik dapat menjelaskan teori konduksi dan konveksi, tapi listrik tidak bisa menjelaskan teori radiasi.

Adapun mengapa pada mereka yang tenaga dalamnya sudah terbangkitkan tubuhnya dapat 'mengalirkan' listrik. Jawabnya simple, karena dimana ada panas, disitu bisa dihasilkan listrik. Itu teori fisika dasar. Jadi, ketika panas sudah terbentuk, perubahan menjadi listrik hanya masalah waktu dan pemahaman terhadap bagaimana perubahan sifat.

Pada beberapa pembahasan pada thread Merpati Putih, saya pernah mengatakan kalau science memang masih belum bisa seutuhnya menemukan bridge dengan beladiri. Tetapi dengan mengamati perubahan sifat, dengan melihat pada hasil akhir, atau proses, atau melihat dari sebab musababnya, maka pasti bisa ditemukan. Cepat atau lambat.

Selama tenaga dalam berada pada wilayah imateri (non materi), maka science tidak akan bisa menjelaskan. Tetapi kalau ia sudah berada dalam wilayah materi, maka science sedikit banyak sudah punya disiplin ilmu untuk mengurainya. Hanya perlu perenungan dalam mencari hubungan sebab-akibat. Pada akhirnya, akan terjadi sintesa pengetahuan yang diharapkan dapat memupus penilaian klenik pada teori tenaga dalam.

Satu-satunya teori science yang diyakini oleh ilmuwan yang 'cukup nyeleneh' adalah ya teori radiasi tadi. Satu-satunya pula yang diamini bahwa materi, bisa melewati imateri, yang kemudian menjadi materi kembali.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #18 on: 25/10/2010 15:48 »
@ mas mpcrb

Di kelistrikan, ada emisi, radiasi elektron, laser, pancaran elektromagnetik dst.

Salam.

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #19 on: 25/10/2010 16:23 »
Benar mas. Itu memang ada.

Saya tidak memaksakan pemahaman saya mengenai teori panas ini dan menjauhkan teori listrik. Tidak sama sekali. Mungkin ada orang lain yang bisa menemukan kaitan benang merahnya dengan teori 'kemana pikiran mengarah, kesitu tenaga mengalir' dengan teori bioelektrik secara lebih detail. Sejauh ini, teori panas (buat saya pribadi) lebih bisa diterima karena berangkat dari kejadian awal bangkitnya tenaga dalam pada tubuh manusia.

Tapi, sebagai bentuk dari olahpikir yang *iseng* mencari tahu, menunggu jawaban dari rekan-rekan lain dari sudut pandang yang berbeda sehingga benang merahnya bisa ketemu.

Ada beberapa kemungkinan, yang menunggu tambahan pengetahuan dari proses mersudi, yang bisa dijelaskan untuk teori listrik. Karena menariknya, kalau bicara radiasi, antara listrik dan panas ini hubungannya sangat dekat. Pada artikel ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Radiation, dikatakan kalau radiasi terbagi menjadi dua jenis (yakni ionisasi dan non-inonisasi). Yang ionisasi terdiri dari Alpha, Beta, Gamma, X-Ray, dan Neutron. Sedangkan yang non-ionisasi terdiri dari: radiasi neutron, radiasi elektromagnetik, visible light, infrared, microwaves, radiowave, very low frequency (VLF), Extremely Low Frequency (ELF), Thermal radiation (heat), dan Black-body radiation.

Jadi memang teori panas, masih relevan. :) Meski belum sepenuhnya benar.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #20 on: 25/10/2010 16:54 »
Meskipun listrik (dalam bentuknya yang gelombang) dapat melewati ruang angkasa (ruang hampa), karena ia adalah salah satu bentuk dari gelombang transversal, seperti halnya cahaya tampak, tetapi tetap belum bisa menjelaskan mengapa sensasi awal yang terjadi ketika berlatih tenaga dalam adalah munculnya hawa panas, dan bukan perasaan seperti kesetrum.

