+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Satria Nusantara  (Read 49486 times)

pendekar

  • Guest
Satria Nusantara
« on: 16/05/2007 12:02 »
Maaf Pak Admin, Numpang lewat nich
Dulu sering denger mengenai SN, sekarang kemana tuh, hebatnya dimana? kenapa orang berbondong latihan SN ?

- Marketingnya hebat
- atau Ilmunya yg mumpuni

Monggoo

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Satria Nusantara
« Reply #1 on: 16/05/2007 14:11 »

Mas, Ngomong2 soal SN saya ingat waktu pertama kali populer kalau nggak salah tahun 1994( tolong dibenerin mas kalau salah ).

Waktu itu karena banyak yang ikut jadi ikut2an juga latihan. Pada waktu puncak2nya SN pernahpunya anggota terdaftar hingga 500000 dan yang aktif pada saat itu bisa mencapai 10000.

Akhirnya saya sempat diskusi dengan beberapa seniornya ternyata memang SN manejemennya di perbaiki sehingga bisa hampir ke seluruh propinsi.

Waktu kemarin ke cianjur saya akhirnya punya pemikiran seandainya silat tradisional bisa dikelola secara profesional bisa lain ceritanya.
Memang kebanyakan guru hanya memikirkan masalah keilmuan sehingga masalah organisasi secara keseluruhan akhirnya kurang diperhatikan.

Waktu P H Aziz menyampaikan sambutan kalau organisasi akan dikelola oleh orang lain , mudah2an ini akan membawa perubahan baru buat aliran cikalong

Ngomong soal ilmu SN saya kira hampir sama dengan perguruan TD yang lain. Kalau nggak salah jurus2nya pun ada yang dari Prana sakti.

Monggo dilanjut ...

boencis

  • Guest
Re: Satria Nusantara
« Reply #2 on: 16/05/2007 17:47 »
Yang ingin saya tahu ( kalo boleh dan bukan rahasia) gimana ceritanya Pak Maryanto bisa berguru pada salah satu aliran silat di Bandung?.

Yang unik dari SN mengapa dari setiap tingkatan harus dibuka cakranya oleh Pelatih ? manfaatnya tuh bagaimana yach?

ThanK >:(

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Satria Nusantara
« Reply #3 on: 18/05/2007 09:07 »

Mas Blank,

Kalau P Maryanto pernah berguru ke Bandung saya nggak tau persis. Tapi menurut teman saya P Maryanto juga dulu senag belajar TD dan beliau juga belajar banyak dari tempat lain.

Menurut pendapat saya istilah cakra di buka tiap tingkat itu mungkin hanya istilah. Pada dasarnya semua cakra manusia itu sudah terbuka cuma bisa saja kurang aktif jadi dengan kata lain hanay diaktifkan.

Saya punya teman mantan anggota SN dan dia termasuk angkatan 1. Sekarang mereka punya kelompok latihan sendiri.

Saya lihat setiap minggu habis latihan mereka selalu diaktifkan  cakranya.

Pernah waktu saya datang ke tempat latihan dan tema saya minta tolong diukur peningkatan getarannya. Dan ternyata setelah diaktifkan getaran energinya meningkat.

Gitu dulu mas Blank. dilanjut....


boencis

  • Guest
Re: Satria Nusantara
« Reply #4 on: 18/05/2007 17:15 »
Sebenernya teknik membuka itu harus orang yang bagaimana?
adakah cara latihan agar kita bisa melakukan pembukaan energi tersebut.


baruklinting

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 70
  • Reputation: 25
  • DEn WAspodo RUweting CIpto
    • Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat  - Cicalengka-
Re: Satria Nusantara
« Reply #5 on: 18/05/2007 17:19 »

Kalau P Maryanto pernah berguru ke Bandung saya nggak tau persis. Tapi menurut teman saya P Maryanto juga dulu senag belajar TD dan beliau juga belajar banyak dari tempat lain.


P Maryanto belajar beladiri dan kebathinan di Yogyakarta, bersama yang lainya seperti bang Aspanudin Panjaitan.
Konon  keilmuan TD nya diperoleh dari Pak Mudofar (pendiri perguruan TD Sinar Putih), Sedangkan pak Mudofar adalah murid dari Pak Dan Suwaryono.
Pak Dan Suwaryono berltih TD di Cikuya Cicalengka (+/- 30KM timur Bandung) yang melatih adalah mang Andi Rohandi.
Mungkin bisa ditelusuri lebih jauh........ kesumber yng lebih tahu.

ciao
Hidup itu sudah sulit, maka jangan mempersulit hidup

pendekar

  • Guest
Re: Satria Nusantara
« Reply #6 on: 20/05/2007 20:42 »
Beberapa Jurus Sn memang Mirip atau sama persis dengan ML, Syahbandar dan aliran tradisional lain, bagaimanapun juga P. Maryanto telah berhasil mengenalkan aliran silat ke banyak masyarakat Indonesia, tapi kok sayangnya puluhan ribu anggootanya skr mulai redup.

Secara Organisasi SN punya teknik tersendiri dalam Marketingnya dan Insya Allah, banyak perguruan silat yang mampu memiliki organisasi yang kuat dan tetap terbuka. amin

Oh iya, ada yg tahu ngga jurus penjurunya SN Tuh di ramu dari mana?
dan ada jurus lima atau jurus puter, maksudnya gimana tuh?
thank U
« Last Edit: 20/05/2007 20:45 by pendekar »

pendekar

  • Guest
Re: Satria Nusantara
« Reply #7 on: 20/05/2007 20:46 »
Sebenernya teknik membuka itu harus orang yang bagaimana?
adakah cara latihan agar kita bisa melakukan pembukaan energi tersebut.

