+-

Video Silat


Silat Golok Seliwa
Porwil Jakarta Barat 2009
Copy tayang Pendekar eps 28, GOLOK SELIWA #1
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Gerak Ci
Demo Silat Beksi di Martial Arts Journey performan
Pencak Perpi Harimurti
Pencak Silat Panglipur Performance in Paris Bercy
beksi hasbulloh - Performance silat di acara ultah
Beksi Tradisional H. Hasbullah di FIB UI

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

aliran silat seIndonesia by si wiwid
25/11/2014 22:13

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

[BUKUTAMU] by si wiwid
25/11/2014 21:36

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: ROGO JATI  (Read 23018 times)

takomuda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 50
  • Reputation: 5
  • TRI CITA UTAMA
    • Email
ROGO JATI
« on: 29/06/2007 17:57 »
ada yang pernah kenal perguruan ini....???
Sebutan pemberani bukan untuk orang yang memenangkan satu perkelahian namun untuk orang yang mampu menghindar dari suatu  perkelahian bukan karena ketakutan namun percaya dan yakin bahwa perkelahian bukanlah jalan yang terbaik.

baruklinting

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 70
  • Reputation: 25
  • DEn WAspodo RUweting CIpto
    • Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat  - Cicalengka-
Re: ROGO JATI
« Reply #1 on: 03/07/2007 12:57 »
Ada yang bilang Rasa Jati apa sama nggak sama rogo jati.
Latihanya kalo gak salah di STM Strada  Rajawali Selatan .
Hidup itu sudah sulit, maka jangan mempersulit hidup

Cak Sarip

  • Wajah Baru
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 1
  • Reputation: 0
    • Email
Re: ROGO JATI
« Reply #2 on: 03/07/2007 18:39 »
Kalo ROSOJATI saya kenal Mas !
perguruan itu ada di daerah Magetan - Madiun
saya pernah mengenal jurus2nya dari salah satu pendekarnya bernama Karno, di Malang pada Th 1987, waktu itu dia kuliah di IKIP Malang jurusan seni rupa, kira th 1998 dia lulus dan saya gak pernah ketemu lagi, mumhkin dia pulang ke Magetan.

Salam

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 6
  • Posts: 417
  • Reputation: 42
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: ROGO JATI
« Reply #3 on: 03/07/2007 21:40 »
Waktu saya masih di Solo pernah dengar nama perguruan ini. Kalau gak salah mereka dalam demonstrasi silat sering menampilkan menggoreng kerupuk dgn tangan kosong. Gak tahu kalau sekarang
salam
chandrasa

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: ROGO JATI
« Reply #4 on: 30/07/2007 14:09 »
Sekitar 15 tahun yang lalu, saya pernah baca artikel mengenai perguruan Rogojati ini di sebuah majalah. Saya pikir ada hubungannya dengan Jatirogo, nama suatu daerah di Jawa Timur. Ternyata bukan.  :D

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
info dari Koran Buana Minggu
« Reply #5 on: 01/08/2007 15:21 »
Informasi ini berdasarkan wawancara kepada Drs.Mukharrom Zaeni Ash Shiddique ( Ketua Bidang Teknik Perguruan Raga Jati Cabang Karang Malang, Yogyakarta ) :

Menurut urutan ilmu yang dikembangkan Raga Jati ialah merupakan warisan dari Sunan Bonang lalu diturunkan kepada Sunan Kalijaga. Salah satu penerus ajaran Sunan Kalijaga ialah Syekh Bandar yang menyempurnakan ilmu tersebut. dalam perkembangannya, ilmu yang sudah disempurnakan itu kemudian dikuasai Mbah Nampon asal Padalarang.  kemudian diwariskan kepada mbah Bugel, pejuang kemerdekaan asal Banjarnegara. 

ilmu terus berkembang secara rahasia karena situasi, baru pada 6 agustus 1976, Soeharno Suroatmodjo bersama Risnadi Agustono dan Sutomo resmi mendirikan perguruan Raga Jati yang pusatnya di jalan Sunan Gimpit 60. Banjarnegara.

 Dalam perkembangannya selain menyebar di seluruh pelosok tanah air. Raga Jati berkembang sampai di Selandia Baru, Australia, Jerman, Singapura, Arab Saudi dan Kaledonia Baru.

Guru Besar berkedudukan di Banjarnegara, sedang stiap cabang diawasi pendekar, pelatih senior, pelatih madya, pelatih muda, dan asisten pelatih yang dalam pelatihan mengacu 10 jenjang mulai dari tingkat pra harokat sampai harokat 9. yang ditandai dengan perbedaan sabuk, mulai hitam polos, kuning strip 1 dan 2, dan tingkat tertinggi menggunakan sabuk putih.