Ditambah lagi, struktur elemen tubuh yang memang memiliki sifat penghantar panas alamiah (dimana ia juga sekaligus penghantar listrik). Dekatnya hubungan antara panas-listrik, sebenarnya bisa menjadi dasar pengetahuan yang mana yang melandasi lebih dulu (seperti halnya dibangkitkan atau dihimpun). Yang mana proses yang mendahului lebih dahulu.

But again, ini hanyalah suatu pengetahuan saja, suatu hipotesis, yang kebenarannya masih nisbi.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #21 on: 25/10/2010 17:06 »
Plus ditambah lagi, 'teknologi' pertama yang didapat oleh umat manusia adalah 'teknologi' yang berkaitan dengan panas. Bagaimana para generasi awal kita 'membuat api'. Dari situlah kemudian pengembangan selanjutnya dimulai sehingga muncul teori listrik, teori atom, teori nuklir, dsb.

Dari teori panas-lah awal mulanya pengetahuan manusia berkembang. Karena itu sesuatu yang amat sangat natural. Yang bahkan proses kebangkitan tenaga dalam juga diawali dari munculnya hawa panas, bukan hawa lain. Kalaupun ingin melatih hawa dingin, tentu dimulai dari melatih hawa panas. Apabila dalam perjalanannya kemudian menjadi bioelektrik, itulah perkembangannya.

demikian yang saya pahami.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #22 on: 26/10/2010 10:44 »
Dari apa yang diteliti oleh Prof. Masaru Emoto (terlepas kontroversialnya penelitian beliau), sedikit banyak kita jadi paham mengapa harus ada totalitas pasrah pada setiap meditasi atau pencapaian keheningan. Pada kondisi totalitas ini, dipastikan akan terjadi perubahan struktur molekul air hingga bersifat unik.

Pemahaman ini juga ada pada teori yoga dari India, dimana sebelum berlatih meditasi kita harus 'tersenyum' pada jantung, pada hati, pada ginjal, pada organ tubuh yang ada di dalam. Tujuannya agar tercapai kondisi relaksasi dan kepasrahan total.

Pada bentuknya yang demikian, struktur molekul air bisa jadi akan berubah sedemikian rupa sehingga berfungsi entah sebagai katalis atau akselerator untuk masuk keluarnya energi.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #23 on: 28/10/2010 17:31 »
btw, thread ini sebenernya gak cocok antara judul dan pembahasannya. :)

judulnya 'rahasia tenaga dalam' tapi arah pembahasannya ke GMC.

Jangan terlalu terburu-buru mengatakan antara judul dan pembahasannya tidak cocok sebelum mendefinisikan apa itu TD.

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #24 on: 28/10/2010 22:22 »
Assalamu 'alaikum,

Hehehe... mas Mpcrb memang luar biasa proses olah pikirnya dalam mengungkap misteri tenaga dalam. Sarapannya apa sih mas?

Namun clue yang diberikan mas Suprapto bisa dijadikan koridor untuk pemahaman lebih lanjut.

Oh iya satu clue lagi mungkin bisa membantu, suheng saya kebetulan seorang dokter spesialis generator listrik jantung di RS Harapan Kita.

Wassalam,
TP

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #25 on: 29/10/2010 09:26 »
Jangan terlalu terburu-buru mengatakan antara judul dan pembahasannya tidak cocok sebelum mendefinisikan apa itu TD.

Trus definisinya apa donk kang Irwansyah? Kalau versi saya sih, tidak ada rahasia tenaga dalam, yang ada itu ya misteri tenaga dalam. Karena sekarang tenaga dalam sudah bukan rahasia lagi. Relatif bisa dipelajari dimana-mana. Tapi misterinya yang belum terpecahkan.

Sedangkan kalau definisi, bergantung konteks dengan siapa kita berbicara. Bicara dengan MP, ya definisi akan berbeda. Bicara dengan PSTD, bisa beda lagi. Bicara dengan SN, ya tentu akan lain lagi. Demikian juga yang lainnya yg tidak saya sebut satu persatu. Kalau mau dibuat universal ya memang cukup sulit merumuskan kata-kata yang pas dalam satu atau dua kalimat yang bisa mengcover makna yang bisa diterima pada seluruh beladiri. Yang paling disepakati hanyalah 'tenaga yang berasal dari dalam'. Tapi ini juga masih memiliki pertanyaan lanjutan, apakah itu "dalam" ? Dan kembali akan menjadi panjang ceritanya.