Iya nich? perlu pencerahan, :o

boencis

  • Guest
Re: Satria Nusantara
« Reply #8 on: 22/05/2007 23:28 »
Quote
Ngomong soal ilmu SN saya kira hampir sama dengan perguruan TD yang lain. Kalau nggak salah jurus2nya pun ada yang dari Prana sakti.
Monggo dilanjut ...

Kalau begitu, apa bedanya keilmuan SN dengan PS, sama2 jurusnya 10, kalau di SN Jurus Penjuru, kalau di PS, Payung rosul.

Bisa cerita dikit nggak bos gledek mengenai kedua jurus ini ^:)^

Jalak Pengkor

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 33
  • Reputation: 15
Re: Satria Nusantara
« Reply #9 on: 18/07/2007 22:05 »
apakah jurus payung rosul itu, dapatkan di informasikan di laman ini, sangat menarik sekali, karena saya baca di cyber jurus ini ramai di bicarakan.


Soal Payung Rasul mah gampang. Ada di topik ML Fenomena by Kisawung.
setahu saya payung rasul adalah hasil modif dari silat Peuksi Muihnya (alm) abah Andadinata.
lebih jelasnya ke Cicalengka aja deh  :)

Jalak Pengkor

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 33
  • Reputation: 15
Re: Satria Nusantara
« Reply #10 on: 18/07/2007 22:09 »
Beberapa Jurus Sn memang Mirip atau sama persis dengan ML, Syahbandar dan aliran tradisional lain, bagaimanapun juga P. Maryanto telah berhasil mengenalkan aliran silat ke banyak masyarakat Indonesia, tapi kok sayangnya puluhan ribu anggootanya skr mulai redup.

Secara Organisasi SN punya teknik tersendiri dalam Marketingnya dan Insya Allah, banyak perguruan silat yang mampu memiliki organisasi yang kuat dan tetap terbuka. amin

Oh iya, ada yg tahu ngga jurus penjurunya SN Tuh di ramu dari mana?
dan ada jurus lima atau jurus puter, maksudnya gimana tuh?
thank U
Jelas redup, wong asal jurus SN setelah ditelusuri ternyata mengarah ke.....
Kasusnya juga sama dengan PS, BK, dan perguruan TD yang jurusnya serupa. ternyata
asal jurusnya semuanya mengarah ke.......

Jalak Pengkor

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 33
  • Reputation: 15
Re: Satria Nusantara
« Reply #11 on: 18/07/2007 22:13 »
Maaf Pak Admin, Numpang lewat nich
Dulu sering denger mengenai SN, sekarang kemana tuh, hebatnya dimana? kenapa orang berbondong latihan SN ?

- Marketingnya hebat
- atau Ilmunya yg mumpuni

Monggoo
ilmu mumpuni mah tergantung latihannya dan akhlak orangnya bukan marketingnya :D

Jalak Pengkor

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 33
  • Reputation: 15
Re: Satria Nusantara
« Reply #12 on: 18/07/2007 22:35 »
aku tak tanya lagi, bagaimanakah kelebihannya jurus ini, apakah bisa di praktikkan dalam latihan sehari2, ramai orang ingin tahu mengenai ini abang pengkor
Jurus payung adalah jurus pernafasan murni, dilatihkannya juga harus dengan tata nafas yang benar, jika tidak dilatih dengan tata nafas yang benar maka tidak akan memiliki nilai tambah di dalam diri kita, cuma leuleus jeung hareudang yang di dapet. :)
emang ada standart baku yang ditetapkan, jika belum pernah tahu standart bakunya maka jurus payung tidak bisa di harkat, prinsipnya jurus payung di harkat oleh diri sendiri. Jadi jangan mau dikibulin bahwa jurus payung bisa diharkat oleh orang lain (pelatih). 8)

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: Satria Nusantara
« Reply #13 on: 19/07/2007 05:42 »
setahu saya payung rasul adalah hasil modif dari silat Peuksi Muihnya (alm) abah Andadinata.
lebih jelasnya ke Cicalengka aja deh  :)
Setahu saya bukan Peuksi, tapi Paksi. CMIIW
Menurut cerita rakyat (Mang Jaya dan Wa Kepoh), Jurus Paksi muih memang dasyat.  ;D
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Jalak Pengkor

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 33
  • Reputation: 15
Re: Satria Nusantara
« Reply #14 on: 19/07/2007 09:43 »
saya tak mengerti apa itu "leuleus jeung hareudang"
dan kata "harkat", maafkan saya bila saya tak paham arti kedua kata ini. bisa di uraikan makna artinya abang pengkor.
leulues tuh artinya lemas, kalo hareudang artinya kepanasan/gerah
maksudnya mah cuma dapet capek doank. ;D
Harkat seperti inisiasi di reiki, tapi bukan inisiasi bahasa gampangnya pemberian HAK untuk menggunakan TD nya. sebab pada dasarnya manusia sudah memiliki TD sejak dilahirkan, di harkat itu maksudnya dibuka GEMBOK di dalam tubuhnya agar TD bisa digunakan :)

 

Powered by EzPortal