Raga Jati mengenal 10 Jurus yang masing-masing memiliki kegunaan khas. setiap jurus ada namanya seperti; Manunggal, Tender, Jeblag, Tarik, Giles, Lewat, Potong, Tomplok, Colok, dan Angkat.

(mp dari Buana Minggu)

aircadas

  • Guest
Re: ROGO JATI
« Reply #6 on: 14/08/2007 00:27 »
Quote
Raga Jati mengenal 10 Jurus yang masing-masing memiliki kegunaan khas. setiap jurus ada namanya seperti; Manunggal, Tender, Jeblag, Tarik, Giles, Lewat, Potong, Tomplok, Colok, dan Angkat.

10 Jurus ini ada hubungnnya dengan aliran beladiri lain nggak ya bang!, fenomena 10 jurus harus di buka nih di thread khusus  ^:)^

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: ROGO JATI
« Reply #7 on: 14/08/2007 10:16 »
Quote
Raga Jati mengenal 10 Jurus yang masing-masing memiliki kegunaan khas. setiap jurus ada namanya seperti; Manunggal, Tender, Jeblag, Tarik, Giles, Lewat, Potong, Tomplok, Colok, dan Angkat.

10 Jurus ini ada hubungnnya dengan aliran beladiri lain nggak ya bang!, fenomena 10 jurus harus di buka nih di thread khusus  ^:)^

sangat setuju jika ada yang mau membuka "Fenomena 10 Jurus TD"  [top]

tapi aku takut itu bakalan jadi ajang "marah-marah lagi" hihihihi  [lucu]

 [band]  [payung]

gehan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 110
  • Reputation: 4
    • Email
Re: ROGO JATI
« Reply #8 on: 23/08/2007 16:41 »
 [top] [top] [top]

CrYPTON

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 152
  • Reputation: 2
Re: ROGO JATI
« Reply #9 on: 05/09/2007 21:21 »
saya salah satu murid disana, Ragajati Banjarnegara Cabang Cilegon BAnten

untuk menjelaskan detail 10 jurus sepertinya sulit, karena setiap perguruan pasti saling menyempurnakan sehingga ada hal2 yang sifatnya rahasia dan menjadi salah satu sumpah kami. tapi untuk generalnya gerakannya agak sedikit mirip nampon dan di gebreg. dgn 10 jurus perguruan lain selain turunan nampon kayaknya beda banget. tapi mengapa sama2 10 ya? di RJ 10 jurus adalah dasar, jurus2 lainnya akan berkembang dengan sendirinya di setiap diri masing2 dan itu pun berbeda pula. mengarah ke bakatnya menjadi jati diri.

untuk cabang Cilegon dipimpin bapak Supriyadi yang beralamat di BBS 2 Cilegon Banten, Latihan setiap malam minggu dari jam 20:00 s/d 24:00 di Lapangan HeliPad Cilegon (depan PolRes Cilegon)
« Last Edit: 08/09/2007 23:07 by CrYPTON »

CrYPTON

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 152
  • Reputation: 2
Re: ROGO JATI
« Reply #10 on: 01/12/2007 22:49 »
mana yg lain........ :-\
kisawung thanks infonya..........kebetulan lagi searching juga sejarah RJ dari sisi lain......

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: ROGO JATI
« Reply #11 on: 12/05/2008 16:57 »
wah-wah jadi semakin kagum ni... ternyata banyak perguruan yg pake 10 jurus ya... dilanjut akang, raga jatinya lg menarik ni...
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

Mister JeBe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
    • Email
Re: ROGO JATI
« Reply #12 on: 10/11/2008 16:34 »
salam kenal,
menarik juga ngobrolin warisan nenek moyang kita, saya mau tau aja padepokan2 Tenaga Dalam (RAGA JATI,ROGO JATI, ROSO JATI) DI JAKARTA kan kita bisa berbagi pengalaman, kalo saya ikutan belajar TD. RASA JATI yang latihannya di Gereja Katedral jakarta ini juga menggunakan 10 jurus disini baru berdiri kira2 5 tahun yang lalu masih bau kencur kali ya..boleh dong infonya.

MISTER EBRO

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
    • Email
Re: ROGO JATI
« Reply #13 on: 30/12/2008 17:56 »
[quote removed

* mod message *
cuman mengunakan quote kalau perlu
kalau jawab berita terachir silahkan ngklik reply saja, jangan quote
* end mod message




hallo mas jebe pa kabare
« Last Edit: 31/12/2008 01:47 by EricB »

Mister JeBe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
    • Email
Re: ROGO JATI
« Reply #14 on: 02/01/2009 14:55 »
apik_apik ae kang Ebro, sampean sendiri piye kang.

 

Powered by EzPortal