Kira-kira demikian yang saya pahami kang.

Sumangga kang Irwansyah untuk membabar menurut versinya. Mohon izin untuk menyimak kang.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #26 on: 29/10/2010 09:40 »
Mas Taufan, sarapannya apa ya? hmmm, coba saya ingat dulu. Pagi, nasi uduk. Terkadang nasi kuning, atau lontong sayur. Siang, dapat jatah dari kantor. Malam, tergantung istri masak apa. Trus tengah malam, setelah anak-anak dan istri tertidur pulas, barulah bangun untuk berlatih dan atau merenung. Di kala senggang, memanfaatkan untuk membaca. Gitu-gitu aja deh kayaknya.

Sebenarnya, saya juga memiliki teori yang berkaitan dengan bioelektrik. Tetapi yang masih menjadi ganjalan di hati saya sebenarnya pada proses awal kebangkitan tenaga dalam itu yang diawali dengan munculnya hawa panas, bukan listrik. Ini adalah rasa yang umum oleh para praktisi tenaga dalam manapun. Saya sendiri belum pernah meneliti apakah ketika hawa panas yang terbentuk itu muncul kemudian juga ikut memunculkan listrik. Bisa ya bisa tidak. Berangkat dari pemahaman inilah kemudian ingin tahu apa sih spesialnya dari "PANAS". Dan akhirnya, sebagian ya saya ulas disini. Ternyata memang sangat istimewa sifat "PANAS" itu. Sama istimewanya setelah kemudian ditemukan sifat listrik. Kalaupun ternyata setelah TD dibangkitkan kemudian menjadi teori bioelektrik setelahnya, itu juga sedang dalam proses perenungan.

Pun ketika bertanya pada kawan yang ikut silat tenaga dalam stroom. Meski namanya stroom, tapi proses kebangkitan awalnya ya panas juga, bukan langsung jadi stroom. Disinilah kemudian menjadi tergelitik untuk utak-atik. Efeknya, agak lumayan. Ketika saya memahami teori konduksi, konveksi, dan radiasi bisa diterapkan sempurna pada panas, maka ketika proses pengobatan atau pematahan, saya tinggal mengingat kembali teori itu dan kemudian sifat dari energi yang ada di tubuh mengikuti dengan sendirinya. Mencoba beberapa kali bereksperimen untuk pematahan pada teori panas ini, keberhasilan cukup bisa dipertanggungjawabkan. Mungkin karena latar belakang senang dengan science, sehingga pendekatan seperti itulah yang sekarang lebih mengena dan lebih sreg pada akal dan rasa. Buat orang lain, bisa jadi tidak demikian. Secuil pengetahuan ini, tidak ada salahnya saya utarakan.

Kira-kira demikian kang Taufan.

Btw, saya sih masih anak kemaren sore kang.. hehehe, lagi seneng 'mainan' :) Kalo tanya yang lebih sakti dari itu, yo mbuh... harus tanya pada master yang sebenarnya.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #27 on: 29/10/2010 10:40 »
Jangan terlalu terburu-buru mengatakan antara judul dan pembahasannya tidak cocok sebelum mendefinisikan apa itu TD.

Trus definisinya apa donk kang Irwansyah? Kalau versi saya sih, tidak ada rahasia tenaga dalam, yang ada itu ya misteri tenaga dalam. Karena sekarang tenaga dalam sudah bukan rahasia lagi. Relatif bisa dipelajari dimana-mana. Tapi misterinya yang belum terpecahkan.

Sedangkan kalau definisi, bergantung konteks dengan siapa kita berbicara. Bicara dengan MP, ya definisi akan berbeda. Bicara dengan PSTD, bisa beda lagi. Bicara dengan SN, ya tentu akan lain lagi. Demikian juga yang lainnya yg tidak saya sebut satu persatu. Kalau mau dibuat universal ya memang cukup sulit merumuskan kata-kata yang pas dalam satu atau dua kalimat yang bisa mengcover makna yang bisa diterima pada seluruh beladiri. Yang paling disepakati hanyalah 'tenaga yang berasal dari dalam'. Tapi ini juga masih memiliki pertanyaan lanjutan, apakah itu "dalam" ? Dan kembali akan menjadi panjang ceritanya.

Kira-kira demikian yang saya pahami kang.

Sumangga kang Irwansyah untuk membabar menurut versinya. Mohon izin untuk menyimak kang.

salam.

Nah, makanya saya bilang kalau tidak tahu definisinay ya jangan terburu-buru bilang tidak sesuai judul dan pembahasan. Lagipula, definisi rahasia menurut kbbi:

rahasia   ra.ha.sia
[n] sesuatu yg sengaja disembunyikan supaya tidak diketahui orang lain: ia mencoba mengorek -- temannya, tetapi tidak berhasil; (2) n sesuatu yg belum dapat atau sukar diketahui dan dipahami orang: -- alam; (3) n sesuatu yg tersembunyi: pintu --; (4) n cara yg setepat-tepatnya (biasanya tersembunyi atau sukar diketahui); kiat: dl buku itu diterangkan -- bermain sulap; (5) n sesuatu yg dipercayakan kpd seseorang agar tidak diceritakan kpd orang lain yg tidak berwenang mengetahuinya; (6) a secara diam (sembunyi-sembunyi); tidak secara terangterangan (tt perkumpulan): gerakan --

Silahkan lihat yang dibold...

Bagi saya pribadi, TD = Chi :)

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #28 on: 29/10/2010 10:56 »
Mas mpcrb, Saya masih bingung apa betul listrikkita sendiri itu bisa kita rasakan ( kaitan dengan rasa ) . Tapi saya iseng2 pernah ngukur dengan volt meter ( di telapak tangan ) biasanya meningkat setelah latihan.

Silahkan dilanjut mas, Sambil nyimak.

Salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: Rahasia Tenaga Dalam
« Reply #29 on: 29/10/2010 11:16 »
@kang Irwansyah, saya mah bukan jagoan tenaga dalam kang. Makanya pengen belajar terus nie. :)

Kalau yang saya tangkap dari kesimpulan kang Irwansyah, tenaga dalam = Chi.

Lha di dunia silat yang kenal Chi kira-kira siapa ya kang? Kayaknya ngga umum tuw kang. Chi itu istilah dari KungFu China. Nah, makanya konteksnya mengarah pada kungfu China menurut kang Irwansyah. Jadi, ketika saya berpendapat kalau definisi tenaga dalam bergantung konteks pada siapa kita berbicara ya benar adanya. Kalau bicara pada kungfu China, ya pasti TD = Chi. Kalau pada praktisi yoga? TD = Prana. Demikian juga pada yang lainnya, akan berbeda.

Tetapi mendefinisikan di dalam satu atau beberapa paragraf yang bisa diterima oleh beladiri lain itulah yang susah. Definisi tenaga dalam akan bergantung pada konteks ruang dan waktu serta kearifan lokal dimana ia ditemukan. Begitulah yang saya pahami kang.

Mengenai terminologi kata 'rahasia' menurut KBBI yg akang sebutkan adalah sesuatu yg belum dapat atau sukar diketahui dan dipahami orang. Kalau menurut kamus sih emang begitu kang. Tetapi kira-kira menurut kang Irwansyah sendiri, paham gak TD itu kang? Kalau jawabannya paham, apa ia tetap jadi rahasia buat kang Irwansyah? Tentu tidak toh? Ia sudah jadi misteri. But again, kita tinggalkan debat antara beda 'rahasia' dan 'misteri'. Toh sama-sama belum bisa dipecahkan. :)

Meski demikian, belum dijabarkan juga apa arti Chi menurut versi kang Irwansyah.

Sumangga kang, saya yang dangkal ini mohon izin menyimak.

salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

 

Powered by EzPortal